Samsung Galaxy 551 (i5510) Review

Sebenarnya kami melakukan review Samsung Galaxy 551 (i5510) ini cukup terlambat. Namun berhubung kami masih memiliki beberapa file foto handphone Samsung QWERTY dengan model slide ini, maka kami putuskan untuk memberikan review dengan harapan dapat memberi informasi tambahan bagi yang ingin meminang handphone Samsung 551 Android ini.

Desain

Samsung Galaxy 5510 Review

Samsung Galaxy 551 Review

Samsung Galaxy i5510 memiliki desain slider menyamping. Layarnya berjenis capacitive yang responsif terhadap sentuhan jari, beresolusi 240×400 pixels dengan lebar layar 3,2 inch. Resolusi 240×400 pixel memang tergolong kecil untuk ukuran handphone Android saat ini, namun tampilan dan warna yang dihasilkan oleh layar handphone ini cukup tajam dan baik. Apabila pada foto anda melihat layarnya sedikit bergaris, hal tersebut dikarenakan efek digital kamera yang kami gunakan, namun aslinya tidak akan anda temui garis tersebut.

Pada bagian belakang handphone hanya terdapat lensa kamera dan lubang speaker, pada bagian samping kiri terdapat tombol volume, pada samping kanan terdapat tombol on-off, pada bagian atas terdapat port micro USB dan jack earphone universal ukuran 3,5 mm, sedangkan pada bagian bawah Samsung Galaxy 551 hanya terdapat mic.

Seperti handphone berjenis slide pada umumnya, Samsung 551 memang berbodi agak tebal, misalnya bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy 5. Namun demikian, ketebalan handphone ini dalam batas wajar, bahkan banyak orang yang tidak mengetahui bahwa HP ini adalah jenis slide.

Review Samsung 551

Samsung 551 Review

Keyboard fisik Samsung i5510 terbuat dari bahan karet. Bentuk tombol keyboardnya  hampir rata atau sejajar dengan papan keyboard, sehingga sedikit mengurangi kenyamanan. Namun, kami dapat menggunakan keyboard Samsung QWERTY ini dengan baik dan yang pasti jauh lebih nyaman bila dibandingkan harus mengetik dengan menggunakan keyboard virtual.

Performa

Samsung Galaxy 551 menggunakan sistem operasi Android 2.2 Froyo dan dipersenjatai dengan processor berkecepatan 667 MHz. Saat kami mencoba berpindah menu dan menjalankan aplikasi, handpphone ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan jarang terjadi lag.

Beberapa orang khawatir akan ada aplikasi, khususnya game yang tidak kompatibel dengan Samsung Galaxy i5510 dikarenakan layarnya beresolusi agak janggal. Bila anda termasuk orang tersebut, jangan khawatir, tidak seperti beberapa sistem operasi lainnya, handphone dengan sistem operasi Android dapat membuat aplikasi agar dapat “menyesuaikan diri” sehingga dapat dijalankan di beberapa Handphone Android dengan resolusi yang berbeda.

Fitur dan Kemampuan Gaming

Samsung 551 mendukung fitur push email untuk provider email terkenal seperti Gmail dan Yahoo. Pada saat pertama kali dinyalakan, ponsel akan meminta anda memasukkan data account Gmail atau membuat baru bila belum memilikinya. Setelah account anda terkoneksi, handphone akan melakukan sinkronisasi email, phonebook, dan kalender handphone dengan account Google anda.

Sama seperti handphone Android pada umumnya, fitur social networking pada Samsung 551 cukup lengkap. Beberapa aplikasi yang kami coba install dan berjalan baik diantaranya Yahoo Messenger, Aplikasi Facebook terbaru yang sudah mendukung fitur chat dan upload foto langsung, Foursquare, Layar, Twitter, dan lainnya. Sebagai catatan, hampir semua aplikasi social networking pada handphone Android telah mendukung active notification, dalam artian, bila ada pesan baru, maka akan langsung muncul di halaman utama HP.

Untuk urusan game, kami telah mencoba meng-install beberapa judul game diantaranya Need For Speed Shift, Reckless Racing, Speed Forge, Angry Birds dan semuanya berjalan dengan lancar. Namun, jangan terlalu berharap Samsung Android ini dapat menjalankan game high definition dengan baik.

Samsung i5510 sebenarnya cocok digunakan bagi kalangan bisnis, hanya saja, bagi anda yang sering menggunakan handphone untuk mengetik dokumen atau mempersiapkan presentasi harus mengeluarkan dana ekstra, karena aplikasi office bawaan HP ini hanya dapat membaca file saja, tidak dapat digunakan untuk mengedit atau membuat file baru.

Ponsel ini dilengkapi dengan Radio FM dan dapat menangkap sinyal siaran dengan baik. Anda harus mencolokkan earphone agar dapat mendengarkan radio, namun anda dapat mengatur agar radio dapat didengarkan menggunakan speaker HP.

Music player Samsung Galaxy i5510 tergolong standar. Kualitas suara yang dihasilkan bila menggunakan earphone bawaan terdengar jernih, namun kualitas speaker handphone terasa kurang “garing”. Anda dapat mengatur music player atau radio agar mati secara otomatis setelah waktu tertentu. Hal ini berguna misalnya ketika anda ingin menggunakan HP sebagai pengantar tidur anda.

Samsung 551 memiliki kamera dengan resolusi 3,15 MP tanpa flash dengan fitur auto focus. Hasil kamera terbilang baik, dan memiliki pengaturan yang cukup lengkap. Untuk video, handphone ini dapat merekam video dengan resolusi 320 x 420 pixel QVGA.

Walaupun telah menggunakan OS Froyo yang dikatakan telah mendukung Adobe Flash, namun saat kami tes, browser bawaan ponsel ini tidak dapat menampilkan aplikasi flash, walaupun kami telah mencoba menginstall adode flash. Sebagai contoh, saat kami mengunjungi situs Youtube versi desktop, video tidak dapat ditampilkan dan tertera tulisan “mohon upgrade flash player anda” dalam bahasa inggris tentunya :)

Review Samsung Galaxy i5510

Samsung Galaxy i5510 Big Button Keyboard

Sebagai informasi tambahan, apabila anda malas buka tutup keyboard Samsung QWERTY ini, namun merasa keyboard virtual bawaan Samsung tombolnya terlalu kecil, anda dapat menginstall Big Buttons Keyboard yang memiliki tombol virtual yang besar-besar. Tidak semua handphone Android dapat menggunakan aplikasi keyboard ini, namun karena Samsung 551 memiliki layar yang cukup panjang, aplikasi ini dapat terinstall dan digunakan dengan baik.

Konektivitas

Samsung Galaxy i5510 dapat berjalan dijaringan HSDPA dengan kecepatan maksimum 7.2 MBps. Selain itu juga tersedia Wi-FI dan Bluetooth V2.1. Karena ponsel ini sudah menggunakan OS Froyo, anda dapat memanfaatkan fitur Wi-Fi tethering yang menjadikan handphone ini sebagai Hot Spot pribadi dimana saja anda berada.

Ponsel ini juga diperlengkapi dengan GPS receiver. Untuk melakukan penguncian terhadap satelit tidak dibutuhkan waktu yang lama, khususnya apabila fitur assisted GPS atau A-GPS diaktifkan.

Daya Tahan Baterai

Baterai standar menggunakan jenis Li-Ion berkapasitas 1200 mAh. Pada pemakaian normal, Samsung Galaxy 551 hanya dapat bertahan satu harian. Apabila anda ingin lebih irit baterai, anda dapat mematikan konektifitas internet bila tidak diperlukan atau mengaturnya agar berjalan hanya di jaringan 2G saja.

Kesimpulan dan Harga HP

Harga HP Samsung Galaxy 551 pada saat peluncuran berada di kisaran Rp. 2.700.000 dan harganya cukup stabil hingga saat ini (akhir April 2011). Update: Harga untuk bulan Juni berada di kisaran Rp. 1.950.000

Kelebihan:

  • Layar dan kinerja responsif
  • Sistem Operasi Android Froyo
  • Support multi touch
  • Keyboard QWERTY fisik

Kekurangan:

  • Belum mendukung adobe flash
  • Aplikasi Office bawaan bukan full version
  • Tidak ada tombol kamera (agak menyulitkan saat mengambil foto diri sendiri)

Samsung Galaxy 551 (i5510) memiliki performa yang baik, namun memang masih memiliki beberapa kelemahan.

Jujur saja, menurut kami, harga tersebut agak mahal bila dibandingkan dengan spesifikasi yang diusung, namun memang diakui handpone Android dengan QWERTY keyboard fisik populasinya tidak terlalu banyak.

Sekarang tinggal menunggu waktu kapan handphone ini turun harga, apalagi saat ini harga Motorola Charm sudah cukup terjangkau dan Samsung-pun sudah meluncurkan Samsung Galaxy Pro yang memliki keyboard QWERTY dengan bentuk candy bar.

Spesifikasi:

  • Konektifitas: GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 900/2100, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth V2.1, GPS
  • P x L X T: 111 x 55 x 15,2 mm
  • Layar: TFT kapasitif, 240 x 400 pixels, 3.2 inchi
  • Memory: Internal 160 MB, external: microSD, hingga 32GB
  • Kamera: 3.15 MP, autofocus, Video recording @15 fps
  • Sistem Operasi: Android OS, v2.2 (Froyo)
  • Processor: 667 MHz
  • Fitur:  – QWERTY keyboard – Sensor Accelerometer – Samsung TouchWiz 3.0 UI – 3.5mm jack- Radio – Dll

Demikianlah review samsung galaxy i5510 dari kami, jika anda ada pertanyaan, mau komentar, mau koreksi, mau protes atau sekedar mau tinggalin link blog kamu? Silahkan comment dibawah, jangan malu-malu :)

481 Comments to "Samsung Galaxy 551 (i5510) Review"

  1. 211
    eful says:

    ane punya GT 551 barangkali ada yg minat, TT juga boleh sama galaxy Y Duos.

    • Admin says:

      Coba ditawarkan melalui forum jual beli atau toko online gratis, Eful. Tks :)

    • arive says:

      brp duit boz.
      n daerah mna???
      minat jual hub no 081909994xxx

      • Admin says:

        Mohon maaf, nomor telepon Arive belakangnya di samarkan, karena kalau publish nomor telepon di internet, nanti banyak yg SMS penipuan ke Arive. Kalau Eful mau menawarkan ke Arive bisa melalui email: kirno.maarif31 [at] yahoo.com Tks :)

Leave a Reply

3 Trackbacks to "Samsung Galaxy 551 (i5510) Review"

  1. on April 1, 2011 at 5:53 am
  2. on April 4, 2011 at 4:19 am
  3. on April 21, 2011 at 8:20 pm