Penjelasan Paket Internet, Kuota, Fair Usage Policy, Time Based dan Volume Based

Apa Itu Paket Internet?

Paket internet adalah sebuah layanan yang disediakan oleh operator telekomunikasi atau data dimana konsumen diharuskan untuk membayar sejumlah nominal rupiah sebagai biaya pemakaian internet (data). Bagi pengguna telepon seluler, bila tidak menggunakan paket internet, maka setiap kali melakukan koneksi data (internet), biayanya diambil dari pulsa telepon.

Apabila penggunaan internet Anda banyak, disarankan untuk menggunakan paket internet karena biaya yang dikeluarkan akan lebih murah.

Cara mendaftar dan menggunakan paket internet secara garis besar sebagai berikut:

  1. Bagi pengguna prabayar: isi pulsa terlebih dahulu sesuai dengan besarnya paket internet yang ingin digunakan. Bila ingin menggunakan paket internet dengan biaya Rp.50.000, maka pastikan pulsa yang tersimpan harus lebih besar dari 50 ribu, setidaknya ada sebesar Rp. 60.000. Hal ini untuk mengantisipasi biaya pajak
  2. Setelah pulsa terisi, lakukan pendaftaran paket internet. Pada umumnya pendaftaran bisa dilakukan sendiri, misalnya dengan mengirimkan SMS dengan format tertentu, dengan menekan kode tertentu (*xxx#), atau dengan cara mengunjungi gerai operator seluler. Untuk informasi cara pendaftaran paket internet lebih detailnya beserta paket-paket yang ditawarkan, silahkan menghubungi layanan konsumen operator telepon yang digunakan atau kunjungi website resminya. Saya sengaja tidak menulis caranya di website ini karena cara pendaftaran paket internet bisa berubah sewaktu-waktu.
  3. Jika paket internet berhasil diaktivasi, maka pulsa sebesar Rp.50.000 (+ pajak) akan langsung diambil (hilang).
  4. Pastikan settingan internet yang digunakan sudah sesuai (Baca: cara setting internet handphone dan modem)
  5. Setelah paket internet aktif, setiap kali Anda mendownload aplikasi, browsing internet, streaming video, dll, pulsa yang tersisa tidak akan terpotong selama kuota paket internet masih ada.

Apa itu kuota paket internet?

Kuota paket internet adalah batas pemakaian internet yang ditentukan oleh provider telepon. Kuota bisa ditentukan berdasarkan:

  1. Volume based: Tergantung banyaknya data yang diunduh (download) ditambah dengan data yang di unggah (upload) . Biasanya ditentukan dengan ukuran MB (megabyte) atau GB (gigabyte). 1 GB = 1000 MB.
  2. Time based: Tergantung lamanya penggunaan internet.

Pada umumnya, paket internet yang ditawarkan oleh operator di Indonesia berdasarkan Volume Based.

Untuk mengetahui sudah berapa banyak Anda menggunakan koneksi internet, dapat menggunakan aplikasi NetCounter atau internet traffic monitor. Apabila Anda menggunakan perangkat Android, maka dapat menggunakan aplikasi 3G watchdog (Baca: Cara mengetahui sisa kuota internet Android).

Contoh Perhitungan Volume Based:

Misalnya Anda mendaftar untuk dapat menggunakan paket internet dengan kuota 500 MB. Ketika Anda mengunduh file sebanyak 5 MB, maka kuotanya akan berkurang 5 MB dan sisa kuota yang dapat digunakan menjadi tinggal 495 MB. Kalau Anda sudah menggunakan semuanya atau sisa kuota sudah mencapai 0 MB, Anda tidak akan dapat lagi menggunakan koneksi internet atau Anda tetap dapat mengakses internet, namun dikenakan biaya tambahan yang diambil dari pulsa yang tersedia.

Contoh Perhitungan Time Based:

Misalnya Anda mendaftar paket internet dengan kuota dua jam. Maka selama dua jam Anda bebas menggunakan internet tanpa dikenakan biaya tambahan. Setelah penggunaan internet melebihi dua jam, Anda tidak akan dapat menggunakan paket internet lagi. Waktu dua jam dihitung berdasarkan total waktu penggunaan internet, bukan berdasarkan waktu berjalan. Jadi Anda dapat menggunakan kuota setengah jam internet di pagi hari, 45 menit di malam hari lalu sisanya di keesokan harinya atau tergantung pemakaian. Perhitungan berdasarkan time based memiliki keuntungan jika jaringan internet yang digunakan memiliki kecepatan yang baik, karena tidak ada batasan volume jumlah data yang di download dan upload. 

Apa yang dimaksud “kuota” dalam paket internet unlimited?

Banyak dari operator seluler mengatakan bahwa paket internet yang ditawarkan adalah tipe unlimited atau pengguna dapat menggunakan koneksi data (internet) sepuasnya tanpa ada batasan. Namun, kenyataanya walaupun “unlimited” tetapi ada persyaratan batas pemakaian wajar atau fair usage policy (FUP). Artinya ketika penggunaan paket internet mencapai batas tertentu, kecepatannya akan diturunkan.

Contoh:

Anda mendaftar untuk paket internet unlimited dengan “kuota” 500 MB. Saat pemakaian melebihi 500 MB, Anda masih dapat menggunakan koneksi internet tanpa batasan (unlimited) namun kecepatannya diturunkan. Misalnya pada awalnya kecepatan internet mencapai 512 kbps (sekitar 64 KB/s), setelah melewati kuota kecepatannya akan diturunkan secara drastis, misalnya hanya sebatas 64 kbps (sekitar 8 KB/s).

Demikianlah penjelasan seputar paket internet, kuota dan perhitungan berdasarkan volume atau time based persembahan harga-hp.com. Bila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan melalui form komentar dibawah. Terima kasih :)

Artikel Lain:

Loading…

23 Comments to "Penjelasan Paket Internet, Kuota, Fair Usage Policy, Time Based dan Volume Based"

  1. 1
    roy ronggo says:

    gan mau tanya sy menggunakan paket indosat gaul bulanan alhamdulillah buat browsing,download dan streaming lancar jaya mpe hbs 30 hr.trs sy registrasi lg awalnya buat browsing,download n streaming lancar tp selang beberapa hr jd lemot terutama buat streming youtube putus2 buat download jg lemot n gagal trs pdhl sinyalnya stabil hsdpa sy ty ke cs indosat tdk ada gangguan sy kaget pas cek pemakaian ud mlebihi kuota 500mb.pertanyaanya knp bru dpake bbrpa hr ud melebihi kuota pdhl yg dlu lancar2 aja mpe 30 hr?tlg gan pencerahanya.makasih

    • Admin says:

      Streaming itu sangat banyak sekali menghabiskan kuota internet. Kalau Roy sering melakukan streaming selama beberapa hari terakhir, menurut saya bukan hal yang aneh bila kuotanya tiba-tiba habis. Untuk kedepannya, disarankan untuk selalu memeriksa berapa banyak Roy telah menggunakan internet, untuk melakukan hal ini bisa menggunakan aplikasi 3G WatchDog atau Traffic monitor (baca: cara mengetahui aplikasi yang menggunakan internet). Tks :)

  2. 2
    roy ronggo says:

    gan tp knp yg sblmnya ga dmkian lancar2 aja slma 30 hr buat streaming n download.yg skrg pdhl bru dipakai 4 har.tp mksi gan atas penjlasanya.apa performa hp sy ud menurun gan?

    • Admin says:

      Kalau dari performa handphone saya rasa tidak. Menurut saya kemungkinan bulan kemarin masih ada bonus paket internet, jadi kuota yg didapat utk bulan kemarin lebih dari 500 MB. Seandainya ingin streaming video, pilih yang kualitas standar / low quality saja. Kalau streaming yang HD (High definition) akan semakin cepat menghabiskan kuota.

      Sebagai informasi, saya menggunakan kuota 2GB, dan tidak terlalu sering streaming, namun di akhir bulan pemakaian sudah hampir habis. Disarankan Roy menginstall aplikasi 3G watchdog untuk memantau pemakaian internetnya. Baca: Cara mengetahui sisa kuota internet android (klik). Tks :)

  3. 3
    roy ronggo says:

    mantaf gan terimskasih atas pencerahanya sgt bermanfaat.sy sgt suka gaya penyampaian anda lugas jelas n mdh dipahami.

  4. 4
    roy ronggo says:

    maaf gan kl tdk keberatan anda pake paket data apa?skalian pake gadget apa?hehe..ngarep.com

    • Admin says:

      He he kalau saya kadang ganti2, pakai yg lagi murah/lagi ada promo dan tergantung lagi tugas dimana (pakai yg dapat sinyal). Kalau sekarang lg pakai 3, kadang2 Starone. Gadget tergantung yg ada saja. Tapi gadget yg setia menemani dan ga pernah diganti adalah BlackBerry yg ada antena tv-nya (a.k.a HP cina :D)

  5. 5
    roy ronggo says:

    ok.thanks

  6. 6
    Rury says:

    Thanks berat ya… Ini yang saya cari .. Dah paham sekarang…

  7. 7
    Edi says:

    Thanks for sharing bang..akhirnya saya bisa paham skrg.
    Sekalian mau nanya bang, dibandingkan dgn video streaming, main game (jenis web-based game 2d spt mythic saga dan semacamnya), mana yang lebih banyak menghabiskan kuota internet?
    Mohon pencerahannya..

    • Admin says:

      Setau saya video streaming jauh lebih banyak menghabiskan kuota internet. Apalagi kalau game online-nya adalah tipe yg harus diinstall di komputer terlebih dahulu (seperti RF Online atau Warcraft). Tks :)

  8. 8
    Sensei Joe says:

    Terima kasih informasinya. Saya ingin tanya, bagaimana perhitungan ‘fair usage’ itu sebenarnya. Apakah dihitung dari besarnya file web-site yang kita buka ditambah yang kita download dan kita upload? Ini yang tak pernah dijelaskan operator. Dengan kata lain, bagaimana aplikasi pihak ketiga semacam 3G-WatchDog bekerja? Terima kasih atas pencerahannya.

    • Admin says:

      1. Fair usage itu dihitung berdasarkan total data yang kita upload dan download. Setiap kali kita membuka website, itu dihitung download. Semakin banyak gambar yang tertampil di sebuah website, semakin besar data yang di download. Jadi fair usage = Data download + data upload.
      2. 3GWatchdog fungsinya hanya mencatat berapa banyak data yang kita download dan upload dan menginformasikan kepada kita bila jumlah total data yg di download dan di upload sudah melewati dari batas yang ditentukan. Tks :)

  9. 9
    rainny says:

    kalau yang tentang kecepatannya turun karena sudah melewati batas FUP itu bagaimana ceritanya kalau kecepatan yg diberikan provider misalnya 7.2Mbps? bagaimana bs menurun drastis spt yg telah disebut diatas? mohon reply. trims :D

    • Admin says:

      Setiap nomor GSM/CDMA dicatat secara otomatis oleh provider sudah berapa banyak menggunakan volume data. Jadi kalau sudah melewati kuota, secara otomatis kecepatan kartu Rainny dibatasi.

      Jadi up to 7.2 Mbps kalau belum mencapai FUP, kalau provider sudah mendeteksi nomor Rainny melewati batas kuota volume data, secara otomatis, kecepatannya diturunkan. Tks :)

  10. 10
    Roni says:

    Admin. Saya mau tanya. Kita menggunakan paket internet Unlimited. Dan batas kuotanya 500MB. Mengapa saat upload, download yang tidak melebihi kuota. Tidak mengurangi kuota?

    • Admin says:

      Mmm.. maksudnya gimana ya? Yang pasti kalau download maupun upload, kuotanya pasti akan berkurang. Selama jumlah download + upload tidak melebihi kuota, kecepataannya tidak akan berkurang. Tks :)

  11. 11
    nana says:

    akhirnya nemu juga. bener2 pencerahan! thank you mas!

  12. 12
    Vito says:

    paling aman pake yang volume based, jadi gak tiba-tiba kecepatannya turun gara-gara fup ahaha

Leave a Reply