Review Samsung Galaxy Y (Young) Indonesia – Kelebihan dan Kekurangannya

Handphone Android Samsung boleh dibilang menyasar hampir semua segmen. Dari produk high endmid-end hingga low / entry level dimiliki oleh produsen Korea ini. Bila sebelumnya Galaxy Mini adalah varian termurah dari jajaran ponsel Android Samsung, kali ini posisinya digantikan oleh Samsung Galaxy Y (Young) S5360. Bagaimana kemampuannya? Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki? Baca terus review kali ini.

Review Desain Samsung Galaxy Young

Bila dilihat dari nama Galaxy Y, Y = Young = Muda, tampaknya handphone ini ditujukan bagi kaum muda. Namun, kalau dilihat dari desain, tampilan Samsung Galaxy Young cukup simple, kurang terkesan “anak muda” dan malah sedikit terlihat elegan.

review samsung galaxy young

Samsung Galaxy Y (Young) S5360

Pilihan warna Galaxy Young yang pernah saya lihat di pasaran adalah warna putih, hitam (belakang silver) dan pink. Ukuran handphone Android ini adalah  104 x 58 x 11,5 mm dengan berat 97,5 gram. Ponsel ini nyaman untuk di genggam, ringan dan tentu saja akan mudah untuk dimasukkan ke dalam kantong. Seluruh badan ponsel ini terbuat dari plastik namun tidak terkesan murahan.

Pada bagian depan di dominasi oleh layar berukuran 3 inchi, yang dibawahnya terdapat tombol HOME yang diapit oleh dua buah tombol sentuh, yaitu tombol MENU disebelah kiri dan tombol BACK di sebelah kanan. Ponsel ini tidak memiliki kamera depan. Bila terlihat ada semacam bulatan kecil yang terletak diatas layar, itu bukanlah kamera namun merupakan proximity sensor yang berguna untuk mematikan layar secara otomatis saat HP digunakan untuk menelpon dengan cara mendeteksi jarak antara ponsel dengan telinga.

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy young review

Samsung Galaxy Young GT-S5360

Bagian belakang Samsung Galaxy Young bertekstur kasar atau sedikit bergerigi seperti kebanyakan ponsel Android Samsung keluaran akhir-akhir ini. Penggunaan tekstur kasar sebenarnya cukup membantu agar handphone tidak licin dan juga tidak meninggalkan sidik jari. Lubang speaker terletak disebelah lensa kamera berkekuatan 2MP yang tidak dilengkapi lampu flash.

Pada bagian sebelah kiri terdapat tombol volume dan juga lubang untuk tali hiasan handphone atau strap. Di bagian kanan hanya terdapat tombol Power yang juga berfungsi sebagai tombol kunci untuk mematikan dan menyalakan layar. Pada bagian atas HP terdapat jack audio 3,5 mm dan juga port micro USB. Bagian bawah hanya terdapat lubang microphone.

Review Layar Samsung Galaxy Y

Layar Samsung Galaxy Young berukuran 3 inchi dengan resolusi 240 x 320 pixels. Layarnya tipe kapasitif yang responsif terhadap sentuhan jari dan sudah mendukung multi touch dua titik. Warna yang ditampilkan terbilang standar, terlihat agak pucat atau memiliki kontras yang kurang baik. Gambar dan tulisan yang ditampilkan juga terlihat kurang halus, wajar saja karena resolusi layarnya tergolong kecil. Mengingat harganya yang relatif murah, kualitas layarnya bisa dibilang masih bisa di maafkan dan setelah beberapa saat menggunakannya, Anda akan terbiasa dan bisa menerimanya.

Review Kinerja dan kemampuan gaming Galaxy Young

Samsung Galaxy Young menggunakan processor berkecepatan 832 MHz,  dilengkapi dengan GPU Broadcom dan RAM sebesar 290 MB. Saat diuji menggunakan aplikasi benchmark sintetik Quadrant standard, hp Android ini mendapatkan nilai 1000 lebih dan ketika diuji menggunakan aplikasi Neocore mendapatkan nilai 41-43 FPS (frame per second). Pada umumnya ponsel yang dapat menjalankan aplikasi Neocore maka dapat juga menjalankan game-game 3D, dan benar saja, ketika dicoba untuk dinstall beberapa game 3D, Galaxy Y dapat menjalankan permainan tersebut dengan cukup baik.

GPU  (Graphics Processing Unit) atau prosesor pengolah grafis memiliki fungsi untuk memproses grafis atau gambar sebelum ditampilkan pada layar hp. Bila sebuah ponsel tidak memilik GPU, maka semua pengolahan grafis dilakukan oleh processor utama.

Yang perlu menjadi catatan disini adalah, tidak semua game pasti dapat berjalan di Galaxy Y. Hal ini lebih dikarenakan game pada Android walaupun memiliki judul yang sama namun memiliki beberapa versi yang disesuaikan dengan GPU yang digunakan pada sebuah perangkat Android. Jadi, jika Anda menginstall sebuah game namun tidak dapat berjalan di Young, bukan berarti spesifikasi hp ini tidak cukup kuat untuk menjalankannya, namun bisa saja karena game tersebut tidak cocok. Sebagai contoh, game yang dapat berjalan dengan lancar di Samsung Galaxy Mini belum tentu dapat berjalan di Galaxy Y, begitupun sebaliknya. Hal ini dikarenakan keduanya menggunakan GPU yang berbeda. Mini menggunakan GPU Adreno, sedangkan Young menggunakan GPU Broadcom.

Untuk performa saat digunakan sehari-hari tidak mengecewakan. Kecepatan processor yang cukup tinggi dan juga resolusi layar yang hanya 240×320 pixel menyebabkan handphone ini responsif dan tidak lemot saat digunakan untuk membuka aplikasi atau saat perpindahan antar menu.

Kualitas Kamera dan video Galaxy Y

Samsung Galaxy Y menggunakan kamera berkekuatan 2 MP, tanpa lampu Flash dan tidak dilengkapi kamera depan. Bila digunakan untuk memotret objek dalam jarak dekat, misalnya untuk memfoto tulisan teks, hasilnya akan sedikit buram karena kameranya adalah berjenis fixed focus atau jarak fokusnya tidak dapat berubah. Kualitas kameranya terbilang standar, tidak dapat dikatakan baik namun tidak terlalu buruk. Foto yang dihasilkan sedikit terlihat pucat dan agak terlihat kurang detail bila dilihat menggunakan komputer. Namun, apabila hasil foto dilihat melalui layar handphone atau sekedar untuk upload ke situs jejaring sosial seperti Facebook, kualitasnya sudah cukup baik.

Handphone Android ini dapat merekam video dengan resolusi QVGA 240×320 pixel dengan kecepatan 15 fps (frame per second). Bila digunakan untuk merekam objek yang bergerak cepat, hasilnya akan sedikit terlihat kurang lancar. Sama seperti hasil foto, video yang dihasilkan hanya bagus bila dilihat melalui layar ponsel.

Tampaknya fitur kamera dan video pada Samsung Galaxy Young hanya sebagai pelengkap saja. Bila fitur kamera adalah hal yang penting bagi Anda, sepertinya ponsel ini kurang cocok.

Review Kualitas Audio Samsung Galaxy Young

Samsung Galaxy Young menggunakan speaker mono yang memiliki kualitas cukup baik dan jernih namun tidak istimewa. Penempatan lubang speaker yang berada di belakang dan hanya diberi sedikit tonjolan menyebabkan suara speaker menjadi kecil dan sulit terdengar jika handphone diletakkan pada bidang empuk seperti kasur, sofa, dll. Bila dihubungkan dengan headset, kualitas suaranya tentu saja akan jauh terdengar lebih baik.

Tampilan aplikasi music player bawaan terbilang sederhana. Untuk memainkan musik, Anda dapat memilih berdasarkan Artis, Album atau berdasarkan playlist yang dapat dibuat sendiri. Untuk mengatur kualitas suara saat didengarkan menggunakan headset, terdapat beberapa pilihan Equalizer yang bisa Anda pilih seperti Normal, Rock, Jazz, Classic, dll. Untuk memunculkan kesan surround sound, Anda bisa memilih 5.1 Channel, walaupun efeknya tidak terlalu dirasa.

Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy Young

Baterai Samsung Galaxy Young adalah tipe Li-Ion dengan kapasitas 1200 mAh. Tipe Li-Ion berarti handphone dapat di charge kapan saja, tidak perlu menunggu sampai habis. Daya tahan baterainya terbilang standar untuk ukuran handphone Android. Bila digunakan untuk menelpon selama 30 menit lebih, ditambah untuk browsing internet selama satu jam dan untuk menggunakan aplikasi lain seperti video player, bermain game, dll dengan total waktu satu jam, maka ponsel Android ini hanya dapat bertahan selama satu hari bahkan kurang bila kondisi sinyal kurang baik.

Bila Anda berpikir Samsung Galaxy Young boros baterai, coba baca artikel: Kenapa Android boros baterai?

Spesifikasi Samsung Galaxy Y:

  • Jaringan: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz, 3G 900 / 2100 MHz HSDPA 7,2 Mbps
  • Ukuran: 104 x 58 x 11.5 mm, berat: 97.5 g
  • Layar: TFT capacitive touchscreen, 262 ribu warna, resolusi 240 x 320 pixels, ukuran 3?
  • Kamera: 2 MP, 1600×1200 pixels fixed focus. Perekemanan video QVGA (320×240 pixels) @15 fps
  • Processor: 832 MHz ARMv6, GPU Broadcom, RAM 290 MB
  • Sistem Operasi (OS): Android 2.3 (Gingerbread)
  • Memori: 160 MB internal, SD card sampai 32 GB
  • Konektifitas: Bluetooth v3.0, Wi-Fi 802.11 b/g/n, wifi tether (hotspot), Micro USB
  • Baterai: Li-Ion 1200 mAh
  • Lain-lain: GPS (A-GPS), FM Radio, Sensor proximity, compass, , Accelerometer, Document Viewer,

Review Samsung Galaxy Young – Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan Samsung Galaxy Y S5360:

  • Harga terjangkau untuk ukuran handphone Android
  • Kecepatan processor 832 MHz, termasuk yang tertinggi di kelasnya (saat artikel ini ditulis)
  • Kinerja responsif
  • Ukuran kecil dan ringan
  • Sudah menggunakan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread

Kekurangan Galaxy Young:

  • Kualitas layar tidak terlalu baik
  • Kamera hanya 2MP, fixed focus (untuk menekan harga jual)

Galaxy Young Review – Kesimpulan

Harga Samsung Galaxy Young tidak terlalu berbeda jauh dibanding handphone “bodoh” (kebalikan dari smartphone :D). Bila sebelumnya Anda belum pernah menggunakan smartphone atau ponsel yang menggunakan sistem operasi, Galaxy Y merupakan batu loncatan yang lumayan pas. Anda akan seketika mengetahui perbedaannya dan mengetahui apakah teknologi canggih dan terbaru cocok bagi Anda atau apakah Anda akan lebih memilih hal yang simple dan praktis seperti mayoritas handphone jaman dahulu (tanpa sistem operasi).

Harga Handphone Android

Harga HP Samsung Galaxy Young bulan ini (Maret 2012) berada di kisaran Rp. 1.200.000-1.300.000. Terkadang dijual lebih murah jika sedang ada promosi dari Samsung atau dari operator telekomunikasi.

Catatan:

Samsung Galaxy Young yang kami review diatas adalah versi GSM. Untuk versi CDMA terdapat sedikit perbedaan spesifikasi. Selain berbeda jaringan telepon (GSM atau CDMA), prosesor yang digunakan pada versi CDMA memiliki kecepatan yang lebih rendah bila dibanding versi GSM, yaitu 600 MHz.

113 Comments to "Review Samsung Galaxy Y (Young) Indonesia – Kelebihan dan Kekurangannya"

  1. 46
    ANDI KHAIDIR says:

    om mau tanya nih, tentang apk camera 360 ultimate kenapa kameranya terbalik ya?????

    • Admin says:

      Saat ini saya sdg tidak install Camera 360, tapi seingat saya ada pengaturan utk mengatur orientasinya. Coba cari dan cek di pengaturan Camera 360. Tks :)

  2. 47
    Dai says:

    Galaxy young punya saya di overclock speed procienya sampe 1.2 GHz :D

  3. 48
    QcoKico says:

    Saya mau beli IC Charger Samsung Galaxy Young S5360 dmn ya bos? Posisi sy ada di PONOROGO,JAWA TIMUR

    • Admin says:

      Hmmm.. kalau lokasi penjualan spare part ponsel saya juga kurang mengetahuinya. Coba QcoKico cari di Internet, mungkin ada yg jual. Tks :)

    • Admin says:

      Hmmm.. kalau lokasi penjualan spare part ponsel saya juga kurang mengetahuinya. Coba QcoKico cari di Internet, mungkin ada yg jual. Tks :)

  4. 49
    Anonymous says:

    om, samsung y ini bisa ga buat download camera 360 ?

  5. 50
    Nila says:

    oh galaxy y dan young tuh beda ya? dikirain mah sama, orang cuman mau nyingkat doang haha

Leave a Reply

Current ye@r *