Tutorial Cara Setting Ringtone Android

Cara pengoperasian Android sebenarnya cukup mudah, namun karena tidak tahu dan belum familiar dengan sistem operasi ini, masih cukup banyak pengguna yang belum mengetahui cara pengaturan dasar dari HP ini, termasuk cara mengatur ringtone Android dan cara menggunakan MP3 sebagai ringtone.

Oleh karena itu, pada tutorial kali ini kami akan mengajarkan cara setting ringtone Android.

Catatan: Untuk informasi cara penggunaan Android lainnya dapat dilihat pada artikel berikut: cara menggunakan Android.

Cara Setting Ringtone Android:

  1. Tekan tombol HOME
  2. Tekan tombol MENU
  3. Pilih Settings (Pengaturan)
  4. Pilih Sounds & Display (Suara dan Tampilan)

Berikut adalah beberapa pengaturan yang dapat dilakukan melalui menu Sounds & Display:

  • Ringer Volume (Volume Dering): Pengaturan volume suara untuk ringtone maupun Notifications (notifikasi)
  • Media Volume (Volume Media): Pengaturan volume suara untuk media seperti music dan video ketika dimainkan.
  • Phone Ringtone (Nada Dering Telepon): Pengaturan untuk memilih ringtone ketika ada panggilan masuk
  • Notification Ringtone (Nada Dering Pemberitahuan): Pengaturan untuk memilih ringtone notifikasi, misalnya ketika ada email atau SMS masuk.

Pengaturan yang dilakukan melalui menu Sounds & Display akan memiliki efek ke semua aplikasi yang menggunakan ringtone atau  notifikasi. Namun sebenarnya Anda dapat mengatur bunyi ringtone yang berbeda-beda untuk setiap aplikasi.

Sebagai Contoh, bila anda ingin menggunakan ringtone yang berbeda untuk aplikasi SMS anda dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:

Masuk ke Aplikasi SMS > tekan tombol MENU > pilih Settings (Pengaturan) > pilih Select Ringtone (Pilih Nada Dering). Jika Anda ingin menggunakan ringtone yang sama yang telah diatur pada menu Sound & Display, maka silahkan pilih “Default Ringtone”. Jika tidak, silahkan memilih ringtone lainnya yang tersedia.

Cara pengaturan ringtone Android untuk aplikasi-aplikasi lainnya kurang lebih sama, jika tidak dapat menemukan menu “Settings” cobalah cari menu “Options” (pilihan).

Sebagian dari pembaca harga-hp.com mungkin akan berkata “OK, kalau cara seperti diatas sih saya sudah tahu dari dulu, tapi masalahnya kok pilihan notifikasi ringtone Android sedikit sekali ya? Bagaimana cara menambah atau menjadikan music MP3 sebagai notifikasi atau ringtone Android?”

Hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:

#1. Cara Setting Ringtone Android: Gunakan File Manager

Gunakan aplikasi file manager (misalnya Astro File Manager) > Cari file MP3 yang akan dijadikan ringtone > pilih file musik yang akan dijadikan ringtone dengan cara menyentuh (dan tahan) layar > pilih Music Options > pilih Set As Ringtone.

Update: cara yang tampak pada gambar dibawah hanya berfungsi untuk aplikasi Astro File Manager versi lama, untuk versi terbarunya tidak memiliki fitur ini.

cara setting mp3 ringtone Android

Cara Setting MP3 Ringtone Android

Catatan: Cara ini memiliki kekurangan yaitu file MP3 tidak dapat dijadikan ringtone untuk notifikasi.

#2. Cara Setting Ringtone Android : letakkan file MP3 di folder Ringtones / folder Notifications

Cara kedua ini tetap menggunakan aplikasi File Manager dan berikut caranya:

Dengan menggunakan file manager, Anda cukup menyalin (Copy) file Audio yang ingin digunakan untuk ringtone > letakkan pada folder sdcard/media/audio/ringtones pada SD Card.

Jika file Audio ingin digunakan untuk nada notifikasi (ringtone SMS, notifikasi Facebook, dll), letakkan file Audio pada folder sdcard/media/audio/notifications.

Jika folder tersebut belum tersedia, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu menggunakan aplikasi file manager, misalnya Astro file manager. Berikut caranya:

  • 1. Install aplikasi Astro File Manager dari Market
  • 2. Cara menggunakan file manager adalah jika Anda mengklik folder maka Anda akan masuk ke folder tersebut. Jika menekan tombol BACK, maka Anda akan kembali ke folder sebelumnya.
  • 3. Masuk ke aplikasi Astro file manager lalu masuk ke folder sdcard, biasanya tulisan paling atas seperti ini: /mnt/sdcard. Kalau tulisannya berbeda, yang penting tulisan paling belakangnya adalah sdcard.
  • 4. Setelah masuk ke folder “sdcard“, cari dan klik folder “media“. Folder Media biasanya sudah ada, namun bila belum ada, Anda dapat membuatnya dengan cara: tekan tombol MENU > pilih NEW > pilih Directory > ketikkan nama folder (media) > klik create.
  • 5. Setelah Anda berhasil masuk atau membuat folder “media” > buatlah folder “audio” (jika belum ada) > setelah jadi / bila sudah ada > klik folder audio lalu buatlah folder “ringtones” dan juga folder “notifications“.

Setelah folder yang diperlukan sudah dibuat atau sudah ada, sekarang Anda tinggal meletakkan file MP3  di tempat folder-folder tersebut. Caranya cari terlebih dahulu dimana file MP3 anda simpan. Contoh, misalnya file MP3 adalah hasil transferan Bluetooth, maka biasanya file dapat ditemukan di folder “sdcard/bluetooth”.

Setelah masuk ke folder ”sdcard/bluetooth” (misalnya) > klik dan tahan pada file MP3 > klik edit > klik Copy > masuk ke folder sdcard/media/audio/ringtones > tekan tombol MENU > klik Edit > klik Paste

Catatan: Kalau menggunakan Astro File manager versi baru, cara copy paste file adalah sbb: klik dan tahan pada file MP3 > klik Copy > masuk ke folder sdcard/media/audio/ringtones > klik tombol Paste (terletak di kanan atas)

Setelah itu pergi ke menu Sounds  & Display untuk melakukan pengaturan ringtone dan notifikasi. File Audio yang diletakkan pada folder ringtones secara otomatis akan muncul pada pilihan ringtone. Jika file tidak muncul, coba restart (dimatikan lalu dinyalakan lagi) handphone Android Anda.

Catatan: Anda dapat menggunakan format musik selain MP3, misalnya m4a, namun tidak semua file musik dapat digunakan sebagai ringtone atau notifikasi, jadi jika Anda tidak menemukan file audio pada pilihan ringtone, maka kemungkinan file tersebut tidak di dukung oleh perangkat Android Anda.

#3. Cara Pengaturan Ringtone Android: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk dapat melakukan personalisasi ringtone Android. Sebagai contoh kali ini, kami menggunakan aplikasi Zedge yang dapat di unduh melalui Android Market.

Sebenarnya kurang tepat untuk dikatakan pengaturan, karena aplikasi pihak ketiga ini berguna untuk mencari dan mendownload ringtone yang dapat digunakan baik untuk nada dering maupun untuk notifikasi.

Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Anda cukup mengunduh (download) aplikasi Zedge melalui Android market lalu anda dapat menggunakannya untuk memilih dan mengunduh ribuan ringtone yang tersedia.

Untuk memudahkan pilihan, anda dapat menyortirnya berdasarkan kategori seperti alternative, Blues, Bollywood, Childrem, Classical, Dance dan masih banyak lagi. Selain itu dapat juga diurutkan berdasarkan yang terbaru, paling banyak di unduh sepanjang waktu, atau paling banyak minggu lalu atau bulan lalu.

Setelah ringtone selesai di unduh, Anda dapat menjadikannya sebagai nada dering atau nada notifikasi langsung dari aplikasi tersebut. Anda dapat juga mengaturnya melalui menu Sounds & Display. Pada pilihan ringtone, selain Android system nanti akan muncul pilihan Zedge Ringtones seperti gambar dibawah.

cara setting ringtone Android

Setting Ringtone Android menggunakan Zedge

Selain ringtone atau nada notifikasi, Anda dapat juga mencari dan mengunduh Wallpaper melalui aplikasi ini.

Catatan: Apabila Anda menggunakan aplikasi Zedge, maka disarankan Anda telah berlangganan paket internet unlimited atau menggunakan koneksi Wi-Fi.

Demikianlah tutorial cara setting ringtone Android persembahan harga-hp.com. Semoga bermanfaat :)

Update: Jika volume suara ringtone dan SMS Android Anda kurang kencang atau terdengar pelan, baca artikel berikut: “Cara Edit Dan Membuat Suara Ringtone Lebih Keras Menggunakan Handphone Android”

 

192 Comments to "Tutorial Cara Setting Ringtone Android"

  1. 76
    Kimsiong says:

    saya nak tanya ni….bagaimana mahu tukar lagu dari massage ringtone….lagu yang sedia ada tak best la…tapi kalau bunyi di telefon boleh saya tukar2 tapi yg ini tdk boleh ambil lagu kegemaran saya ..jadi macam mana tu boleh bagi cara2nya ka…thanks…

    • Admin says:

      Kalau untuk mengganti nada dering ringtone SMS, maka file lagu MP3-nya perlu di copy ke folder sdcard/media/audio/notifications, Setelah itu atur ringtone melalui menu messaging.

      Kalau belum tahu cara memindahkan file mp3 ke folder notifications, baca caranya disini. Tks :)

  2. 77
    widi says:

    yang ringtone sama notifications udah bisa tapi yang alarm dengan menggunakan astro terbaru kok belum bisa

  3. 78
    Dodi says:

    maaf nih mau nanya kalo ringtone saat panggilan masuk kenapa nada deringnya ga berulang ulang ya ? handphone saya samsung galaxy w sudah diupgrade dan di root.saya belum tahu settingannya dimana .thanks

    • Admin says:

      Sekarang sistem operasi Androidnya apa? Biasanya ada di settings > Audio > lalu klik profilnya (misalnya klik General) > Lalu cari pengaturan nada deringnya, jangan pilih yang once / sekali. Tks :)

Leave a Reply

Current day month ye@r *