Tutorial Cara Melakukan Free Video Call Android

Handphone Android pada umumnya memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dan mampu melaksanakan berbagai tugas selain tugas dasar dari sebuah handphone (melakukan panggilan telepon dan sms). Selain itu, mayoritas HP Android yang beredar di pasaran telah menggunakan koneksi 3G atau lebih cepat.

Oleh karena itu, banyak orang mengira bahwa semua handphone Android dapat melakukan panggilan video call. Namun, kenyataannya tidak. Banyak handphone Android dalam keadaan standar pabrik tidak dapat melakukan video call, khususnya yang menggunakan sistem operasi versi 2.2 (Froyo) kebawah. Jangankan melakukan video call, kamera depan pun tidak disediakan.

Bagi orang yang sering menggunakan fitur video call pasti akan kecewa menghadapi situasi ini, pikirnya “handphone satu jutaan aja bisa video call, masa Android ga bisa sih?” Jika Anda termasuk salah satu orang yang kecewa, jangan khawatir, karena Anda masih dapat melakukan video call Android dengan cara menginstall aplikasi buatan pihak ketiga.

Aplikasi Android Video Call tersebut salah satunya adalah Tango Voice & Video Calls. Dengan aplikasi ini pengguna dapat melakukan panggilan voice maupun video call. Hebatnya lagi, pengguna bukan hanya dapat melakukan video call antar pengguna Android saja, namun juga dapat melakukannya dengan pengguna iPhone.

Untuk melakukan panggilan suara (voice) maupun video call, aplikasi ini tidak menggunakan pulsa telepon dan murni menggunakan koneksi data, baik melalui jaringan WCDMA (3G), EVDO maupun melalui koneksi Wi-Fi.

Jadi, jika Anda menggunakan aplikasi ini melalui jaringan Wi-Fi atau jika Anda menggunakan paket internet unlimited, maka dapat dikatakan Anda melakukan panggilan free video call. Namun bila Anda menggunakan aplikasi ini melalui jaringan data, maka kuota internet Anda akan berkurang / bila belum berlangganan paket internet, pulsa tetap terpotong.

 

3g video call android

Tango Voice & Video Calls Android - iPhone

Berikut akan kami ajarkan cara melakukan Android Video Call menggunakan aplikasi Tango Voice & Video Calls.

  • Unduh dan install aplikasi Tango Voice & Video Calls melalui Android Market
  • Saat pertama kali aplikasi diaktifkan, Anda akan diminta untuk mengisi nomor telepon dan email sebagai tanda pengenal akun Tango. Untuk mengisi nomor telepon,  pilih Country Code +62, lalu untuk mengisi nomor telepon, jangan menggunakan angka “0” di depan. Contoh: No telp Anda: 08221100 maka harus ditulis 8221100. No telepon yang tertera akan menjadi +62 8221100.
  • Setelah selesai, Anda dapat melihat phonebook Tango. Aplikasi Tango akan melakukan pencarian berdasarkan phonebook ponsel untuk melihat apakah ada teman Anda yang telah memiliki Akun Tango.
  • Saat ini Anda sudah siap untuk melakukan panggilan voice atau video call android.
  • Pada saat melakukan panggilan pertama kali, aplikasi ini hanya menggunakan panggilan suara saja, untuk mengaktifkan fitur video call, anda hanya cukup mengklik tombol video.

Kelebihan dan kekurangan melakukan Video Call Android menggunakan aplikasi Tango Voice & Video Calls:

Kelebihan:

  1. Tidak membutuhkan pulsa telepon (Kecuali bila Anda belum berlangganan paket internet).
  2. Dapat diinstall pada handphone Android yang tidak memiliki kamera depan. Walaupun bisa, namun pastinya kurang nyaman karena harus membolak-balik handphone.
  3. Dapat melakukan video call ke pengguna iPhone dan sebaliknya
  4. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda tidak akan dikenakan biaya atau Gratis

Kekurangan:

  1. Karena hanya mengandalkan koneksi data, maka aplikasi ini membutuhkan koneksi data yang cepat, minimal koneksi 3G. Saat kami coba melakukan panggilan video call Android menggunakan koneksi 2G (kurang cepat), suara yang terdengar seperti suara robot dan terputus-putus.
  2. Aplikasi kurang stabil dan terkadang menjadi hang. Diharapkan agar kedepannya dapat dilakukan perbaikan yang menjadikan aplikasi ini lebih stabil.

Aplikasi Android video call sebenarnya bukan hanya Tango Voice & Video Calls. Masih terdapat beberapa aplikasi lainnya yang belum sempat kami coba. Aplikasi ini memang terbilang masih kurang stabil, namun sudah lebih baik daripada tidak ada sama sekali. :) Selamat mencoba. By harga-hp.com

Artikel Lain:

Loading…

52 Comments to "Tutorial Cara Melakukan Free Video Call Android"

  1. 16
    Erlangga says:

    Maap gan mw nanya…
    Ada solusi gx bwt galaxy young video call ama nokia e71???
    Mohon sarannya, thx

    • Admin says:

      Hmm.. saya belum pernah coba, tapi kalau Nokia E71-nya bisa diinstall Skype, kemungkinan keduanya bisa melakukan Video call. Atau kalau Skype tidak bisa, coba gunakan aplikasi Fring. Tks :)

  2. 17
    arrow says:

    maf min…sy pke galaxy gio..pas pake tango sy bisa liat teman saya..tp tman sy g bsa liat sy…pdhl di hp sy ada keliatan..knp y?

  3. 18
    dedy says:

    maap min ,,, mw tnya nich, aq pke sony xperia neo v, gmna yah caranya biar saat video call mnggunakan aplikasi tango qt bsa liat gambar lawan bicara qt, coz kmaren aq video call kok yg nampak cuma gambar aq, gmbar lawan bicaranya gak ada?
    mkasih

    • Admin says:

      Hp lawan bicaranya memiliki kamera depan atau tidak? Tidak muncul gambar bisa disebabkan beberapa hal, diantaranya koneksi internet yg kurang baik atau bisa juga aplikasi Tango-nya kurang kompatibel dengan hp milik lawan bicara Dedy. Tks :)

  4. 19
    ulil says:

    Kalau HP SAMSUNG GALAXY MINI carany gimana???? Udah download tp bingung makainy

    • Admin says:

      Utk menggunakan Tango Video Call, orang yg mau diajak video call harus menginstall aplikasi Tango juga. Nanti kalau orang tersebut sudah menginstall Tango, namanya akan tertera di Phonebook aplikasi Tango. Cara pakai lainnya bisa dibaca pada artikel diatas. Tks :)

  5. 20
    iwan says:

    bos saya maka samsung galaxy sya ngak tau cara ya mau instal video cal ya, bagai mana cara ya saya sudah jaringan 3g dan wifi

    • Admin says:

      Utk melakukan video call di Android, kedua hp mesti menginstall aplikasi yang sama. Jadi misalnya Iwan menginstall aplikasi Tango, maka temannya yang mau diajak video call harus install Tango juga. Aplikasi video call antara lain: Tango, Skype, Google Talk, dll.

      Cara installnya bisa dilihat pada artikel: Cara install aplikasi android klik disini. Tks :)

  6. 21
    jhondriz says:

    aq pnya hp samsung galaxy young.aq download yahoo messenger.tp koq g bsa video call yach.??

  7. 22
    Rokhman says:

    Oy,lo hTc andro 3G bz gx gan…?

  8. 23
    Arinda says:

    kok aq kontaknya ga bisa muncul yaa? apa yg salah dri kontaknya? apa semua nomor telvon disimpan di telpon aja? jadi ga ush di save ke sim??

    • Admin says:

      Kontak Tango akan muncul bila teman Anda sudah menginstall aplikasi Tango juga dan sudah mengaktifkannya. Jadi kalau temannya belum ada yg pakai aplikasi Tango tidak akan munculk di kontak. Tks :)

  9. 24
    Anonymous says:

    Gan, saya coba tango di android & leptop, klo kita vidio call dari android ke leptop bisa jawab, tapi klo dari leptop keandroid tombol jawab di android tidak bisa pungsi, minta solusinya,, makasih, oh ya, android saya cross at1g

    • Admin HHP says:

      Clear data aplikasi Tango. Buka Settings > Apps / Applications > Manage Apps > cari aplikasi Tango > klik Clear Data > restart ponsel. Kalau tetap tidak bisa, coba reinstall aplikasi Tango. Kalau masih tidak bisa, kemungkinan ada bug pada aplikasi Tango > tunggu update aplikasi selanjutnya. Tks :)

  10. 25
    evi munalestari says:

    kalo dari HP china yg bisa androiid apakah bisa video call ke hp samsung fame

    • Admin HHP says:

      Kalau HP China-nya pakai sistem Android (kalau bisa yang sudah OS 4.0 keatas) + punya kamera depan + koneksi internet cepat, maka bisa video call. Tq :)

  11. 26
    evi munalestari says:

    sedangkan yg sy hubi itu posisi ny si luar negeri di oman

    • Admin HHP says:

      Tidak masalah kalau di luar negeri, selama koneksi internet Evi dan yg dihubungi cepat dan stabil. Tq :)

Leave a Reply

Current ye@r *

1 Trackback to "Tutorial Cara Melakukan Free Video Call Android"

  1. on June 13, 2011 at 7:47 pm