Review Kelebihan, Kekurangan dan Harga IMO S89 (Miracle)

IMO S88 (Discovery) terkenal sebagai ponsel pintar yang banyak diburu oleh pengguna Android yang menginginkan gadget berkemampuan prima dengan harga terjangkau. Setelah terbilang cukup sukses dengan S88, tampaknya IMO ingin kembali mengulang kesuksesannya dengan meluncurkan IMO S89 Miracle yang menggunakan processor Quad Core (empat inti) dengan harga tidak lebih dari 2 juta rupiah.

Penasaran dengan hp Android baru keluaran IMO tersebut? Baca terus review kelebihan dan kekurangan IMO Miracle S89 berikut ini.

Harga IMO S89 Miracle:

Harga IMO S89 pada bulan September 2013 sebagai berikut:

  • Baru: Rp. 1.900.000
  • Bekas: Rp. 1.600.000

Spesifikasi Utama IMO S89 Miracle:

  • Jaringan: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 –  3G HSDPA 900 / 2100, Dual SIM
  • Layar: 540 x 960 pixels, 4.5 inches, IPS (In-Plane Switching, 16 juta warna)
  • Dimensi: 132x68x10, 8mm, berat: 158 gr
  • Chipset: MTK 6589, CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7, GPU PowerVR SGX 544
  • Sistem Operasi: Android 4.2 (Jelly Bean)
  • Memori: RAM 1GB, Internal 4 GB (1.2 GB phone storage, 1.45 GB internal storage), Micro SD Slot up to 32 GB
  • Kamera: Belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels, depan 3 MP
  • Baterai: Li-Ion 2050 mAh
  • Lain-Lain: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Tether function, GPS, 3.5 mm audio jack, accelerometer, proximity sensors, Bluetooth
review imo s89 miracle

IMO S89 Miracle

Dilihat dari desainnya, IMO S89 terlihat biasa-biasa saja, hal yang dapat dimaklumi mengingat harganya yang relatif terjangkau. Dimensinya adalah 132 x 68 x 10.8 mm dengan berat 158 gram. Miracle nyaman untuk digenggam dan mudah dimasukkan ke dalam kantong. Pilihan warna Miracle yang pernah kami temui di pasaran adalah bagian depannya berwarna hitam dengan cover belakang putih dan warna full hitam.

harga imo s89 miracle

IMO S89 Full Hitam

kelebihan kekurangan imo s89

IMO S89 Hitam-Putih

IMO S89 Miracle menggunakan layar berukuran 4,5 inchi, 16 juta warna dengan resolusi 540 x 960 pixels. Resolusi tersebut menurut saya sangat ideal, karena tampilannya cukup halus namun tidak terlalu memberatkan sistem. Sebagai informasi, Samsung Galaxy S2 saja layarnya menggunakan resolusi 480×800 dengan bidang yang hanya sedikit lebih kecil dari S89. Jadi, secara kerapatan pixel, Miracle lebih baik dari Galaxy SII, namun untuk tingkat kecerahan layar, Samsung masih lebih unggul.

Layarnya sudah mendukung multi touch sampai 5 sentuhan yang berguna misalnya untuk memainkan game yang membutuhkan banyak sentuhan, misalnya game Piano, Gitar, dsb. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan teknologi IPS (In-Plane Switching) yang menghasilkan sudut penglihatan (viewing angle) cukup baik. Secara keseluruhan layar S89 memuaskan (di kisaran harganya).

IMO adalah salah satu merk lokal yang menjalin kerjasama dengan MediaTek (MTK) sehingga untuk produk-produknya menggunakan chipset buatan perusahaan Taiwan tersebut. Dan diantara produk lokal / cina lainnya yang beredar di Indonesia, IMO termasuk yang selalu menggunakan seri MTK terbaru. Pada IMO S89 Miracle disematkan chipset MTK 6589, Processor Quad Core 1.2 GHz dan GPU PowerVR SGX544.

Untuk menunjang kinerjanya dilengkapi memori RAM sebesar 1GB. Sedangkan untuk penyimpanan dilengkapi memori internal 4 GB dan slot MicroSD up to 32 GB. Memori sebesar 4 GB dibagi lagi sebesar 1.2 GB untuk phone storage dan  1.45 GB untuk internal storage, sisanya digunakan untuk ROM (sistem operasi) Android. (Baca: beda ROM, Internal dan Phone storage klik disini).

Pada saat diuji menggunakan software benchmark Antutu, IMO S89 mendapatkan score diatas 13 ribu, menggungguli ponsel Dual Core Galaxy Note dan Galaxy SII dan tidak terpaut jauh dengan Samsung Galaxy SIII yang menggunakan Quad Core.

Aplikasi Benchmark memang tidak bisa selalu dijadikan patokan, namun IMO S89 saat digunakan menjalankan beberapa aplikasi maupun game 3D terasa responsif dan tanpa lag. Prosesor Mediatek 6589 yang digunakan pada IMO Miracle memiliki performa yang lebih baik dibanding processor Dual Core yang digunakan pada beberapa tipe ponsel Android kelas atas berharga lebih mahal dan hanya kalah sedikit dengan processor Quad Core produk flagship produsen lain. Kesimpulannya, dengan harga IMO S89 yang dibawah 2 juta, bila dilihat dari price to performance, ponsel ini memiliki performa yang sangat baik.

Sistem operasi yang digunakan pada Miracle tergolong yang terbaru, yaitu Android 4.2 (Jelly Bean). Apabila Anda ingin membeli sebuah ponsel Android saat ini, maka Anda tidak akan menemukan yang lebih baru dari versi 4.2 (saat artikel ini ditulis / Bulan Juli 2013). OS Jelly Bean berjalan dengan mulus dan lancar pada IMO S89.

Di sektor fotografi, IMO S89 memiliki kamera belakang beresolusi 8 MP dan  kamera depan beresolusi 3 MP. Untuk kualitas kameranya terbilang baik dan sudah lebih dari cukup untuk digunakan sehari-hari. Pada pengaturan kamera dapat di setting sampai 12 MP dengan menggunakan metode interpolasi. Namun kami menyarankan sebaiknya kamera diatur dengan resolusi 8 MP saja karena sensor maksimalnya hanya 8 MP. Bila diatur 12 MP, memang foto yang dihasilkan akan lebih besar, namun detil-nya sama saja dengan yang 8 MP. Salah satu fitur kamera yang menarik adalah pengguna dapat mengambil foto saat merekam video secara bersamaan.

Kesimpulan Review Kelebihan dan Kekurangan IMO S89 Miracle:

Kelebihan:

  • Memiliki performa yang baik
  • Menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean (4.2)
  • Dual SIM
  • Kamera 8 MP (pesaing masih ada yang menggunakan kamera 5 MP)
  • Layar jernih
  • Harga terjangkau mengingat spesifikasi yang diusung

Kekurangan:

  • Tidak ada lampu LED Notifikasi

Bila dilihat dari harganya yang dibawah 2 juta sedikit, maka tidak ada produsen ponsel merk global (Samsung, HTC, Sony, Motorola, dsb) yang dapat menyaingi spesifikasi Android IMO S89. Dalam review IMO S89 Miracle ini kami menemukan fakta bahwa spesifikasi ponsel Android ini adalah yang terbaik pada saat artikel ini ditulis. K-Touch sebenarnya sudah lebih dulu mengeluarkan ponsel Android Quad Core terjangkau, yaitu Lotus II. Dibanding S89, Lotus II kalah disektor kamera yang masih menggunakan 5 MP, namun Lotus II memiliki kelebihan layarnya sudah menggunakan Asahi Glass yang lebih tahan gores.

Artikel Lain:

Loading…

6 Comments to "Review Kelebihan, Kekurangan dan Harga IMO S89 (Miracle)"

  1. 1
    yance says:

    kl tingkat densityx brp pixel mas bro?
    ????? review samsung ace 3 mas bro?

  2. 2
    bebe says:

    untuk keawetanya sndiri gmn mas? takutya HP cina gampang rusak…sy sbnrnya minat bgt cm pgn tahu dulu kualitasnya awet pa gak…

    • Admin HHP says:

      Kalau dari kualitas bahan, memang diakui kalau produk brand global lebih baik. Tapi kalau soal keawetan sangat tergantung dari penggunanya, karena nyatanya merk terkenal pun produknya tidak jarang bermasalah. Saya dulu pernah pakai imo s88 selama beberapa bulan, dari bahan case terlihat kurang baik, tapi nyatanya ponsel tersebut telah jatuh beberapa kali dan tidak bermasalah. Tks :)

  3. 3

    kalau hp begini mah emang pasti gak ada led notifikasinya.. lenovo yang udah bagus aja belum ada hehe

Leave a Reply