Harga Handphone Android Dengan Spesifikasi Tinggi Makin Murah!

Gempuran seri Sony Ericsson XPeria disambut dengan gembira oleh para penggemar Android. Spesifikasi dengan harga yang ditawarkan menurut saya worth to buy alias layak untuk dibeli. Bila beberapa bulan yang lalu untuk mendapatkan handphone dengan processor 1 GHz keatas Anda harus merogoh kocek 4 jutaan, namun kini Anda bisa mendapatkannya dengan harga 2 jutaan.

Beberapa handphone SonyEricsson seri Xperia yang “mengobrak-abrik” pasaran:

  • Xperia Mini (Penerus Xperia X10 Mini)
  • Xperia Mini Pro (penerus Xperia X10 Mini Pro)
  • Sony Ericsson Live with Walkman
  • Xperia Neo V
  • Xperia Neo
  • Xperia Ray
  • Xperia Active

Semua handphone diatas memiliki processor 1 GHz,  GPU Adreno 205 dan juga rata-rata memiliki kualitas kamera yang dapat diandalkan.

Sebagai catatan, saya tidak disponsori oleh Sony Ericsson untuk menulis artikel ini. Bila Anda ingin mengetahui alasan saya mengatakan bahwa seri Xperia yang saya sebutkan diatas layak untuk dibeli, saya sarankan Anda membaca artikel berikut:

“Tipe Memilih Handphone Android” (klik)

Setelah Anda membaca artikel diatas, Anda dapat membandingkan spesifikasi antara satu handphone Android dengan yang lain dan bisa memutuskan sendiri mana yang terbaik bagi Anda.

Kondisi ini tentu saja membuat gerah pabrikan lain dan memaksa mereka untuk mengeluarkan produk dengan harga terjangkau dengan spek mumpuni. Contohnya adalah pabrikan Samsung yang belum lama ini baru saja meluncurkan Samsung Galaxy W. Handphone ini memiliki processor berkecepatan 1,4 GHz dengan harga dibawah 3 juta rupiah.

Huawei mengambil langkah berbeda. Untuk dapat bertahan di pasar Android yang semakin ketat, pabrikan asal Cina ini menurunkan harga beberapa perangkat Android yang dikeluarkan, khususnya seri Ideos.

Menurut beberapa sumber, harga Huawei Ideos X5 sempat turun hingga dibawah Rp. 2 juta rupiah. Saya tidak mengetahui apakah kondisi ini hanya sementara, atau harganya akan kembali naik. Namun, Bila Huawei Ideos X5 bertahan di harga dibawah dua juta rupiah, maka untuk saat ini, X5 merupakan handphone Android dengan spesifikasi terbaik di rentang harga tersebut. (update: Saat kami survey di pasaran pada pertengahan desember ini, harga Huawei X5 di pasaran kembali berada di kisaran diatas dua juta rupiah)

Menurut pemantauan, produsen handphone Android selain Samsung dan Huawei sepertinya belum ada yang melakukan “serangan balik” terhadap gempuran “The Xperia Series” di kelas menengah handphone Android. Namun, di akhir tahun ini semua hal bisa terjadi, let’s wait and see :D

Catatan: Untuk membaca review singkat handphone Android yang saya sebutkan diatas, Anda dapat mengklik halaman “Handphone Rekomendasi” diatas atau melalui link berikut: “Handphone Android Rekomendasi”


Artikel Lain:

Loading…

18 Comments to "Harga Handphone Android Dengan Spesifikasi Tinggi Makin Murah!"

  1. 1
    barok says:

    mas bro, saya pgn beli hp android seri xperia tp mengingat buruknya layanan purna jual, saya agak condong ke samsung…… Tp ttp ngiler ama live with walkman, gimana ya solusinya soalnya dg budget 2jt ( klo bisa krg dikit ) samsung ga ada yg spekny kayak live ww,, paling dpt gio…. Sbnrnya dulu budgety d bwh 1,5jt dan ngelirik galaxy y (krn 800 Mhz) tp pas liat resolusi layarnya aduhhh ga nyaman,,,,, klo beli gio sbnrnya tanggung, tambah dikit dah dpt live ww/xperia mini,,, tp dah trauma klo tiba2 pas masa garansi bermasalah dan service centerny lemot

    • Anonymous says:

      He he sayangnya Samsung tidak / belum mengeluarkan saingannya Soner di rentang harga tersebut. Jadi untuk saat ini memang kurang ada pilihan selain Soner atau merk2 yang cenderung baru terjun ke bisnis handphone.

      Kalau mau ambil resiko, bisa coba beli Huawei X5, kalau tidak salah harganya sudah turun. Soal service center Huawei saya kurang tahu apakah pelayanannya memuaskan atau tidak, tapi kalau dari sisi HP, speknya paling menggiurkan dan minim masalah karena selama ini tidak ada keluhan dari pemakainya. Tks :)

  2. 2
    barok says:

    klo gio dan live skrg kisaran hrg brp bung??
    Trus apakah samsung klo konek ke PC via usb langsung nyambung ga??
    Wah klo huawei takut juga sih,, soner aja yg brand ternama dah trauma,,sbnrnya kebutuhan ga neko2 bwt internet dg konektifitas lengkap n mumpuni, kamera lumayan, batere lumayan,,,,, klo SG y pro kira2 rilis ga ya di indo??? Thank’s pencerahannya

    • Anonymous says:

      Harga Samsung Galaxy Gio sekitar 1,9 juta, sedangkan harga Sony Ericsson Live with walkman sekitar 2,2 jt. Kalau Samsung di koneksi ke komputer biasanya tidak langsung terdeteksi, harus install Samsung KIES di komputernya trlbh dahulu. Kalau Samsung Galaxy Y Pro saya kurang tahu apakah akan rilisi di Indonesia. Tks :)

  3. 3
    ifumi says:

    klo pengalaman beli android sih, sebener’y sama jg kayak hp yg lain tergantung hoki jg. klo dpt yg baik ya baik seterus’y jd g usah pusing mikirin service center :) pengalaman ane beli 3 android ada satu yg memang dr beli dah bikin naik darah :) akhir’y di jual lg beli android lg (gak kapok) tp merek yg lain, dan terbukti klo dapat’y dari awal bagus ya… sampai sekarang baik2 aja (semoga seterus’y) hehehehe…
    btw ane jg punya 1 dr keluarga xperia yakni xperia mini, emang maknyos nih hp( bukan promosi lho :) ) cmn layar’y aja yg kekecilan. belilah yg terbaik buat kebutuhan dan dana anda.

    • Anonymous says:

      Siip, setuju… Maksudnya saya setuju kalau layar Xperia mini kekecilan :D Saya pribadi selama ini beli handphone dengan merk “aneh2″ belum pernah menyambangi service center. Intinya cuma satu, teliti sebelum membeli. Tks :)

  4. 4
    galih.com says:

    cara upragde android gimana dari yg gingger brad ampe ke yang paling baru bngt update hari ini

    • Anonymous says:

      Tergantung tipe handphonnya. Salah satu caranya ya seperti yang ada di website Galih. Kalau update ke Android yg terbaru (Ice Cream Sandwich), saat ini masih jarang yg dapat melakukannya. Paling baru tahun depan. Tks :)

  5. 5
    barok says:

    soalnya ane pny pengalaman 2x ke service center (masa garansi) ,, ke SE cm benerin hp ga ada sinyal nyampe 2-3 bln, palagi dgr2 gerai SE yg di bekasi Skrg dah ga ada
    Ke nokia hp mati total cm 2 mggu lgsg ganti mesin, sempet ditolak karna keypadnya ga ori (e63) jd molor 1 mggu krn hrs anterin keypad ori
    Btw harga se lww turun jd 2,1jt ,,,jd cm selisih 200rb ama gio, rencana beli akhir taun, tambah bingung???
    klo maksudnya teliti sebelum membeli gimana ya bung, biasanya kan klo dus sdh dibuka kan dah bukan tgg jwb toko
    @ifumi: gimana daya tahan batere xperia mininya?

    • Anonymous says:

      Maksudnya semua fitur di cek dulu. Trus sebelum beli, tanya dulu ke toko ada garansi tuker barang ga, minimal satu hari kalau rusak bisa tuker barang (saya selalu tanya ini sebelum membeli).

      Samsung kalau dari respon penggunanya memang dapat diandalkan pelayanan service centernya. Tapi sebenarnya pelayanan service center menurut saya ga bisa dipukul rata juga lama waktunya service. Tergantung rusaknya apa dan juga tipe hapenya. Kalau kebetulan spare partnya ready/tersedia, ya servicenya cepat. Kalau komponen yg rusak barangnya jarang / harus dikirim dari luar kota / bahkan harus import dulu, ya servicenya jadi lama.

      Yang pasti, kalau saya jadi Anda, saya akan memilih Soner LWW, karena spek-nya lebih unggul, tapi semua terserah Barok sebagai konsumen. Tks :)

  6. 6
    barok says:

    tanya sekali lagi bung admin,, klo misalnya ane mutusin beli lww kira2 fitur2 apa aja yang wajib di cek ( maklum my 1st android )
    Trus klo menurut bung admin, klo liat material casing lebih cocok pake warna putih pa item?
    Sebelumnya terima kasih buanyak

    • Anonymous says:

      Fitur yg wajib di cek itu Bluetooth, layar, wifi, GPS (tes nyala atau tidak), vibratenya, setelah itu coba gunakan utk menelpon utk mengetes speaker dan mic, cek kamera, cek loud speaker, dan juga coba hubungkan headset dan dengarkan suaranya. Tks :)

  7. 7
    intan says:

    mau tanya sama admin..
    klo bedanya hp android sama hp biasa itu apa aja?
    dan apa keuntungan dan kekurangan hp android?

    • Anonymous says:

      Kelebihan Android secara garis besar:
      1. Terdapat ribuan aplikasi / game terbaru yang bisa diinstall di HP Android
      2. Bisa merubah tampilan interface / antar muka handphone
      3. Bisa buka dan edit dokumen seperti word, excel, dll (kalau sudah diinstall aplikasinya)
      4. push email
      dll. Kekurangan Android bisa dibaca pada artikel: BlackBerry atau Android. Tks :)

  8. 8
    Jade says:

    min mw nnyak nihh
    xperia mini pro msih ada yg bru gak skarang ??
    Thx

Leave a Reply

Current day month ye@r *