Cara Mengatasi Samsung Galaxy Mini yang Terkunci

Pada artikel kali ini saya akan menginformasikan cara mengatasi Samsung Galaxy Mini yang tidak bisa masuk ke menu telepon atau teleponnya terkunci. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya:

  1. Secara tidak sengaja Anda atau orang lain mengaktifkan fitur pengunci layar yang menggunakan pola atau password. Padahal Anda tidak mengetahui polanya / PIN / Passwordnya.
  2. Pengunci layar handphone memang Anda atur untuk menggunakan pola (pattern) namun Anda lupa dan terlalu banyak memasukkan pola yang salah sehingga telepon terkunci dan meminta memasukkan akun Google.
  3. Terjadi kerusakan pada salah satu aplikasi Android sehingga tidak bisa masuk ke menu.

Berikut cara untuk mengatasinya:

Kalau koneksi internetnya aktif dan Anda mengingat akun serta password Gmail Anda, maka untuk mengatasi Samsung Galaxy Mini yang terkunci akibat pola sangat mudah. Anda cukup memasukkan akun gmail dan password yang digunakan, beres.

Kalau belum muncul pilihan untuk memasukkan akun Gmail, Anda cukup melakukan percobaan pola berkali-kali hingga muncul pilihan untuk sign in akun Gmail.

Namun kalau permasalahannya akibat hal lain, misalnya akibat ada aplikasi Android yang rusak atau Anda tidak ingat akun atau password Gmail, maka untuk mengatasi masalah seperti ini Anda harus melakukan Factory Reset Samsung Galaxy Mini.

Catatan: Rekan saya mengatakan bahwa cara ini juga dapat digunakan untuk Samsung Galaxy Fit dan Samsung Galaxy Ace. Namun saya pribadi belum mencobanya. Jika sudah ada yang mencobanya, mohon dapat menginformasikan apakah cara ini berhasil untuk diterapkan pada handphone-handphone selain Galaxy mini.

Berikut caranya:

  1. Pastikan baterai handphone masih cukup banyak atau full
  2. Matikan handphone Samsung Galaxy Mini
  3. Tekan tombol HOME (tombol yang ditengah) dan tombol power secara bersamaan, jangan dilepas selama beberapa saat, tunggu sampai muncul logo Samsung
  4. Anda akan masuk ke menu Recovery Mode
  5. Tekan tombol volume kebawah hingga posisi kursor berada di tulisan “wipe data/factory reset”
  6. Tekan tombol HOME
  7. Pilih yes (for all user)
  8. Reboot

Setelah itu handphone akan restart dan Samsung Galaxy Mini akan kembali ke settingan awal pabrik. Sebagai informasi, melakukan Factory Reset berarti menghapus semua aplikasi yang terinstall dan juga data, seperti contact, phonebook, SMS, dll. Selamat mencoba, regards, harga-hp.com


Artikel Lain:

Loading…

474 Comments to "Cara Mengatasi Samsung Galaxy Mini yang Terkunci"

  1. 211
    Anonymous says:

    trimakasih artikel nya membantu banget

  2. 212
    Anonymous says:

    gan klo udh d tekan tombol home+power tp ga muncul2 mode recovery’y itu knpa ya gan ?
    hp sya galaxy mini
    mohon bntuan’y

    • Admin says:

      Lalu munculnya apa gan? Tidak nyala atau bagaimana? Selain itu, ponselnya tipe Galaxy Mini dengan processor 600 MHz atau yg 832 MHz?

  3. 213
    acengoed says:

    makasih sebanyak2nya gan , ini baru trit yang bermutu di jelaskan dengan sedetail-detailnya gk kayak yang lain asal2an bikinya (y)

  4. 214
    nana says:

    anu kak, saya kan hapenya samsung galaxy ace 2, nah itu kekuncinya pake PIN angka, bukan pake pola. jd, kalo mau pake akun gmail cukup dicoba berulang kali sampe muncul gmail, atau dgn cara lain? soalnya saya ingat akun gmail dan password saya… dibantu ya.. :)

    • nana says:

      trs pas saya pencet HOME dan tombol powernya, ga muncul yg katanya recovery mode gitu-gitu… ttp aja suruh masukkin PIN nya.. gimana nihh?

      • Admin HHP says:

        Diatas adalah untuk Galaxy Ace generasi pertama. Untuk Galaxy Ace 2 caranya matikan hp > tunggu 2 menit > tekan HOME + Volume up + Power (on/off). Tks :)

    • Admin HHP says:

      Iya, masukkan saja pin-nya (yang kira2 benar) berkali2 sampai muncul permintaan akun gmail dan password. Tks :)

  5. 215
    dedi says:

    touchsreen samsung GT s5570 sama sekali tdk berfungsi..aku dah coba cara diatas tp hasilnya nihil…ada solusi lain ga???
    thanx

    • Admin HHP says:

      Lepas baterainya > diamkan selamat 10 menit > pasang lagi > coba nyalakan. Kalau layar masih tidak bergungsi, maka perlu dicek ke service center. Tks :)

  6. 216
    widie says:

    gan, hpku gt i5510, udah tak pencet power+huruf t tp ga masuk ke recovery mode gan, tp langsung mbablas kayak dinyalain biasa, gimana tuh gan???
    tolong dibantu…

  7. 217
    widie says:

    hpku boot loop gan, jdi touchnya ga fungsi..
    ada cara recovery lain ga gan selain itu???

  8. 218
    rhyri says:

    kalau program galaxy yg rusak, carany sama juga y gan?

  9. 219
    ahong says:

    Gan,, udah d tekan tombol home+power tp gk muncul2 jg mode recovery,ñ?ª knp ya gan,, ?ª?g muncul alamat email & fasswod,, mohon bantuan informasi,ñ?ª gan,,

    • Admin HHP says:

      POnselnya mini 1 atau mini 2? Kalau mini 2, tekannya: Volume up+ Volume down + Tombol Home + Tombol Power. Selain itu, sebelum tekan kombinasi tombol, pastikan ponsel sudah benar2 mati. Caranya, setelah layar mati, biarkan selama kurang lebih 2 menit, baru lakukan kombinasi tombol. Tq :)

  10. 220
    fara says:

    Thankyou so much . It really help me :D

  11. 221
    Anonymous says:

    klo cara diatas gak suksess!!!ada cara yg lain gak? hpku begitu nyala setelah muncul logo,lgsug tampil phone password…

  12. 222
    fatwa says:

    gimana ni gan jika starnya lama gimana cara ngatasinnya

    • Admin HHP says:

      Ditunggu saja dulu. Kalau tidak selesai2, dicoba ulangi prosesnya. Kalau masih tidak bisa juga, flash/install ulang firmware. Tq :)

  13. 223
    syacxx says:

    saya punya udah reboot dan restart tp masih gak bisa masuk. Mungkin kerusakan aplikasi tolong ya gan kasi nasihat

    • Admin HHP says:

      Flash ulang firmwarenya gan :)

      • dewi says:

        gan mini GTS570I gw setelah instal BBM mati. setelah dihidupin muter2 dilogo samsungnya kenapa ya???
        tolong solusinya???

        • Admin HHP says:

          Itu berarti bootloop. Kalau sudah seperti itu biasanya bisa diatasi dengan cara install ulang (flash) software. Bisa dilakukan sendiri kalau ada komputer. Caranya bisa dicek di website Galaxy Mini. Tq :)

  14. 224
    bagus says:

    sma gam nya ku jga gtu mlahan gx bisa d mtiin harus lepas bateri
    gmana ya?

  15. 225
    kadek tanik says:

    gan ini saya punya galaxy mini tapi tidak mau masuk download mode sama recopery dan tidak terbaca di komputer kalau tken power aj itu blank layarnya mohon bantuannya gan semua
    email : kadektanik@gmail.com

    • Admin HHP says:

      Kalau masalah ini saya juga kurang paham bro. Kalau di seri Galaxy S bisa diperbaiki dgn menggunakan USB JIG, tapi utk Galaxy Mini maaf saya belum tahu. Tq

Leave a Reply

Current day month ye@r *