Review Samsung Galaxy Note GT-N7000 – Kelebihan dan Kekurangannya

Samsung Galaxy Note adalah salah satu produk unggulan dari Samsung. Tampaknya pabrikan Korea ini lumayan jor-joran dalam mempromosikan produk yang satu ini. Iklan yang cukup fenomal yang baru-baru ini terjadi adalah munculnya iklan Samsung Galaxy Note pada ajang NFL Super Bowl XLVI di Amerika. Biaya yang dihabiskan untuk iklan yang memiliki tag line “The Next Big Thing is Already Here” adalah sekitar 10,5 Juta Dollar Amerika atau kurang lebih sekitar 94,5 Milliar rupiah hanya untuk biaya tayangnya saja.

Di Indonesia, setidaknya di Jakarta, kita dapat dengan mudah menemukan iklan Galaxy Note di papan-papan reklame. Dengan biaya iklan yang tidak sedikit, tentunya Samsung berharap banyak dari produk ini. Memang, apa saja kelebihan Samsung Galaxy Note? Apakah ada kekurangnya? Apakah layak untuk dibeli? Baca selengkapnya dalam Galaxy Note review di bawah ini.

HARGA SAMSUNG GALAXY NOTE N-7000

Harga Samsung Galaxy Note bulan September tahun 2103:

  • Baru: Rp. 4.900.000,-
  • Bekas: Rp. 4.000.000,-

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY NOTE

  • Layar: Super AMOLED kapasitif, 5,3 inchi, 800×1280 pixels (kerapatan 285 ppi), 16 juta warna
  • Ukuran:146,9 x 83 x 9,7 mm. Berat: 178 g
  • Kamera: Belakang/utama: 8 MP, 3264×2448 pixels, autofokus, Flash LED, fitur perekaman video full HD 1080. Kamera Depan 2 MP
  • Sistem Operasi: Android Gingerbread V2.3.6
  • CPU: Exynos Dual Core 1,4 GHz Arm Cortex A9
  • GPU: Mali-400 MP
  • Baterai: Li-Ion 2500 mAh
  • Lain-lain: Stylus (S-Pen), FM Radio, barometer, accelerometer, gyro, compass, proximity sensor

PAKET PENJUALAN

Untuk handphone Android dengan harga enam juta lebih (saat diluncurkan), paket penjualan yang disertakan ternyata standar saja. Anda akan mendapatkan kotak Galaxy Note dengan ukuran dus yang relatif kecil dan jauh dari kesan premium. Di dalamnya terdapat:

  • Samsung Galaxy Note N7000 + S-Pen (stylus)
  • Earphone Stereo model in ear dengan kabel yang memiliki tombol volume
  • Charger
  • Kabel data model micro USB ke USB yang juga berfungsi untuk kabel charger
  • Buku panduan singkat dan kartu garansi

Catatan: Pada paket penjualan, ada juga yang mendapatkan bonus flip cover asli dari Samsung, namun flip cover tidak dimasukkan ke dalam kotak atau diberikan secara terpisah.

DESAIN

Pertama-tama saya akan melakukan review desain Samsung Galaxy Note N7000. Karena ukurannya yang lebih besar dari HP Android pada umumnya tetapi lebih kecil dari tablet Android, banyak orang yang menyebut Galaxy Note sebagai phablet atau penggabungan dari kata phone dan tablet. Menurut saya pribadi, gadget ini lebih condong ke handphone dibanding tablet.

Note memiliki ukuran panjang 146,9 mm, lebar 83 mm dengan ketebalan 9.7 mm. Ukurannya yang lebar membuat pengguna tidak dapat melakukan pengetikan dengan hanya satu tangan. Dengan ukuran badan dan layar yang terbilang luas namun dengan tebal kurang dari 1 cm, Note N7000 agak terkesan ringkih, apalagi body-nya mayoritas terbuat dari plastik. Tapi ini baru hanya sebatas kesan saja, karena kami belum pernah melakukan drop test atau menjatuhkan Samsung Galaxy Note N7000 untuk menguji ketangguhannya.

Gambar Galaxy Note di telapak tangan:

samsung galaxy note gt n7000 review

Gambar 1. Samsung Galaxy Note GT N7000

Build quality phablet Android ini terbilang baik, tombol-tombol terlihat presisi namun tetap nyaman ditekan, tutup baterai dapat terpasang dengan baik dan terasa solid saat digenggam atau tidak ada bunyi-bunyian seperti kurang rapat.

Bagian depan berwarna glossy, sebagian besar didominasi oleh layar. Dibawahnya terdapat tombol MENU, HOME dan BACK. Tombol MENU dan BACK merupakah touch button (tombol sentuh), sedangkan tombol HOME yang ditengah adalah tombol fisik. Samsung GT-N7000 tidak memiliki tombol navigasi d-pad, trackball, trackpad atau semacamnya. Pada bagian depan juga terdapat kamera 2MP, sensor cahaya dan proximity yang terletak di bagian kanan atas dari layar.

Pada bagian belakang pabhlet terdapat kamera 8MP, satu buah lampu flash, dan lubang speaker mono. Bagian belakang Galaxy Note yang berwarna hitam bertekstur kasar, sehingga tidak licin. Untuk Note yang berwarna putih, saat saya melihat dummy (model contoh)-nya, bagian belakangnya bertekstur halus, namun saya tidak mengetahui apakah produk aslinya juga sama (bertekstur halus).

Untuk membuka baterai, Anda harus melepas semua bagian cover belakang. Pada bagian bawah Note terdapat port micro USB, lubang mic dan juga stylus S-Pen. Posisi penempatan S-Pen yang berada dibawah menyebabkan resiko kehilangan S-Pen menjadi lebih besar. Namun, it’s better than nothing alias masih untung ada (s-pen) :D.

Gambar S-Pen:

stylus samsung galaxy note

Gambar 2. Stylus (S-Pen) pada bagian Bawah Galaxy Note

Dibagian atas terdapat jack handsfree berukuran 3,5 mm, dibagian kiri terdapat tombol volume dan disebelah kanan hanya terdapat tombol power. Galaxy Note GT N7000 tidak memiliki tombol khusus kamera dan juga port HDMI.

Dari sisi desain, menurut saya pribadi biasa-biasa saja atau tidak ada yang istimewa. Malah cenderung membosankan karena jajaran ponsel Android Samsung kalau boleh dibilang modelnya mirip antara satu seri dengan seri yang lain. Walaupun begitu, ukuran badan dan layarnya yang besar tentu saja akan menjadikan Anda sebagai pusat perhatian saat mengeluarkan Samsung Galaxy Note di keramaian, apalagi ketika Anda menyalakan layarnya.

Apakah Samsung Galaxy Note muat untuk dibawa di dalam kantong?

Pertanyaan ini sebenarnya lebih sering diajukan oleh kaum pria yang pada umumnya meletakkan handphone di saku celana. Untuk para Wanita, biasanya tidak terlalu mempermasalahkan karena sebagian besar menaruh handphone atau gadget di tas tenteng. Lalu, apakah Samsung Galaxy Note muat dimasukkan ke kantong celana? Jawabannya ya dan tidak. Masih muat dimasukkan ke kantong jika Anda menggunakan celana bahan atau celana jeans yang tidak terlalu ketat.

Saya sudah mencoba memasukkan Galaxy Note ke kantung depan sebuah celana bahan. Untuk merasakan apakah phablet ini mengganggu atau membuat rasa tidak nyaman, saya mencoba untuk membawanya berjalan-jalan seharian dan juga mencoba saat posisi duduk. Secara keseluruhan, gadget ini tidak terlalu mengganggu dan tidak terlalu berbeda dengan membawa handphone Android yang memiliki layar 4 inchi. Hal ini dikarenakan Samsung Galaxy Note cukup tipis, jadi tidak terlalu “mengganjal”.

Untuk Anda yang masih ragu apakah Note bisa masuk ke kantung celana atau tidak, coba masukkan semua telapak tangan Anda ke kantung. Bila Anda masih merasa nyaman, berarti kemungkinan besar Samsung Galaxy N7000 akan tidak ada masalah masuk ke kantung celana. Tidak disarankan untuk membawa gadget ini menggunakan celana ketat, karena selain kurang nyaman, dapat menyebabkan tekanan berlebih pada body dan layar yang (mungkin) dapat merusak kaca layar (retak).

Gambar Samsung Galaxy Note dimasukkan ke kantong celana:

kelebihan samsung galaxy note

Gambar 3. Galaxy Note dalam kantong

Gambar Note dimasukkan ke celana jeans ketat:

galaxy note masuk kantong celana

Gambar 4. Samsung Galaxy Note “dipaksa” masuk ke Celana Jeans Ketat

LAYAR

Sekarang saya akan melakukan review layar Samsung Galaxy Note. Pabhlet ini menggunakan layar berukuran 5,3” dengan resolusi 800 x 1280 pixels berteknologi Super AMOLED. Untuk urusan kualitas layar, phablet Android ini tidak perlu diragukan lagi. Gambar dan tulisan terlihat halus dilayar, Anda tetap dapat membaca tulisan yang sangat kecil dilayar Note. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy Tab 7.0 plus saja “hanya” memiliki resolusi sebesar 600 x1024 pixels. Saat artikel ini ditulis, Galaxy Note merupakan acang atau gadget yang menggunakan teknologi layar AMOLED dengan resolusi tertinggi di pasaran Indonesia.

Untuk kualitas warna dan juga kontras dari layar Note sekelas dengan layar tipe Amoled lainnya. Warna yang ditampilkan benar-benar tajam dan indah. Apabila anda tidak terlalu menyukai tampilan layar yang memiliki tingkat kontras tinggi, maka layar Galaxy N7000 bisa diatur agar tidak terlalu mencolok dan terlihat lebih natural.

Tingkat kecerahan layar terbilang baik, Anda masih dapat melihat gambar dan tulisan di luar ruangan. Sudut penglihatan layar juga terbilang bagus. Layarnya berjenis kapasitif yang sensitif terhadap sentuhan jari dan mendukung multi touch hingga 10 titik sentuh.

KINERJA DAN KEMAMPUAN GAMING

Review Samsung Galaxy Note N7000 – kinerja dan kemampuan untuk main game. Gadget ini menggunakan processor Dual-core 1.4 GHz ARM Cortex-A9 yang dilengkapi dengan GPU (Graphics Processing Unit) Mali 400-MP dan RAM sebesar 1GB. Spesifikasi yang dimilikinya termasuk salah satu yang terbaik untuk saat ini. Untuk sistem operasi yang digunakan adalah Android Gingerbread versi 2.3.6.

Saat di uji menggunakan aplikasi benchmark sintetik Quadrant, Samsung Galaxy Note mendapatkan nilai sekitar 3700, performanya sedikit lebih unggul bila dibanding dengan Galaxy SII yang mendapatkan score sekitar 3500. Hal ini cukup hebat, karena resolusi layar Galaxy Note (800×1280 pixels) lebih besar dari Galaxy SII (480 x 800 pixels).

Walau memiliki score tinggi pada aplikasi benchmark, namun perpindahan antar menu Samsung Galaxy Note saat digunakan sehari-hari terkadang seperti terjadi lag sedikit. Namun jangan khawatir, hal ini tidak menggangu pengoperasian dan bahkan banyak pengguna yang tidak terlalu memperhatikan.

Lag ini lebih disebabkan karena software yang digunakan pada Galaxy Note. Banyak pengguna yang telah mengganti sistem operasinya dengan versi “modifikasi” atau sering disebut custom rom melaporkan kinerja Note meningkat cukup signifikan dan perpindahan antar menu lebih halus.

Bagaimana dengan kemampuan gaming Samsung Galaxy Note? Kami coba menginstall tiga jenis game HD (High Definition), yaitu game bola, game tower dan game balap mobil. Ketiga game dapat berjalan lancar dan tanpa lag. Dengan ukuran layar yang lebih besar dari handphone Android, bobot yang tidak terlalu berat bila dibanding tablet, belum lagi layarnya yang jernih, tampaknya phablet ini cukup nyaman untuk digunakan sebagai teman mengisi waktu luang Anda.

Sebagai catatan, walaupun Samsung Note memiliki spesifikasi hardware yang mumpuni, namun bukan berarti semua game pasti dapat berjalan dengan baik pada perangkat Android ini. Hal ini bukan karena spesifikasinya kurang kuat untuk menjalankan game, namun hal ini dikarenakan game Android biasanya dibuat secara spesifik untuk processor atau GPU tertentu. Jadi game yang dapat berjalan lancar di salah satu tipe handphone Android, belum tentu dapat berjalan lancar/tampil sempurna di hp/tablet lainnya.

Sebagai contoh, seorang teman saya pernah mencoba menginstall beberapa game yang sebelumnya lancar dimainkan di handphone Sony Ericsson Xperia Arc ke Galaxy Note. Beberapa game dapat berjalan normal, beberapa game dapat berjalan namun gambarnya tidak utuh dan beberapa game lain tidak dapat berjalan sama sekali.

KAMERA DAN VIDEO

Review Samsung Galaxy Note: Kualitas Kamera. Phablet Android ini dilengkapi dengan dua buah kamera. Kamera belakang beresolusi 8 MP (3264 x 2448 pixel) auto focus dan kamera depan beresolusi 2 MP (1600×1200 pixels) fixed focus. Pengaturan kamera Samsung Galaxy Note cukup banyak, diantaranya:

  • Scene
  • Exposure
  • Timer
  • Effects
  • White Balance
  • ISO
  • Metering
  • Blink Detection
  • Anti Shake
  • Geotagging
  • Face Detection
  • Dll

Kualitas kamera belakang Galaxy Note N7000 dapat diandalkan. Hasilnya setara dengan Samsung Galaxy SII. Gambar yang dihasilkan hanya sedikit memiliki noise, memiliki tingkat kontras yang baik dan detail tinggi. Kameranya juga dilengkapi dengan sebuah lampu flash yang berguna untuk mengabadikan momen ditempat tanpa penerangan cahaya sama sekali.

Fitur touch focus yang dimiliki Samsung N7000 sangat membantu untuk menentukan titik fokus objek yang ingin difoto. Untuk menggunakan fitur ini Anda hanya cukup menyentuh gambar objek yang tertera di layar, secara otomatis kamera akan memfokuskan pada objek yang dipilih.

Secara keseluruhan kami cukup puas dengan kemampuan kamera Samsung Galaxy Note. Bisa dibilang Anda dapat meninggalkan kamera saku Anda dirumah bila sudah memilki Note.

Review Samsung Galaxy Note: Kualitas Video. Gadget Android ini dapat merekam video full HD 1080p (1920×1080 pixel). Pada saat merekam dengan ukuran 1080p, bidang penglihatan atau bidang objek yang terekam tidak terlalu luas. Saat merekam dengan ukuran 720p (1280 x720 pixels) atau dibawahnya, bidang penglihatan menjadi lebih luas, namun tidak seluas saat mengambil foto.

Video disimpan dalam format MP4. Besar file yang dihasilkan untuk video 1080p selama satu menit lebih dari 100 MB. Bila digunakan untuk merekam video 720p, besar file lebih dari 80 MB. Saat melakukan perekaman, sensor selalu melakukan continuous autofocus atau melakukan fokus secara otomatis terus menerus. Hasilnya, objek yang direkam akan selalu terlihat tajam dan terfokus. Hanya saja, saat kami coba untuk merekam objek dengan jarak kurang dari 20 cm, kamera tidak dapat melakukan fokus dengan baik.

Kualitas perekaman video Samsung Galaxy Note adalah baik. Objek yang direkam terlihat tajam, penuh warna, detail tinggi dan juga berjalan lancar tanpa lag. Apabila digunakan untuk merekam ditempat agak gelap, akan terlihat sedikit noise dan terjadi penurunan framerate, namun masih dalam tahap wajar. Anda dapat menggunakan lampu flash untuk melakukan perekaman di tempat tanpa penerangan cahaya.

Untuk memastikan kualitas video tidak mengecewakan, disarankan agar selalu menggunakan memori internal sebagai tempat penyimpanan, kecuali bila Anda menggunakan SD card berkualitas tinggi.

KUALITAS AUDIO

Sekarang kita akan melakukan review audio Samsung Galaxy Note N7000. Kualitas suara dari speaker terbilang cukup kencang dan jernih, namun suara bass-nya kurang terasa. Hal yang cukup disayangkan adalah pabhlet ini menggunakan speaker mono yang posisinya ada di belakang dan menghadap ke bawah. Jadi, jika Anda meletetakkan Gadget di permukaan yang empuk, seperti kasur, sofa, atau bahan anti slip yang biasa diletakkan di dashboard mobil, lubang speaker akan tertutup dan menyebabkan volume menjadi kecil bahkan sulit terdengar. Kualitas headset in-ear yang disertakan pada paket penjualan terbilang baik. Treble, suara vocal terdengar dengan jernih dan Bass cukup powerful serta menggema khas earphone model in ear.

REVIEW APLIKASI MUSIC DAN VIDEO PLAYER GALAXY NOTE

Tampilan aplikasi Music Player bawaan tidak jauh berbeda dengan tampilan aplikasi musik player Android pada umumnya, Namun, aplikasi yg digunakan di Galaxy Note memiliki beberapa fitur yang belum tentu ada di handphone Android lain (kecuali HP Samsung). Fitur tersebut antara lain:

  • Music Auto Off: Fitur untuk mematikan music player setelah waktu tertentu
  • Dapat memainkan musik berdasarkan folder
  • Fasilitias pencarian musik yang mudah dan cepat
  • Kemudahan untuk mengirimkan file lewat Bluetooth, Email, atau media layanan sosial yang mendukung
  • Dll

Terdapat beberapa pilihan pengaturan Equalizer seperti Auto, Normal, Pop, Rock, Jazz, dll termasuk custom atau Anda dapat mengatur equalizer secara manual. Selain Equalizer, terdapat juga pengaturan Sound Effects seperti Wide, Concert Hall, Music Clarity, Bass Enhancements, Externalization dan 5.1 channel. Hal yang cukup aneh adalah ketika mendengarkan musik menggunakan aplikasi music player dan  headset bawaan, suara Bass seperti terdengar pecah, apalagi jika fitur Bass Enhancements dinyalakan.

Sebagai informasi, kualitas audio tablet atau handphone Android lebih dipengaruhi oleh software yang digunakan, bukan hardware dari perangkat tersebut. Saat kami mencoba menginstall aplikasi musik buatan pihak ketiga, suara yang dihasilkan terdengar jauh lebih baik dan suara bass tidak pecah. Mudah-mudahan update software dari Samsung selanjutnya dapat memperbaiki kualitas audio yang dihasilkan.

Aplikasi Video Player Galaxy Note dapat diandalkan. Anda dapat memainkan berbagai jenis format file seperti .avi, .mp4, .wmv, .3gp, dan .mkv. Anda dapat menjalankan video HD langsung di Note tanpa kendala. Untuk dapat menonton film di Samsung N7000 benar-benar tidak merepotkan karena file yang di support cukup banyak dan tidak perlu di konversi lagi. Anda cukup mentransfer file ke SD card atau memori internal > beres.

Tidak bisa bahasa Inggris? Jangan khawatir, Anda dapat menggunakan subtitle saat menonton video. Anda tidak harus meletakkan subtitle di folder yang sama dengan film, karena Anda dapat memilih dan menentukan subtitle yang ingin dipakai. Bila subtitlenya terlalu cepat atau terlalu lambat, terdapat pengaturan sinkronisasi.

Kombinasi layar Super Amoled, resolusi tinggi ditambah processor cepat menjadikan tampilan video terlihat jernih, tanpa lag dan kaya warna. Apabila Anda tidak terlalu mempermasalahkan layarnya yang “hanya” berukuran 5,3 inchi, maka Samsung Galaxy Note cocok digunakan sebagai video player portable utama.

NILAI TAMBAH: S-PEN

Dalam review Samsung Galaxy Note kali ini, rasanya tidak lengkap kalau saya tidak membahas mengenai Stylus atau S-Pen yang merupakan nilai tambah bahkan bisa dibilang merupakan faktor utama yang membedakan gadget Android ini dengan yang  lainnya. Sebagai informasi, S-Pen Galaxy Note tidak menggunakan baterai dan tidak bisa digunakan di handphone Android lain.

Karena layar Galaxy Note berjenis kapasitif dimana permukaan layarnya keras dan kaku, maka penggunaan S-Pen terasa sangat nyaman karena saat menggerakkan s-pen terasa lancar (licin).

Kelebihan S-Pen dibanding jari tangan Anda adalah jauh lebih presisi dan dapat digunakan untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

Menggambar: Menggambar menggunakan S-Pen cukup menyenangkan. Ada pilihan seolah-olah Anda menggambar menggunakan, pulpen, kuas, pensil atau stabilo.

Navigasi Menu dan website: Fungsi S-Pen sama seperti jari Anda, jadi bisa digunakan di semua menu atau fitur pabhlet Android ini. Hal yang cukup membantu adalah saat mengakses website. Misalnya ada link (tautan) yang ukurannya terlalu kecil, dengan menggunakan S-Pen, resiko salah klik menjadi lebih kecil.

Screen Capture: Pada S-Pen terdapat satu buah tombol khusus. Dengan mengklik tombol tersebut lalu menyentuhkan pen ke atas layar selama dua detik, otomatis handphone akan melakukan screen capture atau menyimpan gambar yang saat itu terlihat dilayar. Anda bahkan dapat melakukan screen capture saat memainkan game / aplikasi. Gambar disimpan dalam format .png dengan resolusi 1280×800 pixels bila Anda melakukan screen capture dalam mode horisontal / landscape. Bila diambil dalam posisi handphone berdiri / portrait, maka resolusinya menjadi 800×1280 pixels.  Setelah melakukan Screen Capture, Anda dapat langsung melakukan editing terhadap gambar yang diambil.

Menulis:  Apabila Anda kurang suka atau bosan mengetik, Galaxy Note memiliki fitur handwriting recognition. Fitur ini dapat merubah tulisan tangan Anda menjadi teks yang dapat dipergunakan untuk menulis teks SMS, email, dokumen, dll. Selain menggunakan fitur tersebut, tentu saja Anda dapat menggunakan aplikasi S-Memo yang dapat digunakan untuk menulis atau menggambar catatan selayaknya anda menulis memo menggunakan pulpen/pensil sungguhan.

Gambar menggunakan handwriting recognition pada aplikasi SMS (messaging):

fitur handwriting recognition galaxy note

Gambar 5. Fitur Handwriting Recognition

KAPASITAS MEMORI

Samsung Galaxy Note yang saya review adalah versi 16 GB. Saat di cek pada menu storage (penyimpanan), ada tiga jenis memori yang terdeteksi, yaitu:

  1. SD Card: menunjukkan kapasitas memori eksternal (SD card tidak disertakan dalam paket penjualan). Note dapat menggunakan SD card dengan kapasitas hingga 32 GB. SD card berguna untuk menyimpan file multimedia seperti foto, video, dokumen, dll.
  2. USB Storage: merupakan “SD Card” internal. Besar kapasitas yang terdeteksi adalah 11 GB. USB Storage berguna untuk tempat penyimpanan secara umum (seperti SD card).
  3. System Storage: merupakan memori internal telepon. Apabila Anda menginstall game atau aplikasi, maka akan disimpan di system storage. Besar kapasitas system storage sekitar 1.8 GB.

Kapasitas system storage Galaxy Note terbilang besar, Anda dapat menginstall berbagai macam aplikasi dan game tanpa takut akan kehabisan memori.

DAYA TAHAN BATERAI

Phablet ini menggunakan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 2500 mAh. Kapasitasnya memang tergolong besar bila dibanding dengan handphone Android. Namun kita perlu ingat bahwa layarnya juga lebih besar dibanding hp.  Jadi bagaimana daya tahan baterai Samsung Galaxy Note? Daya tahan baterainya terbilang standar untuk ukuran handphone Android, tidak terlalu boros namun juga tidak terlalu irit.

Untuk pemakaian normal yaitu total pemakaian telp kurang lebih sekitar 30 menit,  total browsing internet sekitar 40 menit lebih,  penggunaan aplikasi lain, seperti video player, game, chatting, dll dengan total waktu pemakaian satu jam, maka Galaxy Note dapat bertahan selama satu harian tanpa di cas.

Sebagai catatan, daya tahan baterai sangat dipengaruhi oleh kondisi sinyal provider telepon yang digunakan. Semakin buruk sinyalnya, maka akan semakin boros pemakaian baterainya.

REVIEW GALAXY NOTE KELEBIHAN DAN KEKURANGAN:

Kelebihan Galaxy Note:

  • Memiliki S-Pen
  • Kualitas Layar Prima
  • Kualitas Kamera dan Video yang dapat diandalkan
  • Kinerja tergolong bagus
  • Kapasitas system storage tergolong besar

Kekurangan Galaxy Note:

  • Tidak ada lampu LED Notifikasi
  • Tidak ada port HDMI
  • Tidak ada tombol kamera

KESIMPULAN

Kesimpulan review Samsung Galaxy Note N7000: sebagian orang pasti ada yang beranggapan bahwa harga phablet / handphone Android ini terlalu mahal. Saya tidak akan membantah hal itu, karena memang harganya lebih mahal dibanding smarthphone lain, bahkan lebih mahal dari tablet kebanyakan. Tapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah gadget ini layak dibeli? Yang dapat menjawab pertanyaan tersebut adalah Anda sendiri, namun kalau berdasarkan spesifikasi yang diusung, menurut saya pribadi harga yang ditawarkan adalah wajar.

Mengapa saya bilang wajar? Selain karena Galaxy Note memiliki hardware yang diatas rata-rata bahkan bisa dibilang sebagai salah satu yang terbaik saat ini, fitur S-Pen yang dimilikinya merupakan inovasi yang saat ini belum ada tandingannya.

Memang Samsung bukanlah yang pertama yang menggunakan stylus pada layar kapasitif di platform Android, sebagai contoh ada HTC Flyer pada produk tabletnya. Dan juga bukan yang pertama yang menggunakan layar ukuran 5 inchi (ada Dell Streak), namun Samsung Galaxy Note bisa dibilang adalah produk yang sempurna (bagi yang membutuhkan) dan tidak memiliki kekurangan yang berarti.

Apabila Anda ragu-ragu atau bingung apakah Samsung Galaxy Note produk yang tepat bagi Anda atau tidak, coba jawab kedua hal dibawah:

  1. Apakah s-pen / stylus merupakan fitur yang menurut Anda Penting?
  2. Apakah Anda merasa ukuran layar 4” terlalu kecil namun ukuran 7” terlalu besar?

Jika kedua jawaban Anda TIDAK, maka disarankan jangan membeli Samsung Galaxy Note, karena mahal :D kecuali Anda penasaran dan uang bukan masalah bagi Anda. Tapi kalau Anda menjawab YA walaupun hanya salah satu dari kedua pertanyaan diatas, maka acang (gadget) ini cocok untuk Anda.

Demikianlah review Samsung Galaxy Note lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya persembahan harga-hp.com, semoga bermanfaat :D (ditulis pada bulan Februari 2012).

Apabila ada pertanyaan, pendapat atau mungkin ada yang mau protes? :D silahkan mengisi pada form komentar dibawah.

Artikel Lain:

Loading…

90 Comments to "Review Samsung Galaxy Note GT-N7000 – Kelebihan dan Kekurangannya"

  1. 31
    Yanty says:

    Mau tanya ne min,kalo di note1,untuk penjelasan internal memori, USB Storage: merupakan “SD Card” internal. Besar kapasitas yang terdeteksi adalah 11 GB. USB Storage berguna untuk tempat penyimpanan secara umum (seperti SD card).
    System Storage: merupakan memori internal telepon. Apabila Anda menginstall game atau aplikasi, maka akan disimpan di system storage. Besar kapasitas system storage sekitar 1.8 GB. #nah kalo kita donlod aplikasi game ato WM,itu cuman bisa simpen di storage aja ato bisa di usb storage juga?soalnya selama ini saya suka kesulitan menggunakan hp samsung yg internal memorinya minim padahal sudah pakai external memory. Tapi sayangnya ga semua aplikasi bisa dipindak k external. Contonya spt WM. Mohon bantuan penjelasannya ya. Thx Min..

    • Admin says:

      Bisa dipindah ke USB Storage kalau aplikasi-nya support. Kalau tidak bisa dipindah, bisa diakali / bisa dipaksa agar bisa dipindah dgn cara handphone Galaxy Note-nya harus di root dulu. Tapi selama ini saya tidak pernah memindah ke USB Storage karena masih mencukupi diinstall di memori internal (System Storage).

      Artikel terkait: Cara memaksa aplikasi pindah ke SD card klik disini. Tks :)

  2. 32
    ahmad says:

    mantap infonya…terimakasih..

  3. 33
    vic says:

    admin, saya pake galaxy note udah hampir 6bln tp baru bisa tanya. baterenya boros padahal cuma aktifin paket data ga full 24 jam. paling cuma 3-5 jam perhari. udah install cpu spy dll buat hemat batere tp ga ga terlalu berpengaruh besar. saya mau beli power bank apa bakal merusak hp/batere? atau beli batere cadangan aja? dan saya baru tau ternyata ga ada lampu notif haha. saya baca di manual book ada lampu notifnya kayanya.

    • Admin says:

      Vic menggunakan aplikasi penghemat baterai atau task killer tidak? Kalau pakai, coba di uninstall dulu. Aplikasi tsb terkadang malah membuat tambah boros baterai. CPU-Spy nya juga coba diuninstall juga.

      Cukup Install aplikasi Watchdog utk memantau aplikasi mana yg menggunakan CPU paling banyak. Kalau sudah ketahuan aplikasi mana yg paling banyak pakai CPU, uninstall aplikasi tsb (kalau tidak terlalu dibutuhkan).

      Beli power bank tidak masalah, asal yg kualitasnya bagus.

      Lampu notifikasi di Galaxy Note memang tidak ada. Tks :)

  4. 34
    eza says:

    Om ada review samsung galaxy ch@t b5330 ngga?

  5. 35
    TianZ10 says:

    samsung Galaxy note punyaq kok sering panas dan tiba tiba mati sendiri?? apakah itu gpp?

    • Admin says:

      Kalau tiba2 mati sendiri, itu tidak normal. Kalau masih garansi, di upgrade saja firmwarenya di service center, karena beberapa firmware ada yg kurang stabil dan menyebabkan masalah spt diatas. Sebelumnya Backup dulu data2 yg penting. Tks :)

  6. 36
    FINNS says:

    mau tanya kalau samsung galaxy GT-N7000 tdk bisa download aplikasi game line pop ya? apa ada langkah2 lain ? tks

    • Admin says:

      Ada tulisan keterangan apa saat tdk bisa download game-nya? Anyway, kalau handphonenya sudah di root, seingat saya tidak bisa download game dari Line. Tks :)

  7. 37
    yoga says:

    maaf,mau tanya nih, kenapa auto fokus kamera galaxy note 1 tidak max ya,pdhl anti shake udah hidup, gerak dikit aja, gambar kamera kabur,
    ane punya sony ericcson k800, kualitas foto msh bagus k800 tuh
    apa ada solusi biar kamera galaxy note ane gak kabur. minta petunjuk agan2 semuanya
    mksh sblmnya…..

    • Admin says:

      Pastikan memori telepon-nya masih cukup lega, kalau simpan di SD card, pastikan menggunakan SD card dgn class yang bagus, minimal class 6. Gunakan juga fitur touch focus, dgn cara menyentuh objek yang mau di foto di layar galaxy note, hal ini utk mempercepat proses pengambilan foto agar saat shutter ditekan, Note tidak melakukan autofocus lagi.

      Saya belum pernah pakai K800, tapi bisa saja memang K800 kualitas kameranya lebih bagus dan lebih cepat autofocusnya, karena seri “K” dari SonyEricsson memang mengunggulkan fitur kameranya. Tks :)

  8. 38
    rama says:

    Dear Admin,,Alhamdulilah selama ana pke Note tdk prnah ada masalah,,
    cm skrg di note ana ada tambahan aplikasi Clean Master,Task Manager, Go Launcher dan Go Power Master,,ana sdh upgrade di JellyBean.
    1. Ketika ana dlm keadaan off,tdk menggunakan aplikasi apapun, ketika ana membuka running aplication,selalu ada aplikasi yg sedang berjalan (seperti google,File Saya, S Note,Voice talk,dll),,padahal ana tdk dalam keadaan menggunakan aplikasi2 tersebut. Apa ada saran bagaimana cara mematikan yg aplikasi2 seperti ini? atau ada rekomendasi harus menggunakan aplikasi apa?
    2. Ana mau menanyakan apa ada aplikasi untuk membuat jadwal restart otomatis pada Note ini?
    3. Ana mau menanyakan apa ada aplikasi untuk minimize selain dengan menggunakan tombol Home?
    syukron admin

    • Admin says:

      1. Aplikasi yang berjalan di background bisa dimatikan dengan Task Killer, ada beberapa yang bisa melakukannya secara otomatis, coba search di Google Play. Tapi saya sangat tidak menyarankan untuk mematikan aplikasi2 tersebut. Info lebih lengkap baca disini: hati-hati menggunakan task killer.
      2. Install aplikasi Auto Reboot buatan Asim Pereira (membutuhkan akses root)
      3. Install aplikasi Toucher buatan Go Dev. Tks :)

  9. 39
    Fadli says:

    Sy mau tanya.sy bru beli samsung note second..apa benar sansung jenis ini layar sentuhny gak bisa pakai jari atau harus sllu pakai pen??Tq

    • Admin says:

      Samsung Galaxy Note yang asli pasti akan bisa disentuh dengan jari (tidak perlu selalu pakai pen). Dan juga yang asli layarnya keras, seperti kaca. Kalau layarnya saat ditekan seperti agak masuk (lembek), sudah pasti itu Samsung Galaxy Note Palsu.

      Kalau layarnya keras seperti kaca, tapi tidak bisa disentuh dengan jari, berarti layarnya bermasalah. Tks :)

  10. 40
    adira says:

    om a mw tanya hpku kok batrei nya dices tambah lama kelamaan kok hbiss tooo beHhhhh.thankss

    • Admin says:

      Maksudnya setelah lama dicas bukannya penuh malah tambah habis? Kalau seperti itu kondisinya bisa saja kualitas baterainya sudah menurun (sudah kurang bagus). Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, misalnya sering terlalu lama dicas, sering dicas pakai power bank, dicas sambil dimainkan, dsb. Lebih lengkap mengenai baterai, baca artikel: Tips dan Mitos seputar penggunaan Baterai. Tks :)

  11. 41
    kris says:

    om mohon info, GT-N7000 sy sudah berumur 2 th,..selama ini tidak pernah bermasalah dan kondisi masih standart. Kira-kira seminggu yg lalu tiba-2 mati saat dipakai.. sy coba menghidupkan kembali yg muncul hanya SAMSUNG Galaxy note N7000 setelah itu blang hitam seperti kondisi mati,.. sy coba charge batre hanya muncul gambar batre dengan warning charge tidak terhubung,… mohon informasinya apa yg mesti sy lakukan tks :)

    • Admin says:

      Kalau kondisi seperti diatas ada dua kemungkinan: Kemungkinan pertama baterainya yang kurang baik, kondisi kedua bisa saja chargernya yang rusak.

      Saran saya, lepas baterainya lalu biarkan dua menit. Setelah itu pasang lagi baterainya lalu coba cas. Kalau muncul tulisan “Charge tidak terhubung”, gunakan kabel charger yang lain, kalau pakai kabel charger lain masih sama saja, gunakan charger yang lain (kalau tidak ada, pinjam punya keluarga / teman).

      Kalau pakai charger milik teman masih sama saja dan kebetulan ada teman yang juga punya Galaxy Note, coba pinjam baterainya. Kalau bisa menyala dan bisa dicas normal, berarti baterai Kris yang bermasalah. Tks :)

  12. 42
    chodox says:

    Kaca note1ku pecah berapa biaya gantinya boss

  13. 43
    fyet says:

    kalo Samsung Galaxy Note GT-N7000 buatan korea itu punya kelebihan dan kekurangan nga sih? cara bedain yang original sama yang palsu gimana? thanks, :D

    • Admin HHP says:

      Kelebihan dan kekurangannya bisa dibaca pada artikel diatas. Kalau yg palsu biasanya menggunakan prosesor Mediatek, layar kurang halus dan hasil kameranya tidak terlalu bagus / pas-pasan. Kalau mau aman, sebaiknya beli di counter resmi atau kalau mau beli di konter biasa juga boleh, tapi katakan kalau seandainya terbukti palsu bisa dikembalikan. Nanti setelah beli langsung cek di service center resminya utk keaslian produk. Tks :)

  14. 44
    iwan says:

    Bagusan note gt n7000 apa s3 ya

Leave a Reply

Current ye@r *