Tutorial Cara Root Android Menggunakan SuperOneClick, Universal Androot dan z4root

Apa itu Root? Fungsi root Android adalah untuk memberikan akses penuh ke file sistem Android, jika pada Windows, root hampir sama seperti fungsi administrator.

Pengembang sistem operasi Android sengaja membatasi akses ke sistem file Android agar pengguna tidak “merusak” sistem, misalnya akibat tidak sengaja menghapus file penting yang berguna untuk menjalankan sistem operasi secara keseluruhan atau akibat aplikasi pihak ketiga.

Karena cukup banyak pembaca harga-hp.com yang menanyakan bagaimana cara root Android, maka pada tutorial kali ini kami akan menginformasikan bagaimana caranya, namun sebelumnya ada baiknya dibaca peringatan di bawah ini.

Peringatan! Root handphone Android pada dasarnya cukup aman untuk dilakukan, namun proses ini dikatakan dapat menghanguskan garansi dan karena satu atau lain hal, kesalahan bisa saja terjadi pada saat proses root yang menyebabkan handphone brick atau mati total, walau hal ini sangat jarang terjadi.

Kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko atau kerusakan yang mungkin terjadi akibat poses root yang Anda lakukan.

Catatan: Bila ponsel menjadi rusak setelah dilakukan root, sebenarnya kemungkinan besar bukan diakibatkan proses root itu sendiri, namun akibat dari ponsel tersebut yang sebelumnya bermasalah.

Oleh karena itu, jika Anda baru membeli ponsel Android, disarankan jangan langsung di root, gunakanlah beberapa saat terlebih dahulu untuk memastikan handphone Anda berada dalam kondisi prima tanpa kerusakan.

Hmmm… setelah membaca peringatan diatas, sebagian pembaca mungkin maju-mundur atau berpikir dua kali untuk melakukan root :D Oleh karena itu, apabila anda masih puas dengan kondisi handphone atau tablet Android Anda saat ini, maka proses Root sebenarnya tidak perlu dilakukan. Keuntungan dan kerugian root dapat dilihat pada artikel berikut:

“Apa itu Root Android, kelebihan dan kekurangan root Android” (klik)

Masih penasaran? Berikut adalah cara rooting Android menggunakan aplikasi SuperOneClick, Universal Androot dan z4root.

Cara Root Android Menggunakan SuperOneClick:

Persiapan:

  1. Unduh (download) terlebih dahulu driver untuk handphone Anda. Bila pada paket pembelian disertakan CD, biasanya driver terdapat pada CD tersebut. Untuk handphone Samsung, driver HP terdapat pada software Kies.
  2. Unduh aplikasi SuperOneClick. Anda dapat mendownloadnya disini 
  3. Bila Komputer Anda menggunakan sistem operasi Windows XP, maka pada komputer Anda harus sudah terinstall Microsoft .NET Framework v2.0+ terlebih dahulu. Jika Anda adalah pengguna Windows Vista atau Windows 7, maka hal ini tidak perlu dilakukan (sudah terinstall).
  4. Sebaiknya baterai handphone dalam kondisi terisi 70% keatas
  5. Matikan antivirus di komputer sementara waktu
  6. LEPASKAN SD card atau memory card terlebih dahulu.

Catatan: Proses root tidak akan menghapus data-data pada telepon, namun kami sarankan untuk memback up data-data yang penting terlebih dahulu.

Langkah-langkah root handphone Android:

  • Anda harus mengatur ponsel Android ke mode Debugging dengan cara masuk ke Settings (Pengaturan) > Applications (Aplikasi) > Development (Pengembangan) > centang USB debugging (Men-debug USB)

bagaimana cara root android

Android USB Debugging Mode

  • Hubungkan handphone Android Anda ke computer menggunakan kabel USB. Tunggu hingga handphone Anda terdeteksi di komputer dan pada bagian notification panel ponsel muncul indikator USB debugging mode aktif (ditandai dengan gambar tanda seru di dalam segitiga)
  • Ekstrak file SuperOneClick.zip menggunakan WinZip, WinRAR, 7-Zip, atau IZArc.
  • Jalankan aplikasi SuperOneClick.exe. Bila Anda adalah pengguna Windows 7 atau Vista, jalankan program dengan cara klik kanan mouse, lalu pilih “Run as administrator”

cara root android menggunakan superoneclick

Cara Root Android Menggunakan SuperOneClick

  • Klik Root
  • Tunggu hingga proses selesai (hanya memakan waktu beberapa menit)
  • Jika muncul notifikasi “Root files have been installed! Would you run a test?” Silahkan di klik Yes
  • Proses telah selesai :) Silahkan restart HP Android Anda.
  • Untuk mengembalikan ke kondisi awal, Anda cukup mengklik Unroot. Jika ini dilakukan + factory reset, otomatis garansi HP Anda berlaku kembali :)

Indikasi bahwa proses Rooting sudah berhasil adalah Anda akan menemukan aplikasi baru bernama Superuser. Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi Superuser, coba restart HP terlebih dahulu. Aplikasi ini berguna untuk mengontrol aplikasi yang membutuhkan akses root.

Dengan aplikasi ini anda dapat “mengijinkan” atau “tidak mengijinkan” aplikasi lainnya untuk mendapat hak masuk ke sistem Android. Setiap ada aplikasi yang meminta akses root akan di informasikan oleh Superuser, untuk mengijinkan Anda harus mengklik “Allow”.

Selain menggunakan aplikasi SuperOneClick, anda dapat juga menggunakan aplikasi Android seperti z4root atau Universal Androot. Dengan kedua aplikasi ini Anda dapat melakukan root langsung dari handphone tanpa memerlukan bantuan komputer.

Cara Root Android Menggunakan Universal Androot:

  1. Install aplikasinya
  2. Tunggu proses instalasi selesai
  3. Masuk ke aplikasi Universal Androot
  4. Klik root
  5. Selesai :)
  6. Jika ingin Unroot tinggal klik Unroot.

Cara Rooting Android Menggunakan z4root:

Caranya hampir sama dengan Universal Androot. Namun, Anda harus mengaktifkan mode debugging dahulu. z4root dapat melakukan root secara permanen maupun hanya temporary (sementara). Untuk mode temporary, HP akan kembali ke kondisi semula (Unroot) jika Anda merestart ponsel. Menurut pembuat aplikasi z4root, untuk mode temporary, aplikasi ini kompatibel hampir dengan semua merk handphone Android.

Menggunakan aplikasi z4root atau universal Androot memang relatif lebih mudah, hanya saja kompatibilitas kedua aplikasi ini tidak sebanyak SuperOneClick.

Demikianlah tutorial cara root Android persembahan harga-hp.com, selamat mencoba :)

Artikel menarik lainnya: Cara Install Aplikasi Android ke SD Card dan Review CSL Mi 410 – Android Lokal dengan spesifikasi tinggi

1,338 Comments to "Tutorial Cara Root Android Menggunakan SuperOneClick, Universal Androot dan z4root"

  1. 541
    leonard manru says:

    gan kalo untuk vandroid T1A bisa gak ???

  2. 542
    Wandiputra says:

    Gan, mohon solusinya. Hp saya Cross A25 os ginger bread, menu “setting”nya tidak mau muncul dan juga touchscreennya terkadang tidak berfungsi. Demikian juga bermasalah pada speakernya. Asumsi saya osnya udah bermasalah. Tapi karena menu settingnya tidak muncul, saya jadi kesulitan melakukan debugging usb. Ada cara lain enggak melakukan debugging usb selain melalui menu setting?

    • Admin says:

      Ada dua cara masuk ke menu settings: cara pertama dari halaman HOME, tekan tombol MENU lalu klik Settings / Pengaturan. Kalau susah, coba cari aplikasi Settings melalui App Drawer / daftar aplikasi. Coba cari menu Setting, mungkin saja menu tersebut berada di dalam folder aplikasi. Kalau tetap tidak bisa juga, bisa coba lakukan factory reset melalui recovery mode (akan menghapus semua data). Atau Wandiputra bisa juga tanya2 dulu melalui forumnya disini. Tks :)

  3. 543
    Alvin says:

    misi mau tanya, saya sudah di root, sekarang sekarang mau di factory reset, itu memory yang partisi ke 2 nya gimana ?? maksudnya, memory sebesar 8 GB yang di root menjadi 6 GB, saat di factory reset tetap 6GB atau langsung berubah seperti awal lagi (8GB) ??

    • Admin says:

      Memory yang di partisi adalah SD card atau bukan? Kalau SD card, maka setelah factory reset tetap terpartisi / tidak berubah. Tks :)

      • Alvin says:

        memang SD card yang di partisi, lalu bagaimana caranya agar kembali seperti awal lagi ?

        • Admin says:

          Untuk mengembalikan seperti ke awal lagi bisa dilakukan dengan cara format ulang SD-card-nya di hp (akan menghapus semua data di sd card). Cara masuk Settings > Storage > SD Card > klik “Erase / hapus sd card / Format SD Card”. Kalau tulisan Format SD card tidak bisa diklik / warna abu2, pilih Unmount SD card terlebih dahulu. Tks :)

          • Alvin says:

            lalu kalau sudah di factory reset, apakah hp nya masih dalam keadaan root atau sudah kembali ke awal lagi ?
            tks..

          • Admin says:

            Setelah factory reset, hp masih dalam kondisi ter root. Tks :)

          • Alvin says:

            bagaimana cara agar unroot ? biar balik seperti hp awal lagi..

          • Admin says:

            Tiap hp bisa berbeda prosedurnya. Kalau install pakai superoneclick tinggal klik unroot saja, tapi kalau pakai cara lain, ada yang perlu di flash ulang firmwarenya, dsb. Tks :)

          • Alvin says:

            maaf lupa ngasih tau, sudah di unroot, tapi kok versi kernel di pengaturan > tentang telepon > versi kernel nya masih bertuliskan :
            2.6.32.9 – perf
            root@SE-S604 #1
            cara mengembalikan seperti awal lagi gimana yah ? sudah di coba di factory reset juga.. mohon bantuannya..

  4. 544
    man says:

    bro , kalau gune universal androot tu , aku punye phone akan kelua , failed ! no ~~~fu goo~~~ kenapa yaa ? xD

  5. 545
    junoth says:

    pgi broo..gini nih SuperOne Clickx not responding bro…bingung nih…mo nungguin ato nggk..-___-“

    • Admin says:

      Kalau lebih dari 15 menit, jangan ditungguin bro, kemungkinan pakai SOC tidak mempan dan harus pakai metode yg lain. Tks :)

  6. 546
    adang says:

    klo untk polytron w 1350 gmn gan
    ane ga punya adb driver ny

Leave a Reply

Current ye@r *