Mengatasi Huruf Double Keyboard BlackBerry

Masalah yang terkadang muncul pada perangkat BlackBerry adalah ketika melakukan pengetikan salah satu huruf, yang muncul malah dua (double), tiga (triple) bahkan empat (Quadruple) huruf.  Misalnya ketika memencet tombol huruf “r” yang muncul malah “rrrr” pada layar. Kondisi ini bisa disebabkan oleh software, bisa juga dari hardware BB dan biasanya terjadi pada perangkat yang sudah lama digunakan, perangkat refurbish, atau bisa juga cacat produksi.

Bila penyebabnya adalah software, maka dapat diatasi dengan cara upgrade OS ke versi yang terbaru. Namun, berita buruknya adalah sebagian besar penyebabnya justru merupakan kondisi hardware keyboard/keypad yang kurang baik. Pada umumnya untuk memperbaiki huruf ganda keyboard BB dilakukan dengan membongkar casing lalu membersihkan atau mengganti keytone hp BB. Hanya saja, bagaimana bila Anda tidak memiliki waktu untuk membawa BlackBerry kesayangan ke service center atau membongkarnya sendiri? Tenang, pada artikel kali ini saya akan memberi sedikit tips untuk mengatasi double typing BlackBerry dengan cepat, tidak repot dan pasti bisa dilakukan sendiri.

Sebelumnya, saya ingin menginformasikan bahwa tips yang saya berikan hanya berguna untuk keadaan darurat saja. Jika Anda memiliki waktu maupun dana atau jika masih garansi, sebaiknya BlackBerry Anda dibawa ke service center untuk diperiksa. Bila diperlukan untuk mengganti keytone, biasanya biaya yang dikeluarkan tidak lebih dari Rp. 100.000.

Untuk mengatasi huruf double keyboard BlackBerry dapat menggunakan fitur auto text atau word substitution. Idenya adalah dengan menggunakan fitur ini, setiap kali muncul huruf lebih dari satu, maka secara otomatis akan merubahnya menjadi hanya satu huruf. Misalnya kalau muncul huruf “aaaa”, fitur autotext akan merubahnya menjadi “a” saja.

Berikut cara mengatasi double typing BlackBerry yang menggunakan OS 4 dan 5:

  • 1. Masuk ke menu “Option” (bergambar kunci pas)
  • 2. Klik “Auto Text
  • 3. Tekan tombol Menu (Tombol dengan logo BlackBerry) > lalu pilih “New
  • 4. Isi “Replace:” dengan tombol huruf yang bermasalah. Isi lebih dari satu huruf. Misalnya kalau yang rusak tombol “r“, maka isi Replace: dengan: rr
  • 5. Isi “With:” dengan hanya satu huruf yang bermasalah. Dalam contoh, maka isi “With:” dengan: r (lihat gambar dibawah)
cara mengatasi huruf ganda blackberry

Atasi huruf ganda dengan fitur AutoText

  • 6. Tekan tombol Back (gambar panah melengkung ke belakang) lalu klik “Save”

Sekarang setiap kali muncul huruf rr, secara otomatis huruf tersebut akan terkonversi menjadi huruf r saja. Ulangi proses ini dari dua sampai berapa banyak huruf r biasanya muncul. Misalnya kalau huruf r muncul tiga kali, maka Anda harus membuat auto text satu lagi yang menggantikan (Replace:) rrr dengan (with:) r. Gambar dibawah adalah contoh hasil autotext untuk mengantisipasi huruf r bila sampai muncul sebanyak enam kali:

mengatasi masalah keypad blackberry

Mengatasi Double Typing BB

Bila Anda menggunakan BlackBerry OS 6 atau 7, maka fitur AutoText berubah nama jadi Word Substitution. Untuk cara settingnya sebagai berikut:

  1. Buka Option (gambar icon kunci inggris)
  2. Klik Typing and Input (Typing and Language)
  3. Klik Word Substitution
  4. Tekan tombol Menu (Tombol gambar BlackBerry) > pilih “New”
  5. Isi Replace: (misal) aaa With: a
  6. Tekan tombol Back / Escape > klik Save
  7. Ulangi proses tergantung berapa banyak duplikat huruf yang muncul.

Demikian informasi cara mengatasi huruf double keyboard BlackBerry sendiri tanpa perlu bongkar casing persembahan harga-hp.com, semoga bermanfaat :)

Artikel Lain:

Loading…

36 Comments to "Mengatasi Huruf Double Keyboard BlackBerry"

  1. 1

    kang apakah bisa mendownload aplikasi-aplikasi android lewat pc atau semacam warnet lah? klo bisa gimana caranya kang? :( mohon bantuannya.

    • Admin says:

      Kalau secara resmi tidak bisa. Tapi kalau melalui situs2 tidak resmi bisa. Jadi Arif tinggal cari aplikasi Android (Jenis formatnya .apk) > transfer file apk ke hp > install di hp. Tks :)

  2. 2
    victor says:

    saya sudah coba cara di atas, tapi pas di tes, tetap saja huruf nya double kadang sampai tiga kali

    apa masalah di hardware-nya?

    • Admin says:

      Kalau case diatas memang kemungkinan besar hardwarenya yg rusak. Kalau seandainya mau di service, biayanya tidak terlalu mahal kok. Tks :)

  3. 3
    josephine carolina says:

    Saya mau tanya dong, ini keypad saya error. Jadi kalo mau pencet huruf P sama L rada2 sulit bahkan kalo pencet huruf L malah bisa menghapus. Terus kalo pencet tombol del, bukan satu2 kehapus tapi apa yang saya ketik malah terhapus semua. Itu disebabkan karena apa yah ? Butuh informasinya bangett nih :(

    • Admin says:

      Casing dan keypad-nya original atau pernah ganti atau tidak? Masalah ini bisa saja disebabkan oleh keypad yang tidak original. Kalau casing dan keypad-nya masih original, maka bisa juga disebabkan oleh keytone-nya yang sudah lama terpakai.

      Kalau kerusakan dari software bisa saja, tapi kemungkinannya kecil. Hal ini dikarenakan kerusakannya hanya pada huruf P dan L saja. Saat menekan huruf L kenapa bisa jadi delete, karena posisi L dekat dengan tombol Delete, jadi karena casing / keypad / Keytone kondisi-nya kurang baik, yang tertekan malah tombol Del, bukan tombol L (walau yg ditekan oleh jari kita adalah tombol L).

      Dan saat menekan tombol Del jadi kehapus semua juga dikarenakan hal yang sama. Jadi saat tekan Del tombol-nya tidak balik lagi, jadinya sistem membaca kalau pengguna menekan dan menahan tombol Del (padahal sebenarnya tidak ditahan). Tks :)

      • leon says:

        kalau huruf l, e, w ditekan tiba” kayak ke select gitu tiba” kenapa ya?help

        • Admin says:

          Coba cek di fitur auto text / word substitution-nya apakah ada perintah khusus utk tombol L,E,W-nya. Misalnya huruf L jadi LLLL atau sebagainya. Kalau di auto text tidak ada perintah khusus / leon tidak menggunakan fitur auto text, maka kemungkinan keyboard / keytune-nya yg bermasalah. Tks :)

  4. 4
    diyah says:

    mau ikut tanya, ini yag eroor keypadnya atau hardwarenya jadi kalau mw nulis huruf G,H,L,R,S gag bisa. dipencet lama tetep aja gag muncul, itu yang errorr apa ya?
    terima kasih

  5. 5
    adhitya says:

    mau tanya kalo bb saya kan di pencet huruf W,S,G,H,L malah munculnya huruf H/L saja sementara saya pencet huruf yg lainnya tidak bisa itupun terjadi pada trackpadnya saya klik tengah malah muncul huruf H/L apakah penyebabnya? Thank

  6. 6
    Ajik says:

    Mau tanya klo keypadx kadang kadang doble setelah dipancet lg g doble itu apax ya? Mohon bantuannya ya

    • Admin says:

      Kalau seperti itu biasanya akibat kondisi keytone-nya kurang baik / bisa juga kotor. Memang kadang tidak double, tapi kadang double. Utk mengatasinya (sementara) bisa pakai metode pada artikel diatas. Tapi kalau utk mengatasi secara permanen, harus diperiksa kondisi keytune-nya. Tks :)

  7. 7
    Ajik says:

    Oh,,maksih ya om admin,klau bgtu sya akan coba terlbih dahulu,oh iya saya mau tanya lg klau seandaix sya beli casing fullset yg katanya ori skitar 150-200 an itu klo dipasang bisa sembuh g doble typingx,,?

    • Admin says:

      Kalau hanya casing saja yg diganti, belum tentu sembuh. Karena kemungkinan yg bermasalah adalah keytone-nya. Kalau memang lagi ingin ganti casing, saat dibongkar, sekalian diperiksa saja kondisi keytonenya. Tks :)

  8. 8
    Ajik says:

    Oh bgtu ,makasih banyak bro

  9. 9
    yudhie says:

    mau tanya ni gan …
    tombol bb saya ni yg bermasalah cuma M saja..tombol M nya jadi kayak touchscreen cuma di sentul aj keluar huruf ny..trus saya pencet N yang kluar MN, TOMBOL K yg kluar MK..
    Tlong gan penyelesai ny …thank…

    • Admin says:

      Problemnya kemungkinan sama spt yg lain, kondisi keytune yang kurang baik. Utk penyelesaian sementara, setting saja auto text-nya dengan:
      Replace: MN with: N
      dan
      Replace: MK with: K
      Tks :)

  10. 10
    anwar says:

    service center berindo di jogja ada gak min?
    bb ane kmngkinan ada masalah di keytonenya baru pake 4bln tombolnya kalau di tekan double2 gitu

    • Admin says:

      Saya juga kurang tahu lokasi service center Berrindo. Coba lihat di kartu garansi, apakah ada alamat service centernya atau tidak. Tks :)

  11. 11
    jhon says:

    gan mau tanya,hp aku kan layar sentuh huruf q,a,z,w,s,z,p,l nya ga bisa di pencet kalaw posisinya vertikal,klaw aku ganti posisi horizontal bisa di pencet,,itu apa yg salah ya,mohon bantuan

    • Admin says:

      Kalau handphone jenis Android, coba install aplikasi “Multi Touch Tester” fungsinya utk mengecek apakah fungsi layar normal atau tidak. Cara pakainya tinggal buka aplikasinya, lalu sentuh / usap jari dibagian huruf q,a,z,w,s,z,p,l kalau saat pada bagian tersebut layar tidak merespon, berarti layarnya bermasalah. Solusinya coba lakukan factory reset (akan menghapus semua data), kalau tidak ada perubahan, maka perlu dicek di service center.

      Kalau hp-nya bukan Android, coba cari aplikasi sejenis yang fungsinya untuk mengetes layar, ketikkan saja: touch screen test di kolom pencarian. Tks :)

  12. 12
    damo says:

    gan, ni keypad gemini ane hrs mencet tombol ‘A’ trs agar keypad bs digunakan. klu gak sambil mencet tombol ‘A’, keypadnya bener2 macet total. knp ya gan?

  13. 13
    Faris says:

    min knp ya bb 8520 ane kalo ngetik tombol 4 tombol 1 nya ikut keluar jg?
    Mohon pencerahannya!

    • Admin says:

      Hal tersebut bisa terjadi karena keytone-nya bisa juga karena casing-nya, misalnya karena pakai casing non original atau kalau pakai casing original tapi biasa diletakkan di tempat yang terlalu menekan (celana jins ketat, dsb). Sebaiknya dicek ke service center untuk diperiksa atau kalau bisa bongkar sendiri, cek dan bersihkan key tone. Tks :)

  14. 14
    wawan says:

    gan cara cari auto texsnya di bagian mana apa kh harus kita download dulu mohon saranya

    • Admin says:

      OS-nya BlackBerry versi berapa? Cara cari auto text-nya dijelaskan pada artikel diatas, coba dibaca pelan-pelan. Auto text-nya tidak perlu download dulu. Tks :)

  15. 15
    wawan says:

    merk bbnya 9300 cara cari Auto text-nya gimana sudah coba cara di atas tetap tidak ketemu aplikasi Auto text nya

    • Admin says:

      Bisa disebutkan apa yang Wawan pencet dan ada pilihan apa saja yang muncul? Misalnya Wawan pertama-tama masuk ke menu Options / Pengaturan, lalu saat masuk ke menu tersebut ada pilihan/tulisan apa saja? Tks :)

Leave a Reply

Current day month ye@r *