Cara Transfer File Lewat Bluetooth Android

Ternyata masih cukup banyak pertanyaan yang masuk ke harga-hp.com yang menanyakan cara transfer via Bluetooth menggunakan perangkat Android. Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan menginformasikan caranya dengan lebih detail.

Agar pada saat proses transfer file tidak gagal, maka sebelumnya disarankan untuk melakukan pair terlebih dahulu.

Apa itu pair Bluetooth?

Pair adalah suatu prosedur untuk menyambungkan atau memasangkan (pair) dua buah perangkat yang memiliki Bluetooth. Dengan melakukan Pair, berarti antara perangkat A dan B sudah saling “mengenal” dalam arti perangkat tersebut sudah terdaftar di sistem dan dinyatakan aman untuk melakukan transfer file.

Fungsi dari pair adalah untuk mengurangi resiko perangkat yang tidak dikenal melakukan transfer file, misalnya mengirimkan virus atau konten yang tidak diinginkan ke perangkat milik kita. Oleh karena itu, bila Anda melakukan transfer file tanpa melakukan pair terlebih dahulu, cenderung sering gagal, karena sistem menolak transfer file karena dinyatakan tidak aman.

Cara melakukan pair Bluetooth Android

Berikut adalah contoh melakukan pair Bluetooth antara handphone Huawei X5 dengan HP Nokia E61i. Berikut tahapannya:

1. Aktifkan Bluetooth di perangkat yang ingin di pair (E61i) dan buat statusnya menjadi dapat terdeteksi / terlihat / dapat ditemukan / Discoverable / Visible / visibility ON, tergantung tipe handphone / perangkatnya. Pada Nokia, atur agar Phone’s Visibility “Shown to All” (perlihatkan ke semua).

 

cara terima file lewat bluetooth nokia

Atur agar HP dapat "terlihat"

2. Aktifkan Bluetooh di tablet / handphone Android. Caranya masuk ke Settings (pengaturan) > klik Wireless & Networks (Nirkabel dan Jaringan) > klik Bluetooth Settings (pengaturan Bluetooth) > Beri tanda centang pada tulisan “Bluetooth”

3. Biarkan Android mencari perangkat yang ingin di pair. Tunggu sampai “nama” perangkat tersebut muncul di bawah tulisan “Bluetooth Device” (Perangkat Bluetooth). Bila tidak ada perangkat yang ditemukan, klik “Scan for Devices” (Pindai Peranti).

4. Klik pada nama perangkat (E61i) yang ingin di pair.

cara memasangkan bluetooth android

Klik E61i untuk melakukan pair

5. Pilih dan masukkan kode / PIN untuk pair. Kodenya terserah Anda, sebagai contoh masukkan saja 0000

 

cara terima bluetooth android

Masukkan PIN (Anda yang menentukan)

6. Perhatikan layar perangkat lain, Anda akan diminta memasukkan PIN untuk proses pair > masukkan PIN yang sama dengan yang tadi di buat (0000)

 

cara melakukan pair bluetooth

Masukkan PIN yang sama dengan yang dimasukkan sebelumnya

7. Proses Pair selesai

Cara menerima File via Bluetooth

  1. Masuk ke Settings (Pengaturan)
  2. Klik “Wireless & Networks” (Nirkabel dan Jaringan)
  3. Beri tanda centang pada “Bluetooth” untuk mengaktifkannya
  4. Klik “Bluetooth Settings” (Pengaturan Bluetooth)
  5. beri tanda centang pada tulilsan “Discoverable” (Terdeteksi / dapat terlihat). Ketika dicentang, perangkat Android akan terdeteksi oleh perangkat lain selama beberapa saat
  6. Lakukan proses transfer file via Bluetooth dari perangkat lain ke Android
  7. Setelah perangkat lain mengirimkan file atau klik “send”, coba buka notification panel Android. Bila dibutuhkan konfirmasi untuk proses transfer tersebut, klik “Accept” (Terima File).

Catatan: Bila Anda menerima file Bluetooth, biasanya akan disimpan di folder “Bluetooth”.

Cara Mengirim File Via Bluetooth Android

Pada umumnya, untuk mengirimkan file via Bluetooth, Anda hanya perlu melaukan tahapan sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Gallery atau aplikasi lainnya yang berguna untuk membuka jenis file yang ingin dikirim. Misalnya kalau ingin mengirim file Colornote (semacam aplikasi notepad), maka buka aplikasi Colornote, dll.
  2. Pilih / buka file yang mau dikirim via Bluetooth
  3. Tekan tombol MENU
  4. Klik Share (Berbagi) / Send / Transfer (tergantung aplikasi yang digunakan)
  5. Klik Bluetooth
  6. Ponsel Android akan mencari perangkat lain yang Bluetoothnya aktif
  7. Klik pada perangkat lain yang terdeteksi
  8. Lihat pada layar perangkat lain, apakah dibutuhkan konfirmasi lagi, misalnya dengan menekan tombol Yes / OK / Accept, dsb. Kalau perangkat lainnya adalah Android, coba buka notification panel apakah ada perintah untuk konfirmasi proses transfer.
  9. Setelah proses transfer di konfirmasi oleh perangkat lain, proses transfer via Bluetooth akan berjalan

Cara mengirim file MP3 atau Musik Via Bluetooth

Untuk dapat mengirim file MP3, file musik, dan file lainnya, Anda perlu menginstall aplikasi file manager terlebih dahulu. Aplikasi ini berguna untuk browsing atau melihat file-file yang tersimpan di handphone atau tablet Anda. Anda dapat menginstall aplikasi file manager dari Android Market, misalnya aplikasi Dual File Manager XT atau Astro File Manager.

Berikut cara transfer file MP3 atau file lainnya via Bluetooth menggunakan aplikasi Dual File Manager XT:

1. Aktifkan Bluetooth di handphone Android dan di perangkat lain

2. Aktifkan aplikasi Dual File Manager lalu cari dan klik dimana file disimpan. Misalnya saya ingin mengirim file musik dan saya menyimpannya di folder “4music”, maka saya akan mengklik folder tersebut. Jika Anda menyimpan file musik di folder “Media”, maka Anda harus klik folder tersebut.

cara kirim file musik lewat bluetooth android

Klik pada folder tempat penyimpanan file mp3

3. beri tanda centang pada file yang ingin dikirim

4. Tekan tombol MENU > klik Share > Pilih Bluetooth

5. Ikuti prosedur mengirim file via Bluetooth

Cara mengatasi file yang tidak dapat diterima maupun dikirim lewat Bluetooth

Beberapa tipe file terkadang tidak dapat dikirimkan via Bluetooth walaupun kedua perangkat telah di pair. Pada saat mengirimkan atau menerima file, muncul keterangan “File is unsupported”, “phone can’t handle this type of file”, file tidak cocok, dll. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan cara menginstall aplikasi “Bluetooth File Transfer” buatan Medieval Software. Aplikasi ini dapat diunduh (download) melalui Android market. Sebagai informasi, pembuat aplikasi Bluetooth File Transfer dengan Dual File Manager XT adalah sama. Jadi wajar kalau tampilannya mirip-mirip.

Cara menggunakan aplikasi Bluetooth File Transfer (untuk mengatasi Android tidak dapat menerima file via Bluetooth):

  1. Pastikan handphone / tablet Android Anda telah di pair dengan perangkat yang ingin mengirimkan file dan kondisi Bluetooth aktif
  2. Install aplikasi Bluetooth File Transfer dari Android Market
  3. Aktifikan aplikasinya
  4. Mulai proses transfer

Dengan hanya menginstall dan mengaktifkan aplikasi ini saja, biasanya masalah gagal transfer dari perangkat lain ke Android sudah dapat diatasi.

Cara menggunakan aplikasi Bluetooth File Transfer untuk mengirim file dan untuk membaca file yang tersimpan di perangkat lain

1. Aktifkan Bluetooth di kedua perangkat (sebelumnya pastikan keduanya sudah di pair)

2. Aktifkan Aplikasi “Bluetooth File Transfer”

3. Klik pada Tab Bluetooth (Bergambar ikon Bluetooth di kanan atas)

4. Klik pada perangkat yang ingin dikirimkan file. Sebagai contoh, saya akan mengirimkan file ke handphone merk lokal (SPC BOSS 3000) yang saya namakan “Ted 3000”.

cara melihat file di sd card lewat bluetooth

Klik pada perangkat yang ingin dikirimkan file

5. Tunggu hingga proses deteksi selesai

6. Kembali ke Tab file Android Anda dengan cara mengklik Tab bergambar ponsel di kiri atas.

7. Buka folder dimana file yang ingin dikirim disimpan > beri tanda centang pada file yang ingin dikirim > tekan tombol MENU > klik Edit > klik Upload.

Bila perangkat lain telah mendukung Bluetooth FTP (File Transfer Profile), maka aplikasi Bluetooth File Transfer dapat membaca dan membuka file-file yang tersimpan di perangkat lain dan Anda dapat “mengambil” file tersebut langsung menggunakan handphone Android Anda.

Karena handphone SPC BOSS 3000 tampaknya sudah mendukung Bluetooth FTP, maka handphone Android saya dapat membaca file yang tersimpan di ponsel lokal tersebut.

Gambar di bawah merupakan file-file yang tersimpan HP SPC:

cara terima file bluetooth android

File yang tersimpan di memori HP SPC Boss 3000

Untuk mengambil file dari perangkat lain (dari ponsel SPC), Anda cukup membuka folder dimana file disimpan. Misalnya bila ingin mengambil file foto, maka buka / klik folder “Images” > beri tanda centang pada file foto yang ingin diambil > tekan tombol MENU > klik Edit > klik Download. Selain “Download” Anda dapat juga memilih perintah “Copy” atau “Move”.

Catatan:

Bila Anda ingin melakukan proses transfer file melalui Bluetooth dengan sesama perangkat Android, maka disarankan antara perangkat yang ingin mengirimkan file dengan yang ingin menerima file telah diinstall aplikasi Bluetooth File Transfer.

Bila kedua tablet atau handphone Android telah menginstall dan mengaktifkan aplikasi Bluetooth File Transfer, maka hampir dapat dipastikan SEMUA jenis file dapat dikirimkan tanpa kendala bila dilakukan sesuai prosedur diatas.

Demikianlah tutorial cara mengirim dan menerima file lewat Bluetooth Android. Semoga bermanfaat, terima kasih :)

Artikel Lain:

Loading…

62 Comments to "Cara Transfer File Lewat Bluetooth Android"

  1. 16
    DEDEN says:

    TERIMA KASIH INFONYA BERGUNA SEKALI

  2. 17
    Abuserah says:

    Krim file mp3 dr nokia 6600 k se xperia x8 kox gak bisa..?Di lyar 6600 tmbul tlisan tdak dpat d hubungi.,tlong bantu mas..!Thank’s

    • Admin says:

      Sudah di pair belum? Kalau sudah di pair tapi gagal terus, di X8nya install aplikasi Bluetooth File Transfer lalu ikuti langkah2 yg ada di tutorial diatas. Tks :)

  3. 18
    diecky says:

    gimana cara mengirim aplikasi, game dsb dari hp android via bluetooh. (mksdx ap nama aplikasix utk bz melakukan hal tsb?)

  4. 19
    she va says:

    kalo kirim musik dari aha touch gimana yah? udah dicoba cuma gak ada opsi share

    • Admin says:

      Apakah sudah install aplikasi Dual File Manager XT / Bluetooth File Transfer? Kalau sudah menggunakan kedua aplikasi tersebut tapi tetap tidak bisa kirim musik, kemungkinan file musiknya di proteksi sehingga tidak bisa dikirim. Biasanya yg tidak bisa dikirim adalah ringtone / musik bawaan dari HP. Tks :)

      • Michael says:

        Please info cara penggunaan bluetooth di iPad 2, cara menerima dan mengirim ….

        • Admin says:

          Utk Saat ini saya sedang tidak ada iPad 2, jadi tidak bisa memberikan tutorialnya scr lengkap. Tapi setau saya untuk mengirim dan menerima file via Bluetooth hanya bisa dilakukan sesama iPad / Produk Apple. Kalau misalnya dari iPad ke Android atau ke HP lain tidak bisa (CMIIW). Tks :)

  5. 20
    fitrians says:

    tks Boss.. sangat berguna sekali. sebelumnya saya bingung mau kirim file mp3 dihp saya karena tdk ada menu utk krm via bluetooth.setelah saya install aplikasi Dual File Manager XT dan mengikuti tuturial diatas semuanya teratasi.

  6. 21
    pangga says:

    thank u boz. Udah nyari cara transfer file unsupported via bluetooth di android ini beberapa hari yang lalu. Akhir nya ketemu di sini. Mantap detil se detil detilnya.

  7. 22
    Snow Wolf says:

    gan, kan kl terima file untuk njawab acept harus buka notification panel android la letaknya dimana ? cara masuk notification panel android gimana ?
    punya saya samsung ace plus, jawab ya

    • Admin says:

      Letakkan jari dibagian atas layar (di bagian yang ada gambar sinyal handphone) lalu usap/geser/tarik notification panel ke arah bawah layar. Tks :)

  8. 23
    Fariz afsal says:

    Kalau Mau Transfer Aplikasi Android (Misal: Samsung Galaxy Young Ke Tablet), Caranya Gimana, Tanpa Di Download, Langsung Diinstal. Gimana CaraNya? Pliss Tolong Bantu

  9. 24
    reny sept says:

    gan..tny dong…kok kl transfer lwt bluetooth ada sbgian file yg gagal dkirim y.misal krim fto dr hp ke laptop,dh ada notifikasi dan proses transfer,transfer file sdh slsai tp da notifikasi lg kl file tdk bs dkrim.tp ada beberapa file yg bs…tlg bntu dunk..mksh

    • Admin says:

      Ada dua kemungkinan.
      1. Coba cek di komputernya apakah masih cukup tersedia memori untuk menerima file yang akan di transfer
      2. Kemungkinan kedua, file yang ingin dikirim terproteksi dan memang tidak diijinkan utk dikirim. Misalnya wallpaper / ringtone bawaan pabrik terkadang tidak bisa dicopy atau di transfer ke PC atau ke HP lain. Tks :)

  10. 25
    ivan says:

    Gan,hp ane HTC sensation xe kok ga bs kirim ato Terima file via bluetooth ya?udh ane pair Dan udh ada informasi sending

    • Admin says:

      Mau kirim / terima file dari HTC kemana? ke HP, komputer atau yg lain? Sudah coba menggunakan aplikasi Bluetooth File Transfer atau belum? Tks :)

  11. 26
    budi says:

    trmh kasih infonya..

  12. 27
    silaga says:

    Transfer gambar atau foto dari samsung galaxy tab ke blackberry knp ngga bisa ya, sepertinya format di tab php shg ngga bisa tersimpan di media blackberry klo di transfer via bluetooth, mohon pencerahan

    • Admin says:

      Maksudnya file sudah di transfer lalu tidak bisa terbaca di BlackBerry atau bagaimana? Untuk format PHP adalah format untuk website, kalau seandainya Silaga ingin transfer sebuah foto / gambar dari internet ke BlackBerry, maka tidak bisa langsung klik “Share” lalu pilih send via Bluetooth, karena nanti yg di transfer adalah link (tautan) gambarnya, bukan file gambarnya.

      Untuk mengatasinya, gambar yg dari internet harus di save dulu di Galaxy Tab, lalu buka aplikasi Gallery baru kirim ke BlackBerry. Tks :)

  13. 28
    rodhi arif says:

    thnx infonya..akhirx aq bs krim/trima dta via bluetooth d samsung galaxy 2 mini..nice work bro!!

Leave a Reply

Current ye@r *