Mengatasi Memori Telepon Penuh Android

Walaupun sistem operasi Android memiliki banyak kelebihan, namun tetap saja ada kekurangannya. Kekurangan yang umumnya di keluhkan oleh para pemilik Handphone Android adalah memori telepon penuh yang biasanya ditandai dengan peringatan “Internal Phone Storage is Getting Low” atau penyimpanan telepon internal hampir habis.

Bila memori telepon sudah benar-benar menipis, pada beberapa kasus bahkan ada yang tidak dapat menerima SMS masuk dan muncul peringatan “Text-message memory full” atau memori pesan teks penuh. Jika di klik detail, maka akan tertera keterangan “Incoming message rejected due to full memory” atau Pesan (SMS dan MMS) masuk ditolak karena memori telah penuh.

Penyebab utama memori telepon Android penuh adalah karena pengguna terlalu banyak menginstall aplikasi tanpa memperhatikan kapasitas memori internal yang dimilikinya.

Sebagai catatan, Aplikasi Android akan menggunakan memori telepon lebih besar jika sudah terinstall. Misalnya Anda mengunduh (download) aplikasi sebesar 1 MB dari Android Market, maka nanti setelah terinstall, besar aplikasi bisa menjadi 1,5 MB bahkan lebih.

Bila Anda adalah salah satu pengguna tablet atau handphone Android yang mengalami masalah memori telepon penuh, maka pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk mengatasinya.

Tips #1 mengatasi memori internal penuh Android: bersihkan cache aplikasi

Cara ini memang tidak akan membebaskan memori internal telepon dalam jumlah banyak, tapi setidaknya bisa menambah free memory beberapa MB. Yang harus Anda lakukan adalah menghapus cache aplikasi Android.

Apa itu Cache?

Cache aplikasi Android adalah semacam data-data yang disimpan sementara di memori telepon. Setiap ada aplikasi Android yang diaktifkan / di jalankan, maka akan ada Cache yang tersimpan. Cache ini berfungsi agar pada saat aplikasi diaktifkan kembali prosesnya tidak akan memakan waktu lama (mempercepat proses aktivasi aplikasi).

Cache dari aplikasi adalah salah satu penyebab mengapa memori internal telepon seperti terus berkurang padahal Anda tidak menginstall aplikasi baru atau mengupdate aplikasi.

Untuk dapat menghapus cache aplikasi Android dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Tekan tombol HOME
  2. Tekan tombol MENU
  3. Klik Settings (Pengaturan)
  4. Klik Applications (Aplikasi)
  5. Klik Manage Applications (Kelola Aplikasi)
  6. Klik pada salah satu aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya
  7. Klik Clear Cache

Saya tahu kalau harus menghapus satu persatu cache dari aplikasi Android akan memakan waktu yang lama. Untuk mempermudahnya, kita dapat menginstall aplikasi yang dapat menghapusnya dalam sekali klik.

Ada beberapa aplikasi yang dapat melakukan tugas ini. Dalam contoh kali ini, Saya akan menggunakan aplikasi History Eraser buatan INFOLIFE LLC. Berikut tahap-tahap untuk menggunakannya:

  • 1. Install aplikasi History Eraser dari Android Market
  • 2. Buka Aplikasi History Eraser
  • 3. Beri tanda centang pada tulisan “Clear All Apps Cache”. Anda juga dapat memberi tanda centang pada yang lainnya jika ingin menghapusnya dalam sekali klik. (lihat gambar dibawah)
history eraser cache android

Aplikasi History Eraser

Keterangan Gambar:

  • Tulisan “Total” yang berada di kiri atas gambar (berlatar warna merah) menandakan total kapasitas memori internal telepon.
  • Tulisan “Avail” yang berada di kanan atas (di bagian berwarna hijau) menandakan kapasitas memory internal yang tidak digunakan (Available).
  • 4. Setelah diberi tanda centang, klik “Clean Selected” > Klik “Do it”

Proses ini dapat menghemat memori internal sekitar 10 MB – 20 MB, tergantung dari banyaknya aplikasi yang terinstall dan juga seberapa sering Anda mengaktifkan aplikasi.

Tips #2: Pindahkan Aplikasi Android ke SD Card

Jika Anda menggunakan sistem operasi Android 2.2 (Froyo) atau Android 2.3 (Gingerbread), maka untuk mengatasi memori telepon penuh, Anda dapat memindahkan aplikasi ke SD card . Caranya dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Tekan tombol HOME
  2. Tekan tombol MENU
  3. Klik settings (Pengaturan)
  4. Klik Applications (Aplikasi)
  5. Klik Manage Applications (Kelola Aplikasi)
  6. Klik pada salah satu aplikasi yang mau dipindahkan ke SD card
  7. Klik Move to SD card (Pindahkan ke SD card)

Kelemahan dari cara ini adalah ada beberapa aplikasi yang tidak dapat dipindah ke SD card atau tulisan “Move to SD Card”-nya tidak bisa di klik (berwarna buram) seperti contoh pada gambar dibawah.

install aplikasi android di sd card

Aplikasi Android tidak dapat dipindah (Move to SD card tidak bisa di klik)

Catatan: Bila pada informasi aplikasi tidak dapat ditemukan tulisan “Move to SD card” dan adanya tulisan “Move to Phone” berarti aplikasi sudah terinstall di SD card, jadi tidak perlu dipindah lagi. Beberapa aplikasi walau dapat “dipaksa” dipindah ke SD card, namun sebaiknya jangan dipindah karena aplikasi tersebut bisa tidak dapat berjalan dengan baik. Contohnya Adobe Flash Player pada gambar diatas

Tips #3  mengatasi penyimpanan telepon internal hampir habis: install aplikasi Move2SD Enabler

Dengan menginstall aplikasi ini, tulisan “Move to SD card” yang tadinya tidak bisa di klik, akan “dipaksa” bisa di klik dan Anda dapat memindahkan aplikasi ke SD card. Berikut caranya:

  1. Root dulu handphone Android Anda
  2. Aktifkan mode “USB Debugging” melalui menu Settings (Pengaturan) > Applications (Aplikasi) > Development (Pengembangan) > centang USB debugging (Men-debug USB)
  3. Install aplikasi Move2SD Enabler dari Android Market
  4. Aktifkan aplikasi Move2SD Enabler > klik External > klik Apply
  5. Pindahkan aplikasi ke SD card. Caranya sama seperti Tips 1.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah handphone Androidnya harus di root terlebih dahulu. Apa itu root? Lebih lengkapnya baca artikel berikut:

“Penjelasan Root Android” klik disini

Kekurangan yang kedua adalah aplikasi Move2SD Enabler hanya dapat digunakan pada beberapa tipe handphone Android saja. Bila aplikasi ini tidak cocok dengan handphone atau Tablet Android Anda, maka tidak akan bisa diinstall dan akan ada keterangan “Your device is not compatible with this item

pindah aplikasi ke sd card

Aplikasi Move2SD Enabler tidak dapat diinstal

Peringatan: pihak harga-hp.com tidak bertanggung jawab atas resiko atau kerusakan yang mungkin timbul akibat penggunaan aplikasi Move2SD Enabler. Jadi DWYOR (Do With Your Own Risk) atau resiko ditanggung sendiri.

Tips #4: Pindahkan aplikasi Android ke SD card menggunakan Link2SD

Bila aplikasi Move2SD Enabler tidak dapat diinstall pada handphone Android Anda, maka Anda dapat menggunakan aplikasi Link2SD. Aplikasi ini lagi-lagi hanya dapat bekerja pada tablet atau handphone Android yang telah di root.

Informasi lebih lengkap mengenai aplikasi ini dapat dibaca pada artikel:

“Cara memindahkan aplikasi ke SD card menggunakan Link2SD” klik disini

Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi memori telepon internal Android yang kepenuhan. Jika saya menemukan tips lainnya akan saya tambahkan, jika Anda memiliki tips lain, bisa menginformasikannye melalui form komentar dibawah. Semoga bermanfaat :)

Artikel Lain:

Loading…

145 Comments to "Mengatasi Memori Telepon Penuh Android"

  1. 61
    Venny says:

    Iiih.. Dah nyoba tips 3 (move 2 sd) msh gak bs.. Dah diaktifin move2sd nya,dah dklik external,tp ada comment,gak bs drubah? Gmn iniii… Klo whatsapp,bs dpndh ke sd jg?

    • Admin says:

      hatsApp versi saat ini (V 2.9.1547) secara standar tidak bisa dipindah ke SD card dan memang sebaiknya jangan, karena takutnya nanti malah tidak bekerja dgn baik.

      Syarat utk menggunakan tips #3, handphone harus di root dulu, kalau tidak di root maka tidak akan bisa. Tks :)

  2. 62
    Faza says:

    1. kalau hp udah di root,apa perlu sd cardnya dipartisi?
    2. kalau dulu hp pernah di root trus ganti sd card baru,harus nge root lagi apa ngga? thanks

    • Admin says:

      1. Tergantung kebutuhan. Kalau dirasa tidak perlu maka tidak usah di partisi.
      2. Tidak perlu di root lagi. Tks :)

  3. 63
    Hamba Tuhan says:

    semua tips di atas harus dilakukan semua gitu? atau dipilih salah satunya saja? mohon penjelasannya om/tante admin.
    Tterima kasih..

    • Admin says:

      Tidak perlu dilakukan semua. Pilih saja yang dirasa perlu. Sebaiknya coba dulu tips yang pertama, kalau dirasa sudah cukup / memorinya sudah cukup lega, maka tidak perlu lakukan tips yang lain. Jadi lakukan secara berurutan dari tips 1 – 4. Tks :)

  4. 64
    anymous says:

    kalau membuka galery katanya “memori tidak cukup(35mb), hapus beberapa file”
    tp udah dihapus2 jugak tetep aja gacukup malah makin berkurang available space nya.. gimanala itu ?

    • Admin says:

      POnselnya dimatikan dulu lalu nyalakan lagi. Kalau tetap ada tulisan memori tidak cukup, gunakan aplikasi quickpic untuk melihat gallery. Tks :)

  5. 65
    bhacok says:

    kenapa sim card celcom saya tak boleh di gunakat dekat hp galaxy y GT-S5360

    • Admin HHP says:

      Pertama-tama, pastikan dulu ponselnya adalah tipe Galaxy Y GT-S560 (bukan Galaxy Y CDMA) dan tidak di lock oleh operator tertentu (program bundling). Kalau sudah, coba gosok-gosok chip kartu dengan menggunakan penghapus (jangan terlalu keras) lalu pasang lagi. Kalau masih sama, coba gunakan kartu dari provider lain. Kalau pakai kartu GSM yang lain tidak masalah, maka ada kemungkinan kartu Celcom-nya yang bermasalah. Kunjungi counter Celcom untuk solusinya. Tks :)

  6. 66
    dadang hidayat says:

    thank you bang ane berhasil :D

  7. 67
    azis patrelli says:

    di Android saya memori nya habis cuma buat foto, padahal jika saya lihat foto di album internal cuma dikit, kok bisa Gtu ya gan?? tx

    • Admin HHP says:

      Install Aplikasi Memory Map – Disk Cleaner. Dengan aplikasi ini bisa menunjukkan sebenarnya memori ponsel habisnya untuk apa saja dan nanti bisa langsung dihapus jika tidak diperlukan. Tq :)

  8. 68
    fadil says:

    hp saya udah clear chace tapi gak ada pengaruhnya

  9. 69
    philia says:

    Kalau cache nya di hapus ga ngaruh kan ke datanya ? Jadi data yg kita simpen ga ada yg ilang ?

    • Admin HHP says:

      Kalau hanya Cache yang dihapus tidak berpengaruh ke Data. Paling hanya search history saja yang hilang. Misalnya kalau cache browser dihapus, maka daftar situs yang tadi dikunjungi akan terhapus, tapi kalau bookmark internet tdk akan terhapus. Tq :)

Leave a Reply

Current ye@r *