Review Blueberry CSL Mi 410 – kelebihan dan kekurangan

Saat ini mulai banyak ponsel Android merk lokal atau merk “baru” yang siap mengancam dominasi handphone Android keluaran merk-merk terkenal. Ponsel-ponsel yang ditawarkan oleh produsen baru ini biasanya menawarkan harga yang lebih murah namun dengan spesifikasi yang menarik. Salah satunya vendor ponsel dengan merk CSL BlueBerry. Setelah cukup sukses dengan ponsel Android murah meriahnya, yaitu CSL Mi 320, CSL Indonesia kembali mengeluarkan tipe yang lebih powerful, yaitu CSL Mi410. Pada artikel kali ini kami akan melakukan review CSL Mi 410 setelah beberapa saat yang lalu kami sempat mencoba handphone Android ini.

Desain

Blueberry CSL Mi 410

CSL Mi 410

Handphone ini memiliki ukuran tinggi 122 mm, lebar 66 mm dan tebal 10 mm. Kesan pertama yang kami dapat saat memegang adalah handphone ini terlihat sangat kotak. Dengan ukuran panjang dan lebar yang termasuk bongsor (kurang lebih seperti SonyEricsson X10) menyebabkan ponsel Android ini terlihat tipis dengan ketebalan hanya 10 mm. Material casing terbuat dari bahan yang cukup baik dan saat digenggam juga terasa solid, penutup baterai di belakang terbuat dari metal.

Review Blueberry Mi 410

CSL Blueberry Mi 410

Di bagian depan HP CSL Mi 410 di dominasi oleh layar berukuran 4,1 inchi, dibawahnya terdapat empat buah tombol sentuh. Di sebelah kanan akan ditemukan tombol volume dan di sebelah kiri tombol on/off. Di bagian atas terdapat jack audio / handsfree dengan ukuran 3,5 mm sedangkan di bagian bawah terdapat lubang charger atau kabel data dan di sebelahnya terdapat koneksi HDMI. Di bagian belakang handphone akan ditemukan kamera berkekuatan 5 MP lengkap dengan lampu flash. Catatan: pada handphone yang kami coba tidak tertera tulisan BlueBerry, hanya terdapat tulisan spice | CSL di bagian belakang bawah handphone. Menurut kami ini adalah sebuah nilai “plus” :D

Layar

Layar CSL Mi410 memiliki diagonal 4,1 inchi berteknologi kapasitif dengan resolusi sebesar 480 x 800 piksel WVGA. Ukuran layar dan resolusi ponsel ini termasuk yang terbesar di kisaran harga yang serupa. Layar terasa responsif bila disentuh menggunakan jari dan sudah mendukung multi touch sehingga Anda dapat melakukan zoom dengan cara mencubit layar. Untuk tingkat kecerahan, ketajaman dan juga kehalusan layar terbilang cukup baik walau menurut pendapat kami contrast dari layar terlihat sedikit kurang, namun untuk di kisaran harga di bawah 3 juta, layar yang digunakan sudah lebih dari cukup.

Update: Bagi pengguna yang telah membeli CSL Mi410 dan sering merasakan layarnya kurang sensitif atau kurang responsif, disarankan untuk mengganti screen guard bawaan dengan screen guard yang lebih tipis atau yang berjenis clear (polos). Dijamin, sensitifitas layar meningkat drastis, selain itu warna-warna yang tertampil justru semakin cerah.

Bagi yang baru mau membeli, disarankan screen guard bawaan disimpan saja, diganti dengan screen guard biasa. Screen Guard khusus CSL Mi410 mungkin sulit ditemukan, namun bisa menggunakan yang tipe universal.

Kinerja dan Kemampuan Gaming

Yang paling menarik perhatian kami saat mengetahui handphone CSL Blueberry Mi 410 adalah spesifikasi hardware yang diusung. HP Android ini menggunakan processor Qualcomm Snapdragon dengan kecepatan 1 GHz dan juga ada tambahan GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 205 dimana di kisaran harga yang sama, pada umumnya masih menggunakan GPU Adreno 200 dan processor dengan kecepatan yang lebih rendah.

Kami sempat merasakan sedikit lag saat melakukan perpindahan menu menggunakan launcher bawaan, namun saat dicoba aplikasi launcher alternatif, perpindahan menu terasa jauh lebih halus. Secara keseluruhan ponsel dapat bekerja dengan baik meskipun kami membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Saat dicoba menggunakan aplikasi Benchmark, CSL Mi 410  mendapatkan score 1700-an, mengungguli handphone kelas atas seperti Nexus One dan HTC Evo yang sama-sama menggunakan sistem operasi Froyo. Kami memang belum sempat menginstall game HD (High Definition), namun dengan spesifikasi yang dimilikinya, rasanya tidak perlu diragukan lagi kemampuan gaming dari ponsel Android yang satu ini.

Kemampuan Kamera

Pada CSL Mi 410 dibenamkan kamera yang dapat mengambil objek diam dengan resolusi hingga 5 MP. Foto yang dihasilkan terbilang cukup baik. Bila penerangan cukup, objek foto yang dihasilkan lumayan mendetail. Bila digunakan untuk mengambil foto indoor, hasil foto masih cukup jelas terlihat walau terdapat sedikit noise.  Kamera HP ini memang bukan yang terbaik di kelas 5 MP dan tidak dapat digunakan untuk menggantikan tugas kamera digital, namun kalau untuk mengambil foto sehari-hari atau sekedar posting foto di Facebook, kualitasnya terbilang sudah cukup.

Catatan: Saat kondisi terang / cahaya berlimpah, foto yang dihasilkan oleh Mi 410 seperti sedikit “berkabut” atau over bright. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan menambah pengaturan contrast yang tersedia pada menu kamera.

Update: Ternyata kondisi “berkabut” disebabkan plastik pelindung lensa kamera dan kondisinya semakin parah ketika plastik sudah baret-baret. Ketika plastik kami lepas, kualitas kamera menjadi jauh lebih baik. Namun disarankan agar tetap memberi plastik pelindung pengganti untuk menutup lensa kamera belakang. Plastik pengganti bisa menggunakan screen guard yang dipotong.

Kualitas Audio

Kualitas Audio ponsel ini terbilang baik. Keluaran suara yang dihasilkan dari speaker termasuk keras walau suara treble terdengar lebih dominan. Kami menyukai letak lubang speaker yang terletak di kiri dan kanan badan handphone sehingga saat diletakkan di meja, speaker tidak tertutup.

Earphone atau handsfree bawaan kualitasnya standar, tidak dapat dikatakan baik namun  juga tidak buruk. Semua instrument musik maupun vokal suara terdengar jelas, suara bass cukup terdengar walaupun tidak mendalam.

Kami perkirakan kualitas suara yang dihasilkan dapat lebih baik lagi jika menggunakan earphone dengan kualitas yang lebih baik atau menggunakan aplikasi pemutar musik yang telah memiliki equalizer yang dapat diunduh (download) melalui Android Market. Jika anda suka mendengarkan radio, maka tidak perlu khawatir, karena handphone Android ini sudah dilengkapi dengan fasilitas Radio FM.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan CSL Blueberry Mi 410:

  • Dengan dukungan processor berkecepatan 1 GHz dan GPU Adreno 205, ponsel ini memiliki kinerja diatas rata-rata dibanding handphone di kisaran harga yang sama (pada saat artikel ini ditulis)
  • Layarnya yang luas membuatnya nyaman digunakan untuk internetan
  • Sudah menggunakan sistem operasi Android 2.2 Froyo
  • Terdapat koneksi HDMI
  • Harganya yang murah bila dibanding dengan spesifikasi yang dimilikinya

Kekurangan CSL Mi410:

  • Satu-satunya kekurangan menurut kami adalah merknya yang masih tergolong baru bila dibanding produsen ponsel dunia lainnya. Hal ini membuat beberapa calon pembeli menjadi ragu. Pada umumnya hal yang di khawatirkan adalah bagaimana layanan purna jualnya, apakah akan ada update softaware terbaru yang dirilis dan juga lokasi service center bila ada kerusakan.

Review CSL Mi 410 – Kesimpulan

Handphone ini membawa angin segar di dunia Android di Indonesia. Spesifikasinya yang tinggi menjadikan handphone ini layak dijadikan pilihan. Sekarang tinggal menunggu keseriusan dari pihak CSL Blueberry Indonesia dalam menangani pelanggannya yang menurut kami sudah mulai jatuh hati dengan merk ini sejak CSL meluncurkan seri Mi 320 beberapa saat yang lalu. Bagi Anda yang ingin membeli handphone Android yang memiliki kinerja baik dengan harga terjangkau, HP ini bolehlah untuk dipertimbangkan.

Harga ponsel Blueberry CSL Mi 410

Harga yang dirilis resmi oleh pihak CSL adalah Rp. 2.500.000, anda dapat memesannya secara online melalui website CSL. Namun bila anda mengunjungi sentra ponsel besar di Jakarta, harga CSL Mi 410 pada bulan Juni 2011 berada di kisaran Rp. 2.500.000 bahkan kurang.

Spesifikasi:

  • Jaringan: GSM 850/900/1800/1900 MHz, GPRS/EDGE/UMTS/HSDPA/HSUPA
  • Konektifitas: Bluetooth A2DP, Wi Fi 802.11 b/g
  • Baterai: li-ion 1400 mAh
  • Ukuran: 122 x 66 x 10 mm
  • Berat: 143 gr
  • Layar: 4,1” 480 x 800 pixel, kapasitif
  • Kamera: 5 MP (2592×1944), Flash, Auto Fokus, fasilitas perekaman video
  • Sistem Operasi: Android Froyo 2.2
  • Processor: Qualcomm Snapdragon MSM8255 ARMv7 1 GHz, GPU Adreno 205
  • Fitur: 3.5mm audio jack, Proximity Sensor, Accelerometer Sensor, Ambient light Sensor, Video playback: H-263, H-264 AVC, MPEG-4 720p, 3GP, RADIO FM, dll.

Artikel yang berhubungan: Cara Upgrade CSL Mi410 ke Custom ROM Gingerbread

Bacaan menarik lainnya: Cara Menggunakan Android dan Parameter setting internet Indonesia

Jika ada pendapat, informasi terbaru mengenai hp ini, pertanyaan atau kritik dan saran, silahkan mengisi form komentar dibawah. Terima Kasih :)

357 Comments to "Review Blueberry CSL Mi 410 – kelebihan dan kekurangan"

  1. 166
    GusTu says:

    boss, forum diskusi untuk SGS II dan Xperia Arc S dimana aku bisa cari…?

  2. 167
    GusTu says:

    boss, nyari update OS ( yg resmi dan gampang )untuk SGSII dimana ya…? lewat OTA di hp belum ada soalnya.
    Vigo saya ternyata diganti total hardwerenya sama SC Axioo. tapi ternyata yg saya dapat cuma GB 2.3.4 padahal waktu beli dapatnya 2.3.5. ndak apalah yg penting garansinya berlaku.

  3. 168
    GusTu says:

    boss, apa penyebab SGSII ku terkadang restart kalo aku paksa pake task killer yg aku install…..??? kejadiannya jarang sih. aku pake DX booster ama Netqin booster. apa karena terinstal keduanya…? makasi jawabannya…

  4. 169
    taufik578 says:

    gimana cara mengubah font di csl mi 410 mwnggunakan font system,kok tidak ada pengaturan untuk ubah font??
    dan satu lagi saya mau bertanya gimana cara menghapus aplikasi bawaan di csl mi 410.seperti blueberry messenger dll.
    tolong jawab boss.
    saya perlu artikelnya

    • Admin says:

      Seingat saya memang tidak ada pengaturan langsung utk ubah Font. Untuk mengubahnya bisa menggunakan aplikasi Font Changer (perlu di root dulu), tapi proses ini cukup beresiko menyebabkan handphone gagal booting. Untuk menghapus aplikasi Bawaan juga perlu di root dulu, nanti setelah di root bisa di uninstall menggunakan Link2SD. Cara root Mi410 baca disini. Tks :)

Leave a Reply

2 Trackbacks to "Review Blueberry CSL Mi 410 – kelebihan dan kekurangan"

  1. on May 30, 2011 at 2:44 pm
  2. on June 15, 2011 at 10:03 am