Cara Mengetahui Aplikasi yang Menggunakan Internet Pada Handphone Android

Berikut adalah pertanyaan yang masuk melalui Artikel “Cara Mematikan Koneksi Internet Android”

om kalo pengen tau aplikasi apA ajA yg make internet gmn carAnya,?

Handphone Android adalah handphone yang sering kali terkoneksi ke internet, bahkan aplikasi dapat terkoneksi ke internet saat sedang berjalan di background atau tidak sedang digunakan. Hal ini merupakan kelebihan dan juga kekurangan handphone Android.

Merupakan kelebihan karena aplikasi-aplikasi pada handphone Android akan menampilkan informasi secara real time dan juga selalu update. Misalnya Anda akan secara otomatis mendapatkan pemberitahuan ketika ada pesan sosial yang masuk (misalnya YM, Twitter, dll) tanpa perlu masuk ke aplikasi tersebut.

Menjadi kekurangan tentu saja karena hal tersebut akan menyedot pulsa dan mungkin dapat menjadi masalah besar khususnya bagi yang belum berlangganan paket internet unlimited.

Bagi Anda ingin mematikan koneksi data internet Android atau ingin mematikan fitur sinkronisasi Android, dapat membaca artikel berikut:

Bila Anda masih memerlukan koneksi internet Android karena membutuhkan fitur layanan seperti push email, namun tidak ingin pulsa (data) terpotong akibat aplikasi lainnya, maka Anda dapat menginstall Aplikasi “Traffic Monitor by RadioOpt”.

Dengan aplikasi ini Anda dapat mengetahui aplikasi Android mana saja yang menggunakan koneksi internet. Dengan mengetahuinya Anda dapat mengambil tindakan seperti membuang (uninstall) aplikasi tersebut, atau mematikan aplikasi tersebut agar tidak berjalan di background menggunakan Task Manager yang telah terintegrasi dengan aplikasi Traffic Monitor.

Berikut langkah-langkah menginstall aplikasi Traffic Monitor:

  • Unduh (download) Aplikasi melalui Android market
  • Setelah terinstall, letakkan Widget Traffic Monitor di layar utama dengan cara menyentuh dan tahan layar utama > pilih Widgets > Pilih “Traffic Monitor” Sebelumnya pastikan pada layar utama masih tersedia ruang untuk meletakkan widget.
Widget Android Traffic Monitor

Gambar 1. Sentuh dan tahan layar untuk mengaktifkan widget

  • Bila widget sudah terpasang, tampilannya akan seperti dibawah ini:
Android traffic monitor

Gambar 2. Android Traffic Monitor

  • Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan koneksi internet, Anda cukup menyentuh gambar “Bola Dunia” dibawah tulisan “Traffic Monitor”. Bila disentuh akan muncul tampilan seperti dibawah ini
Internet Monitor Android

Gambar 3. Daftar Aplikasi yang menggunakan koneksi internet Android

  • Gambar panah kebawah menandakan besarnya file atau data yang di unduh (download) oleh aplikasi, tanda panah keatas menandakan besarnya file yang di unggah (upload) oleh aplikasi Android. Sedangkan tanda sigma (seperti huruf E) menandakan total file yang di unduh dan di unggah oleh Aplikasi.
  • Jika Anda telah mengetahui aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data, Anda dapat mematikan aplikasi tersebut dengan menggunakan Task Manager. Untuk mematikan aplikasi, klik tulisan “Task Manager” yang terletak di bagian kanan bawah (lihat gambar diatas) > beri tanda centang pada aplikasi yang ingin dimatikan > klik “Kill”. Namun, bila Anda tidak mengetahui secara pasti aplikasi yang ingin dimatikan, sebaiknya berhati-hati, karena bila Anda mematikan aplikasi yang merupakan sistem Android, maka HP dapat berfungsi dengan tidak semestinya dan Anda harus merestart handphone.
  • Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat melakukan pengetesan kecepatan internet yang sedang Anda gunakan. Caranya adalah dengan menekan gambar “spidometer” (gambar jam) pada widget Traffic Monitor. Namun, perlu kami ingatkan bahwa untuk melakukan tes kecepatan internet akan dikenakan pulsa (data) karena aplikasi akan mengunduh sejumlah data untuk mengetahui kecepatan internet.

Catatan: Jika aplikasi Traffic Monitor sudah tidak diperlukan lagi atau tidak ada aplikasi “bandel” yang menggunakan koneksi internet seenaknya, maka Anda dapat menghapus aplikasi ini, karena biar bagaimanapun aplikasi ini menggunakan daya CPU ketika melakukan monitoring aplikasi-aplikasi lainnya.

Demikian informasi mengenai aplikasi Traffic Monitor persembahan harga-hp.com, bila masih ada yang kurang jelas atau ada hal yang ditanyakan seputar Android dapat mengisi form komentar dibawah. Terima kasih :)


Artikel Lain:

Loading…

26 Comments to "Cara Mengetahui Aplikasi yang Menggunakan Internet Pada Handphone Android"

  1. 1

    [...] Tutorial selengkapnya dapat dilihat pada artikel berikut: cara memantau aplikasi Android yang menggunakan internet. [...]

  2. 2
    rudi says:

    mangstab, ini yg saya cari mas, jd biar bisa control lalu-lintas inet, biar aplikasi yg gak perlu dibunuh aja, ujung2nya buat hemat baterai hehe :D

  3. 3
    Hamid says:

    gak bisa untuk ponsel ya?

  4. 4
    Suarjana says:

    Aplikasi apa saja yg tdk blh di kill agar tdk merusak kerja android…?

    • Anonymous says:

      Aplikasi2 yang berhubungan dengan sistem, misalnya aplikasi mail, battery monitor, services, dll. Terima kasih :)

  5. 5
    Faizal says:

    thanks infonya ini yang saya cari.. soalnya android saya setelah reset data pabrikan baru 3 hari sudah melahap 400mb kuota internet.. padahal langganan cuma 500mb :-( baru ketahuan setelah pakai aplikasi ini ternyata kuota termakan aplikasi Google+ Ungah Sekejap…

    • Anonymous says:

      Saya malah belum pernah Install Google+ :P Anyway, setidaknya Faizal sudah tidak penasaran lagi kemana pulsanya pergi kan. Terima kasih :)

  6. 6
    rachman says:

    sistem,maps dan android keyboard dan aplikasi yg baru sy donlod dr market update sendiri scr otomatis spt (tweetcaster,go sms pro,ubersocial)
    gmn y caranya menghentikan update otomatis ini
    boros pulsa wlpun udah pke unlimited (ada paket quota kec maksimal)

    • Anonymous says:

      Caranya pergi ke Android Market > cari / buka aplikasi yang sering melakukan update (misalnya cari dan klik aplikasi Go SMS Pro di Market) > Setelah masuk ke keterangan aplikasi Go SMS di market, hilangkan tanda centang dari tulisan “Allow automatic updating”. Tks :)

  7. 7
    ridwan says:

    untuk hp android, kuota internetnya biasanya berapa sebulan.. ?

  8. 8
    yuni says:

    sy sudah pakai unlimited telkomsel 5rb/hari. tapi pulsa reguler masih terkuras…jadi bagaimana solusinya

  9. 9
    rian says:

    cara aktifin gprs samsung ace gimana

  10. 10
    yusrond says:

    trima kasih artikelnya . sangat bermanfaat . mulai skarang android saya tidak perlu khawatir lagi kecolongan data . trima kasih

  11. 11
    daens says:

    Mas , gimana caranya tau aplikasi mana aja yang nyedot data dengan aplikasi traffic monitor ?

    • Admin says:

      Perhatikan Gambar 3. diatas. Yang tertera pada gambar tersebut adalah semua aplikasi yang menggunakan internet. Sebagai contoh, pada Gambar 3, yang berada paling atas adalah aplikasi “Market”, tertulis kalau total penggunaan data (ditandai dengan tanda Sigma /”E”) oleh aplikasi market adalah sebesar 1,58 MB. Total data yg di download (ditandai dengan gambar panah kebawah) oleh market sebesar 1,44 MB dan yg di upload (gambar panah keatas) sebesar 149.33 KB. Yang perlu dilihat hanya total penggunaan datanya saja (yg sebesar 1.58 MB). Tks :)

  12. 12
    Wii says:

    klo cm d uninstall ja traffic ny bs ga gan????
    tp applikasiny ga dhapus jd cm di uninstall ja,,,,,
    Thanks be4

    • Admin says:

      Maksudnya bagaimana ya? karena Menghapus aplikasi = uninstall aplikasi. Kalau Wii ingin menghapus (uninstall) aplikasi tapi merasa sayang karena takutnya sewaktu-waktu memerlukan aplikasi ini lagi, maka Wii bisa membackup / membuat cadangan dari aplikasi tersebut. Caranya bisa dibaca pada artikel: Cara backup aplikasi Android (klik). Tks :)

  13. 13
    javas says:

    kalo gw koq beda ya boss. misalnya gw beli pulsa ne tiba langsung ludes tinggal 0 rupiah… gmna tu boss penjelasanya?

    • Admin says:

      Pulsa langsung ludes bisa disebabkan beberapa hal, misalnya Javas pernah berlangganan konten (SMS) premium, ada proses download yg belum selesai, terdaftar pada sistem perpanjangan internet otomatis, dll. Untuk memastikan, disarankan menghubungi customer service provider telepon lalu tanyakan penyebab pulsa habis, nanti bisa dicek pemakaiannya utk apa saja. Tks :)

  14. 14
    andi says:

    mas saya mau nanya, gimana cara menghapus akun gmail di galaxy y… mksh

Leave a Reply

Current day month ye@r *

1 Trackback to "Cara Mengetahui Aplikasi yang Menggunakan Internet Pada Handphone Android"

  1. on June 22, 2011 at 10:07 pm