Cara Setting Internet Android Dengan Mudah

Handphone Android tanpa adanya koneksi internet rasanya kurang lengkap. Berikut akan kami informasikan cara setting internet Android. Screenshot yang kami tampilkan pada tutorial ini mungkin saja sedikit berbeda dengan tampilan antarmuka (interface) handphone milik anda, namun secara garis besar, cara yang digunakan sama.

Apabila anda ingin mengetahui cara menggunakan handphone Android karena baru saja membelinya, ada baiknya anda membaca postingan berikut:

“Cara Menggunakan Handphone Android”

Langkah singkat mengatur settingan internet Android:

  1. Pergi ke Settings (pengaturan)
  2. Klik Wireless & Networks (Nirkabel dan Jaringan)
  3. Klik Mobile Networks (Jaringan Seluler / Telepon)
  4. Klik Access Point Names (Nama Akses Point / nama titik akses)
  5. Tekan tombol MENU > klik New APN (APN Baru)
  6. Isi Name (nama), APN, Username (nama pengguna) dan Password (kata sandi) sesuai dengan provider telepon yang digunakan
  7. Tekan tombol MENU > klik Save (Simpan)
  8. Pilih APN yang baru dibuat dengan mengklik bulatan di samping kanan nama APN yang baru dibuat. Klik hingga bulatan berwarna hijau.

Untuk OS Ice Cream Sandwich / Jelly Bean: 

  1. Masuk ke  “System Settings” (Dari layar utama, tekan tombol MENU terlebih dahulu utk masuk ke Settings)
  2. klik “More…”  (Dibawah tulisan Wireless & Networks”
  3. klik Mobile Networks
  4. klik Access point names
  5. Tekan tombol MENU > pilih New APN
  6. Isi APN, Username dan Password sesuai provider telepon yang dipakai
  7. Setelah selesai diisi, tekan tombol MENU > klik Save
  8. Pilih APN yang baru dibuat

Dan berikut langkah detailnya:

1. Langkah pertama cara setting Internet Android adalah dengan masuk ke menu settings (pengaturan) dengan cara menekan tombol “home” lalu tekan tombol “menu” lalu sentuh pilihan settings (pengaturan) pada layar.

Cara kedua masuk ke menu settings adalah dengan masuk ke app drawer lalu pilih settings (pengaturan).

Android Internet Setting

Tombol-tombol pada Samsung Galaxy Mini

 

2. Setelah masuk ke menu settings, sentuh layar pada menu pilihan wireless & networks (Nirkabel & Jaringan), biasanya terletak paling atas.

Internet Setting Android

Cara Setting Internet Handphone Android

3. Setelah itu cari pilihan Mobile networks (Jaringan selular / telepon), bila anda tidak dapat menemukannya, coba geser (usap) layar kebawah. Pada handphone Android yang kami gunakan, pilihan menu Mobile networks (jaringan selular) terletak pada bagian paling bawah dari layar.

Setting Internet Android

Setting Internet Android

 

4. Setelah itu untuk melakukan setting internet Android, pilih menu Access Point Names (APN) / Nama Akses Point / Nama Titik Akses.

APN internet setting Android

APN Internet Setting Android

 

5. Setelah masuk ke menu APN, tekan tombol “menu” lalu pilih New APN (APN Baru)

setting android gprs

Setting Internet Android New APN

 

6. Setelah itu Anda akan menemukan banyak data yang harus diisi, namun anda tidak perlu khawatir, karena untuk setting internet Android, pada umumnya yang harus diisi hanyalah:

  • Name (Nama): Nama tidaklah penting hanya sebagai pembeda saja
  • APN
  • Username (Nama pengguna)
  • Password (Kata sandi)

Parameter Setting (APN, Username dan Password) untuk paket internet Android di Indonesia dapat dilihat pada postingan berikut:

“Parameter Setting Internet Handphone dan Modem untuk Provider GSM dan CDMA di Indonesia” (klik).

Terkadang ada provider yang meminta Authentication Type (Jenis otentifikasi) agar dapat diisi, namun jika tidak diminta, anda tidak harus mengisinya.

setting koneksi internet handphone android

Parameter koneksi internet pada handphone Android

 

7. Setelah selesai, tekan tombol menu lalu sentuh pilihan Save (Simpan) untuk menyimpan settingan, bila ingin membatalkan atau menghapus settingan, pilih Discard (Batal/lepaskan).

8. Untuk mengaktifkan atau memilih settingan internet Android yang sudah dibuat, Anda hanya perlu menyentuh (mengklik) pada lingkaran di sebelah nama APN pilihan anda. APN yang aktif ditandai dengan lingkaran berwarna hijau.

Mengaktifkan dan menonaktifkan koneksi data / internet

Jika sudah dilakukan pengaturan diatas namun tetap tidak dapat terkoneksi ke internet, pastikan bahwa settingan data paket atau koneksi data pada handphone sudah diaktifkan. Caranya:

  1. Buka Settings(pengaturan)
  2. Wireless & Networks (Nirkabel & Jaringan)
  3. Klik Mobile Networks (jaringan selular)
  4. Beri tanda centang atau klik pada bagian Data Enabled (aktifkan data) / Data Connection atau pada beberapa tipe handphone tulisannya Use packed data (Gunakan koneksi data / data diaktifkan).

Setelah itu pastikan muncul tanda G/E/3G/H di sebelah indikator kekuatan sinyal. Jika tidak muncul, maka kemungkinan di daerah Anda tidak terdapat sinyal internet.

Tambahan: Mengatur jaringan berjalan di 2G (GSM) atau 3G (WCDMA):

Anda dapat mengatur jaringan agar hanya berjalan di 2G (EDGE/GPRS) saja, pada jaringan 3G (WCDMA/HSPA) saja atau bisa juga diatur dual mode, yaitu dapat berjalan di 2G maupun di 3G.

Kelebihannya bila diatur dalam jaringan 2G only adalah baterai akan sedikit lebih irit, namun kekuranganya kecepatan internet akan berkurang.

Kelebihannya bila diatur dalam jaringan 3G only adalah koneksi akan dipaksa tetap berjalan di jaringan 3G. Kelemahannya, bila kondisi sinyal kurang baik, sinyal akan sering hilang.

Kelebihannya bila diatur dalam dual Mode adalah Handphone Android secara otomatis akan mengatur jaringan berjalan pada mode 2G atau 3G tergantung dari kekuatan sinyal. Bila kekuatan sinyal bagus, maka akan diatur berjalan di jaringan 3G, jika kekuatan sinyal jelek, maka akan otomatis berganti ke jaringan 2G.

Berikut cara pengaturannya:

1. Pergi ke Settings (pengaturan)

2. Wireless & Networks/wireless controls (Nirkable & Jaringan)

3. Mobile networks (Jaringan telepon / Seluler), setelah itu lakukan pengaturan dibawah:

4.a. Bila ingin mengatur agar jaringan berjalan di 2G only:

  • Cari tulisan “Use only 2G networks” > beri tanda centang.
  • Bila tidak ditemukan tulisan “Use only 2G networks” (Gunakan koneksi 2G), cari pilihan “Select Network” (Pilih Jaringan) > pilih “2G only”.(2G saja).
  • Bila tidak ditemukan, cari pilihan “Network Mode” (Mode Jaringan) > “GSM Only” (GSM saja).
Catatan: 2G Only = GSM Only = GPRS / EDGE

4.b. Bila ingin mengatur agar jaringan di 3G only:

  • Cari pilihan “Network Mode” (Mode Jaringan) > klik WCDMA Only

Catatan: 3G= WCDMA = HSDPA/HSUPA

4.c. Pengaturan Dual Mode

  • Cari pilihan “Network Mode” (Mode Jaringan) > klik GSM/WCDMA (Auto Mode)

Demikianlah tutorial cara setting Android persembahan dari harga-hp.com. Bila ada yang ditanyakan, atau mau memberi pendapat, silahkan isi form komentar dibawah.

FAQ (Pertanyaan yang sering diajukan):

  • 1.  Saya sudah melakukan pengaturan APN internet, kenapa masih tidak bisa koneksi internet? Jawab: Pastikan pengaturan internet sudah diaktifkan (baca bagian CATATAN diatas)
  • 2. APN sudah saya setting, data enabled juga sudah dicentang, tapi kenapa masih tidak bisa koneksi ke internet? Jawab: Coba restart / reboot handphone Android Anda (dimatikan lalu dinyalakan lagi) dan tunggu beberapa saat sampai sinyal internet aktif. Aktifnya sinyal internet ditandai dengan munculnya hurf G atau E atau 3G atau H disamping indikator kekuatan sinyal. Bila sudah di restart tapi tetap tidak dapat terkoneksi ke internet, kemungkinan memang sedang ada gangguan jaringan internet dengan operator yang digunakan.
  • 3. Saya bisa akses internet menggunakan Opera Mini, tapi kenapa saya tidak bisa masuk ke Android Market, buka YouTube atau aplikasi lainnya? Jawab: Hal ini kemungkinan besar akibat koneksi internet yang digunakan kecepatannya lambat. Opera Mini mengkompresi website yang dibuka sehingga pemakaian datanya irit. Oleh karena itu Anda masih dapat meng-akses internet karena Opera Mini hanya menggunakan sedikit data internet. Sementara itu, Android Market apalagi YouTube menggunakan data internet dengan cukup banyak, sehingga diperlukan koneksi internet yang cukup cepat agar dapat menggunakan aplikasi ini.
  • 4. Saya bisa Browsing, bisa Twitter-an, bisa Facebook-an, tapi kenapa tidak bisa menggunakan Aplikasi Android market? Jawab: Untuk dapat menggunakan aplikasi Market, Anda harus memiliki akun Google (Gmail, Youtube, dll) dan harus sign-in (login). Apabila belum memiliki akun Google, buat dulu yang baru. Untuk membuatnya bisa langsung dari handphone, melalui menu Settings > klik Account & Settings > klik Add Account > Klik Google > klik Next > Klik Create > ikuti langkah selanjutnya.
  • 5. Saya sudah menggunakan paket internet (paket data), tapi kenapa pulsa masih terpotong? Jawab: Hal ini bisa disebabkan karena Anda menggunakan APN (Access Point Name) yang salah. Jadi Anda menggunakan APN yang bukan untuk paket internet. Solusinya, hubungi call center provider telepon, tanyakan untuk paket internet yang Anda pilih, sebaiknya menggunakan APN apa? Catat APN, Username dan Password yang diinformasikan oleh operator, setelah itu lakukan settingan secara manual seperti pada artikel.

1,139 Comments to "Cara Setting Internet Android Dengan Mudah"

  1. 391
    dila says:

    adminnya baikk bgt yah

  2. 392
    dila says:

    gan, sy bru beli blackjelly bj689 tapi di APN nya gak ad menu buat diisi kosong, internetnya gak bisa-bisa ni gan

    • Admin says:

      Maksudnya “ga ada menu buat diisi kosong” apa ya? Tidak ada menu APN-nya, tidak ada pilihan buat APN baru atau bagaimana? Coba Dila ulangi prosesnya lagi:
      1. Masuk ke menu Settings
      2. Klik Wireless & Network
      3. klik Mobile Networks
      4. klik Access Point Names
      5. Tekan tombol Menu > klik New APN
      6. Isi APN, username dan password
      7. Kalau sudah selesai, tekan tombol MENU > klik Save

      Dari langkah2 diatas, Dila terkendala pada langkah keberapa? Blackjelly BJ 689 kalau tidak salah tablet Android ini tidak ada modem internalnya ya, jadi harus menggunakan modem eksternal. Saat Dila menyambungkan modem eksternal, apakah sudah muncul sinyal internetnya? Ditandakan dengan muncul tulisan G atau E / 3G / H disebelah indikator kekuatan sinyal. Kalau belum muncul sinyal internet, berarti tipe modem eksternalnya tidak support dan kemungkinan hal tersebut yg menyebabkan tidak bisa setting APN. Tks :)

  3. 393
    dewi says:

    sy mau jadikan hh sy modem buat OL d laptop.. sy sambungin kabel data trus pilih tethering n portable hotspot.. pas mau menambatkn usb.. malah muncul tulisan “kesalahan mnambatkn usb”.. itu knp ya? mohon pnjelasan.x..

    • Admin says:

      Dewi sudah install driver handphonenya belum? Driver HP itu adalah sebuah software yg harus diinstall di komputer agar komputer bisa mengenali hh. Kalau di paket pembelian disertakan sebuah CD, maka biasanya driver ada di CD tersebut. Kalau tidak disertakan CD, biasanya driver bisa di download dari internet. Tks :)

  4. 394
    Braen doni says:

    Bagaimana cara setings data paket,mengapa pulsa saya terkuras begitu saja,tanpa adanya koneksi internet,menu mana yg perlu saya
    gunakan jaringan data paket( )
    Jelajah data( )
    Yang mana harus saya centang..
    terima kasihh!!

  5. 395
    edi wahyudi says:

    malam gan..numpang nanya nih..aq dan kekasihku..punya hp galaxy mini..aq unduh tanggo&video call.kenapa ega di pergunakan kita dah masukin nama dan no tlp..tolong gan kasih tau solusi dan caramya bisa berkomunikasi melalui tanggo….

  6. 396
    dyandra says:

    gan . .ane pake galaxy w . .yg mau ane tanyain kenapa ya kalo layar hp ane dlm keadaan terkunci sinyal internetnya g ada . .???baru muncul sesaat kalo ane hidupin layar ane , ,alhasil kalo ane download file trus ane diemin kan otomatis layar jd posisi mengunci . .nah file yg ane download jd g mau jalan n jd failed deh . .

    trus kalo pke apliksi whatss app jg gt. .tmen2 ane pda nge chat ke ane . .tp chat pda g masuk coz layar hp ane lum ane idupin . .bgtu ane idupin lgsung deh chat temen ane lgsung nongol banyak bgt .. pliss agan bantu ya

  7. 397
    nadin says:

    min aku mo tanya nih aq pke galaxy y aku dah ikutin langkah2nya tpi knp masih gak bisa stiap mo buka internet gagal trus aku juga dah bikin google akun buat android tpi masih gak bisa tulisannya jaringan tdk tersedia gmn donk??????

    • Admin says:

      Coba informasikan ke saya Nadin menggunakan kartu provider apa dan Name (nama), APN, Username (nama pengguna) dan Password (kata sandi) yang diisi apa? Selain itu apakah sudah dicentang tulisan “Use packed data” (gunakan data paket)? Hal ini biar saya tahu kendala Nadin dimana. Tks :)

    • Ghazi Guapo says:

      min aku mo tanya nih aq pke galaxy y aku dah ikutin langkah2nya tpi knp masih gak bisa stiap mo buka internet gagal trus aku juga dah bikin google akun buat android tpi masih gak bisa tulisannya jaringan tdk tersedia gmn donk??????

      • Admin says:

        Coba sebutkan langkah2 yg sudah Ghazi lakukan (mulai dari masuk Menu, setelah itu ngapain aja), beserta settingan APN, Username dan Password yg dimasukkan. Biar saya tahu problemnya dimana. Untuk Google Akun kalau belum konek internet maka tidak akan bisa. Tks :)

  8. 398
    Roby says:

    saya sudah coba…
    saya pakai axis.. apa masalah’a axis jelek sinyala’a..

  9. 399
    Roby says:

    Thanks yya.. min..:D

    SAYA SUDAH BISA INTERNETAN SEKRANG… BAGUS ”

  10. 400
    isien says:

    gan kenapa android market saya tidak bisa di buka y….
    padahal saya sudah punya akun Gmail, waktu saya masuk lewat android market dan masukin alamat Gmail saya dg benar,knp tidak bs y gan…
    itu knp . . . .
    hp saya jug masih bru,, SE W8

    • Admin says:

      Apakah ada tulisan keterangan saat tidak bisa masuk ke Android Market? Kalau ada, coba disebutkan tulisannya apa, jadi saya bisa mengetahui penyebabnya. Gagal masuk Android Market juga bisa disebabkan oleh koneksi internetnya kurang baik atau sedang lambat. Coba akses Market beberapa saat kemudian. Tks :)

  11. 401
    dee says:

    sya bru bli galaxy pocket, pi knp kalo buka internet or market slalu kena pulsa banyak, pdahal dah pake paket internet. kan katanya kalo ambil aplikasi d market gratis. trus wktu itu download game, knp maen’a harus tep terpasang ma internet y, jdi pulsa boros bgt…

  12. 402
    nico andrean says:

    permisi abang , saya mau tanya nih . saya baru beli android nah tapi pas saya coba untuk install yahoo messengaer di android market knpa gk bisa ketemu link yg di tuju ya apa . .
    tetapi saya coba untuk download tidak di android market teteapi selalu ada tulisan tidak compatible ?? tiu disebabkan karena apa ya
    karna untuk aplikasi saya masih banyak sekali yg ingin saya install tetapi apa daya ?? :D
    tolong abang ya
    terima kasih

    • Admin says:

      Itu berarti aplikasi Yahoo Messengernya tidak support di HP Nico, makanya dia tidak bisa ketemu. Memang tipe hapenya apa? Tks :)

  13. 403
    Evhiie says:

    Min..kan udah aku isi semua, tapi kok jawaban,ya

    “>Tdk ada Koneksi Jaringan

    Tidak bisA tersambung ke Internet. Harap periksa pengaturan sambungan Anda dan coba lagi.”

    Gimana lagi itu Min? Dah bingung. Saya pakenya Galaxy mini

    • Admin says:

      Sudah muncul huruf 3G/E/G/H di samping indikator kekuatan sinyal belum? Coba handphonenya di restart (dimatikan lalu dinyalakan lagi). Kemungkinan belum dapat sinyal internetnya. Tks :)

  14. 404
    iday says:

    Gan gmana cara aksen situs gratis di andro,,seperti situs http://wap.three.co.id nya three

    • Admin says:

      Maksudnya akses internet tanpa mengurangi pulsa / jatah kuota internet? Kalau seperti itu saya belum ada infonya, kalau ada yg tau saya juga mau dikasih infonya :)

  15. 405
    Ghazi Guapo says:

    gan caranya add google gimana??,udh gue ikutin langjah2nya tetep gk bisa?

Leave a Reply

Current ye@r *

3 Trackbacks to "Cara Setting Internet Android Dengan Mudah"