Cara Mengatasi BlackBerry Tidak Bisa di Charge atau Tidak Mau Menyala

Apakah Anda pernah mencoba men charge BlackBerry Anda namun tidak penuh-penuh? Apakah HP BB Anda saat di cas tidak mau menyala, atau ada gambar baterai lalu BlackBerry coba loading (booting) lalu gagal dan kembali ke gambar baterai (gambar indikator charge).

Bila Anda pernah mengalami hal tersebut, maka pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi cara mengatasi BlackBerry tidak mau menyala (tdk mau booting) dan juga tidak bisa di charge (ada indikator cas tapi tidak penuh-penuh).

Yang pertama kali perlu Anda lakukan adalah jangan terus-terusan menghubungkan charger dengan HP BlackBerry Anda, apalagi sampai satu harian, karena dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah dan/atau membuat baterai bocor.

Tips #1 mengatasi BlackBerry tidak mau booting:

Lepaskan SIM card dan SD card. Bila setelah dilepas kartu SIM dan kartu memorinya BB bisa menyala, maka kemungkinan SIM dan/atau SD card yang digunakan rusak. Bila kartu SIM rusak, Anda dapat menggantinya dengan yang baru di gerai provider telepon yang digunakan (nomor telp tetap sama).

Tips #2 mengatasi BlackBerry tidak bisa di charge:

Apabila Anda memiliki baterai cadangan, gunakan baterai tersebut lalu coba nyalakan. Kalau BB Anda tetap tidak mau menyala, coba di charge terlebih dahulu dengan kondisi menggunakan baterai cadangan. Kalau kondisinya sama saja, coba gunakan lagi baterai yang sebelumnya lalu coba charge menggunakan charger yang berbeda.

Tips #3: Charge baterai menggunakan desktop charger

Kondisi BlackBerry yang tidak mau menyala dan tidak bisa di charge bisa diakibatkan karena kondisi baterai terlalu habis tidak tersisa. Biasanya terjadi akibat pengguna lupa mencas ulang dan membiarkan BB-nya sampai mati. Sebenarnya kalau kondisi baterai dan charger dalam kondisi baik dan asli, handphone cukup dicas saja selama kurang lebih 15 menit akan sudah bisa dapat digunakan kembali.

Namun, kalau kondisi baterai tidak terlalu prima dan charger yang digunakan tidak asli, kondisi tersebut dapat menyebabkan baterai seperti tidak penuh-penuh. Untuk mengatasi hal ini, jika Anda memiliki desktop charger, maka baterainya bisa di cas dulu menggunakan alat tersebut. Bila hanphonenya ingin digunakan, maka tidak perlu menunggu sampai penuh. Bila sudah di cas selama setengah jam menggunakan desktop charger, Anda dapat memasang baterainya lagi ke HP lalu meneruskan pengecasan menggunakan charger.

Tips #4 mengatasi BlackBerry yang tidak mau menyala

Apabila Anda tidak memiliki baterai, charger cadangan maupun desktop charger, maka Anda dapat mencoba cara berikut. Caranya cukup dengan menghubungkan hp BlackBerry Anda ke komputer menggunakan kabel data. Biarkan selama satu sampai dua menit, kalau semuanya normal, perangkat BB Anda akan memulai proses booting atau menyala secara otomatis. Biarkan HP di cas menggunakan komputer hingga kapasitasnya kurang lebih 20%, setelah itu Anda dapat mencasnya lagi menggunakan charger dengan normal. Saya sudah beberapa kali menggunakan metode ini dan berhasil baik pada komputer yang sudah terinstall aplikasi BlackBerry desktop manager maupun pada komputer yang belum terinstall aplikasi tersebut.

Tips #5 mengatasi BlackBerry tidak bisa di cas

Bila Anda sudah melakukan Tips #4 namun gagal, coba lepaskan terlebih dahulu SD card dan kartu SIM yang digunakan lalu lakukan lagi Tips# 4. Tunggu sampai kapasitas baterai sekitar 30% > cabut dari komputer > masukkan SIM card dan kartu memori lalu coba nyalakan. Kalau bisa menyala dengan normal, cas lagi menggunakan charger sampai penuh.

Tips #6 mengatasi BB baterai drop

Buka penutup baterai > Lepas memori card > dalam kondisi bagian belakang terbuka (namun baterai masih terpasang), charge BlackBerry Anda > cabut baterai selama 2-3 detik (charger masih terhubung) > setelah itu pasang lagi baterainya sambil tetap dicas, kalau tidak ada kendala, BB akan mulai loading (booting).

Catatan: harap berhati-hati saat memegang perangkat dengan kondisi case belakang terbuka dan charger terhubung. Bila Arde / ground di outlet listrik-nya kurang baik, ada kemungkinan mengalir arus listrik di bagian-bagian besi yang terbuka pada bagian belakang BB Anda.

Tips #7 mengatasi BlackBerry baterai disilang

Tips ini mirip2 dengan tips #4. Berikut caranya: Lepas kartu SIM, sd card dan juga baterai > aktifkan program Desktop Manager di komputer > hubungkan BB ke PC via kabel USB > setelah beberapa saat akan muncul gambar baterai disilang di layar BB > langsung pasang baterai dengan kabel USB tetap terhubung > bila berhasil, BB akan segera booting > biarkan dulu di cas di komputer sampai dirasa aman untuk dilepas dan dilanjutkan menggunakan charger.

Tips #8 Gunakan iWap

Disini saya bukan promosi, namun saya sudah mencoba alat ini dan terbukti cukup ampuh untuk mengatasi baterai blackberry (atau baterai hp lain) yang drop atau kelewat habis (over discharge). iWap adalah semacam desktop charger, hanya saja universal atau bisa digunakan untuk segala jenis baterai, baik baterai handphone, tablet, baterai camera digital, dll.

Kelebihan alat ini adalah dapat membangkitkan (revive) baterai yang daya-nya benar-benar habis atau kosong. Baterai kehilangan daya seluruhnya bisa disebabkan beberapa hal, misalnya karena kondisi cell batre sudah kurang baik, terlalu lama tidak digunakan / disimpan, atau dalam kasus BlackBerry, karena lupa dicas dan dibiarkan sampai mati. Untuk gambar iWap dapat dilihat dibawah ini:

iWap

Apabila baterai Anda tidak bisa dicas atau lampu charging di alat iWap tidak menyala, tekan dan tahan tombol Revive (pada gambar dilingkari warna merah) selama beberapa detik. Tombol revive ada di sebelah kiri dan kanan, tekan salah satunya saja. Bila yang ditekan tombol kiri masih tidak bisa menyala, tekan yang sebelah kanan.

iWap dijual dengan kisaran harga Rp.100.000 tergantung modelnya. Perbedaan modelnya hanya fitur pada alat tersebut saja, misalnya ada yang juga bisa digunakan utk mencharge baterai AA / AAA, ada yang tidak bisa. Ada juga yang sudah ada konektor ke mobil (agar bisa dicas di mobil), dsb. Namun semuanya modelnya seperti gambar diatas. Alat ini bisa didapatkan di toko Ace Hardware. Saya membeli alat ini di Malang, Jawa Timur dan saat di Jakarta ternyata juga dijual alat yg sama.

Saya sudah coba alat ini dan berhasil untuk “membangkitkan” beberapa baterai saya yang sudah lama dipakai dan tidak bisa dicas. Bila Anda membeli alat ini untuk mencas baterai BB yang mati namun tidak berhasil, setidaknya Anda masih bisa menggunakannya untuk baterai hp yang lain.

Bila Anda sudah melakukan tips diatas namun BlackBerry tetap tidak mau menyala, maka kemungkinan BB Anda mengalami kondisi yang bernama “Nuked BlackBerry”. Hal ini terjadi akibat adanya kerusakan (error) pada sistem operasi (OS) BB. Untuk mengatasi kondisi ini dapat dilakukan dengan cara menginstall ulang atau mengupgrade OS BB. Berhubung saya belum pernah melakukan upgrade OS BB, jadi belum bisa memberikan tutorialnya untuk saat ini. Tapi Anda bisa dengan mudah menemukan caranya di internet dengan hanya mengetikkan: cara mengatasi nuked BlackBerry pada mesin pencarian Google. Demikian sedikit tips mengenai cara mengatasi BlackBerry tidak bisa di charge atau tidak mau menyala, semoga bermanfaat :)

Artikel Lain:

Loading…

239 Comments to "Cara Mengatasi BlackBerry Tidak Bisa di Charge atau Tidak Mau Menyala"

  1. 106
    Allany CRseven says:

    Slm prsaudaraan……. Minmin ane ada pasien bold 9900 neh hp hidup normal tp ga bs dcas en ga konek dikompi ane,sdh ganti konek USB,gnti btrai,gnti cesan ga ada prubahan cek jalur normal…ada solusinya ga??? ket: waktu dcas layar LCD brubah jd tampilan jam tp gambar petir pd indikator btrai ga ada,trus tampil lg tulisan “sumber pengisi daya yg terhubung ke perangkat bb anda tdk dpt mngisi btrai” mohon pencerahannya……..

  2. 107
    Allany CRseven says:

    Slm prsaudaraan…….ane ada pasien bold 9900 neh hp hidup normal tp ga bs dcas en ga konek dikompi ane,sdh ganti konek USB,gnti btrai,gnti cesan ga ada prubahan cek jalur normal…ada solusinya ga??? ket: waktu dcas layar LCD brubah jd tampilan jam tp gambar petir pd indikator btrai ga ada,trus tampil lg tulisan “sumber pengisi daya yg terhubung ke perangkat bb anda tdk dpt mngisi btrai” mohon pencerahannya……..

  3. 108
    alfian says:

    numpang tanya gan,bb 8520 dicas ada gambar baterai kosong sama petir tapi gk bisa penuh,knapa ya?

  4. 109
    Anonymous says:

    numpang tanya
    kan saya punya bb jevlin pas saya menginstal fb katanya suruh di restar setelah saya restar gx mau hidup cuma lampu led merah terus nymape 15 menit terus batrai saya cabut dan di pasang kembali tpi udah gx bisa hidup padahal kondisi batrai penuh tolong jawab ea

  5. 110
    oscar says:

    gimana kalu hp nya di cas tapi ga nambah nambah, baterai udh di ganti terus cas an nya original

Leave a Reply

Current ye@r *