Cara Mengatasi Samsung Galaxy Mini yang Terkunci

Pada artikel kali ini saya akan menginformasikan cara mengatasi Samsung Galaxy Mini yang tidak bisa masuk ke menu telepon atau teleponnya terkunci. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya:

  1. Secara tidak sengaja Anda atau orang lain mengaktifkan fitur pengunci layar yang menggunakan pola atau password. Padahal Anda tidak mengetahui polanya / PIN / Passwordnya.
  2. Pengunci layar handphone memang Anda atur untuk menggunakan pola (pattern) namun Anda lupa dan terlalu banyak memasukkan pola yang salah sehingga telepon terkunci dan meminta memasukkan akun Google.
  3. Terjadi kerusakan pada salah satu aplikasi Android sehingga tidak bisa masuk ke menu.

Berikut cara untuk mengatasinya:

Kalau koneksi internetnya aktif dan Anda mengingat akun serta password Gmail Anda, maka untuk mengatasi Samsung Galaxy Mini yang terkunci akibat pola sangat mudah. Anda cukup memasukkan akun gmail dan password yang digunakan, beres.

Kalau belum muncul pilihan untuk memasukkan akun Gmail, Anda cukup melakukan percobaan pola berkali-kali hingga muncul pilihan untuk sign in akun Gmail.

Namun kalau permasalahannya akibat hal lain, misalnya akibat ada aplikasi Android yang rusak atau Anda tidak ingat akun atau password Gmail, maka untuk mengatasi masalah seperti ini Anda harus melakukan Factory Reset Samsung Galaxy Mini.

Catatan: Rekan saya mengatakan bahwa cara ini juga dapat digunakan untuk Samsung Galaxy Fit dan Samsung Galaxy Ace. Namun saya pribadi belum mencobanya. Jika sudah ada yang mencobanya, mohon dapat menginformasikan apakah cara ini berhasil untuk diterapkan pada handphone-handphone selain Galaxy mini.

Berikut caranya:

  1. Pastikan baterai handphone masih cukup banyak atau full
  2. Matikan handphone Samsung Galaxy Mini
  3. Tekan tombol HOME (tombol yang ditengah) dan tombol power secara bersamaan, jangan dilepas selama beberapa saat, tunggu sampai muncul logo Samsung
  4. Anda akan masuk ke menu Recovery Mode
  5. Tekan tombol volume kebawah hingga posisi kursor berada di tulisan “wipe data/factory reset”
  6. Tekan tombol HOME
  7. Pilih yes (for all user)
  8. Reboot

Setelah itu handphone akan restart dan Samsung Galaxy Mini akan kembali ke settingan awal pabrik. Sebagai informasi, melakukan Factory Reset berarti menghapus semua aplikasi yang terinstall dan juga data, seperti contact, phonebook, SMS, dll. Selamat mencoba, regards, harga-hp.com


Artikel Lain:

Loading…

482 Comments to "Cara Mengatasi Samsung Galaxy Mini yang Terkunci"

  1. 226
    firman says:

    gan kok gk bisa ya di tekan home + power malah nyala biasa aja gk keluar recovery tolong bantuan nya

    tq

  2. 227
    Nia Alie says:

    terima kasih gan?

  3. 228
    dian kimi says:

    Hp aku samsung s3 mini gt i8190. Udah coba pencet menu n power tetep ga keluar recovery nya.
    Yg ada stuck ditulisan samsung galakxy s3 mini… ga sampe keluar logo samsungnya… pls help

    • Admin HHP says:

      COba kombinasi tombol lainnya, misalnya power + volume down, atau yang lain. Saya juga belum tahu kombinasi tombol utk s3 Mini

  4. 229
    reiza desta says:

    gan hp ane samsung galaxy mini GT-S5570…
    temen ane terlalu banyak percobaan pola…

    terus ada tulisan ( untuk membuka kunci, masukan dengan akun google anda )
    ane udah masukin tapi tetep aja ga bisa…

    tolong respawnnya gan…
    makasih

Leave a Reply