Cara Mengatasi BlackBerry Tidak Bisa di Charge atau Tidak Mau Menyala

Apakah Anda pernah mencoba men charge BlackBerry Anda namun tidak penuh-penuh? Apakah HP BB Anda saat di cas tidak mau menyala, atau ada gambar baterai lalu BlackBerry coba loading (booting) lalu gagal dan kembali ke gambar baterai (gambar indikator charge).

Bila Anda pernah mengalami hal tersebut, maka pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi cara mengatasi BlackBerry tidak mau menyala (tdk mau booting) dan juga tidak bisa di charge (ada indikator cas tapi tidak penuh-penuh).

Yang pertama kali perlu Anda lakukan adalah jangan terus-terusan menghubungkan charger dengan HP BlackBerry Anda, apalagi sampai satu harian, karena dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah dan/atau membuat baterai bocor.

Tips #1 mengatasi BlackBerry tidak mau booting:

Lepaskan SIM card dan SD card. Bila setelah dilepas kartu SIM dan kartu memorinya BB bisa menyala, maka kemungkinan SIM dan/atau SD card yang digunakan rusak. Bila kartu SIM rusak, Anda dapat menggantinya dengan yang baru di gerai provider telepon yang digunakan (nomor telp tetap sama).

Tips #2 mengatasi BlackBerry tidak bisa di charge:

Apabila Anda memiliki baterai cadangan, gunakan baterai tersebut lalu coba nyalakan. Kalau BB Anda tetap tidak mau menyala, coba di charge terlebih dahulu dengan kondisi menggunakan baterai cadangan. Kalau kondisinya sama saja, coba gunakan lagi baterai yang sebelumnya lalu coba charge menggunakan charger yang berbeda.

Tips #3: Charge baterai menggunakan desktop charger

Kondisi BlackBerry yang tidak mau menyala dan tidak bisa di charge bisa diakibatkan karena kondisi baterai terlalu habis tidak tersisa. Biasanya terjadi akibat pengguna lupa mencas ulang dan membiarkan BB-nya sampai mati. Sebenarnya kalau kondisi baterai dan charger dalam kondisi baik dan asli, handphone cukup dicas saja selama kurang lebih 15 menit akan sudah bisa dapat digunakan kembali.

Namun, kalau kondisi baterai tidak terlalu prima dan charger yang digunakan tidak asli, kondisi tersebut dapat menyebabkan baterai seperti tidak penuh-penuh. Untuk mengatasi hal ini, jika Anda memiliki desktop charger, maka baterainya bisa di cas dulu menggunakan alat tersebut. Bila hanphonenya ingin digunakan, maka tidak perlu menunggu sampai penuh. Bila sudah di cas selama setengah jam menggunakan desktop charger, Anda dapat memasang baterainya lagi ke HP lalu meneruskan pengecasan menggunakan charger.

Tips #4 mengatasi BlackBerry yang tidak mau menyala

Apabila Anda tidak memiliki baterai, charger cadangan maupun desktop charger, maka Anda dapat mencoba cara berikut. Caranya cukup dengan menghubungkan hp BlackBerry Anda ke komputer menggunakan kabel data. Biarkan selama satu sampai dua menit, kalau semuanya normal, perangkat BB Anda akan memulai proses booting atau menyala secara otomatis. Biarkan HP di cas menggunakan komputer hingga kapasitasnya kurang lebih 20%, setelah itu Anda dapat mencasnya lagi menggunakan charger dengan normal. Saya sudah beberapa kali menggunakan metode ini dan berhasil baik pada komputer yang sudah terinstall aplikasi BlackBerry desktop manager maupun pada komputer yang belum terinstall aplikasi tersebut.

Tips #5 mengatasi BlackBerry tidak bisa di cas

Bila Anda sudah melakukan Tips #4 namun gagal, coba lepaskan terlebih dahulu SD card dan kartu SIM yang digunakan lalu lakukan lagi Tips# 4. Tunggu sampai kapasitas baterai sekitar 30% > cabut dari komputer > masukkan SIM card dan kartu memori lalu coba nyalakan. Kalau bisa menyala dengan normal, cas lagi menggunakan charger sampai penuh.

Tips #6 mengatasi BB baterai drop

Buka penutup baterai > Lepas memori card > dalam kondisi bagian belakang terbuka (namun baterai masih terpasang), charge BlackBerry Anda > cabut baterai selama 2-3 detik (charger masih terhubung) > setelah itu pasang lagi baterainya sambil tetap dicas, kalau tidak ada kendala, BB akan mulai loading (booting).

Catatan: harap berhati-hati saat memegang perangkat dengan kondisi case belakang terbuka dan charger terhubung. Bila Arde / ground di outlet listrik-nya kurang baik, ada kemungkinan mengalir arus listrik di bagian-bagian besi yang terbuka pada bagian belakang BB Anda.

Tips #7 mengatasi BlackBerry baterai disilang

Tips ini mirip2 dengan tips #4. Berikut caranya: Lepas kartu SIM, sd card dan juga baterai > aktifkan program Desktop Manager di komputer > hubungkan BB ke PC via kabel USB > setelah beberapa saat akan muncul gambar baterai disilang di layar BB > langsung pasang baterai dengan kabel USB tetap terhubung > bila berhasil, BB akan segera booting > biarkan dulu di cas di komputer sampai dirasa aman untuk dilepas dan dilanjutkan menggunakan charger.

Tips #8 Gunakan iWap

Disini saya bukan promosi, namun saya sudah mencoba alat ini dan terbukti cukup ampuh untuk mengatasi baterai blackberry (atau baterai hp lain) yang drop atau kelewat habis (over discharge). iWap adalah semacam desktop charger, hanya saja universal atau bisa digunakan untuk segala jenis baterai, baik baterai handphone, tablet, baterai camera digital, dll.

Kelebihan alat ini adalah dapat membangkitkan (revive) baterai yang daya-nya benar-benar habis atau kosong. Baterai kehilangan daya seluruhnya bisa disebabkan beberapa hal, misalnya karena kondisi cell batre sudah kurang baik, terlalu lama tidak digunakan / disimpan, atau dalam kasus BlackBerry, karena lupa dicas dan dibiarkan sampai mati. Untuk gambar iWap dapat dilihat dibawah ini:

iWap

Apabila baterai Anda tidak bisa dicas atau lampu charging di alat iWap tidak menyala, tekan dan tahan tombol Revive (pada gambar dilingkari warna merah) selama beberapa detik. Tombol revive ada di sebelah kiri dan kanan, tekan salah satunya saja. Bila yang ditekan tombol kiri masih tidak bisa menyala, tekan yang sebelah kanan.

iWap dijual dengan kisaran harga Rp.100.000 tergantung modelnya. Perbedaan modelnya hanya fitur pada alat tersebut saja, misalnya ada yang juga bisa digunakan utk mencharge baterai AA / AAA, ada yang tidak bisa. Ada juga yang sudah ada konektor ke mobil (agar bisa dicas di mobil), dsb. Namun semuanya modelnya seperti gambar diatas. Alat ini bisa didapatkan di toko Ace Hardware. Saya membeli alat ini di Malang, Jawa Timur dan saat di Jakarta ternyata juga dijual alat yg sama.

Saya sudah coba alat ini dan berhasil untuk “membangkitkan” beberapa baterai saya yang sudah lama dipakai dan tidak bisa dicas. Bila Anda membeli alat ini untuk mencas baterai BB yang mati namun tidak berhasil, setidaknya Anda masih bisa menggunakannya untuk baterai hp yang lain.

Bila Anda sudah melakukan tips diatas namun BlackBerry tetap tidak mau menyala, maka kemungkinan BB Anda mengalami kondisi yang bernama “Nuked BlackBerry”. Hal ini terjadi akibat adanya kerusakan (error) pada sistem operasi (OS) BB. Untuk mengatasi kondisi ini dapat dilakukan dengan cara menginstall ulang atau mengupgrade OS BB. Berhubung saya belum pernah melakukan upgrade OS BB, jadi belum bisa memberikan tutorialnya untuk saat ini. Tapi Anda bisa dengan mudah menemukan caranya di internet dengan hanya mengetikkan: cara mengatasi nuked BlackBerry pada mesin pencarian Google. Demikian sedikit tips mengenai cara mengatasi BlackBerry tidak bisa di charge atau tidak mau menyala, semoga bermanfaat :)

Artikel Lain:

Loading…

230 Comments to "Cara Mengatasi BlackBerry Tidak Bisa di Charge atau Tidak Mau Menyala"

  1. 61
    heri says:

    Misi gan!! Mau nanya, BB saya gemini 8520,, suka lemot,, dan suka keluar jam pasir,!
    Saya beli bb ini secound , (batangan) , dan selama beli belum pernh di afgrede ,
    Apa dikonter2 ada yg bisa afgrede , kira2 berapa ya hrganya?..
    Ke 2 ,, setiap saya ngecas, dapet 1 jam batrai terisi penuh, tapi tidak tahan samapi 1 hari, padahal hpnya jarang di otak atik, tp tetep aja ngedrop, saya biasanya ngecas sehari bisa 3 sampai 4 kali, kira2 ada masalah di manya ya gan, plisss mohon respon thank!

    • Admin says:

      1. Di Counter banyak kok yg bisa upgrade, biayanya antara 50 – 100 ribuan (tergantung nawarnya)
      2. BB memang lumayan boros, kalau sampai 3-4 kali ngecas, kemungkinan kondisi sinyalnya kurang baik dan bisa juga kondisi baterainya yg sudah kurang baik. HP BB milik saya yg sudah lama, sehari juga bisa sampai 3 kali ngecas. Tks :)

      • Jesika says:

        Admin,bb pnya temen saya curve 8520,waktu di pake tiba2 mati.lalu ini mau di carge nimbul tanda x aja.udah pke batrei lain ttp aja sama hasilnya.udah ikutin petunjuk diats,masih aja ga mau.tlg solusinya yah,..makasi

        • Admin says:

          Sudah coba pakai charger lain? Kalau sudah dicoba tapi tetap tidak bisa, ada kemungkinan bb-nya mengalami kondisi nuked blackberry. Utk mengatasinya, coba cari di Google mengenai Nuked BlackBerry, banyak yang memberikan tutorial cara mengatasinya. Tks :)

  2. 62
    kiki says:

    ? saya tidak bisa dinyalahin,ternyata baterainya habis bgt, stlh saya diemin beberapa saat hp nya idup, trs wkt saya mau liat status baterainya tiba” layar hpnya ngehang warna putih nyala dan ada bunyi dengung gt. Abis itu saya lgsg cabut baterainya&dipasang lg. Abis itu hapenya lgsg ga bisa nyala lg,setiap mau pasang baterai&masukin casannya pasti ada bunyi dengung lg tp cm sebentar&hapenya tetap ga mau nyala sampai skrg. Mohon solusinya ya. Salam kenal.

    • Admin says:

      Salam kenal juga Kiki. Kalau layarnya blank putih dan berbunyi dengung, sebaiknya dibawa ke service center. Karena kondisi tsb biasanya bukan masalah baterainya. Tks :)

  3. 63
    PUTRI says:

    thx bangd ya mas.. atas info2 sarannya akhirnya hp ku bs nyala lagi :)

  4. 64
    nur hadi says:

    Maaf gan numpang nanya,,
    Bb teman saya bol 9000 di cas gak penuh2,, padahal ada gambar petirnya,, apa harus ganti cas apa ganti batrenya ,, apa ada cara laian,, ato bb teman saya rusak? Mohon infonya ya ,,,
    Makasih sebelumnya,,,

  5. 65
    natha says:

    langkah ke 4 udah jdi tapi batre nya gak mau nambah -____- cuman nyampe 15% doang. gimana dong ? bantu yaa gan ^^

    • natha says:

      padahal baru ganti batre bulan lalu. apa ia, batrenya kurang bgus? -__-”

      • Admin says:

        Coba baterainya di cas menggunakan desktop charger. Kalau bisa penuh, berarti baterainya tidak bermasalah. Tapi kalau sebelumnya baterai baik2 saja (bulan lalu batre masih ok), ada kemungkinan kondisi charger yg kurang baik sehingga merusak baterai. Tks :)

  6. 66
    vivi says:

    aku juga gitu, gak mau tercharge, baru ganti baterai juga,,,
    udah tiga charger sy pake, tp tetap gak penuh penuh,
    tapi kalo di cas lwt usb di laptop, bisa ngisi
    kenapa ya??

  7. 67
    mgrt says:

    ko bb gw ga bisa di charge pake chargeran asli bbnya ya ? trus pake usb jg ga bisa -_- itu bb gw kenapa ya ?

    • Admin says:

      Ada kemungkinan konektor port USB di BB-nya bermasalah. Sebaiknya dibawa ke service center utk diperiksa. Kalau hanya konektornya yang rusak, biayanya biasanya dibawah 100 rb. Tks :)

  8. 68
    icusss says:

    Stiap baterai bb sya 55%
    Bb sya lsg mati knp? Ya?

    • Admin says:

      Saat dicas apakah mau menyala lagi? kalau dicas mau nyala lagi, kemungkinan batre-nya ngedrop / kondisinya kurang bagus. Tks :)

  9. 69
    sandhi says:

    Dear admin, mau nanya nih…baterai BB saya hanya bisa dicas pake desktop aja, kalau dicas pake cas biasa di indikatornya BB nya memang nyambung/ngecas, tapi % nya gak naek2, malah turun terus…ini yang bermasalah BB nya atau baterenya? tks sblmnya…:)

    • Admin says:

      Bisa jadi yang bermasalah chargernya. Coba pakai charger yang lain / pinjam dulu. Kalau baterai naik berarti charger yang bermasalah. Tapi kalau sama saja, kemungkinan BB-nya bermasalah. Bisa dari konektor charger, bisa juga dari yg lainnya. Kalau hanya konektor yg bermasalah biaya servis-nya tdk terlalu mahal. Tks :)

      • saya says:

        nah saya kayak gitu juga, batere di charge tapi ngga ada pergerakan apa2. kalau chargeran dicabut, mati lagi. itu kenapa ya?

        • Admin says:

          Itu karena baterainya kelewat habis. Coba dipancing dulu dgn cara diatas / baterainya dicas dulu menggunakan desktop charger. Tks :)

  10. 70
    ida wahyuni says:

    BB saya cdma 8530,baru beli sehari,ketika selesai download aplikasi bateray habis,kmd dicash keluar tanda silang merah terus.gimana solusinya….dan kira kira ada msl apa dg BB baruku…???trims

    • Admin says:

      Kalau muncul baterai tanda silang biasanya karena baterainya kurang bagus. Karena masih baru beli, bawa ke penjualnya dan katakan masalahnya. Biasanya kalau masih baru2 bisa tukar baterai. Tks :)

  11. 71
    tari says:

    bb saya gemini 8520,setiap di cas hanya ada gambar baterainya saja tapi tidak ngecas2 setelah saya tunggu lama.bbnya atau batrenya yg bermasalah?saya sudah coba semua cara di atas tp ga berhasil,ada cara lain kah?help! thank you

    • Admin says:

      Apakah sudah dicoba di cas dengan desktop charger? Kalau setelah dicas dgn desktop charger tapi tidak bisa menyala juga. Kemungkinan baterainya yg bermasalah. Tks :)

  12. 72
    rony says:

    bb saya storm 1,,waktu saya cabut batrenya lalu saya pasang lagi gak bisa hidup dan batrenya bertanda X,lalu saya cabut dan saya cas juga seperti itu..lalu saya cabut batre,memory,kArtu sim dan saya biarkan 1 hri…kemudian saya cas ada tanda petirnya tapi tetap tidak hidup2 juga…sudah saya lakukan cara2 yang di atas tapi tetap begitu…tolong saran nya ya admin…
    thnks sblmnya..

    • Admin says:

      Kalau kondisi seperti itu biasanya disebabkan kondisi baterai kurang baik. Kalau tidak mau beli baterai baru, coba gunakan iWap (baca tips #6 diatas, baru saya tambahkan). Tks :)

  13. 73
    adam says:

    Min,ane mau nanya hape ane bb 8520
    Batrenya baru beli tapi ngecasnya lama banget 6jam baru penuh kadang 3juga penuh
    Saran ya please replynya gc :D

  14. 74
    wuland says:

    Gan mw txk. Bb q knp ?ª hbis q mti’in truz q nyala’in gak mw nyala…? Thank’z…

  15. 75
    Riany says:

    misi gan, hp saya gabisa nyala lalu saya ngikutin saran agan nah pas di charge di dekstop ada bunyi agak melengking gitu, normal?

Leave a Reply

Current day month ye@r *