Cara Setting Internet Android Dengan Mudah

Handphone Android tanpa adanya koneksi internet rasanya kurang lengkap. Berikut akan kami informasikan cara setting internet Android. Screenshot yang kami tampilkan pada tutorial ini mungkin saja sedikit berbeda dengan tampilan antarmuka (interface) handphone milik anda, namun secara garis besar, cara yang digunakan sama.

Apabila anda ingin mengetahui cara menggunakan handphone Android karena baru saja membelinya, ada baiknya anda membaca postingan berikut:

“Cara Menggunakan Handphone Android”

Langkah singkat mengatur settingan internet Android:

  1. Pergi ke Settings (pengaturan)
  2. Klik Wireless & Networks (Nirkabel dan Jaringan)
  3. Klik Mobile Networks (Jaringan Seluler / Telepon)
  4. Klik Access Point Names (Nama Akses Point / nama titik akses)
  5. Tekan tombol MENU > klik New APN (APN Baru)
  6. Isi Name (nama), APN, Username (nama pengguna) dan Password (kata sandi) sesuai dengan provider telepon yang digunakan
  7. Tekan tombol MENU > klik Save (Simpan)
  8. Pilih APN yang baru dibuat dengan mengklik bulatan di samping kanan nama APN yang baru dibuat. Klik hingga bulatan berwarna hijau.

Untuk OS Ice Cream Sandwich / Jelly Bean: 

  1. Masuk ke  “System Settings” (Dari layar utama, tekan tombol MENU terlebih dahulu utk masuk ke Settings)
  2. klik “More…”  (Dibawah tulisan Wireless & Networks”
  3. klik Mobile Networks
  4. klik Access point names
  5. Tekan tombol MENU > pilih New APN
  6. Isi APN, Username dan Password sesuai provider telepon yang dipakai
  7. Setelah selesai diisi, tekan tombol MENU > klik Save
  8. Pilih APN yang baru dibuat

Dan berikut langkah detailnya:

1. Langkah pertama cara setting Internet Android adalah dengan masuk ke menu settings (pengaturan) dengan cara menekan tombol “home” lalu tekan tombol “menu” lalu sentuh pilihan settings (pengaturan) pada layar.

Cara kedua masuk ke menu settings adalah dengan masuk ke app drawer lalu pilih settings (pengaturan).

Android Internet Setting

Tombol-tombol pada Samsung Galaxy Mini

 

2. Setelah masuk ke menu settings, sentuh layar pada menu pilihan wireless & networks (Nirkabel & Jaringan), biasanya terletak paling atas.

Internet Setting Android

Cara Setting Internet Handphone Android

3. Setelah itu cari pilihan Mobile networks (Jaringan selular / telepon), bila anda tidak dapat menemukannya, coba geser (usap) layar kebawah. Pada handphone Android yang kami gunakan, pilihan menu Mobile networks (jaringan selular) terletak pada bagian paling bawah dari layar.

Setting Internet Android

Setting Internet Android

 

4. Setelah itu untuk melakukan setting internet Android, pilih menu Access Point Names (APN) / Nama Akses Point / Nama Titik Akses.

APN internet setting Android

APN Internet Setting Android

 

5. Setelah masuk ke menu APN, tekan tombol “menu” lalu pilih New APN (APN Baru)

setting android gprs

Setting Internet Android New APN

 

6. Setelah itu Anda akan menemukan banyak data yang harus diisi, namun anda tidak perlu khawatir, karena untuk setting internet Android, pada umumnya yang harus diisi hanyalah:

  • Name (Nama): Nama tidaklah penting hanya sebagai pembeda saja
  • APN
  • Username (Nama pengguna)
  • Password (Kata sandi)

Parameter Setting (APN, Username dan Password) untuk paket internet Android di Indonesia dapat dilihat pada postingan berikut:

“Parameter Setting Internet Handphone dan Modem untuk Provider GSM dan CDMA di Indonesia” (klik).

Terkadang ada provider yang meminta Authentication Type (Jenis otentifikasi) agar dapat diisi, namun jika tidak diminta, anda tidak harus mengisinya.

setting koneksi internet handphone android

Parameter koneksi internet pada handphone Android

 

7. Setelah selesai, tekan tombol menu lalu sentuh pilihan Save (Simpan) untuk menyimpan settingan, bila ingin membatalkan atau menghapus settingan, pilih Discard (Batal/lepaskan).

8. Untuk mengaktifkan atau memilih settingan internet Android yang sudah dibuat, Anda hanya perlu menyentuh (mengklik) pada lingkaran di sebelah nama APN pilihan anda. APN yang aktif ditandai dengan lingkaran berwarna hijau.

Mengaktifkan dan menonaktifkan koneksi data / internet

Jika sudah dilakukan pengaturan diatas namun tetap tidak dapat terkoneksi ke internet, pastikan bahwa settingan data paket atau koneksi data pada handphone sudah diaktifkan. Caranya:

  1. Buka Settings(pengaturan)
  2. Wireless & Networks (Nirkabel & Jaringan)
  3. Klik Mobile Networks (jaringan selular)
  4. Beri tanda centang atau klik pada bagian Data Enabled (aktifkan data) / Data Connection atau pada beberapa tipe handphone tulisannya Use packed data (Gunakan koneksi data / data diaktifkan).

Setelah itu pastikan muncul tanda G/E/3G/H di sebelah indikator kekuatan sinyal. Jika tidak muncul, maka kemungkinan di daerah Anda tidak terdapat sinyal internet.

Tambahan: Mengatur jaringan berjalan di 2G (GSM) atau 3G (WCDMA):

Anda dapat mengatur jaringan agar hanya berjalan di 2G (EDGE/GPRS) saja, pada jaringan 3G (WCDMA/HSPA) saja atau bisa juga diatur dual mode, yaitu dapat berjalan di 2G maupun di 3G.

Kelebihannya bila diatur dalam jaringan 2G only adalah baterai akan sedikit lebih irit, namun kekuranganya kecepatan internet akan berkurang.

Kelebihannya bila diatur dalam jaringan 3G only adalah koneksi akan dipaksa tetap berjalan di jaringan 3G. Kelemahannya, bila kondisi sinyal kurang baik, sinyal akan sering hilang.

Kelebihannya bila diatur dalam dual Mode adalah Handphone Android secara otomatis akan mengatur jaringan berjalan pada mode 2G atau 3G tergantung dari kekuatan sinyal. Bila kekuatan sinyal bagus, maka akan diatur berjalan di jaringan 3G, jika kekuatan sinyal jelek, maka akan otomatis berganti ke jaringan 2G.

Berikut cara pengaturannya:

1. Pergi ke Settings (pengaturan)

2. Wireless & Networks/wireless controls (Nirkable & Jaringan)

3. Mobile networks (Jaringan telepon / Seluler), setelah itu lakukan pengaturan dibawah:

4.a. Bila ingin mengatur agar jaringan berjalan di 2G only:

  • Cari tulisan “Use only 2G networks” > beri tanda centang.
  • Bila tidak ditemukan tulisan “Use only 2G networks” (Gunakan koneksi 2G), cari pilihan “Select Network” (Pilih Jaringan) > pilih “2G only”.(2G saja).
  • Bila tidak ditemukan, cari pilihan “Network Mode” (Mode Jaringan) > “GSM Only” (GSM saja).
Catatan: 2G Only = GSM Only = GPRS / EDGE

4.b. Bila ingin mengatur agar jaringan di 3G only:

  • Cari pilihan “Network Mode” (Mode Jaringan) > klik WCDMA Only

Catatan: 3G= WCDMA = HSDPA/HSUPA

4.c. Pengaturan Dual Mode

  • Cari pilihan “Network Mode” (Mode Jaringan) > klik GSM/WCDMA (Auto Mode)

Demikianlah tutorial cara setting Android persembahan dari harga-hp.com. Bila ada yang ditanyakan, atau mau memberi pendapat, silahkan isi form komentar dibawah.

FAQ (Pertanyaan yang sering diajukan):

  • 1.  Saya sudah melakukan pengaturan APN internet, kenapa masih tidak bisa koneksi internet? Jawab: Pastikan pengaturan internet sudah diaktifkan (baca bagian CATATAN diatas)
  • 2. APN sudah saya setting, data enabled juga sudah dicentang, tapi kenapa masih tidak bisa koneksi ke internet? Jawab: Coba restart / reboot handphone Android Anda (dimatikan lalu dinyalakan lagi) dan tunggu beberapa saat sampai sinyal internet aktif. Aktifnya sinyal internet ditandai dengan munculnya hurf G atau E atau 3G atau H disamping indikator kekuatan sinyal. Bila sudah di restart tapi tetap tidak dapat terkoneksi ke internet, kemungkinan memang sedang ada gangguan jaringan internet dengan operator yang digunakan.
  • 3. Saya bisa akses internet menggunakan Opera Mini, tapi kenapa saya tidak bisa masuk ke Android Market, buka YouTube atau aplikasi lainnya? Jawab: Hal ini kemungkinan besar akibat koneksi internet yang digunakan kecepatannya lambat. Opera Mini mengkompresi website yang dibuka sehingga pemakaian datanya irit. Oleh karena itu Anda masih dapat meng-akses internet karena Opera Mini hanya menggunakan sedikit data internet. Sementara itu, Android Market apalagi YouTube menggunakan data internet dengan cukup banyak, sehingga diperlukan koneksi internet yang cukup cepat agar dapat menggunakan aplikasi ini.
  • 4. Saya bisa Browsing, bisa Twitter-an, bisa Facebook-an, tapi kenapa tidak bisa menggunakan Aplikasi Android market? Jawab: Untuk dapat menggunakan aplikasi Market, Anda harus memiliki akun Google (Gmail, Youtube, dll) dan harus sign-in (login). Apabila belum memiliki akun Google, buat dulu yang baru. Untuk membuatnya bisa langsung dari handphone, melalui menu Settings > klik Account & Settings > klik Add Account > Klik Google > klik Next > Klik Create > ikuti langkah selanjutnya.
  • 5. Saya sudah menggunakan paket internet (paket data), tapi kenapa pulsa masih terpotong? Jawab: Hal ini bisa disebabkan karena Anda menggunakan APN (Access Point Name) yang salah. Jadi Anda menggunakan APN yang bukan untuk paket internet. Solusinya, hubungi call center provider telepon, tanyakan untuk paket internet yang Anda pilih, sebaiknya menggunakan APN apa? Catat APN, Username dan Password yang diinformasikan oleh operator, setelah itu lakukan settingan secara manual seperti pada artikel.

1199Comments

  • Mas..hp saya samsung galaxy star plus..kartu.a 3 nih,kok sinyal.a E mulu ya?pernah G sekali tpi setelah sya pindah card(duos) sinyal G di card 3 ilang..itu knp ya?Abis itu enggak prnh keganti G lgi
    Buat main game,akses internet jdi susah nih -,-

    • Justru G (GPRS) lebih lemot daripada E (EDGE). Ponselnya dual sim bukan? kalau dual SIM, pindahkan kartu yang mau dipakai internet ke slot satunya.

  • saya sudah setting apn..tapi apn nya tidak bisa di aktifkan tidak bisa di klik wrna hijau..mhon penjelasanaya..
    samsung galaxi prime

  • Gan kan ane udh insert sim card ni pas waktu hpnya nyala ane nyalain mobile data malah keluar tulisan insert sim card to access network service, mohon bantuan nya min:(

    • Buka sim card-nya lalu coba bersihkan chip-nya mungkin kotor. Kalau konektor sim card di hp bisa dibersihkan, bersihkan juga. Tapi dengan bahan yang lembut, jangan sampai merusak. Kalau seandainya itu adalah sim card yang di potong (misalnya micro SIM), kalau ga terbaca biasanya karena potongannya kurang pas.

      • masih tetep gan, mungkin ini gara2 ane gatau buka puk kode gatau ganti puk kode, waktu itu ane nyalain hp terus disuruh masukin puk kode gitu, dan ane gaktau itu gimana ngisi nya, terus hpnya ane matiin lg, buka simcardnya terus masukin lg, pas hpnya nyala gausah isi puk kode tp wakt nyalain mobile data, keluar tulisan insert sim card mulu..

        • Kalau karena PUK itu artinya kartu SIM Card-nya terblokir. Permasalahannya di kartu SIM-nya, bukan di HP-nya. Untuk mengatasinya mesti datang ke gerai provider teleponnya, minta kartu SIM Baru. Bawa KTP Sebagai bukti identitas diri

  • mlm mas ..
    mo nax nih .. hp smsg V ane kok tb2 g bisa pke intrnetan y??? pdhl kmrn2 msh bisa.. sdh ane utak atik pgaturanx tp ttp aj GPRS/EDGE/3G g ada yg muncul. padahal di hp nokia stabil aja tu koneksi internetnya .. mohon saranx mas .
    mksh ;)

    • Pasti settingan paket data di hp tidak aktif. Saya tidak ada smsg V jadi ga bisa pastikan caranya gimana. Tapi biasanya ada di notification panel, klik paket data (biasanya ada tanda panah naik turun)

    • Cek settingannya apakah 2G only atau berjalan di jaringan GSM Only. Cara aturnya bisa dibaca diatas pada bagian cara mengatur 2G only / 3G only

  • Mau tanya kenapa yah hp android dual sim ( saya pake prov im3), untuk yg bukan di pakai internetan.. kadang kalau di telf ga aktif? Padahal sinyalnya ada, Mohon solusinya ya, terima kasih

    • Kalau masalah ini biasanya masalah jaringan. Kalau untuk solusinya saya juga kurang tahu, karena biasanya masalah dari jaringan providernya. Jadi sang penelpon biasanya kalau mencoba telp lagi baru bisa.

    • Lenovo A156 setau saya hape GSM, bukan CDMA. Jadi ga mungkin bisa jalan di jaringan CDMA. Mungkin yang dimaksud itu WCDMA = itu jaringan 3G (beda dengan CDMA).

  • mas kenapa yaa tablet advan t3c saya gamau connect ke wifi. setiap nyalain wifi otomatis mati sendiri wifinya dan gamau terhubung. sama gabisa nyalain bluetooth. makasih mas

    • COba di restart dulu tabletnya (dimatikan lalu dinyalakan lagi). Kalau setelah di restart masih sama, coba factory reset (akan hapus semua data). Kalau setelah factory reset masih sama, kemungkinan ada masalah di softwarenya, disarankan upgrade firmwarenya.

1 33 34 35

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>