Review dan Harga Samsung Galaxy S4 Mini

Mengikuti jejak Galaxy S3 yang ada versi mini-nya, kali ini Samsung meluncurkan ponsel Galaxy S4 Mini. Mini dalam hal ini berarti:

  • Ukuran lebih “mini”
  • Spesifikasi lebih “mini” (rendah)
  • Dan harga juga lebih “mini”

Apakah ponsel Android Samsung ini layak Anda tunggu sebagai pilihan smartphone Anda selanjutnya? Mari kita bahas lebih lanjut dalam review Samsung Galaxy S4 Mini kali ini.

Harga

  • Baru: Rp. 5.000.000,-
  • Bekas: -

Foto Samsung Galaxy S4 Mini

harga samsung galaxy s4 mini

Samsung Galaxy SIV Mini

Keterangan Rating Review

rating

Desain

3-bintang
ukuran: 124.6 x 61.3 x 8.9 mm, berat: 107 gr

Bentuk dan model Samsung Galaxy SIV Mini mirip dengan Galaxy S4 namun dengan ukuran yang lebih kecil. Langkah ini tentu saja diambil untuk menarik hati para calon pembelinya yang mungkin tidak sanggup membeli S4 atau bagi yang mengganggap S4 terlalu besar ukurannya.

Bila dibandingkan dengan Galaxy SIII Mini, maka SIV Mini memiliki ukuran yang tidak terlalu jauh berbeda, namun dengan layar yang lebih besar.

Pada bagian atas layar terdapat lubang speaker untuk menelpon (earpiece), sensor ambient light dan proximity serta ada kamera depan yang dapat memotret dengan resolusi mencapai 1.9 MP. Sayangnya Galaxy S4 Mini tidak dilengkapi dengan sensor Air gesture seperti kakaknya.

Pada bagian bawah layar terdapat tombol kapasitif (tombol sentuh) MENU dan BACK yang mengapit tombol tekan HOME. Pada sebelah kiri terdapat tombol volume dan di sebelah kanan terdapat tombol power.

Pada bagian atas terdapat lubang audio 3.5 mm dan juga sensor infra merah yang memungkinkan ponsel dapat digunakan sebagai remote control perangkat elektronik. Lubang Micro USB terletak pada bagian bawah ponsel yang berguna untuk transfer data dan juga untuk pengisian daya.

Pada bagian belakang terdapat lensa kamera berkekuatan 8 MP dilengkapi flash, sedangkan lubang loud speaker terletak pada bagian kiri bawah.

Samsung Galaxy SIV mini nyaman untuk digenggam dan finishing-nya terasa berkualitas. Ponsel pintar ini dapat dioperasikan dengan hanya menggunakan satu tangan saja. 

Salah satu kekurangannya adalah model Galaxy Mini S4 terlihat agak sedikit membosankan karena model ini sudah sering digunakan pada ponsel-ponsel Samsung sebelumnya.

Layar

3-bintang
Ukuran layar 4.3 inchi, resolusi 540 x 960 pixels, 16 juta warna, teknologi Super AMOLED kapasitif.

Layar Samsung Galaxy S4 Mini menggunakan teknologi super AMOLED, hasilnya warna yang tertampil terlihat sangat cerah dan menonjol. Saat layar menampilkan warna gelap, tertampil warna hitam yang sangat gelap sehingga kontras layar terlihat sangat baik. Sudut penglihatan layar (viewing angle) SIV luas dan tidak menyulitkan pengguna untuk melihat walau dari sudut yang miring.

Walau di kisaran harga yang sama terdapat pilihan smartphone android lain yang menggunakan layar dengan resolusi lebih baik (contohnya Oppo Find 5), namun kualitas layar Samsung Galaxy S4 tidak dapat dianggap remeh dan memang nyaman dan indah untuk dilihat.

Audio

3-bintang
Loudspeaker, 3.5 mm audio jack

Keluaran suara output loud speaker lumayan kencang dan untuk kualitasnya terbilang standar. Bila headset dipasang, keluaran suaranya juga terbilang standar, tidak buruk namun juga tidak istimewa.

Memori

3-bintang
Internal 8 GB, RAM 1.5 GB, Micro SD slot up to 64 GB.

Samsung Galaxy S4 Mini memiliki memori internal sebesar 8 GB, namun yang dapat digunakan hanya sekitar 5 GB karena sisa memori yang lain digunakan untuk instalasi sistem operasi Android dan aplikasi-aplikasi penunjang. Apabila memorinya dirasa kurang bisa ditambahkan menggunakan kartu memori yang mendukung kartu jenis microSD hingga kapasitas 64 GB.

Kamera

3-bintang
8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash. Perekaman video full HD 1080p @30 fps. Kamera depan 1.9 MP.

Kamera pada Samsung Galaxy S4 Mini dapat menghasilkan gambar dengan resolusi maksimal 8 MP (3264×2448 pixels) (Galaxy S4 normal memiliki kamera 13 MP). Hasil kameranya baik, objek yang difoto cukup mendetail, sedikit noise dan untuk warnanya terlihat natural.

Kamera belakangnya dapat merekam video full HD 1080p dengan bitrate 30 fps (frame per detik). Detail video yang dihasilkan terbilang baik dengan sedikit noise. Untuk audio perekaman video berkualitas stereo dengan bitrate 128 Kbps. Perekaman video mendukung fitur touch focus (memilih titik fokus dengan cara menyentuh layar) dan saat melakukan perekaman video, pengguna dapat juga sekaligus mengambil foto dengan resolusi 6 MP.

Jaringan dan Konektivitas

3-bintang
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 ~ HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 ~ HSDPA, 42 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps ~ Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot ~ Bluetooth v4.0 with A2DP ~ NFC~ GPS, mendukung A-GPS dan GLONASS 

Konektivitas Samsung Galaxy S4 cukup lengkap. Mendukung internet kecepatan tinggi HSDPA 42 Mbps dan HSUPA 5.76 Mbps memastikan ponsel ini akan dapat digunakan untuk mengakses internet dengan lancar dan menonton streaming (misalnya Youtube) tanpa lag selama didukung oleh operator.

S4 Mini memiliki antena NFC (Near field communication) yang berguna untuk melakukan transfer file kecepatan tinggi dengan hanya menempelkan badan ponsel dengan perangkat lainnya yang juga mendukung NFC.

Apabila Anda sering berpergian, maka dapat menggunakan fitur Google Maps untuk navigasi dalam perjalanan. Ponsel ini memiliki GPS (Global Positioning System) dengan A-GPS dan juga mendukung GLONASS sehingga dapat menangkap posisi satelit Rusia yang dapat meningkatkan kecepatan dan keakuratan dalam menentukan posisi.

Performa

3-bintang
Chipset Qualcomm MSM8930 Snapdragon 400, Dual-core 1.7 GHz Krait. GPU Adreno 305. RAM 1.5 GB.

Samsung Galaxy SIV Mini “masih” menggunakan prosesor dual core (dua inti) dimana pesaing lain ada yang sudah menggunakan processor quad core (empat inti). Bila dilihat dari spesifikasi memang tidak terlalu wah, namun untuk penggunaan sehari-hari dirasa sudah cukup.

Perpindahan menu terasa lancar dan tanpa lag. Dukungan GPU (Graphic Processing Unit) Adreno 305 membuat ponsel ini lancar memainkan game-game HD (high definition). RAM sebesar 1.5 GB sangat membantu ketika ponsel digunakan untuk multi-tasking (membuka beberapa aplikasi secara bersamaan).

Layar yang menggunakan resolusi qHD 540 x 960 pixel (tidak terlalu besar) tampaknya  turut andil dan menyebabkan performa ponsel ini terbilang baik.

Fitur

3-bintang

Sistem operasi Galaxy S4 Mini adalah Android 4.2.2 Jelly Bean yang tampilannya dimodifikasi menggunakan launcher (semacam tema) Samsung yang dinamakan TouchWiz Nature UX. Tampilan menu keseluruhan terlihat cukup indah dan masih di kostumisasi lagi sesuai dengan keinginan penggunanya.

Ponsel ini memiliki fitur FM Radio dengan RDS (Radio Data System). Untuk mengaktifkan fitur radio, headset perlu ditancapkan karena kabel headset berguna sebagai antena.

Salah satu fitur yang cukup unik ditemui pada Samsung Galaxy S4 Mini adalah tersedianya sensor infra merah (ir) yang dapat digunakan untuk mengontrol perangkat elektronik lain misalnya televisi.

Fitur smart stay telah tersedia pada SIV Mini. Dengan adanya fitur ini, layar tidak akan mati walau tidak digunakan selama pengguna masih memandang layar ponsel. Namun fitur ini hanya berguna ketika ponsel digunakan ditempat dengan pencahayaan cukup.

Baterai

4-bintang
Li-Ion 1900 mAh battery. Baterai dapat dilepas

Samsung Galaxy SIV menggunakan baterai berukuran 1900 mAh teknologi Li-ion yang dapat dilepas. Dengan ukuran layar yang ‘hanya’ 4.3 inchi, kapasitas baterai sebesar 1900 mAh terbilang besar. Ponsel dengan penggunaan normal masih dapat bertahan satu harian penuh, namun hal ini juga sangat bergantung dengan kekuatan sinyal provider yang digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan:

  • Sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean
  • Daya tahan baterai terbilang baik
  • Build quality baik dan ukuran nyaman digenggam

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur Air View dan Air Gestures seperti Samsung Galaxy S4
  • Harga cukup mahal, kurang sesuai dengan spesifikasi yang diusung

Kesimpulan Review Samsung Galaxy S4 Mini:

Rating akhir: 3,1 bintang (cukup / lumayan)

Saat ini seperti kita ketahui bahwa ponsel Android high end kebanyakan menggunakan layar berukuran besar. Samsung Galaxy Mini S4 berusaha memenuhi kebutuhan orang yang menginginkan ponsel Android dengan ukuran yang praktis untuk dibawa namun dengan kemampuan yang baik.

Langkah ini bisa saja disambut baik oleh para penggemar Samsung, namun bagi orang yang tidak terlalu mementingkan merk mungkin akan melirik ponsel Android dari vendor lain yang memiliki spesifikasi lebih baik di kisaran harga yang sama.

2 Comments to "Review dan Harga Samsung Galaxy S4 Mini"

  1. 1

    1. User available memory in s4 mini is 5.06GB. 2.No, We can’t move apps to sd card but some data files of supported apps can be moved.

Leave a Reply

Current ye@r *