Cara mengembalikan Foto, File MP3, Dokumen dan Video yang terhapus di Android

Sudah ada beberapa orang yang bertanya melalui kolom komentar bagaimana caranya mengembalikan foto atau file yang terhapus di handphone atau tablet Android. Pada kesempatan kali ini saya akan mengjinformasikan caranya. Namun sebelumnya satu hal yang perlu Anda pahami adalah bahwa tidak ada jaminan bahwa data yang sudah terhapus pasti 100% dapat dikembalikan. Hal ini berlaku di semua sistem, bukan hanya di Android saja.

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan file seperti musik, foto, video dan dokumen yang sudah terhapus. Yang akan kami bahas kali ini adalah Dumpster – Recycle Bin buatan Baloota, Disk Digger Undelete / Recover by Defiant Technologies, LLC dan Undelete for Root Users by Fahrbot.

1. Dumpster – Recycle Bin

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah tidak membutuhkan akses root (Baca: Apa itu root Android). Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda dapat menginstallnya secara gratis melalui Google Play. Cukup ketikkan saja: Dumpster pada kolom pencarian. Aplikasi ini hanya dapat mengembalikan file yang dihapus setelah aplikasi Dumpster terinstall. Untuk file-file yang yang terhapus sebelum Dumspter terinstall tidak dapat dikembalikan oleh aplikasi ini.

Cara penggunaanya sangat mudah, tinggal aktifkan aplikasi, lalu centang aplikasi yang ingin di proteksi / dilindungi dan nanti setiap kali file tersebut terhapus, maka akan secara otomatis “tersimpan” sementara di Dumpster. Fungsinya benar-benar sama seperti recycle bin pada komputer. Ada juga pilihan untuk menghapus secara otomatis file yang tersimpan pada Dumspter dengan jangka waktu 1 minggu sampai 11 bulan, fitur ini dinamakan “Auto-Clean Items”. Tentu ada juga pilihan untuk tidak pernah menghapus file tersebut.

cara mengembalikan file yang terhapus di android

Dumpster – Android Recycle Bin

Untuk merubah pengaturan dapat dilakukan dengan cara masuk ke aplikasi Dumpster lalu tekan tombol MENU > klik tombol Options.

Contoh penggunaan:

  1. Anda menginstall Dumpster lalu mencentang pilihan untuk protect file images, audio, documents dan Videos
  2. Suatu saat keponakan Anda tidak sengaja menghapus foto-foto kesayangan Anda
  3. Tidak perlu panik, Anda cukup buka aplikasi Dumspter lalu klik tombol “Refresh” (gambar panah melingkar) di kanan atas, Tunggu sampai foto yang tadi terhapus muncul
  4. Klik foto yang ingin dikembalikan lalu klik Restore
  5. Untuk mengembalikan beberapa foto sekaligus: Tekan tombol MENU > klik Multi Select > pilih foto yang mau di restore > klik tombol Restore (gambar panah terbalik pada bagian atas)

2. Disk Digger Undelete / Recover

Aplikasi ini membutuhkan akses root agar dapat digunakan. Bila Anda menginstall aplikasi Disk Digger tanpa root, maka akan sia-sia saja. Sesuai  namanya yang kalau diterjemahkan menjadi “penggali disk”, aplikasi ini dapat mengembalikan file yang sebelum-sebelumnya, bahkan jika memori sudah di format ulang.

Saat artikel ini ditulis (16 Juli 2013), Disk Digger hanya dapat mengembalikan file foto atau gambar dan juga beberapa jenis file Video (.mp4). Untuk fitur restorasi file video masih belum sempurna.

Aplikasi Disk Digger dapat diunduh secara gratis melalui Google Play. Untuk penggunaannya cukup mudah, cukup buka aplikasi > pilih device atau memori yang ingin di restore / dikembalikan datanya, kalau fotonya disimpan di SD card, pilih /mnt/sdcard, setelah itu klik Scan Device. Jika memori yang ingin dipilih tidak ada, klik “Refresh List”.

mengembalikan foto yangterhapus android

Disk Digger

Karena aplikasi ini akan mencari semua jenis file foto atau gambar, maka kemungkinan file yang ditemukan akan banyak, termasuk image cache dari misalnya file browser internet. Untuk mengatasi agar tidak membuat bingung, Anda dapat memanfaatkan fitur filter (menyaring) berdasarkan ukuran dan jenis file. Biasanya image cache adalah file-file foto dengan ukuran yang kecil.

Fitur filter Disk Digger

Fitur filter Disk Digger

3. Undelete for Root Users

Aplikasi ini memiliki kelebihan dibanding dua aplikasi sebelumnya karena dapat mengembalikan semua jenis file yang sudah terhapus. Namun kekurangnya, saat ini hanya dapat merestorasi file yang tersimpan pada disk yang memiliki format FAT, artinya untuk file-file yang bisa dikembalikan adalah file yang tersimpan di SD Card atau pada internal storage saja.

cara restore file yang terhapus di android

Undelete For Root User

Aplikasi ini ada yang versi berbayar dan ada yang versi gratis. Untuk versi gratisnya hanya dapat mengembalikan file foto saja. Dibanding kedua aplikasi sebelumnya, Undelete for Root Users sebenarnya memiliki fitur yang lebih banyak diantaranya:

  • Dapat mengembalikan semua jenis file (untuk versi berbayar)
  • Dapat memilih atau mengganti folder tempat penyimpanan file hasil restore
  • Memiliki fungsi Shred/Wipe

Mengenai fungsi Shred / Wipe, fitur ini berguna untuk benar-benar menghapus file yang tidak ingin di restore lagi. Misalnya Anda menyimpan dokumen penting pada ponsel Anda dan sudah menghapusnya. Dengan aplikasi recovery / restore baik yang di Android ataupun yang di komputer, maka dokumen penting tersebut bisa di restore atau dimunculkan kembali oleh pihak yang tidak seharusnya. Untuk mencegahnya, maka file tersebut harus di Shred / Wipe agar benar-benar terhapus / tidak bisa dibaca lagi.

Demikianlah tiga aplikasi yang berguna untuk mengembalikan file yang terhapus di hp Android. Aplikasi-aplikasi ini bagaikan dua sisi koin, di satu sisi dapat berguna untuk menyelamatkan data-data yang penting dan disisi lain bisa berbahaya bila digunakan oleh pihak yang ingin mencari file-file yang tidak seharusnya ditemukan. Untuk keamanan Anda, sebaiknya sebelum menjual ponsel Android yang dimiliki, baca dulu artikel: Persiapan sebelum menjual HP. Semoga bermanfaat :)

Artikel Lain:

Loading…

Leave a Reply

Current day month ye@r *