Review Samsung Galaxy Mini S5570-Kelebihan dan Kekurangannya

Galaxy Mini adalah varian termurah dari keluarga Samsung Galaxy (saat artikel ini ditulis). Kali ini kami akan melakukan Review Samsung Galaxy Mini S5570 lengkap dengan kelebihan serta kekurangan handphone yang memiliki tagline “Get BIG with mini” ini.

Paket Penjualan

Pada pada paket penjualan Samsung S5570 Galaxy Mini yang kami dapatkan adalah handphone, charger, MicroSD 2GB + adapter, handsfree stereo, CD driver dua buah, buku manual dan kartu garansi.

Desain

Samsung Galaxy Mini S5570 tersedia dalam pilihan warna Hitam dengan pinggiran list berwarna abu-abu, Hitam dengan pinggiran list berwarna hijau, dan warna putih dengan list berwarna abu-abu. Handphone ini memiliki ukuran ukuran panjang 110,4 mm, lebar 60,8 mm, tebal 12,1 mm dengan berat sekitar 105 g.

Review Samsung Galaxy Mini s5570

Review Samsung Galaxy Mini s5570

 

Saat pertama kali memegang Samsung S5570, pengguna akan merasakan bahwa ponsel ini sedikit lebar. Hal ini karena layar yang digunakan memiliki ukuran diagonal yang cukup luas, yaitu sebesar 3,14 inchi. Pada bagian depan dibagian bawah layar terdapat tiga buah tombol yaitu tombol menu, tombol home dan tombol back. Di bagian belakang terdapat lensa kamera tanpa lampu flash, dan lubang speaker. Bagian belakang ponsel bertekstur kasar yang membuatnya menjadi tidak licin.

 

Samsung Galaxy Mini S5570 Review

Samsung Galaxy Mini Review

 

Di sebelah kiri terdapat tombol power dan slot MicroSD, di sebelah kanan terdapat tombol volume. Di bagian atas terdapat jack handsfree/audio ukuran 3,5 mm dan lubang charger sekaligus kabel data, sedangkan di bagian bawah hanya terdapat lubang microphone.

Layar

Samsung S5570 Galaxy Mini menggunakan layar berdiagonal 3,14 inchi berjenis TFT capacitive touchscreen, berkedalaman 256.000 warna, dengan resolusi 240×320 pixel. Memang resolusi yang digunakan tergolong kecil bila dibandingkan dengan luasnya layar yang digunakan. Biasanya untuk resolusi 240×320 pixel, diagonal layar yang digunakan paling besar hanya sebesar 2,8 inchi saja.

Hal ini menyebabkan tampilan gambar khususnya tulisan (text) pada layar Samsung Galaxy S5570 terlihat lebih “besar-besar” dibanding ponsel lain yang menggunakan resolusi yang sama namun dengan ukuran layar yang lebih kecil.

Beberapa orang mengatakan layar Samsung S5570 terlihat sedikit kasar, namun menurut kami hal tersebut masih dalam tahap wajar dan masih cukup nyaman untuk digunakan. Malah, dengan ukuran layar yang besar akan lebih memudahkan kami saat hendak mengetik menggunakan keyboard virtual.

Warna-warna yang ditampilkan oleh layar ponsel terlihat cerah dan masih cukup baik terbaca di luar ruangan. Karena teknologi yang digunakan adalah jenis kapasitif, maka layar akan merespon sentuhan jari dengan responsif. Selain itu, layarnya sudah mendukung multi touch, sehingga anda dapat melakukan pinch zoom atau mencubit layar untuk melakukan zooming.

Kinerja dan kemampuan gaming

Samsung S5570 Galaxy Mini menggunakan processor berkecepatan 600 MHz dengan RAM sebesar 279 MB dan juga dilengkapi dengan GPU (Graphic Processing Unit) Adreno 200. Perpindahan antar menu berjalan dengan lancar tanpa lag dan handphone dapat berjalan dengan baik walupun kami membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

Dengan spesifikasi yang dimiliki oleh Samsung S5570 tentu saja membuat handphone ini layak dijadikan pilihan bagi anda yang menginginkan ponsel game dengan harga yang terjangkau. Sebagai bahan tes, kami mencoba menginstall game 3D Need for Speed Shift dan game ini berjalan dengan baik.

Kamera dan Video

Samsung Galaxy Mini S5570 dibekali dengan kamera berkekuatan 3,2 MP (2048×1536 pixels). Untuk hasil foto terbilang cukup baik, namun sayang fitur kamera tidak dilengkapi dengan auto fokus.

Ponsel ini juga dapat merekam video dengan resolusi 320×240 pixel. Apabila ponsel digunakan untuk merekam dari jarak jauh, hasilnya terlihat kurang baik. Namun bila digunakan untuk merekam objek dengan jarak dekat, video terlihat lumayan baik, namun sayang agak terlihat kurang lancar atau patah-patah karena memang kecepatan maksimal yang bisa didapat hanya sebatas 15 frames/second.

Kualitas Audio

Samsung S5570 Galaxy Mini dilengkapi dengan speaker mono yang terletak di bagian belakang handphone. Pada saat kami atur pada volume full, suara yang dihasilkan tidak pecah dan cukup keras (namun pastinya tidak akan sekeras handphone lokal dengan “big speaker” :) ). Untuk kualitas audio yang dikeluarkan dari speaker cukup baik , namun bila diatur pada volume maksimum, suaranya agak terkesan datar.

Apabila dipasangkan dengan handsfree bawaan, kualitas audio yang didengar melalui handsfree terdengar lebih baik. Instrumental musik dapat terdengar dengan jernih. Namun, untuk handsfree bawaan output suara bass yang dihasilkan terdengar kurang greget.

Pada music player anda dapat mengatur equalizer dengan pilihan rock, jazz, klasik, dansa, pop, langsung (live :) ), aula konser, Lebar (wide), penambahan bass (extra bass), kejelasan lagu dan ada juga pilihan channel 5.1.

Samsung Galaxy Mini Review-Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Samsung Galaxy Mini:

  • Memiliki performa yang baik dengan harga yang terjangkau
  • Menggunakan OS Android 2,2 (Froyo)
  • Layar yang besar dan mendukukung multi touch
  • Sudah terdapat aplikasi SWYPE yang memudahkan pengetikan

Kekurangan Samsung Galaxy Mini S5570:

  • Kamera belum auto fokus dan video hanya dapat merekam dengan kecepatan 15 fps
  • Walaupun sudah menggunakan OS Android Froyo, namun ponsel ini tidak mendukung Adobe Flash pada browsernya.
  • Tidak ada tombol khusus untuk kamera

Review Samsung Galaxy Mini S5570-Kesimpulan

Handphone Android lagi-lagi menebar ancaman bagi handphone dengan sistem operasi lainnya maupun handphone-handphone yang tidak menggunakan sistem operasi. Harga yang murah dengan fitur melimpah menjadi senjata yang mematikan.

Samsung S5570 Galaxy Mini cocok bagi anda yang baru ingin belajar mengenal handphone Android. Walaupun harganya terjangkau, namun fitur yang ditawarkan tidak sembarangan. Anda dapat menemukan hampir semua fitur yang dapat anda temukan pada handphone Android kelas atas. Yang membedakan Galaxy Mini dengan handphone Android “mahalan” hanyalah performa, kualitas layar, kualitas material dan tentu saja gengsinya :)

Spesifikasi Samsung S5570 Galaxy Mini:

  • Jaringan: GSM 900 / 1800 / 1900 / HSDPA 900 / 2100 (7.2 Mbps)
  • Ukuran: 110.4 x 60.8 x 12.1 mm, berat: 105 g
  • Layar: TFT capacitive touchscreen, 256K colors, 240 x 320 pixels, 3.14 inches
  • Memori: Internal: 160 MB, eksternal: microSD, up to 32GB
  • Kamera: 3.2 MP, 2048×1536 pixels, Video 320×240 pixel @15fps
  • Sistem Operasi (OS): Android OS, v2.2 (Froyo)
  • Prosesor: 600 MHz, GPU Adreno 200, RAM 279 MB
  • Fitur: Sensor Accelerometer, TouchWiz v3.0 UI, 3.5mm jack, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v2.1, konektor Micro USB, Radio FM,GPS, Digital Compass

Harga Handphone

Harga HP Samsung Galaxy Mini bulan April 2011 (akhir) masih stabil di kisaran harga Rp.1.600.000.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berhubung cukup banyak pertanyaan berulang diajukan, maka sesuai dengan saran salah satu pembaca harga-hp.com (Bro Yoga), kami buatkan FAQ untuk artikel review Samsung Galaxy Mini ini. (kali ini FAQ-nya baru sedikit :D, tapi akan menyusul dibuatkan kalau ada FAQ lainnya).

1. Tanya: Daya tahan baterai Samsung Galaxy Mini berapa lama?

Jawab:

  • Kalau hanya untuk telepon dan sms, dengan koneksi internet OFF atau dinyalakan saat dibutuhkan saja, daya tahan baterainya bisa satu hari lebih
  • Kalau koneksi internet ON dan sinkronisasi always ON, namun pemakaian normal atau tidak terlalu sering, daya tahan baterainya antara 14-18 jam.
  • Kalau pemakaian internet dan jaringan sosial atau chatting cukup aktif, misalnya Twitter, Facebook, Email, YM, WhatsApp, dll maka daya tahan baterainya antara 10-14 jam.
  • Kalau pemakaian internet, jaringan sosial aktif + digunakan untuk main game, daya tahan baterainya bisa 10 jam kurang.
  • Kalau digunakan untuk browsing internet nonstop dengan koneksi internet aktif, misalnya untuk streaming video Youtube, baterai hanya sanggup bertahan 4 jam atau kurang. Pemakaian untuk browsing internet pada umumnya mengkonsumsi baterai lebih banyak dibanding untuk bermain game.

2. Tanya: Kok kesannya boros banget ya?

Jawab: Penjelasannya dapat dilihat pada artikel Kenapa Android Boros Baterai?

3. Tanya: Bagaimana cara hemat baterai Android?

Jawab: Bisa dilihat pada artikel Tips Hemat Baterai Android

Demikianlah review Samsung Galaxy Mini persembahan harga-hp.com, semoga bermanfaat :)


Bacaan menarik lainnya: Review Samsung Galaxy 551 dan Review Samsung Galaxy Gio

1,195 Comments to "Review Samsung Galaxy Mini S5570-Kelebihan dan Kekurangannya"

  1. 511

    Admin, saya mau tanya. kalo samsung galaxy mini s5570 bisa di upgrade ke gingerbread 2.3.6 gak? kalo misalkan bisa, apakah dapat menggunakan aplikasi path2.0? Makasih

    • Admin says:

      Galaxy Mini bisa diupgrade ke Gingerbread. Kalau utk aplikasi Path apakah bisa diinstall di Mini yang sudah gingerbread, saya belum bisa memastikan apakah bisa atau tidak karena sedang tidak ada HP SG Mini disini. Tks :)

  2. 512
    hikaru says:

    Admin, saya mau tanya tipe video yg bisa di download hp ini apa aja yah? ? Coz saya suka bingung kadang video yang saya download bisa di download tapi pas saya mau download lgi tiba2 gak bisa ke download dengan alasan konten tidak mendukung padahal jenis video nya sama. Terima kasih

    • Admin HHP says:

      Walau jenis videonya sama (misalnya sama2 mp4) kemungkinan bitratenya beda. Untuk mengatasinya coba install MX Media Player

  3. 513
    moy says:

    Assalamualaikum admin yg baik hati..
    Ini saya ada permasalahan mengenai SGM saya. :)
    Speaker saya rusak lalu saya bawa ke counter hp. Diperbaikin deh. Saya nyalakan suaranya mantep skrg. Tetapi ternyata kartu sim saya gak kebaca. Saya ganti kartu sim operator lainnya tetap gk kebaca. Setelah dibongkar tidak ada apa2 yg ganjil. Mohon pencerahan dan sarannya. Matursuwun :)

    • Admin HHP says:

      Coba cek settingan sinyalnya mati atau tidak atau airplane mode-nya nyala atau tidak. Saya skr ga ada SGM jadi susah cek-nya. Coba lakukan hal berikut:
      1. lihat di notification panel, kalau ada gambar pesawat terbang lakukan hal berikut: saat layar nyala dan tidak terkunci, pencet dan tahan tombol power > kalau ada pilihan airplane mode / mode pesawat > klik.
      2. Kalau tetap tidak ada gambar pesawat dan tidak ada sinyal, masuk settings > wireless & network > mobile networks > network operators > choose network operators > klik choose automatically
      Semoga berhasil :)

  4. 514
    Mila says:

    aduh ini mini banget sih, ngeri keselip ehehe

Leave a Reply

2 Trackbacks to "Review Samsung Galaxy Mini S5570-Kelebihan dan Kekurangannya"

  1. on April 29, 2011 at 8:53 am
  2. on June 29, 2011 at 2:52 am