Bagaimana Tren Teknologi Di 2023 ?

Seiring perkembangan kecerdasan buatan (AI) dan edge computing, kekuatan dan efisiensi semakin tumbuh di berbagai sektor dan aktivitas. Dengan perubahan luar biasa yang tengah berlangsung, kita dapat mengantisipasi tren teknologi yang akan mendominasi tahun 2023 dan seterusnya. Mari kita intip prediksi-prediksi menarik ini.

Kecerdasan Buatan Tingkat Lanjut (AAI)

Kecerdasan buatan telah memimpin dalam transformasi bisnis selama beberapa tahun terakhir, dan tahun 2023 akan membawanya ke level berikutnya. Konsep Advanced Artificial Intelligence (AAI) akan merubah cara komputasi, pengenalan pola, dan pembelajaran mesin beroperasi. AAI ditujukan untuk mengotomatisasi proses end-to-end tanpa intervensi manusia, bahkan dalam pekerjaan berisiko tinggi seperti pembangkit listrik nuklir, laboratorium kimia, atau pengecoran logam. AAI juga akan memperkenalkan solusi perawatan kesehatan yang lebih canggih melalui sensor wearable dan chip-on-body, memungkinkan pemantauan kesehatan yang mendalam dan deteksi darurat yang lebih baik.

Teknologi Holografik

Dalam era kerja hybrid saat ini, teknologi holografik akan membawa peserta rapat atau pertemuan ke dalam pengalaman yang hampir sama nyatanya seperti bertemu secara langsung. Teknologi ini akan memungkinkan kolaborasi lintas benua yang lebih erat dalam lingkungan kerja global yang semakin kompleks. Augmented Reality (AR) dan mixed reality akan memungkinkan organisasi untuk membuat presentasi yang menarik dengan hologram berinteraksi dengan objek virtual atau menjelajahi “digital twin” dari objek dunia nyata.

Metaverse dan WEB 3.0

Metaverse akan menjadi semakin mirip dengan realitas dan bukan hanya berfokus pada game. Pengembangan teknologi metaverse akan didorong oleh dunia kerja, bukan hanya hiburan. Enterprise Metaverse akan menjadi norma di mana pekerja akan berkolaborasi, berbagi, dan bekerja dalam ruang imersif. Ini akan menjadi tahap evolusi yang setara dengan World Wide Web pada pertengahan tahun 90-an.

Superapps Konsep

superapps akan menjadi inti dalam pengembangan aplikasi, di mana pengguna dapat mengendalikan sebagian besar aktivitas mereka dalam satu platform. Lebih dari 50% populasi global diperkirakan akan menjadi pengguna superapps yang aktif setiap hari. Superapps akan mengintegrasikan berbagai sistem, menghubungkan akun pengguna, dan menyediakan layanan yang mencakup berita, kesehatan, belanja, hiburan, keuangan, dan manajemen tugas, semuanya dalam satu aplikasi.

  1. Proses Belanja yang Lebih Cerdas Kecerdasan buatan akan mengubah pengalaman berbelanja, memungkinkan analisis video kamera untuk memantau inventaris toko dengan lebih efisien dan memastikan pesanan pelanggan dipenuhi dengan akurat. Ini akan menghilangkan proses yang menjengkelkan dari berbelanja modern dan memastikan kepuasan pelanggan.
  2. Teknologi Energi Terbarukan Komitmen untuk menjadi lebih ramah lingkungan akan mendorong adopsi teknologi energi terbarukan seperti energi surya dan bahkan fusi nuklir. Perusahaan dan negara akan memainkan peran penting dalam menciptakan dunia yang lebih hijau dan berkelanjutan.
  3. Robotic Process Automation (RPA) RPA akan terus mengubah dunia bisnis dengan mengotomasi tugas-tugas berulang menggunakan perangkat lunak. Ini akan menghemat biaya, meningkatkan profitabilitas, dan mengurangi waktu yang terbuang pada tugas-tugas rutin.

Dengan tren ini, tahun 2023 akan menjadi tahun yang menarik di dunia teknologi, dengan dampak besar pada cara kita bekerja, berinteraksi, dan menjalani kehidupan sehari-hari kita.

Leave a Comment