Cara Menghapus Thumbnail Foto/Video di Gallery Android

Apabila Anda baru saja menghapus foto atau video dari aplikasi Gallery handphone / tablet Android, terkadang Anda masih dapat melihat Thumbnails pada Gallery.

Apa itu Thumbnail?

Thumbnail adalah semacam gambar kecil yang berguna untuk preview gambar atau video yang tersimpan di memori. Thumbnail bisa juga dibilang adalah versi mini dari sebuah gambar.

Setiap Anda menyimpan atau mengunduh (download) foto atau Video di tablet / handphone Android, aplikasi Gallery atau aplikasi yang sejenis secara otomatis akan menciptakan thumbnail. Thumbnail berfungsi untuk mengenali foto atau video tanpa harus membuka file.

Yang sekarang menjadi masalah adalah ketika Anda menghapus foto atau video dari handphone Android, terkadang thumbnail dari foto atau video tersebut masih dapat terlihat di aplikasi Gallery.

Sebagai contoh, misalnya Anda menyimpan koleksi foto “harimau”, lalu karena memori telepon penuh, Anda menghapus foto-foto tersebut. Namun saat Anda membuka aplikasi Gallery, thumbnail dari foto “harimau” masih terlihat atau masih terlihat foto-foto harimau dalam ukuran kecil.

Tentu saja kondisi ini bagi sebagian orang merupakan kondisi yang tidak nyaman, karena seperti meninggalkan jejak apa saja yang baru Anda simpan / unduh di perangkat Android.

Cara menghapus Thumbnail Foto / Video di Gallery Android

Untuk menghapus thumbnail foto atau video di handphone Android dapat dilakukan dengan beberapa cara. Silahkan Anda pilih yang paling efektif digunakan di perangkat Android yang dimiliki.

Cara #1: Install Aplikasi SDrescan

Aplikasi SDrescan berguna untuk men-scan ulang atau memindai SD card untuk mengetahui apakah ada perubahan pada SD card, misalnya penambahan file atau pengurangan file. Untuk menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah, berikut caranya:

  1. Buka Aplikasi Android Market > ketikkan SD Rescan di kolom pencarian
  2. Install Aplikasi SDrescan buatan Benjamin Rosseaux
  3. Buka aplikasi SDrescan, biarkan aplikasi berjalan beberapa saat
  4. Selesai

Ukuran aplikasi ini kecil (hanya sekitar 16 KB) dan juga cara menggunakannya sangat mudah. Apabila Anda ingin menghapus thumbnail dari handphone Android, saya menyarankan untuk mencoba cara ini terlebih dahulu.

cara hapus foto kecil handphone android

Gambar 1. Aplikasi SDrescan

Cara #2: Restart Handphone atau Tablet Android Anda

Pada beberapa tipe Android, dengan cara hanya merestart perangkat (mematikan lalu menyalakannya lagi), biasanya sudah dapat menghapus thumbnail yang tersimpan.

Cara #3: Hapus Thumbnail menggunakan aplikasi Astro File Manager

Berikut tahapannya:

  1. Install aplikasi Astro File Manager dari Android Market > Buka Aplikasinya
  2. Tekan tombol MENU > klik Preferences
  3. Klik Cache
  4. Klik Clear “Thumbnail Cache”

Cara #3: Hapus folder com.cooliris.media

Untuk menghapus folder ini, dibutuhkan bantuan aplikasi file manager, misalnya Astro File Manager. Berikut tahapannya:

  1. Buka aplikasi File Manager > pada umumnya pada saat aplikasi File manager diaktifkan, Anda akan berada di dalam folder SD card (tertulis mnt/sdcard)
  2. Buka folder .cooliris (tertulis mnt/sdcard/.cooliris)
  3. Buka folder data (tertulis mnt/sdcard/.cooliris/data)
  4. Didalam folder data akan ditemukan folder com.cooliris.media > hapus folder tersebut.

Bila Anda tidak dapat menemukan folder .cooliris, coba buka folder: mnt/sdcard/Android > hapus folder com.cooliris.media. Kalau tidak ada, coba buka folder mnt/sdcard/Android/data.

Setelah folder tersebut dihapus, maka aplikasi Gallery akan melakukan scan ulang dan thumbnail yang lama akan sudah hilang.

Gambar 2. Hapus folder "com.cooliris.media"

Demikianlah beberapa cara menghapus thumbnail foto atau video pada handphone atau tablet Android. Semoga bermanfaat, salam, harga-hp.com :)


Artikel Lain:

Loading…

87 Comments to "Cara Menghapus Thumbnail Foto/Video di Gallery Android"

  1. 31
    Anonymous says:

    Mau tanya min cara stop file thumbdata gimana ya? Soalnya size filenya sekitar 800MB, boros muatan kapasitasnya

    • Admin HHP says:

      1. copy file thumbdata ke folder lain (buat jaga-jaga)
      2. Copy nama file thumbdata
      3. hapus file thumdata beserta file lain yang ada di folder yg sama
      4. Buat folder baru yang namanya sama dengan file thumbdata
      5. Reboot ponsel
      6. Kalau semua fungsi berjalan normal (kamera, video, gallery), Anda bisa menghapus file backup yang tadi dismpan di folder lain. Tks :)

Leave a Reply