Penjelasan Mengapa Android Boros Pulsa dan Cara Mengatasinya

Cukup banyak pengguna handphone Android yang masih baru mengeluhkan pulsanya terpotong tiba-tiba tanpa sepengetahuannya. Padahal sang pengguna sedang tidak menggunakan aplikasi yang terhubung ke internet. Pada umumnya mereka belum mengerti mengapa hal tersebut dapat terjadi.

Sebelumnya kami ingin menginformasikan bahwa sistem operasi Android adalah sistem operasi yang “haus” akan data internet, atau dengan kata lain boros pemakaian internet. Oleh karena itu kami menyarankan apabila ingin memaksimalkan penggunaan handphone Android, sebaiknya Anda menggunakan paket internet unlimited.

Bagi yang belum menggunakan paket internet unlimited tentu saja merasa tidak tenang saat menggunakan handphone Android. Namun, mengapa hal tersebut dapat terjadi? Berikut adalah penjelasan kami.

Sistem operasi Android bekerja secara otomatis, sehingga setiap aplikasi yang terinstall di HP Android dapat melakukan sinkronisasi dengan server secara otomatis dan juga tetap dapat melakukan koneksi internet walaupun aplikasi tersebut berjalan di background atau aplikasi sedang tidak digunakan oleh pengguna.

Hal ini sebenarnya merupakan salah satu kelebihan sistem operasi Android. Karena dengan melakukan sinkronisasi secara otomatis, maka pengguna akan mendapatkan informasi secara real time atau secara instan. Misalnya, pengguna akan mendapatkan update berita terbaru secara otomatis atau mendapatkan pemberitahuan seketika jika ada email baru atau pesan dari layanan sosial (Facebook, Twitter, YM, dll) tanpa harus masuk ke aplikasi dan melakukan sinkronisasi atau refresh secara manual.

Namun, sistem yang serba otomatis ini juga memiliki beberapa kekurangan. Selain membuat handphone Android menjadi boros pemakaian internet (pulsa), hal ini juga akan membuat handphone menjadi boros baterai.

Untuk dapat menghemat pemakaian internet Android, Anda dapat melakukan beberapa hal, namun yang pertama kali harus dilakukan adalah mematikan update otomatis dari aplikasi Google Play. Karena biasanya yang paling banyak menyedot pulsa adalah ketika aplikasi-aplikasi melakukan update secara otomatis tanpa kita ketahui. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Play Store
  2. Masuk ke Settings / Pengaturan Play Store dengan cara menyentuh tiga garis kecil di pojok kiri atas (Disebelah tulis Play Store)
  3. Klik: “Auto Update Apps” (Perbarui Otomatis aplikasi) > Lalu pilih: Do Not Auto-update apps (jangan perbarui otomatis aplikasi).

Setelah hal diatas dilakukan namun ternyata pulsa masih tetap tersedot banyak, maka lakukan hal-hal dibawah ini:

Cara Pertama: Pantau aplikasi Android yang menggunakan pemakaian internet

Anda dapat memantau aplikasi Android mana saja yang menggunakan koneksi internet. Dengan mengetahuinya, Anda dapat melakukan dua hal untuk dapat mengurangi pemakaian internet yang disebabkan oleh aplikasi tersebut. Pertama, apabila aplikasi tersebut adalah semacam aplikasi jejaring sosial atau semacamnya, maka Anda dapat melakukan log out agar aplikasi tidak melakukan sinkronisasi secara otomatis. Kedua, Anda dapat mematikan aplikasi tersebut, walaupun aplikasi sedang berjalan di Background.

Cara pertama ini memiliki kelebihan apabila Anda menginginkan beberapa aplikasi masih dapat menerima data secara real time namun tidak menginginkan beberapa aplikasi lainnya menggunakan koneksi internet.

Tutorial selengkapnya dapat dilihat pada artikel berikut: cara memantau aplikasi Android yang menggunakan internet.

Cara kedua: matikan fitur sinkronisasi otomatis dan background data

Untuh mencegah pemakaian internet Android boros pulsa dapat juga dilakukan dengan cara mematikan fitur sinkronisasi otomatis (auto sync) dan background data. Penjelasan legkapnya dapat dilihat pada artikel Cara mematikan sinkronisasi otomatis Andrdoid.

Cara Ketiga: Matikan Koneksi Internet!

Cara yang ketiga untuk menghemat pemakaian internet Android adalah dengan cara mematikan koneksi internet sepenuhnya. Namun, jangan khawatir, Anda dapat mematikan dan menyalakan koneksi internet Android dengan mudah, jadi Anda dapat menggunakan internet saat diperlukan saja. Caranya dapat dilihat pada artikel Cara Mematikan Koneksi Internet Ponsel Android.

Demikian sedikit tips persembahan harga-hp.com. Semoga bermanfaat :)


Artikel Lain:

Loading…

97 Comments to "Penjelasan Mengapa Android Boros Pulsa dan Cara Mengatasinya"

  1. 31
    Adam says:

    Mas saya mau tanya, kalo hp android itu butuh antivirus untuk android gak ya?
    trims

  2. 32
    hendro says:

    Mas admin mau nanya nih…….aku berencana mau beli tablet tapi yang buatan lokal aja (ngirit)..budjet 2 jtan..ya klo bisa speknya agak tinggi…mhon rekomendasi dan pencerahannya..thanks sangat.

    • Anonymous says:

      Kalau yg dua jutaan, bisa memilih Huawei S7 105 yang layarnya sudah kapasitif. Tablet ini processornya cukup bagus dan komunitas penggunanya cukup banyak. Kekurangannya batrenya kurang besar dan tabletnya agak berat. Tks :)

  3. 33
    yuyus says:

    android ku aneh?? pulsanya boros banget.
    ceritanya begini, hp galaxy mini waktu versi os froyo bisa internetan nonton live streming berjam”, dengan pulsa 10ribu reguler (XL). trus upgrade ke giger , (via odin) dipake internetan (facebookan dan ke market) ngak ada 1jam pulsa langsung rp 0.8
    , ke samsung servise center (install ulang ke froyo) hasilnya sama aja, gonta ganti kartu, pake paketan data, hasilnya lebih parah….. adoh
    ada yang punya solusi….(mungkin lembiru aja kali ya..;D)

    • Admin says:

      He he justru kondisi yang sekarang yang wajar bro. Kalau Rp. 10.000 tanpa paket internet bisa streaming berjam-jam, justru kondisi tersebut yang tidak wajar. Kemungkinan dulu sedang ada promo gratis internet dari XL.

      Kalau sudah pakai paket internet tapi pulsa masih terpotong, periksa settingan APN-nya (Baca: Cara setting internet Android). Tks :)

  4. 34
    grover says:

    menurut kalo dah mutusin makai andro ya perlu sedia pulsa. ya peerlu smart smart aja deh dlm mengelola semuanya. misal urusan ngenet ckp pake opmin, rajin berburu hotspot gratis wkwk, cari apps yg gratisan (tp jgn lupa scan pake av sblm instalasi). pokokx settingan android perlu benar2 dicermati tanpa harus kehilangan notif email, fb, wa, ym dsb

  5. 35
    Braen doni says:

    Mas AdMin,,Saya mw nanya,,KoK Setelah saya aktifin WIFI dan Jringan wifinya ad,,truss saya pake internet,,tapi pulsa saya kok Msih ttp ludes,,Bkany pake WIFI itu jdi gratis Ya??

    • Admin says:

      Berarti wifinya tidak terkoneksi. Coba lihat disebelah indikator kekuatan sinyal, ada huruf E atau G atau 3G atau H dengan gambar panah naik-turun tidak? Kalau ada huruf E/G/3G/H dan gambar panah naik turun, berarti koneksi data masih menggunakan jaringan telepon, bukan wifi.

      Untuk memastikan bahwa HP sudah terkoneksi dengan wi-fi, coba Braen pergi ke
      1. Settings (Pengaturan)
      2. Wireless & Networks (Nirkabel dan Jaringan)
      3. Wi-Fi settings (pengaturan Wi-Fi)
      4. Tekan tombol MENU > klik Scan (pencarian) > tunggu sampai HP mendeteksi satu/beberapa jaringan wifi
      5. Klik pada salah satu jaringan wi-fi / hot spot yang mau digunakan > tunggu sampai statusnya “connected” / tersambung dan tulisan G/E/H/3G disebelah indikator kekuatan sinyal hilang dan digantikan dengan simbol wifi.

      Kalau pulsa tidak mau habis, sebaiknya koneksi internet melalui jaringan telepon selalu dimatikan saja (“Gunakan Jaringan Data Paket” jangan dicentang). Tks :)

  6. 36
    Braen doni says:

    ADmIn Mw NaNya Lagi,,AnTiViRus Yg PlINg AmPuH BUwat NoTeBook Ap??

    • Admin says:

      Rata2 antivirus ampuh kok, asalkan selalu di update. Kalau saya pribadi menggunakan Avast untuk notebook. Tks :)

  7. 37
    arya says:

    mau tanya kenapa samsung galaxy y duos kartu SD slalu tercabut sendiri…????

  8. 38
    Shyntia says:

    Klo pake paket internet unlimited
    Masih make opera mini kan? atau langsung ke internet bawaan gadget itu sendiri
    Terima kasih.

    • Admin says:

      Maksudnya apakah kalau pakai Opera Mini akan terpotong pulsa? Kalau sudah pakai Internet Unlimited, Shyntia bebas mau pakai browser apa saja, pulsa akan tetap aman, selama settingan APN-nya benar. Tks :)

  9. 39
    Shyntia says:

    Ohh begitu, terima kasih.

  10. 40
    daniel says:

    mas admin ini perubahannya berlaku untuk selamanya atau cuman sampe di restart kembali
    mohon batuannya trims

  11. 41
    Faisal says:

    Gan kalo ane gak di paket nih, terus ane pake opera mini. apa tetap boros?

    • Admin says:

      Kalau pakai browsing pakai Opera Mini memang akan lebih hemat. Tapi kalau sinkronisasi tetap jalan terus, maka biasanya akan tetap terasa boros juga. Kecuali saat tidak browsing, internet dimatikan dan dinyalakan hanya ketika ingin pakai opera mini saja. Biasanya kalau itu dilakukan tidak akan terlalu boros. tks :)

  12. 42
    aruna says:

    saya masi agak newbie nh pke android…
    td ajj pulsanya langsung KO pdahal blum di apa2in,,

    trpaksa hbungan dengan internet ak putus dlu,,oy gan,,gmn caranya ya,,aku jg mau menerima pemberitahuan dri fb n emil,, tp biar ga boros pulsa
    di settingnya gmn ya… biar yg aktif fb ajj n email

    • Admin says:

      Kalau memang ingin aplikasi2 tertentu saja yang internetnya aktif, maka Aruna harus melakukan root di HP Androidnya lalu install firewall / atau aplikasi yg berguna untuk memblokir internet aplikasi tertentu. Tks :)

  13. 43
    Vian says:

    makanya mendingan pake internet unlimited biar gak abis-abis pulsanya hehe

Leave a Reply