Cara Mengatasi SMS yang Berubah Menjadi MMS pada Android Samsung Galaxy

Sudah ada beberapa orang yang bertanya melalui kolom komentar harga-hp.com mengenai kenapa saat mengirimkan SMS lebih dari 3 SMS (480 karakter), format SMS akan berubah menjadi MMS. Tidak hanya saat Anda mengetik saja, ketika Anda menerima SMS lebih dari 480 karakter dan ingin meneruskan (forward) ke orang lain, pesan akan dikonversi menjadi MMS.

Kejadian ini pada umumnya dialami oleh pengguna Samsung Galaxy dari berbagai seri. Hal ini tentu saja akan sedikit merepotkan bila Anda ingin mengirimkan SMS yang panjang kepada teman atau kerabat.

Agar pesan SMS tidak berubah menjadi MMS, Anda dapat melakukan beberapa hal, yaitu:

  1. Persingkat isi pesan atau kata-kata yang digunakan agar SMS tidak lebih dari 480 karakter (3 SMS). Tentu saja proses ini memiliki kelemahan, selain tidak praktis, selain itu bila kata-katanya terlalu disingkat, bisa menimbulkan kebingungan bagi si penerima SMS.
  2. Cara yang kedua adalah dengan mengirim SMS sebanyak dua kali atau lebih. Anda dapat saja menulis SMS maksimal sebanyak 480 karakter lalu mengirimnya, setelah itu tulis SMS berikutnya. Cara ini tentu saja akan membuat tampilan SMS cukup berantakan di sisi penerima dan belum tentu diterima secara berurutan
  3. Cara ketiga, dan cara ini yang saya anjurkan adalah dengan menginstall aplikasi SMS atau Messaging buatan pihak ketiga, misalnya GO SMS Pro atau Handcent SMS. Dengan kedua aplikasi tersebut, Anda dapat mengirimkan SMS lebih dari 3 halaman tanpa masalah (saya pernah mencobanya sampai 12 halaman).

Untuk Mendownload GO SMS Pro atau Handcent SMS, silahkan kunjugi Android Market yang saat ini sudah berubah nama menjadi Play Store. Walau ada embel-embel “pro”, namun aplikasi ini gratis, Anda hanya akan dikenakan biaya data/pulsa saat mendownload aplikasinya. Bila sudah menggunakan paket internet unlimited, maka tidak ada biaya tambahan sama sekali.

Apabila Anda tidak tahu cara menginstall aplikasi Android, silahkan membaca artikel: Tiga Cara Install Aplikasi Android.

Demikianlah artikel cara menulis SMS lebih dari tiga halaman tanpa merubahnya menjadi MMS pada handphone Android, khusunya HP Samsung Galaxy. Semoga bermanfaat :)

Artikel Lain:

Loading…

20 Comments to "Cara Mengatasi SMS yang Berubah Menjadi MMS pada Android Samsung Galaxy"

  1. 1
    gusmanto says:

    wah terima kasih banyak gan sangat membantu saya info ini ,,,
    jagna lupa ke blog kunjungi juaga blog saya

  2. 2

    Gan, saya pengguna Samsung Galaxy Y dan sudah menginstal aplikasi Handcent SMS, tapi entah mengapa tetap saja saat mengirimkan SMS lebih dari 3 SMS (480 karakter), format SMS masih berubah menjadi MMS. Apakah ada setting tertentu yg perlu saya lukakan atau apa? Mohon pencerahannya. Thx :)

    • Admin says:

      Seingat saya tidak ada settingan khusus. Rizky saat mengirimkan SMS, buka aplikasi Handcentnya dulu kan? Kalau tetap tidak bisa, coba install Go SMS Pro. Tks :)

  3. 3
    Hidayat says:

    cb install Long Sms atai Big Sms di play store..
    sy dh mencoba,alhamdulillah berhasil.

  4. 4
    okasusila says:

    makasi gan tipsnya..working.. :)

    artikelnya bagus2, keren..top.., keep posting ^^

  5. 5
    aini says:

    tengkyuuu wat infonya..
    n sy mo nanya,, kenapa ya law terima foto kok gag bisa di donlot di galaxy fit??? sy pake handcent sms, tyus law ngirim foto cuman loading aja, nga terkirim2…
    thx b4.

  6. 6
    rafly says:

    knp y sy gk bisa ngirim pesan lewat Go sms pro ???

    • Admin says:

      Coba cek pengaturan SMS service centernya. Tks :)

      • rafly says:

        cara ngeceknya gmn mas ????

        • Admin says:

          Hmm saya sekarang tidak menginstall Go SMS jadi tidak bisa memandu cara setting message center-nya. Kalau memang tidak ketemu lokasi pengaturannya, coba beberapa hal lain, tapi pertama2 coba kirim sms menggunakan aplikasi sms bawaan apakah bisa berhasil atau tidak.

          Kalau berhasil dan tidak ada masalah, coba restart handphonenya lalu coba kirim sms menggunakan Go SMS Pro. Kalau tetap tidak bisa, coba aplikasinya di uninstall lalu diinstall lagi. Kalau tetap tidak bisa, kemungkinan aplikasi Go SMS-nya yang kurang kompatibel dengan hp Rafly, coba gunakan aplikasi yang lain, misalnya Handcent SMS. Atau kalau masih ingin menggunakan Go SMS Pro, tunggu ada update versi selanjutnya. Tks :)

  7. 7
    idham says:

    saya sudah sudah instal go sms, alhamdulillah brhsil tpi di sms penerima kok sms nya trpotong- potong, pdahal krakter sms si penerima 160/4 trkrimnya kok 160/2 karakter……?????

  8. 8
    Vey says:

    Wah.. informnya sangat membatu..
    thanks gan..

  9. 9
    ummu fadhil says:

    Gan saya sdh install go sma pro n saya pake galaxi tab 3, tp kok tetep g bisa kirim y padahal g cukup 2 halaman. Trus kalau saya sms pake go sms pro, kok sms nya juga trkirim di aplilasi sms bawaannya tablet y. Mhn pencerahannya

    • Admin says:

      Masuk ke bagian Settings (pengaturan tablet) > klik Apps (aplikasi) > klik ALL > cari aplikasi Go SMS Pro > klik clear Data dan Clear Cache lalu klik Uninstall, setelah itu install ulang Go SMS Pro dari Android Market. Tks :)

Leave a Reply

Current day month ye@r *