Tutorial Cara Upgrade Handphone Android CSL Mi410 dan Axioo Vigo 410 ke Custom ROM Gingerbread

Pada kesempatan kali ini saya akan menginformasikan cara upgrade handphone Android CSL Mi410 dan Axioo Vigo 410 ke custom ROM Gingerbread. Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, memang antara CSL Mi 410 dan Axioo Vigo 410 adalah handphone yang sama?

Untuk kedua hal tesebut saya tidak dapat memastikan bahwa keduanya sama 100%. Ada yang mengatakan bahwa respon layar Axioo Vigo 410 lebih baik, tapi ada juga yang bilang sama saja. Anyway, saya tidak akan membahas hal itu disini, namun yang pasti untuk daleman kedua ponsel Android ini di produksi oleh produsen yang sama yaitu Foxconn.

Foxconn sendiri adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi produk-produk teknologi sesuai pesanan klien-nya. Klien mereka diantaranya Apple, Nintendo, Sony (Playstation), dan tentu saja termasuk pemegang merk CSL, Axioo dan masih banyak lagi. Kode Produksi untuk CSL Mi410 dan Axioo Vigo 410 adalah Foxconn FIH-FB0.

Selain CSL dan Axioo, di luar negeri ada beberapa pemegang merk yang menjual Foxconn FIH-FB0 menggunakan merk-nya sendiri-sendiri. Berikut adalah daftar beberapa handphone Android yang basisnya adalah Foxconn FIH-FB0:

  • Axioo Vigo 410
  • Cherry Mobile Magnum HD A400
  • CSL Blueberry Mi 410
  • Huawei IDEOS X6
  • Motorola TRIUMPH
  • Olive Smart VS300
  • Spice CSL Mi 410 – Slim
  • Viewsonic Viewpad 4
  • WellcoM A99

Karena basisnya sama, maka dimungkinkan untuk menggunakan sistem operasi Android (biasa disebut ROM) yang sama dan juga bisa ditukar-tukar. Jadi misalnya CSL Mi410 bisa menggunakan ROM dari Cherry Mobile dan juga sebaliknya. Pengecualiannya adalah Motorola TRIUMPH, karena HP Android ini berjalan di jaringan CDMA, jadi tidak bisa menggunakan ROM untuk HP GSM.

Pada tutorial kali ini, ROM yang akan saya gunakan sebagai bahan praktek adalah Custom ROM Andro ID- v3.3. Custom ROM ini adalah Made in Indonesia, yaitu buatan Prof. Teguh Sobirin a.k.a TJ Style dan tim Andro ID. Prof. TJ_Style sendiri merupakan developer yang diakui dan disegani di Indonesia dan juga di dunia. Custom ROM yang telah dan sedang dikembangkan oleh beliau adalah ROM untuk handphone Android Nexian A890 (Journey), Huawei C8150 (AHA Touch), Viewsonic Viewpad 7, CSL Mi320, Samsung GT-S5570 (Galaxy Mini) dan CSL Mi410/Axioo Vigo 410.

Ok, sekarang kita akan masuk ke Prakteknya. Namun, sebelum mulai, baca dulu PERINGATAN dibawah ini:

  1. Proses Instalasi Custom ROM akan menghanguskan garansi
  2. Proses ini akan menghapus semua data dan aplikasi yang ada di handphone Android
  3. Baterai handphone disarankan minimal 80% penuh, full lebih baik
  4. Disarankan menggunakan computer yang memiliki UPS (baterai cadangan) atau menggunakan laptop. Sebagai antisipasi mati lampu saat proses flashing (install OS).
  5. Jangan gunakan USB HUB (USB Parallel) untuk menghubungkan handphone dengan komputer
  6. Ada kemungkinan proses  ini menyebabkan handphone Anda rusak permanen (Tapi sampai artikel ini ditulis, saya belum menemukan ada laporan HP rusak akibat proses ini)
  7. Jangan pernah sekalipun mencabut baterai saat handphone terhubung ke computer karena dapat menyebabkan kerusakan fatal
  8. Pihak harga-hp.com tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan, kerugian baik materil maupun imateril yang mungkin ditimbulkan akibat tutorial pada artikel kali ini.

Catatan: Khusus CSL Mi410 sudah memiliki backup ROM aslinya, jadi kalau sewaktu-waktu ingin dikembalikan ke ROM asli / Software aslinya bisa dilakukan. Sementara untuk Axioo Vigo 410 setau saya saat ini belum ada Backup ROM aslinya.

Tutorial ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah tutorial untuk menginstall (flashing) custom ROM Andro-ID v3.3-RC1 dan bagian kedua adalah tutorial untuk menginstall custom ROM ROM Andro-ID v3.3-RC2.

Bagian Pertama – Tutorial Upgrade CSL Mi410 / Axioo Vigo 410 menggunakan Custom ROM Andro-ID v3.3-RC1.

Untuk menginstall ROM Andro-ID v3.3-RC1 diperlukan bantuan komputer. Untuk semua bahan-bahannya bisa didapatkan melalui forum komunitas pengguna varian Foxconn FIH-FB0 di Kaskus dan untuk Custom ROM bisa didapatkan melalui website andro-id.net

Sebenarnya tutorial ini sudah diajarkan dengan jelas di forum Kaskus. Saya hanya menambahkan beberapa gambar untuk memudahkan.

Berikut tahapan flashing custom ROM Andro-ID v3.3-RC1:

1. Install driver handphone di komputer Anda.

Caranya hubungkan handphone CSL Mi410 ke Komputer > komputer akan mendeteksi ada drive baru > bila muncul pop up menu (auto play) > klik “Setup.exe”.

2. Download aplikasi SUT LR 1.8.2 dan juga ROM Andro-ID v3.3-RC1.

Bila download dari Kaskus, maka jenis filenya adalah .7z atau . ZIP. Untuk membuka (ekstrak) file tersebut , Anda memerlukan program komputer 7-zip. Program ini dapat diunduh melalui website http://www.7-zip.org/download.html

3. Ekstrak file menggunakan 7-zip

Setelah selesai mendownload SUT LR 1.8.2 + ROM Android v3.3 RC-1 dan Anda telah menginstall aplikasi 7-zip, ekstrak file tersebut. Caranya klik kanan pada file “SUTLR_v1.8.2.7z” lalu arahkan kursor mouse ke tulisan “7-zip” > klik “ekstrak to SUTLR_v1.8.2”. (perhatikan gambar dibawah).

cara mengekstrak file 7z zip rar

Klik kanan pada file untuk mengekstrak

Ekstrak juga file “FB0G-Andro-ID_V3.3-RC1.7z”. Setelah di ekstrak, Anda akan menemukan file “FB0G-3242-BASE-01.nb0” didalam folder  “FB0G-Andro-ID_V3.3-RC1”

4. Install Program SUT LR di komputer

5. Aktifkan Download Mode di handphone

Sekarang Anda perlu membuat HP Android CSL Mi410 / Axioo Vigo 410 masuk ke Download Mode. Caranya tekan tombol “Volume UP” + “Power” secara bersamaan. Bila sudah masuk download mode, tampilannya seperti dibawah:

cara masuk download mode android

Foxconn FIH-FB0 download mode

6. Mulai proses Flashing

Jalankan software SUT LR di komputer Anda > klik NEXT > cari file “FB0G-3242-BASE-01.nb0” yang tadi Anda ekstrak > pada pilihan update option: pilih “Erase User data”.

 

tutorial flashing rom android

Cari file “FB0G-3242-BASE-01.nb0” dan pilih erase user data

7. Hubungkan Handphone ke komputer > klik “NEXT”

Bila handphone CSL Mi410 / Axiooo Vigo 410 telah terhubung ke komputer, maka tulisan “Next” akan dapat di klik. Bila tulisan “Next” tidak dapat di klik, berarti driver handphone belum terinstall dengan sempurna atau bisa juga ada kendala pada kabel USB atau port USB komputer.

8. Selesai

Bila proses flashing berjalan sukses, akan muncul tulisan “The Update Completed Sucsessfully”. Setelah itu lepaskan HP dari computer. Untuk melepas HP sebaiknya jangan asal dicabut, tapi harus di “safely remove”. Caranya klik kiri Mouse satu kali pada gambar colokan USB (ada di toolbar di bagian kanan bawah komputer) > klik pada drive Android yang mau di “eject” (dilepas) > tunggu sampai muncul tulisan “Safe to Remove Hardware”

how to safely remove hardware

Klik gambar USB dan tunggu sampai muncul tulisan "Safe to Remove Hardware"

 

Bagian Kedua – Tutorial Upgrade Axioo Vigo 410 / CSL Mi410 menggunakan Custom ROM Andro-ID v3.3-RC2.

Custom ROM Andro-ID v3.3-RC2 adalah penyempurna dari versi RC-1. Oleh karena itu disarankan untuk menginstall RC1 terlebih dahulu baru RC2.

Metode flashing RC2 berbeda dengan RC1 karena jenis filenya berbeda. Jenis file ROM RC1 adalah .nb0, untuk flashingnya  menggunakan aplikasi SUT LR. Sedangkan jenis file ROM Android-ID v3.3-RC2 adalah .zip, untuk menginstall RC2 bisa dilakukan melalui ClockworkMod Recovery.

Berikut langkah-langkahnya:

Sebelum melakukan Flashing ROM Andro-ID v3.3-RC2, Anda harus menginstall ClockworkMod recovery terlebih dahulu.

1. Download  ClockworkMod Recovery v4.0.1.4 dari forum Kaskus

Apa itu ClockwordMod recovery? ClockworkMod recovery adalah semacam “aplikasi” Android yang memiliki fungsi cukup banyak, diantaranya untuk install ROM dari SD card, menghapus user data dan cache, melakukan backup dan lain-lain.

2. Ekstrak file ClockworkMod Recovery

Setelah di ekstrak, Anda akan menemukan file recovery.img

3. Aktifkan Download Mode di handphone

Untuk mengaktifkan download mode: matikan handphone > setelah mati, tekan dan tahan tombol Power + Volume secara bersamaan

4. Hubungkan HP ke computer dan backup file recovery.img bawaan handphone

Jika handphone dihubungkan ke computer dalam kondisi “download mode”, maka computer akan mendeteksi hp sebagai Removable Disc / USB Mass Storage > buka > klik folder FIH > folder image > copy file recovery.img yang ada di handphone ke komputer dan simpan baik-baik sebagai backkup.

5. Replace (timpa) file recovery.img bawaan dengan file recovery.img yang ada di dalam folder ClockworkMod

Copy paste file recovery.img yang ada di folder clockwordmod (hasil ekstrak) ke dalam folder FIH/Images untuk menggantikan file recovery.img bawaan HP.

6. Safely remove handphone > lepaskan dari komputer (PENTING) > cabut baterai > reboot (restart HP)

Setelah ClockworkMod terinstall, sekarang saatnya untuk flashing ROM Andro-ID v3.3-RC2 ke hp Axioo Vigo 410 / CSL Mi410 Anda

1. Download dulu Andro-ID v3.3-RC2 nya

Nama filenya adalah “Andro-ID_v3.3_RC2-signed.zip”

2. Copy File “Andro-ID_v3.3_RC2-signed.zip” ke SD card

File ”Andro-ID_v3.3_RC2-signed.zip” JANGAN di ekstrak. Anda hanya cukup meng-copy file tersebut ke SD card, taruh di sembarang tempat, namun disarankan di luar folder biar lebih mudah dicari.

3. Aktifkan recovery mode (clockworkmod)

Untuk masuk ke recovery mode: Matikan handphone > tekan dan tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power secara bersamaan.

4. Install zip from SD card

Dalam recovery mode, layar tidak dapat disentuh. Untuk navigasinya dilakukan dengan tombol-tombol berikut:

  • Select (melakukan pilihan) = Tombol Power / tombol SEARCH
  • Naik keatas = tombol HOME / Volume Up
  • Naik kebawah = tombol MENU / Volume Down
  • Back (kembali ke menu sebelumnya) = tombol Back
cara upgrade rom android menggunakan clockworkmod recovery

Tampilan ClockworkMod (CWM) Recovery

Untuk memulai proses flashing, arahkan kursor kebawah dengan menekan tombol Vol Down hingga kursor ada diatas tulisan “install zip from sd card” > Choose zip from sd card > cari file “Andro-ID_v3.3_RC2-signed.zip” yang tadi Anda simpan di SD card > saat muncul tulisan “confirm install” > arahkan kursor ke “yes” > proses flashing dimulai, tunggu hingga selesai.

5. Reboot handphone

Setelah proses flashing selesai, tekan tombol BACK hingga kembali ke menu awal dari clockworkmod recovery > pilih Reboot System Now.

Jika proses berhasil, setelah reboot Anda akan sudah menggunakan ROM Andro-ID v3.3-RC2 di handphone Foxconn FIH-FB0 Anda. Untuk memeriksanya masuk ke Settings > About Phone > baca Build Numbernya apakah sudah ANDRO-ID V.3.3 RC2.

Demikianlah tutorial flashing custom ROM handphone Android CSL Mi410 / Axioo Vigo 410 persembahan harga-hp.com, semoga bermanfaat :)

Credit to:

  • Prof. TJ_Style and crew
  • All people @kaskus and andro-id.net


Artikel Lain:

Loading…

73 Comments to "Tutorial Cara Upgrade Handphone Android CSL Mi410 dan Axioo Vigo 410 ke Custom ROM Gingerbread"

  1. 31
    abib says:

    mau nanya gan..
    saya sempet rooting axioo vigo 410 dan sukses dirooting tapi efeknya apabila kondisi terkonci atau screen off mau buka kuncinya lama kurang lebih satu menitan untik hidup atau nyala screennya lau saya tak stel ulang ke pengaturan pabrik namun hasilnya tetep aja begitu akhirnya saya ke axioo servis untuk di flash wal hasil normal namun ketika mau dirooting masuk ke mode recovery ga bisa cuma keluar warna biru lalu keluar logo axioo dan itu harus dimatikan copot batre
    kira2 apanya ya gan dan harus bagaimana untuk bisa dirooting
    terima kasih

    • Admin says:

      Kemungkinan saat di flash, firmware-nya berbeda dgn yg sebelumnya. Jadi proses root-nya berbeda. Info lbh lengkap, coba tanyakan melalui forumnya (link ada di komentar no 30 diatas). Tks :)

  2. 32
    taufiq says:

    mantap gan…. hasilnya wowwwwwwwww……. melebihi harapan…
    tutorialnya mudah di mengerti… thanks gan

  3. 33
    taufiq says:

    oy untuk nyetandarin ke asalnya gimana gan..

  4. 34
    taufiq says:

    makasih gan…. atas infonya bener bener membantu…

  5. 35
    Djien says:

    thank You Boss …………….. It’s Work !!

  6. 36
    rocky says:

    malam gan, saya mau tanya bagaimana cara menyalakan lampu flash pada axiio vigo 410 pada saat rekam video?

Leave a Reply

Current ye@r *