Cara Transfer File Lewat Bluetooth Android

Ternyata masih cukup banyak pertanyaan yang masuk ke harga-hp.com yang menanyakan cara transfer via Bluetooth menggunakan perangkat Android. Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan menginformasikan caranya dengan lebih detail.

Agar pada saat proses transfer file tidak gagal, maka sebelumnya disarankan untuk melakukan pair terlebih dahulu.

Apa itu pair Bluetooth?

Pair adalah suatu prosedur untuk menyambungkan atau memasangkan (pair) dua buah perangkat yang memiliki Bluetooth. Dengan melakukan Pair, berarti antara perangkat A dan B sudah saling “mengenal” dalam arti perangkat tersebut sudah terdaftar di sistem dan dinyatakan aman untuk melakukan transfer file.

Fungsi dari pair adalah untuk mengurangi resiko perangkat yang tidak dikenal melakukan transfer file, misalnya mengirimkan virus atau konten yang tidak diinginkan ke perangkat milik kita. Oleh karena itu, bila Anda melakukan transfer file tanpa melakukan pair terlebih dahulu, cenderung sering gagal, karena sistem menolak transfer file karena dinyatakan tidak aman.

Cara melakukan pair Bluetooth Android

Berikut adalah contoh melakukan pair Bluetooth antara handphone Huawei X5 dengan HP Nokia E61i. Berikut tahapannya:

1. Aktifkan Bluetooth di perangkat yang ingin di pair (E61i) dan buat statusnya menjadi dapat terdeteksi / terlihat / dapat ditemukan / Discoverable / Visible / visibility ON, tergantung tipe handphone / perangkatnya. Pada Nokia, atur agar Phone’s Visibility “Shown to All” (perlihatkan ke semua).

 

cara terima file lewat bluetooth nokia

Atur agar HP dapat "terlihat"

2. Aktifkan Bluetooh di tablet / handphone Android. Caranya masuk ke Settings (pengaturan) > klik Wireless & Networks (Nirkabel dan Jaringan) > klik Bluetooth Settings (pengaturan Bluetooth) > Beri tanda centang pada tulisan “Bluetooth”

3. Biarkan Android mencari perangkat yang ingin di pair. Tunggu sampai “nama” perangkat tersebut muncul di bawah tulisan “Bluetooth Device” (Perangkat Bluetooth). Bila tidak ada perangkat yang ditemukan, klik “Scan for Devices” (Pindai Peranti).

4. Klik pada nama perangkat (E61i) yang ingin di pair.

cara memasangkan bluetooth android

Klik E61i untuk melakukan pair

5. Pilih dan masukkan kode / PIN untuk pair. Kodenya terserah Anda, sebagai contoh masukkan saja 0000

 

cara terima bluetooth android

Masukkan PIN (Anda yang menentukan)

6. Perhatikan layar perangkat lain, Anda akan diminta memasukkan PIN untuk proses pair > masukkan PIN yang sama dengan yang tadi di buat (0000)

 

cara melakukan pair bluetooth

Masukkan PIN yang sama dengan yang dimasukkan sebelumnya

7. Proses Pair selesai

Cara menerima File via Bluetooth

  1. Masuk ke Settings (Pengaturan)
  2. Klik “Wireless & Networks” (Nirkabel dan Jaringan)
  3. Beri tanda centang pada “Bluetooth” untuk mengaktifkannya
  4. Klik “Bluetooth Settings” (Pengaturan Bluetooth)
  5. beri tanda centang pada tulilsan “Discoverable” (Terdeteksi / dapat terlihat). Ketika dicentang, perangkat Android akan terdeteksi oleh perangkat lain selama beberapa saat
  6. Lakukan proses transfer file via Bluetooth dari perangkat lain ke Android
  7. Setelah perangkat lain mengirimkan file atau klik “send”, coba buka notification panel Android. Bila dibutuhkan konfirmasi untuk proses transfer tersebut, klik “Accept” (Terima File).

Catatan: Bila Anda menerima file Bluetooth, biasanya akan disimpan di folder “Bluetooth”.

Cara Mengirim File Via Bluetooth Android

Pada umumnya, untuk mengirimkan file via Bluetooth, Anda hanya perlu melaukan tahapan sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Gallery atau aplikasi lainnya yang berguna untuk membuka jenis file yang ingin dikirim. Misalnya kalau ingin mengirim file Colornote (semacam aplikasi notepad), maka buka aplikasi Colornote, dll.
  2. Pilih / buka file yang mau dikirim via Bluetooth
  3. Tekan tombol MENU
  4. Klik Share (Berbagi) / Send / Transfer (tergantung aplikasi yang digunakan)
  5. Klik Bluetooth
  6. Ponsel Android akan mencari perangkat lain yang Bluetoothnya aktif
  7. Klik pada perangkat lain yang terdeteksi
  8. Lihat pada layar perangkat lain, apakah dibutuhkan konfirmasi lagi, misalnya dengan menekan tombol Yes / OK / Accept, dsb. Kalau perangkat lainnya adalah Android, coba buka notification panel apakah ada perintah untuk konfirmasi proses transfer.
  9. Setelah proses transfer di konfirmasi oleh perangkat lain, proses transfer via Bluetooth akan berjalan

Cara mengirim file MP3 atau Musik Via Bluetooth

Untuk dapat mengirim file MP3, file musik, dan file lainnya, Anda perlu menginstall aplikasi file manager terlebih dahulu. Aplikasi ini berguna untuk browsing atau melihat file-file yang tersimpan di handphone atau tablet Anda. Anda dapat menginstall aplikasi file manager dari Android Market, misalnya aplikasi Dual File Manager XT atau Astro File Manager.

Berikut cara transfer file MP3 atau file lainnya via Bluetooth menggunakan aplikasi Dual File Manager XT:

1. Aktifkan Bluetooth di handphone Android dan di perangkat lain

2. Aktifkan aplikasi Dual File Manager lalu cari dan klik dimana file disimpan. Misalnya saya ingin mengirim file musik dan saya menyimpannya di folder “4music”, maka saya akan mengklik folder tersebut. Jika Anda menyimpan file musik di folder “Media”, maka Anda harus klik folder tersebut.

cara kirim file musik lewat bluetooth android

Klik pada folder tempat penyimpanan file mp3

3. beri tanda centang pada file yang ingin dikirim

4. Tekan tombol MENU > klik Share > Pilih Bluetooth

5. Ikuti prosedur mengirim file via Bluetooth

Cara mengatasi file yang tidak dapat diterima maupun dikirim lewat Bluetooth

Beberapa tipe file terkadang tidak dapat dikirimkan via Bluetooth walaupun kedua perangkat telah di pair. Pada saat mengirimkan atau menerima file, muncul keterangan “File is unsupported”, “phone can’t handle this type of file”, file tidak cocok, dll. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan cara menginstall aplikasi “Bluetooth File Transfer” buatan Medieval Software. Aplikasi ini dapat diunduh (download) melalui Android market. Sebagai informasi, pembuat aplikasi Bluetooth File Transfer dengan Dual File Manager XT adalah sama. Jadi wajar kalau tampilannya mirip-mirip.

Cara menggunakan aplikasi Bluetooth File Transfer (untuk mengatasi Android tidak dapat menerima file via Bluetooth):

  1. Pastikan handphone / tablet Android Anda telah di pair dengan perangkat yang ingin mengirimkan file dan kondisi Bluetooth aktif
  2. Install aplikasi Bluetooth File Transfer dari Android Market
  3. Aktifikan aplikasinya
  4. Mulai proses transfer

Dengan hanya menginstall dan mengaktifkan aplikasi ini saja, biasanya masalah gagal transfer dari perangkat lain ke Android sudah dapat diatasi.

Cara menggunakan aplikasi Bluetooth File Transfer untuk mengirim file dan untuk membaca file yang tersimpan di perangkat lain

1. Aktifkan Bluetooth di kedua perangkat (sebelumnya pastikan keduanya sudah di pair)

2. Aktifkan Aplikasi “Bluetooth File Transfer”

3. Klik pada Tab Bluetooth (Bergambar ikon Bluetooth di kanan atas)

4. Klik pada perangkat yang ingin dikirimkan file. Sebagai contoh, saya akan mengirimkan file ke handphone merk lokal (SPC BOSS 3000) yang saya namakan “Ted 3000”.

cara melihat file di sd card lewat bluetooth

Klik pada perangkat yang ingin dikirimkan file

5. Tunggu hingga proses deteksi selesai

6. Kembali ke Tab file Android Anda dengan cara mengklik Tab bergambar ponsel di kiri atas.

7. Buka folder dimana file yang ingin dikirim disimpan > beri tanda centang pada file yang ingin dikirim > tekan tombol MENU > klik Edit > klik Upload.

Bila perangkat lain telah mendukung Bluetooth FTP (File Transfer Profile), maka aplikasi Bluetooth File Transfer dapat membaca dan membuka file-file yang tersimpan di perangkat lain dan Anda dapat “mengambil” file tersebut langsung menggunakan handphone Android Anda.

Karena handphone SPC BOSS 3000 tampaknya sudah mendukung Bluetooth FTP, maka handphone Android saya dapat membaca file yang tersimpan di ponsel lokal tersebut.

Gambar di bawah merupakan file-file yang tersimpan HP SPC:

cara terima file bluetooth android

File yang tersimpan di memori HP SPC Boss 3000

Untuk mengambil file dari perangkat lain (dari ponsel SPC), Anda cukup membuka folder dimana file disimpan. Misalnya bila ingin mengambil file foto, maka buka / klik folder “Images” > beri tanda centang pada file foto yang ingin diambil > tekan tombol MENU > klik Edit > klik Download. Selain “Download” Anda dapat juga memilih perintah “Copy” atau “Move”.

Catatan:

Bila Anda ingin melakukan proses transfer file melalui Bluetooth dengan sesama perangkat Android, maka disarankan antara perangkat yang ingin mengirimkan file dengan yang ingin menerima file telah diinstall aplikasi Bluetooth File Transfer.

Bila kedua tablet atau handphone Android telah menginstall dan mengaktifkan aplikasi Bluetooth File Transfer, maka hampir dapat dipastikan SEMUA jenis file dapat dikirimkan tanpa kendala bila dilakukan sesuai prosedur diatas.

Demikianlah tutorial cara mengirim dan menerima file lewat Bluetooth Android. Semoga bermanfaat, terima kasih :)

Artikel Lain:

Loading…

68 Comments to "Cara Transfer File Lewat Bluetooth Android"

  1. 31
    ERNI NORA M S says:

    saya baru beli hp lenovo A369i tp belum ada memeori eksternalnya. nah dipakai untuk menerima transfer file dr bluetooth kok ga ada filenya ya pdhal pas diliat di hp yg ngirim, tanda terkirimnya ada. terus ga bisa download lagu, foto dll. apa hrs ada memori eksternal ya di lenovo? terima kasih

    • Admin HHP says:

      kirim file apa? Kalau kirim file foto, mungkin gallery belum update thumbnail foto yg terkirim. Utk memastikan bisa menggunakan aplikasi file manaer lalu lihat di folder: Bluetooth

Leave a Reply

Current ye@r *