Kelebihan dan Kekurangan Nokia N9 First Review

Setelah cukup lama bertahan dengan sistem operasi Symbian, Nokia akhirnya memutuskan untuk bersinergi dengan Microsoft untuk meluncurkan produk yang menggunakan Windows Phone 7. Namun keputusan ini sepertinya bukan satu-satunya jalan yang ditempuh Nokia untuk dapat bersaing dengan beberapa sistem operasi lainnya, seperti OS Android, BlackBerry dan iOS. Terbukti dengan diumumkannya Nokia N9 yang merupakan produk Nokia pertama yang menggunakan sistem operasi MeeGo 1.2 – Harmattan.

Sistem operasi (OS) MeeGo merupakan salah satu OS yang ditunggu-tunggu oleh penggemar gadget di seluruh dunia. Sistem operasi MeeGo yang digunakan Nokia N9 jelas membawa angin segar bagi pecinta merk ini yang cukup lama menanti inovasi baru dari Nokia. Apa saja kelebihan OS MeeGo dan apa saja “senjata-senjata pamungkas” yang diusung Nokia N9 untuk kembali menjadi market leader di pasaran dunia? Simak lebih lanjut first review Nokia N9 kali ini.

Desain

nokia n9 review indonesia

Nokia N9

Desain Nokia N9 menurut kami adalah salah satu smartphone yang memiliki desain sexy dan menarik. Walau badan handphone ini terbuat dari plastik, namun plastik yang digunakan adalah plastik polikarbonat berkualitas tinggi, sehingga tidak terkesan murahan. Nokia N9 direncanakan akan dijual dalam beberapa pilihan warna dan menurut informasi yang kami miliki, Nokia N9 tidak menggunakan cat untuk mewarnai badan handphone tersebut, namun pilihan warna ditentukan oleh warna dari bahan plastik itu sendiri. Jadi, pengguna tidak perlu takut cat mengelupas atau jika handphone tergores akan terlihat perbedaan warna.

Sangat sedikit tombol fisik yang dapat ditemukan pada Nokia N9. Tombol yang disediakan pada handphone MeeGo ini hanyalah tombol volume dan tombol power yang terletak pada sisi kanan handphone. Pada bagian samping kiri dan bagian depan tidak terdapat tombol apapun bahkan tombol HOME sekalipun. Hal ini dikarenakan untuk mengoperasikan handphone semuanya dapat dilakukan dengan menyentuh atau menyapu layar. Hal yang sedikit aneh adalah lokasi penempatan kamera video call yang diletakkan dibawah layar handphone. Kami tidak mengetahui apakah hal ini merupakan hal yang positif atau negatif.

Pada bagian atas Nokia N9 terdapat jack audio 3,5 mm, port MicroUSB, dan slot Micro SIM. Hmm.. sepertinya Micro SIM akan mulai banyak digunakan pada produk-produk yang akan datang. Nokia N9 tidak mendukung penggunaan SD card tambahan, jadi kita tidak akan menemukan slot untuk SD card. Namun tidak perlu khawatir, karena HP ini diperkirakan akan dijual dalam varian yang memiliki kapasitas memory 16 GB atau 64 GB.

Pada bagian belakang terdapat lensa kamera berkekuatan 8MP beserta lampu LED flash, sedangkan loudspeaker terletak pada bagian bawah handphone. Peletakan loudspeaker pada bagian bawah handphone menurut kami merupakan nilai positif, karena speaker tidak akan tertutup bila diletakkan pada bidang empuk seperti kasur atau sofa.

Kelebihan Nokia N9 MeeGo

Nokia N9 MeeGo

Seluruh badan handphone adalah merupakan satu kesatuan, hal ini adalah hal yang positif dan negatif. Positif karena handphone akan lebih solid dan logikanya akan lebih tahan benturan dan tahan lama. Negatif karena pengguna tidak dapat mengganti baterai telepon sendiri.

Kualitas Layar Nokia N9

Kelebihan dan Kekurangan Nokia N9

Layar Nokia N9

Nokia N9 menggunakan layar AMOLED kapasitif berukuran 3,9“ dengan resolusi 480×854 pixels. Layar AMOLED Nokia merupakan salah satu layar handphone yang memiliki kualitas terbaik. Warna yang ditampilkan sangat tajam, jernih dan memanjakan mata penggunanya baik di dalam ruangan maupun dibawah terik matahari sekalipun. Layar Nokia N9 berbentuk sedikit “cembung” pada permukaannya, hal ini membuat proses “menyapu” layar menjadi lebih terasa nyaman. Walau menggunakan layar tidak datar, namun gambar yang tertampil di layar terlihat sangat dekat dengan kaca handphone dan layar Nokia N9 tidak ada masalah sama sekali dengan sudut penglihatan. Soal sensitifitas layar, handphone ini tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, layar Nokia N9 telah menggunakan Gorilla Glass yang lebih tahan gores.

Kualitas kamera Nokia N9

Handphone MeeGo ini dilengkapi dengan kamera yang dapat menangkap gambar hingga resolusi 8 MP. Kamera Nokia N9 menggunakan lensa Carl Zeiss yang terkenal. Fitur kamera yang dibenamkan antara lain geo tagging, face detection dan touch focus. Kameranya juga sudah dilengkapi dengan lampu flash, namun bila tidak digunakan pun, handphone ini tetap dapat memfoto di tempat agak gelap dengan hasil yang cukup baik. Menurut informasi yang kami miliki, kualitas kamera Nokia N9 hampir sama dengan hasil jepretan kamera digital saku (portable). Waktu yang diperlukan untuk mengambil satu foto ke foto lainnya sangat singkat. Di sektor kamera, handphone ini dapat diandalkan dan merupakan sebuah nilai plus.

Performa Telepon

Nokia N9 menggunakan prosesor 1GHz TI OMAP 3630 chipset, RAM 1GB dan GPU Power VR SGX530. Prosesor yang digunakan bukanlah keluaran terbaru dan juga bukan dual core. Bila dibanding handphone pintar kelas atas lainnya, prosesor yang digunakan sepertinya kurang powerful. Namun, kita tidak dapat membandingkannya hanya berdasarkan spesifikasi semata, karena nyatanya performa Nokia N9 sangat baik dan responsif, tidak kalah dengan handphone yang menggunakan processor dual core sekalipun. Hal ini kemungkinan akibat sistem operasi MeeGo yang digunakan.

Sistem operasi MeeGo selain menunjukkan performa yang baik, OS ini juga menunjukkan sensasi yang berbeda dalam pemakaiannya. Untuk menggunakan handphone ini, pengguna akan disuguhkan dengan tiga bagian menu layar utama yang disebut dengan “Three Home Views”. Satu layar merupakan layar yang berisi daftar aplikasi yang terinstall. Di “sebelah” layar tersebut terdapat layar yang berisi daftar notifikasi dan pemberitahuan. Bila ada miss call, email baru, notifikasi Twitter, FB, dll akan diinformasikan melalui layar ini. Dan layar lainnya berisi daftar aplikasi yang sedang aktif atau berjalan.

MeeGo dapat memaksimalkan penggunaan media layar sentuh, bahkan tanpa bantuan tombol sekalipun. Sebagai contoh, untuk menyalakan layar, kita dapat “mengetuk” layar dua kali dan kita tidak perlu menekan tombol power. Contoh lain, untuk dapat me-minimize atau kembali ke menu sebelumnya, pengguna hanya perlu menggeser jari dari tepi layar, baik secara horisontal maupun secara vertikal. Intinya, semua proses operasional telepon dapat dilakukan dengan nyaman dan efektif walau hanya mengandalkan layar sentuh.

Kelebihan Nokia N9: Banyak hal positif yang dimiliki oleh Nokia N9. Desain yang menarik dan solid, layar yang sangat bagus, sistem operasi MeeGo yang responsif, belum lagi ditambah kualitas kamera yang dapat diandalkan.

Kekurangan Nokia N9: Penggunaan Micro SIM card akan sedikit menyulitkan bagi sebagian orang, walau hal ini mungkin membawa efek positif untuk kedepannya. Kekurangan yang lain adalah baterai handphone ini tidak dapat diganti-ganti dan juga tidak tersedia tombol khusus kamera.

Nokia N9 Review – Kesimpulan

Tampaknya Nokia N9 adalah produk yang memang layak untuk ditunggu-tunggu, bukan hanya oleh fans setia Nokia, namun oleh semua pecinta gadget. Hardware yang mumpuni ditambah sistem operasi MeeGo membuat handphone ini dapat dijadikan sebagai “killer weapon” handphone pintar lainnya. Belum ada kepastian kapan produk ini akan dijual bebas, apalagi masuk ke Indonesia. Namun yang pasti, Nokia N9 cukup membuktikan bahwa Nokia masih memiliki taring dalam kompetisi smartphone yang semakin hari semakin ketat.


Artikel Lain:

Loading…

42 Comments to "Kelebihan dan Kekurangan Nokia N9 First Review"

  1. 16
    afiq says:

    Kenapa hp n9 nie selalu hang ? Dan berapa harga jika kita jual di pasaran sekarang ?

    • Admin says:

      Hang bisa jadi karena memori kurang atau terlalu banyak aplikasi. Hapus beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting. Kalau masih sering hang, lakukan restore settings, caranya: Masuk ke “Settings” > klik “Reset” > pilih “Restore Settings” >Pilih “Yes”. Kalau masih serimg Hang juga, lakukan “Hard Reset” (proses ini akan menghapus semua data, harap backup / simpan dulu data2 yg penting), cara HArd reset / Clear Device Nokia N9: Buka “Settings” > klik “Reset” > pilih “Clear Device” > pilih “Yes”. Prosesnya akan memakan waktu 15 menitan tergantung banyaknya file dan data yg tersimpan.

      Untuk harga pasaran N9 saya tidak bisa memastikan. Tks :)

      • komeng says:

        Kadang-2 .. Segala mesej,lagu,gambar,video dan contact semuany hilang . Selepas
        8 atau 9 hari baru kembali semuany balik .. Apakah sebab berlakuny semua masalah tu admin ?

        • Admin says:

          Penyebabnya bisa jadi bug dari sistem operasiny atau bisa juga akibat memori buruk. Kalau masih garansi, bawa handphonenya ke service center lalu tanyakan apakah ada firmware terbaru, kalau ada, lakukan upgrade di Nokia Service Center. Sebelumnya backup dulu data2 yg penting. Tks :)

  2. 17
    Afiq says:

    Terima kasih admin

  3. 18
    aini says:

    nie punyaQ knapa ya? mati . . .
    di cas juga gak masuk?? tidak ada tanda2 kehidupan waktu Aq cas.

    • Admin says:

      Tes cas menggunakan charger yang lain yang memiliki port sama. Kalau setelah 15 menit dicas tetap tdk ada tanda kehidupan, sebaiknya dibawa ke serbice center. Tks :)

  4. 19
    mintoaji says:

    min gue dengr* hp nokia n9 bisa di bikin android….klo bisa gwee mnta caranya min.

Leave a Reply