Motorola Charm MB502 Review – Kelebihan dan Kekurangan

Penjualan handphone Motorola sangat terbantu setelah pihaknya memutuskan untuk meluncurkan Motorola Android. Pada review kali ini, kami akan mengulas tentang Motorola Charm MB502. Handphone ini memiliki bentuk yang unik, dimana kebanyakan handphone Android hanya mengandalkan layar sentuh sebagai sarana pengoperasian HP, Motorola MB502 selain mengandalkan layar sentuh, namun juga menyediakan QWERTY keyboard yang dikemas dalam bentuk candy bar.

Pada saat peluncuran, banyak yang tertarik untuk dapat meminang ponsel ini. Karena bentuknya yang memilki QWERTY keyboard fisik seperti BlackBerry, sebagian orang menyebut handphone ini sebagai BB killer, bahkan ada yang mengatakan handphone ini adalah BlackBerry Android. Namun, apakah Motorola MB502 layak untuk dibeli? Mari kita ulas lebih lanjut.

Review Motorola Charm MB502 Screen

Motorola Charm berbentuk candy bar cenderung kotak. Sebagian bodinya diisi dengan layar dan sebagian lainnya diisi dengan keyboard. Disisi kiri handphone terdapat port micro usb dan tombol volume, disebelah atas terdapat tombol on off dan jack earphone 3,5 mm, di bagian belakang terdapat touchpad yang oleh pihak Motorola dinamakan “BackTrack”, di sebelah Backtrack, terdapat kamera 3 MP tanpa flash (bagi anda yang ingin melihat hasil jepretan foto dan video Charm, dapat mengisi form komentar dibawah) dan di bagian sebelah kanan handphone, tidak terdapat apapun.

Motorola Charm menggunakan sistem operasi Android versi 2.1 (Eclair) dan dipersenjatai dengan processor berkecepatan 600 MHz. Untuk cara penggunaan dan tampilan mirip dengan handphone Android dengan OS Eclair lainnya, hanya ada perbedaan sedikit dimana handphone Motorola Android ini menggunakan UI Motoblur.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Motorola Charm MB502

Kelebihan:

Keyboard Fisik

 

Keyboard - Motorola Charm Review

Daya tarik utama dari handphone ini adalah keyboard fisiknya. Keyboard terbuat dari campuran plastik dan karet. Walaupun tidak ada jarak antara tombol, namun keyboard nyaman untuk digunakan dan kami jarang sekali melakukan kesalahan. Hal ini dapat terjadi karena bentuk tombol yang menonjol.

Motorola Charm selain menyediakan keyboard fisik juga menyediakan keyboard virtual. Keyboard ini berguna apabila ada aplikasi yang kurang kompatibel dengan Charm, dimana aplikasi tersebut hanya dapat ditampilkan dengan layout atau tampilan vertikal (portrait), sedangkan tampilan default Motorola Charm adalah horisontal (landscape). Bila anda tidak membutuhkannya, anda dapat mematikan keyboard virtual tersebut.

Audio Player yang lengkap

Motorola Charm Equalizer

Audio Player pada Motorola Charm dinamakan connected music player. Hal ini dikarenakan pada satu aplikasi tersebut terkumpul aplikasi-aplikasi musik seperti Audio player, Radio FM, radio internet, video music, komunitas dan aplikasi untuk mendeteksi nama penyanyi dan judul lagu yang sedang dimainkan. Yang kami sukai dari connected music player adalah kemampuannya untuk mencari secara otomatis dan menampilkan lirik lagu dari file musik yang sedang dimainkan. Selain itu Radio FM Bawaan HP ini juga memiliki kualitas suara yang baik.

Audio Player memang tidak memiliki equalizer, namun demikian anda dapat melakukan pengaturan pada bagian “Media Audio Effects” yang terdapat pada bagian Setting handphone secara keseluruhan. Anda dapat mengatur keluran suara speaker dan headphone / earphone yang digunakan. Pengaturan ini akan mempengaruhi keluran suara baik musik maupun video. Anda dapat memilihi profil seperti 3D Stereo, Home Theatre, Live Stage atau equalizer seperti Bass Punch, Brilliant Treble, dll. Namun sayang anda tidak dapat mengatur equalizer secara manual.  Kualitas suara speaker cukup baik namun treble kurang maksimal, sementara kualitas dari earphone bawaan sudah cukup baik, memiliki bass dan treble yang cukup dan semua instrument musik terdengar jelas.

BackTrack

 

Motorola Charm Touchpad

Handphone Motorola Android ini dilengkapi dengan touchpad seperti pada laptop yang terletak di bagian belakang handphone. Karena terletak dibelakang, touchpad ini dinamakan Backtrack. Apabila kita menyapu jari kita naik, turun, kiri dan kanan pada Backtrack, maka layar HP akan bergerak sesuai gerakan jari kita. Apabila kita mengetuk dua kali pada Backtrack, maka di layar akan muncul kursor yang akan bergerak sesuai gerakan jari dan akan melakukan pilihan bila kita melakukan ketukan satu kali pada Backtrack, sama seperti menggunakan touchpad / mouse pada komputer.

Backtrack membuat penggunaan ponsel ini semakin nyaman karena meminimalisir kemungkinan salah “klik” apabila hanya menggunakan layar sentuh. Pada awal pemakaian, pengguna mungkin akan merasakan kurang nyaman atau tidak biasa menggunakan Backtrack, namun setelah beberapa saat akan mulai terbiasa. Backtrack dapat dinonaktifkan bila dirasa tidak diperlukan.

Power VR SGX 530 Graphics Processing Unit (GPU)

GPU yang digunakan di Motorola Charm sama dengan yang digunakan pada Motorola Milestone yang terkenal, yaitu Power VR SGX 530, sehingga secara teori Motorola Charm cukup powerful untuk dapat menjalankan game 3D. Kami pribadi belum banyak mencoba menginstall game pada handphone ini, namun kami mencoba menjalankan game Angry Birds dan Speed Forge 3D dan keduanya dapat dimainkan dengan lancar tanpa ada masalah. Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa permainan tidak kompatibel dengan HP ini, hal ini dikarenakan tampilan default layar yang horisontal/landscape.

Dukungan Adobe Flashlite

Motorola Charm Review Flash Lite

Walaupun Motorola Charm masih menggunakan sistem operasi Android versi 2.1 (Eclair), namun ponsel ini sudah dilengkapi oleh Adobe Flash Lite. Dengan adanya flash, ponsel ini cukup tangguh untuk digunakan browsing internet, khususnya untuk website yang tidak memiliki versi mobile. Saat kami mencoba mengunjungi situs Youtube versi desktop, handphone ini dapat memainkan file video dengan format flv, walaupun agak tersendat.

Sebagai catatan, walaupun banyak handphone Android Indonesia telah menggunakan sistem operasi Android versi 2.2 Froyo yang dikatakan telah mendukung Adobe flash, namun nyatanya masih banyak yang belum dapat menjalankan fitur tersebut.

GPS

GPS pada Motorola Charm cepat untuk melakukan locking terhadap satelit. Saat kami coba di ruangan terbuka, dengan Assisted GPS diaktifkan, GPS mendapatkan sinyal hanya dalam waktu 5-10 detik.

Gorilla Glass

Layar pada Motorola Charm MB502 telah menggunakan Gorilla Glass yang diklaim anti gores.

Hasil rekaman video yang cukup lancar

Motorola MB502 Charm dapat merekam video dengan cukup baik bila dibanding dengan handphone Android lainnya di kisaran harga yang serupa. Memang anda tidak akan mendapatkan hasil video dengan kualitas HD, VGA (640×480 pixel)-pun tidak, namun ponsel ini dapat merekam dengan resolusi 352 x 288 pixel (CIF) dengan kecepatan hingga 26 frames/second yang cukup lancar. Apabila anda ingin melihat contoh hasil videonya, silahkan isi form komentar dibawah agar kami dapat kirimkan kepada anda.

Hal-hal kecil yang kami sukai:

  • Saat melakukan pengecasan, pada port micro USB akan menyala lampu led berwarna hijau yang menandakan ponsel sedang di charge dan akan mati bila sudah penuh. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah HP sudah full di charge atau belum tanpa harus menyalakan atau melihat layar.
  • Notifikasi LED. Bila ada SMS atau email masuk, lampu latar pada bagian menu, home dan back button akan berkedip dan akan mati apabila kita sudah membaca email SMS / Email. Sangat berguna untuk mengetahui adanya email baru apabila kita tidak mendengar bunyi notifikasi.
  • Tampilan alarm yang keren. Untuk membuat alarm menjadi snooze, kita hanya perlu menyentuh layar HP, namun untuk mematikan alarm, kita harus menggeser layar seperti saat membuka kunci telepon. Hal ini akan mencegah kita salah mematikan alarm padahal ingin mengaktifkan snooze mode.
  • Ada aplikasi bawaan yaitu Kodak Perfect Touch yang dapat membuat foto menjadi terlihat lebih hidup hanya dengan satu sentuhan saja. Aplikasi ini seperti auto correct / auto balance di program-program pengolah gambar.
  • Ada aplikasi bawaan untuk membagi atau memotong video menjadi beberapa bagian (video editor)

Kekurangan Motorola Charm MB502:

Boros Baterai

Kapasitas Baterai standar Motorola Charm terbilang kecil, hanya sebesar 1130 mAh. Walaupun handphone ini memiliki fasilitas battery manager dimana kita dapat mengatur ponsel untuk menonaktifkan aliran data setelah waktu tertentu pada jam yang telah ditentukan, namun tetap saja pada penggunaan normal, HP ini tidak dapat bertahan seharian penuh tanpa di charge. Untuk Motorola Charm yang dijual di luar negeri telah dilengkapi dengan baterai tambahan dengan kapasitas yang lebih besar, namun sayang untuk versi Indonesia tidak disertakan di dalam paket penjualan.

Update: Daya Tahan Baterai Motorola Charm

Berhubung cukup banyak yang menanyakan mengenai daya tahan baterai, maka berikut informasi mengenai daya tahan baterai Motorola Charm MB502 berdasarkan pengalaman pribadi:

Jika layanan data selalu aktif, fitur sinkronisasi aktif, jaringan berjalan di jalur 3G / HSDPA, total pemakaian untuk panggilan telepon kurang dari satu jam, TOTAL pemakaian fitur handphone seperti main game, membalas pesan FB, Twitter, YM, membaca berita di internet, SMS, dll kurang lebih 3 jam, maka daya tahan Motorola Charm kurang lebih 14 Jam. Bila diatur jaringan hanya berjalan di jalur 2G, maka daya tahannya lebih lama lagi.

Pemakaian internet lebih cepat menghabiskan baterai dibanding fitur lainnya, misalnya bermain game. Jika digunakan untuk internet secara nonstop dengan data koneksi aktif dan di jalur HSDPA, misalnya untuk download maka daya tahan baterai hanya dapat bertahan sekitar 4 jam mungkin kurang.

Jika handphone dalam kondisi flight mode atau koneksi jaringan tidak aktif, maka handphone dapat bertahan satu sampai tiga hari lebih.

FYI: teman saya mengatakan bahwa Motorola Charm miliknya dapat bertahan satu hari penuh dengan cara mengatur brightness layar ke tingkat paling minimun dan koneksi jaringan berjalan di 2G. Untuk pemakaian telepon dan SMS jarang, namun untuk pemakaian aplikasi chatting seperti WhatsApp cukup sering.

Sebagai catatan, daya tahan baterai sangat bergantung dengan kondisi sinyal jaringan telekomunikasi dan perilaku pengguna handphone. Sebagai contoh, baterai akan jauh lebih boros jika digunakan di daerah dengan penerimaan sinyal buruk. Bagi pengguna yang sering meletakkan handphonenya di dalam tas atau di tempat yang dapat menghalangi sinyal secara otomatis akan membuat baterai handphone lebih cepat terkuras.

Kesimpulannya, daya tahan baterai Motorola Charm memang kurang lama, namun relatif masih normal, info lebih lanjut dapat dibaca pada artikel kenapa handphone Android boros.

Kekurangan Motorola Charm (terusan): Masih Eclair

Android OS 2.1 Eclair sudah cukup baik menjalankan hanphone ini, namun akan lebih menyenangkan apabila HP ini menggunakan Android OS 2.2 Froyo yang memiliki performa cukup baik dan lebih stabil, namun sayangnya pihak Motorola tidak memberi kepastian kapan akan memberikan update OS kepada ponsel ini.

Kualitas layar yang pas-pasan

Banyak reviewer, khususnya dari luar negeri yang mengatakan buruknya layar Motorola Charm, namun kami mengkategorikan layar Charm tidak buruk namun juga tidak baik. Motorola Charm menggunakan layar horisontal dengan ukuran 2,8 inch dan memang termasuk kategori kecil. Gradasi warna terlihat kurang halus dan apabila menampilkan tulisan yang cukup kecil terlihat tidak mulus, hal ini dikarenakan resolusi yang digunakan hanyalah 320 x 240 pixels.

Walaupun begitu, kami cukup menyukai layar Motorola Charm. Layar ponsel ini menggunakan jenis kapasitif yang responsif terhadap sentuhan jari dan walaupun hanya berukuran 2,8 inch, namun layar ini berdimensi cukup lebar (tidak memanjang), sehingga cukup nyaman untuk digunakan saat membaca teks atau menggunakan internet. Selain itu, apabila menggunakan layar yang lebih besar akan menyebabkan dimensi handphone membengkak sehingga mengurangi kenyamanan. Sebagai catatan, setelah beberapa saat menggunakan handphone ini, kami tidak terlalu memperdulikan resolusi atau masalah  gradasi warna dan cukup nyaman dengaan hal tersebut.

Catatan: Saat pertama kali mengaktifkan Motorola Charm, sebagian besar pengguna akan mengatakan warna yang ditampilkan di layar tidak cerah. Sepertinya hal ini dipengaruhi juga oleh wallpaper yang digunakan pertama kali. Layar akan terlihat jauh lebih baik saat wallpaper sudah diganti dengan yang lain.

Kesimpulan

Sepertinya lebih banyak kelebihan bila dibandingkan dengan kekurangan yang dimilikinya. Namun demikian, kemampuan baterai adalah hal yang penting untuk dapat menunjang aktifitas pengguna sehari-hari. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.

Motorola Charm MB502 Cocok untuk digunakan oleh:

  • Pengguna yang sering melakukan pengetikan menggunakan handphone
  • Orang yang ingin memiliki handphone yang tidak “pasaran”
  • Pengguna yang sering melakukan browsing internet

Motorola Charm kurang cocok oleh:

  • Pengguna yang tidak terlalu membutuhkan keyboard fisik
  • Pengguna yang menginginkan ponsel dengan layar yang lebar nan indah
  • Pengguna yang tujuan utamanya membeli HP Android untuk bermain game
  • Pengguna yang sering bepergian akan sedikit kerepotan karena harus “setia” mencari outlet listrik untuk mengisi baterai Motorola Charm.
  • Pengguna yang cepat merasa bosan dan sering melakukan jual beli handphone akan agak sedikit kesulitan menjual handphone ini karena tidak banyak yang mengetahui keberadaan ponsel ini.

Bila anda memutuskan membeli handphon Android ini, kami sarankan anda juga membeli universal emergency charger untuk anda bawa. Toh, anda juga tidak rugi membeli universal emergency charger, karena dapat digunakan untuk handphone merk lainnya.

Harga Motorola Charm

Harga HP ini pada saat peluncuran menyentuh angka Rp. 3.500.000, namun saat ini (Maret 2011) harganya terjun bebas hingga menyentuh Rp. 2.000.000 di beberapa toko di Jakarta.

Update: Harga Motorola Charm untuk bulan Mei 2011, di beberapa toko ada yang menjual mulai dari Rp. 1,8 Jutaan bahkan kurang.

Referensi: Motorola Charm Review

Spesifikasi Motorola charm MB502:

  • Koneksi: WCDMA 1700/2100, GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 3.6 Mbps (Category 5/6), EDGE Class 12, GPRS Class 12, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth, Micro USB
  • Kamera: 3MP Fixed Focus, Video
  • Ukuran: 98.4 x 67.2 x 11.4 mm
  • Layar: TFT capacitive touch screen, 256.000 colors, 320 x 240 pixels, 2.8 inches, Gorilla Glass display, pinch to Zoom
  • Memori: 512MB RAM, 512 MB Internal memory (tapi tidak dapat digunakan seluruhnya), Memory card mendukung hingga 32 GB.
  • CPU: 600MHz processor, GPU: PowerVR SGX530, TI OMAP3410 chipset
  • Fitur lain: BACKTRACK touchpad, Corporate (Exchange), Gmail™, IMAP, POP3, attachment and browser document viewer (Microsoft Office® and pdf), HTML email composer, MULTIMEDIA MESSAGING (MMS),  TEXT MESSAGING (SMS), INSTANT MESSAGING (IM): Gtalk™, Yahoo!® Messenger , AOL® IM, MSN, GPS with A-GPS support, Social networking integration with live updates.

Ada pertanyaan, mau komentar, mau protes atau sekedar mau tinggalin link blog kamu? Silahkan comment dibawah, jangan malu-malu. :)

Update: Motorola Charm kini memiliki saingan. Untuk mengetahuinya, silahkan mengikuti link berikut: review Samsung Galaxy Pro, baca juga post ini: Motorola Charm Vs Samsung Galaxy Pro

336 Comments to "Motorola Charm MB502 Review – Kelebihan dan Kekurangan"

  1. 151
    Nila says:

    waduh bantet bener ini hp nya ahaha tapi tampilannya kayak nokia symbian ya..

Leave a Reply

Current ye@r *

4 Trackbacks to "Motorola Charm MB502 Review – Kelebihan dan Kekurangan"

  1. on March 31, 2011 at 5:21 am
  2. on April 1, 2011 at 5:51 am
  3. on April 4, 2011 at 4:17 am
  4. on April 8, 2011 at 11:57 pm