Cara Menghubungkan Keyboard Lengkap Dengan Mouse Pada Android

Saat ini cukup banyak orang yang mengandalkan Android, khususnya jenis tablet untuk membantu pekerjaan. Walau saat ini masih belum dapat menggantikan fungsi notebook maupun PC secara keseluruhan, namun kepraktisannya untuk dibawa kemana-mana menjadi daya tarik tersendiri.

Apabila Anda sedang ingin mengetik dokumen panjang, misalnya untuk mengetik sebuah naskah atau berita, maka akan jauh lebih nyaman bila menggunakan keyboard fisik dibanding keboard virtual. Kali ini saya akan mengajarkan bagaimana caranya menghubungkan keyboard ke tablet maupun handphone Android bersamaan dengan mouse.

Catatan: Tidak semua handphone maupun tablet Android dapat menggunakan tutorial dibawah, oleh karena itu bila memungkinan, saat hendak membeli barang-barang yang diperlukan, bawa handphone / tablet Android-nya lalu dicoba dulu apakah berfungsi atau tidak.

Yang Anda perlukan:

  1. Perangkat Android yang support USB OTG
  2. Kabel USB OTG (On the Go)
  3. Keyboard
  4. Mouse
  5. USB to PS/2 converter (bila menggunakan keyboard & Mouse jenis PS/2)
  6. USB Hub (bila menggunakan keyboard & Mouse jenis USB)

Bagian 1: Menghubungkan Keyboard saja atau Mouse Saja ke Android

Untuk menghubungkan Keyboard atau Mouse ke Android, Anda membutuhkan kabel USB OTG (On the GO). Apa itu kabel OTG? Adalah sebuah kabel yang berguna untuk menghubungkan antara perangkat Android dengan perangkat lainnya, misalnya Keyboard, Mouse, Flashdisk, dll.

Berikut adalah contoh gambar kabel USB OTG:

Kabel USB OTG

Gambar diatas merupakan kabel USB OTG dengan satu ujung berjenis Male Micro USB dan ujung lainnya adalah female USB. Kabel diatas digunakan untuk tablet maupun smartphone Android yang memiliki port Micro USB dan sistem operasinya mendukung.

Anda dapat membeli kabel USB OTG di toko komputer, toko handphone atau bisa juga melalui internet. Harganya bervariasi, biasanya berharga dikisaran 60 ribuan. Kalau beli di internet bisa dapat lebih murah. Bila Anda membeli keyboard + case kulit untuk tablet, terkadang juga ada yang sudah menyertakan kabel USB OTG, jadi tidak perlu beli lagi. Harga keyboard + case untuk tablet 7 inchi biasanya dikisaran 100 ribu, bisa kurang bisa lebih (tergantung jenis, model dan bahan pembuat casenya)

Untuk menghubungkan keyboard atau mouse, Anda cukup memasang keyboard/mouse USB ke kabel OTG lalu dihubungkan ke tablet/HP. Bila keyboard sukses terkoneksi, Anda dapat langsung melakukan pengetikan di dokumen, SMS, internet atau dimanapun membutuhkan input teks. Jika Mouse, sukses terkoneksi, maka akan muncul kursor mouse di layar HP/Tablet. (pada beberapa tipe Android, ada juga yang tidak muncul kursor dan fungsi mouse hanya untuk membalikkan halaman)

Bagian 2: Menghubungkan Keyboard Plus Mouse berjenis PS/2 ke perangkat Android

Pada bagian kedua saya akan mengajarkan untuk menghubungkan keyboard sekaligus mouse yang berjenis PS/2 ke tablet maupun handphone Android. PS/2 disini bukanlah merupakan PlayStation 2, tapi merupakan jenis konektor. Jika Anda memiliki PC atau desktop komputer di rumah, maka keyboard dan mouse yang digunakan biasanya memiliki konektor PS/2 (bentuknya seperti lingkaran, nanti akan ada gambarnya dibawah).

Untuk menghubungkannya ke Android, selain membutuhkan kabel USB OTG, Anda juga membutuhkan kabel USB to PS/2  Adapter. Harganya berkisar anatar Rp. 10 rb – 50 ribuan. (Kalau saya menggunakan yang harga Rp. 10 rb dan berfungsi dengan baik tanpa masalah).  Berikut gambar kabelnya:

Kabel USB to PS/2 Adapter

Untuk menghubungkannya juga mudah, Anda cukup menyambung Keyboard dan Mouse ke kabel USB to PS/2 > sambungkan ke kabel USB OTG > Colok ke tablet/smartphone Android Anda.

Gambarnya setelah tersambung kurang lebih seperti ini:

Samsung Galaxy Note yang terhubung dengan Keyboard + Mouse komputer

Bagian 3: Menghubungkan Android dengan Keyboard sekaligus mouse berjenis USB

Bila Anda tidak memiliki Keyboard maupun Mouse dengan konektor berjenis USB dan bukan PS/2 seperti diatas, maka untuk menghubungkan keduanya pada saat bersamaan, Anda membutuhkan alat yang bernama USB Hub. Pada dasarnya fungsi Hub adalah untuk mencabangkan port female USB.

Contoh gambar USB hub:

USB Hub

Untuk menggunakannya Anda cukup mencolokkan Mouse + Keyboard USB ke USB Hub > Sambungkan ke kabel USB OTG > colok ke tablet / Handphone Android.

Kekurangannya menggunakan USB hub adalah bila digunakan pada hp / tablet tertentu, terkadang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, misalnya keyboard tiba-tiba tidak bisa digunakan, atau mousenya, atau bisa juga keduanya tiba2 tidak berfungsi. Hal ini bisa disebabkan akibat kualitas USB Hub yang tidak baik; handphone / tablet tidak cukup kuat untuk menggunakan mouse dan keyboard secara bersamaan atau bisa juga karena software hp / tabletnya tidak support.

Demikianlah informasi cara menghubungkan keyboard sekaligus mouse, semoga bermanfaat :)

Artikel Lain:

Loading…

22 Comments to "Cara Menghubungkan Keyboard Lengkap Dengan Mouse Pada Android"

  1. 1
    abah says:

    gan.. bagaimana cara menghubungkan keyboard sekaligus modem secara bersamaan pd vandroid advan t2.
    saya dh coba tp sepertinya kok jadi gk berfungsi dua2nya.
    kalau saya lepas salahsatunya bisa berfungsi.
    saya ingin keyboard berfungsi saat koneksi internet dgn terpasangnya modem tp malah keduanya gk akur….wkwkwk

    • Admin says:

      Ada dua kemungkinan.
      Yang pertama, kemungkinan kualitas USB Hub-nya kurang bagus. Gunakan USB Hub yang berkualitas bagus, biasanya kalau yg bagus bisa support hardisk sampai 1 TB (ada tulisan di bungkus USB hub-nya)
      Kemungkinan kedua, power USB Port Vandroid T2 memang kurang kuat jadi tidak bisa di paralel. Kalau seperti ini, solusinya pakai Keyboard Bluetooth (Kalau di tabletnya support bluetooth). Tapi memang keyboard buetooth lumayan mahal. Tks :)

  2. 2
    anis says:

    gimna cranya mnghubungkan keyboard dgn tablet venera..
    pdhal sdah diberi kbel OTG, tp ttep gak bisa terdeteksi, tp saat keyboard d coba d kmputer bisA…
    pertanyaan sya, pa da pengaturan khusus dri hp atau gimna??

    trimz..

    • Admin says:

      Pada umunya tdk ada pengaturan khusus. Saat dicolok langsung bisa terdeteksi. Utk kasus Tablet milik Anis bisa ada dua kemungkinan: Tabletnya tidak support atau kemungkinan kedua kabel otg-nya bermasalah. Kalau baru beli, coba kembali ke toko tempat pembelian (bawa juga keyboardnya) lalu coba gunakan otg yg lain. Tks :)

    • Lely Noor says:

      Problem saya mirip ini. Pake tablet lenovo ideatab a2109. Tidak konek karena otg yg bermasalah, keboardnya bisa dicoba di PC. Ganti OTG baru konek tp keyboard gak berfungsi di tablet, apa perlu instal aplikasi ya?

      • Lely Noor says:

        maaf, maksudnya saya ideatab a2107

        • Admin says:

          Seharusnya tidak perlu install aplikasi sudah bisa langsung terkoneksi. Coba tablet-nya di restart dulu. Kalau masih tidak bisa terkoneksi, kemungkinan harus di update firmware-nya. Coba kunjungi service center Lenovo terdekat. Tks :)

  3. 3
    fandysidharta says:

    gan mau tanya. saya pake samsung galaxy tab2 7″ . saya sudah mencoba melakukan connecting dengan flashdisk di tablet saya.. keyboard juga sudah saya coba dan keduanya berfungsi dengan baik. saat saya mencoba mouse kok pointernya tidak muncul di layar ? apa memang pointer tidak muncul ? atau tablet saya yg tidak menerima untuk connect dengan mouse tersebut ? mohon pencerahannya..

    • Admin says:

      Pertama2 pastikan dulu mouse-nya tidak bermasalah. Kalau Mouse OK, coba gerakkan mousenya, kadang2 pointer memang tidak muncul, tapi fungsi mouse hanya untuk membalik halaman. Kalau tidak ada respon sama sekali, coba gunakan mouse yang lain, cari yang tidak banyak variasinya (misalnya ada lampunya, dsb). Tks :)

      • machi says:

        gan, sama permasalhannya. emang kalau bisa pake mouse, apa pointernya itu muncul secara otomatis gan?

        • Admin says:

          Tergantung firmware yang digunakan. Ada firmware yang akan langsung muncul pointer mousenya tapi ada juga yang tidak muncul, jadi fungsi mouse hanya untuk menggeser halaman, naik-turun, dsb. Tks :)

          • mathe says:

            Numpang tanya gan. Masalah saya krg lbh sama seperti diatas. Mouse+otg kluar pointer dan bekerja normal. Otg+usb hub 4 port, modem dan flashdisk konek, tp mousenya yg gx bsa, padahal lampu mouse nyala (brarti trkonek kan gan) sama tablet ane. Apa usb Hubnya gx cocok, ato ada mslah lain gan? Ane pake tablet lokal treq a10c. Thx sblmnya.

          • Admin says:

            Coba langsung koneksikan Mouse saja, yang lain dilepas dan tanpa USB Hub. Kalau bisa bekerja, berarti power tablet tidak cukup kuat mengkoneksikan Mouse melalui Hub atau bisa juga kualitas Hub-nya kurang baik. Tks :)

  4. 4
    takim says:

    gan, q pke tablet treq turbo trus q pke keyboard fisik tp anehnya kdang konek ke tablet tp kadang juga ga knek ke tbletnya. Tp lbih sring gak koneknya dr pd knek ke tabletnya. Ntu gimana tu?

    • Admin says:

      Ada kemungkinan kabel keyboard-nya rusak, jadinya putus nyambung. Kalau memungkinkan, coba pasang keyboard di perangkat lain, kalau juga bermasalah, berarti memang dari kabel. Tks :)

  5. 5
    zaim says:

    bos tablet ane mito t600 os kue jahe (ginger bread).
    perngkt ud ada semua. tp pas ane colokinn lngsung matii tab ny knp yaaa? bls via email aja yah..

  6. 6
    efendi says:

    Apakah samsung galaxy grand duos bisa di koneksikan ke keyboard & mouse external juga gan?

  7. 7
    indonesiajaya says:

    Salam.
    Terima kasih untuk artikel ini, saya memang belum pernah punya tablet android, selama ini pakai netbook dan sekarang rencananya mau beli tablet dan sebelum beli saya ingin cari informasi dulu sebanyak-banyaknya dan akhirnya sampai kesini.
    Saya mau tanya:
    1. Apakah USB OTG itu sama dengan USB Host?
    2. Apakah Samsung Galaxy Tab 3 yang 7 inch tidak ada USB OTG?
    3.Apakah tablet murah seperti Acer Iconia Tab B1-A71 bisa pakai USB OTG?
    4.Apakah cara pakai notepad di tablet seperti di laptop?
    5.Apakah klik kanan di tablet seperti di laptop?
    6.Apakah copy paste di tablet seperti di laptop?

    Demikian dan terima kasih. God bless you.

    • indonesiajaya says:

      salam. tks mas replynya.
      saya sudah cari info, memang kedua tab yang saya sebutkan tidak mendukung otg.

      Ya notepad (text editor) itu yang saya maksud, biasanya saya memang simpan username/password di file txt, kemudian copas kalau mau login ke suatu web/forum.

      Saya perlunya untuk ngeblog mas, jadi sangat perlu untuk klik kanan (buka tab baru, copy links ) Ctrl A, Ctrl C, Ctrl V. Kalau sudah pasang mouse dan keyboard apakah fungsi-fungsi tersebut tetap tidak bisa dilakukan ?

      Demikian dan terima kasih. God bless you.

Leave a Reply

Current day month ye@r *