Kenapa Tablet atau Handphone Android Boros Baterai?

Kalau ada sebuah survey yang menanyakan keluhan utama dari sebuah sistem operasi Android, kami yakin sebagian besar akan menjawab borosnya baterai handphone Android (atau tablet Android). Namun, benarkah demikian? Berikut adalah penjelasan dari kami.

Kenapa Android boros baterai?

Sistem operasi Android sebenarnya tidaklah boros baterai, namun hal-hal berikut yang menyebabkan tablet atau handphone Android “terkesan” boros baterai:

Penyebab Handphone Android Boros Baterai #1:

Salah satu keunggulan handphone Android adalah selalu “online”. Anda akan mendapatkan notifikasi pesan, data atau informasi baru dari setiap aplikasi yang terinstall di tablet/ hp Android secara instan. Artinya ponsel Android selalu terkoneksi  dan melakukan sinkronisasi ke jaringan internet atau server dari masing-masing aplikasi. Hal inilah yang paling membuat ponsel Android boros baterai.

Kondisi sinyal jaringan telepon yang tidak menentu di Indonesia semakin memperparah daya tahan baterai Android. Kalau sinyal lemah, handphone akan membutuhkan daya ekstra untuk mempertahankan sinyal tersebut. Selain itu sinyal yang buruk akan membuat koneksi data menjadi lambat sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengakses internet, melakukan sinkronisasi, dll.

Penyebab Handphone Android Boros Baterai #2:

Spesifikasi yang diusung oleh handphone Android di kisaran harga yang sama, pada umumnya lebih tinggi dibanding handphone yang tidak menggunakan sistem operasi maupun dengan handphone yang menggunakan sistem operasi lainnya. Dengan demikian, wajar kalau baterai bekerja ekstra untuk “menghidupi” hardware Android yang tergolong canggih, misalnya untuk menjalankan processor berkecepatan tinggi atau memberi tenaga untuk menyalakan layar sentuh yang lebar, dll.

Penyebab Handphone Android Boros Baterai #3:

Aplikasi yang terinstall pada handphone Android juga dapat menyebabkan baterai menjadi boros, misalnya aplikasi-aplikasi yang dikembangkan kurang baik (bad code). Oleh karena itu, jika Anda menginstall sebuah aplikasi dan aplikasi tersebut sering hang dan memunculkan notifikasi force close, sebaiknya segera uninstall aplikasi tersebut.

Aplikasi yang berjalan di background namun masih banyak menggunakan CPU (processor) juga pasti akan membuat baterai boros. Untuk mengetahui aplikasi yang berjalan di background namun menghabiskan baterai dapat menggunakan aplikasi bernama “Watchdog Task Manager”

Selain itu aplikasi-aplikasi, yang menampilkan animasi, misalnya launcher (theme) atau live wallpaper juga akan membuat baterai menjadi sedikit lebih boros karena CPU dibuat bekerja untuk menampilkan animasi tersebut.

Penyebab Handphone Android Boros Baterai #4:

Terlalu sering menggunakan Task Killer. Tahukah Anda bahwa terlalu sering menggunakan task killer juga bisa menyebabkan baterai boros? Info lebih lengkapnya bisa dilihat pada artikel:

“Jangan Gunakan Task Killer Sembarangan” (klik)

Penyebab Handphone Android Boros Baterai #5:

Perilaku pengguna handphone Android juga merupakan salah satu faktor penyumbang terbesar borosnya baterai Android. Banyak laporan yang kami terima bahwa pengguna handphone Android pertama kalinya menjadi seperti orang “autis” :D Dalam artian dari pagi sampai malam kerjanya hanya main handphone atau tablet Android. Akibatnya? Baterai Android habis dalam sekejap karena digunakan secara terus menerus.

Bagaimana Cara Menghemat Baterai Android?

Caranya dapat dilihat pada artikel berikut:

“Cara Hemat Baterai Android” (klik)

Demikianlah informasi mengenai mengapa tablet atau handphone Android boros baterai persembahan harga-hp.com. Jika Anda memiliki pendapat, bisa mengisi form komentar dibawah. Terima Kasih :)


Artikel Lain:

Loading…

16 Comments to "Kenapa Tablet atau Handphone Android Boros Baterai?"

  1. 1

    [...] Penjelasannya dapat dilihat pada artikel Kenapa Android Boros Baterai? 3. Tanya: Bagaimana cara hemat baterai [...]

  2. 2

    [...] Untuk ukuran handphone Android, daya tahan baterainya terbilang wajar, info lebih lengkap dapat dibaca pada artikel kenapa handphone Android boros [...]

  3. 3
    rozman says:

    Saya baru membeli st5570.tapi masalah yang saya hadapi adalah mesage tone yang agak perlahan berbanding dengan ringin tone walau menggunakan lagu mp3 yang sama.
    Adakah ini masalah st5570 atau hand phone yang rosak.

    • Anonymous says:

      Jika Volume message tone kecil, coba periksa di pengaturan volume untuk notifikasi. Caranya masuk ke Settings (pengaturan) > Pilih Sounds (suara) > Volume > atur volume Notifications (pemberitahuan/notifikasi) ke tingkat yg lebih tinggi/keras. Pada beberapa tipe handphone, bila ingin membuat volume message tone sama kerasnya dengan ringing tone, beri tanda centang pada tulisan “Use incoming call volume for notifications” (Gunakan volume panggilan masuk untuk pemberitahuan). Selamat mencoba :)

  4. 4

    [...] Daya tahan baterai Motorola Charm relatif masih normal, info lebih lanjut dapat dibaca pada artikel kenapa handphone Android boros. [...]

  5. 5
    geneziz says:

    aQ pake tone notifnya mp3 di aplikasi WhatsApp…
    tapi suaranya kecil banget mas…..
    beda sama tone (yang udah tersedia di GALMIN) untuk di aplikasi FB vo android…..
    kira” g mna caranya supaya tone mp3 di notif WhatsApp Q sama kerasnya ma tone di aplikasi lain…
    ::-thankz b’4-::

    • Anonymous says:

      Setau saya, tidak ada pengaturan volume di aplikasi WhatsApp, jadi mau tidak mau, Geneziz harus menggunakan file MP3 yang volumenya lebih keras. Terima kasih :)

  6. 6
    ayipayam says:

    Bos nanya nih Saya pake zte v9 light, kenapa setelah dicharge dalam kondisi idle maupun off sekalipun cuma bertahan 5 jam kalau pemakaian normal cuma 4 jam, padahal gadget sya belum diinstall macem2, pernah baru saya charge, karena biar batere awet saya shut down, e malah ga mau nyala minta dicharge ulang

    • Anonymous says:

      Sinyal operatornya baik atau tidak? Untuk mengetes kekuatan baterai Android, coba atur Tabletnya ke mode airplane mode (tidak menggunakan sinyal). Kalau baru 5 jam sudah habis, berarti kemungkinan ada masalah pada baterainya. Tapi kalau dalam mode airplane mode bisa bertahan satu harian, maka baterai masih dalam kategori normal dan baterai cepat habis diakibatkan sinyal operator yang lemah. Solusinya coba gunakan operator lain yang sinyalnya lebih bagus di daerah Ayipayam. Terima kasih :)

  7. 7
    aristharkus says:

    samakah kabel data mini dgn BB Gemini?

    • Anonymous says:

      Seingat saya berbeda, walaupun sama-sama micro USB, tapi kabel data BB Gemini kepalanya lebih besar, sehingga tidak masuk ke slot konektor kabel data SG Mini. Terima kasih :)

  8. 8
    sabi says:

    Kk daya tahan batrei galmin gmn ya,,mas admin?
    Yg normal brp jam skali rechargeny..
    Makasii

    • Anonymous says:

      Tergantung pemakaian Sabi. Kalau pemakaian normal dengan koneksi internet selalu menyala, daya tahan SG Mini sekitar 14-18 jam, tapi ada juga yang bisa sampai satu hari. Kalau dipakai terus-terusan buat main game / internet, satu hari bisa ngecas dua kali bahkan tiga kali. Terima kasih :)

  9. 9
    ai says:

    mas, saya pemula d dunia android ni. yg mau saya tanyakan, knp pulsa slalu tersedot y? padahal sudah pakai WIFI. cara settingny gmn biar tidak tersedot y? dan gimana cara biar bisa internet cepat jika kita pake tidak pake wifi. saya asih bingung. terimakasi.. tolong bls via email, kl tdk keberatan

    • Anonymous says:

      Kalau mau pulsa tidak tersedot, matikan saja koneksi internetnya. Kalau mau internet cepat tapi tidak pakai wifi, maka Ai harus pilih operator telepon yang kecepatan internetnya cepat. Biasnya kalau operator tersebut sinyalnya kuat di daerah Ai, maka kecepatan internetnya akan cepat juga. Kalau pemakaian internetnya banyak, disarankan menggunakan paket unlimited karena jatuhnya akan lebih murah. Tks :)

  10. 10
    Budifayza says:

    Saya pengguna cross andromeda A7. Lg nyari cara rootnya sm nyari flash player yg cocok jg nyari customroomnya. Mohon infonya. Thanks……

  11. 11
    Budifayza says:

    @Admin. Maksih. Ok sy coba mluncur ksana…

Leave a Reply

Current ye@r *

3 Trackbacks to "Kenapa Tablet atau Handphone Android Boros Baterai?"

  1. on July 1, 2011 at 8:10 pm
  2. on July 6, 2011 at 10:43 pm
  3. on August 15, 2011 at 4:12 am