Cara Mengatasi BlackBerry Tidak Bisa di Charge atau Tidak Mau Menyala

Apakah Anda pernah mencoba men charge BlackBerry Anda namun tidak penuh-penuh? Apakah HP BB Anda saat di cas tidak mau menyala, atau ada gambar baterai lalu BlackBerry coba loading (booting) lalu gagal dan kembali ke gambar baterai (gambar indikator charge).

Bila Anda pernah mengalami hal tersebut, maka pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi cara mengatasi BlackBerry tidak mau menyala (tdk mau booting) dan juga tidak bisa di charge (ada indikator cas tapi tidak penuh-penuh).

Yang pertama kali perlu Anda lakukan adalah jangan terus-terusan menghubungkan charger dengan HP BlackBerry Anda, apalagi sampai satu harian, karena dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah dan/atau membuat baterai bocor.

Tips #1 mengatasi BlackBerry tidak mau booting:

Lepaskan SIM card dan SD card. Bila setelah dilepas kartu SIM dan kartu memorinya BB bisa menyala, maka kemungkinan SIM dan/atau SD card yang digunakan rusak. Bila kartu SIM rusak, Anda dapat menggantinya dengan yang baru di gerai provider telepon yang digunakan (nomor telp tetap sama).

Tips #2 mengatasi BlackBerry tidak bisa di charge:

Apabila Anda memiliki baterai cadangan, gunakan baterai tersebut lalu coba nyalakan. Kalau BB Anda tetap tidak mau menyala, coba di charge terlebih dahulu dengan kondisi menggunakan baterai cadangan. Kalau kondisinya sama saja, coba gunakan lagi baterai yang sebelumnya lalu coba charge menggunakan charger yang berbeda.

Tips #3: Charge baterai menggunakan desktop charger

Kondisi BlackBerry yang tidak mau menyala dan tidak bisa di charge bisa diakibatkan karena kondisi baterai terlalu habis tidak tersisa. Biasanya terjadi akibat pengguna lupa mencas ulang dan membiarkan BB-nya sampai mati. Sebenarnya kalau kondisi baterai dan charger dalam kondisi baik dan asli, handphone cukup dicas saja selama kurang lebih 15 menit akan sudah bisa dapat digunakan kembali.

Namun, kalau kondisi baterai tidak terlalu prima dan charger yang digunakan tidak asli, kondisi tersebut dapat menyebabkan baterai seperti tidak penuh-penuh. Untuk mengatasi hal ini, jika Anda memiliki desktop charger, maka baterainya bisa di cas dulu menggunakan alat tersebut. Bila hanphonenya ingin digunakan, maka tidak perlu menunggu sampai penuh. Bila sudah di cas selama setengah jam menggunakan desktop charger, Anda dapat memasang baterainya lagi ke HP lalu meneruskan pengecasan menggunakan charger.

Tips #4 mengatasi BlackBerry yang tidak mau menyala

Apabila Anda tidak memiliki baterai, charger cadangan maupun desktop charger, maka Anda dapat mencoba cara berikut. Caranya cukup dengan menghubungkan hp BlackBerry Anda ke komputer menggunakan kabel data. Biarkan selama satu sampai dua menit, kalau semuanya normal, perangkat BB Anda akan memulai proses booting atau menyala secara otomatis. Biarkan HP di cas menggunakan komputer hingga kapasitasnya kurang lebih 20%, setelah itu Anda dapat mencasnya lagi menggunakan charger dengan normal. Saya sudah beberapa kali menggunakan metode ini dan berhasil baik pada komputer yang sudah terinstall aplikasi BlackBerry desktop manager maupun pada komputer yang belum terinstall aplikasi tersebut.

Tips #5 mengatasi BlackBerry tidak bisa di cas

Bila Anda sudah melakukan Tips #4 namun gagal, coba lepaskan terlebih dahulu SD card dan kartu SIM yang digunakan lalu lakukan lagi Tips# 4. Tunggu sampai kapasitas baterai sekitar 30% > cabut dari komputer > masukkan SIM card dan kartu memori lalu coba nyalakan. Kalau bisa menyala dengan normal, cas lagi menggunakan charger sampai penuh.

Tips #6 mengatasi BB baterai drop

Buka penutup baterai > Lepas memori card > dalam kondisi bagian belakang terbuka (namun baterai masih terpasang), charge BlackBerry Anda > cabut baterai selama 2-3 detik (charger masih terhubung) > setelah itu pasang lagi baterainya sambil tetap dicas, kalau tidak ada kendala, BB akan mulai loading (booting).

Catatan: harap berhati-hati saat memegang perangkat dengan kondisi case belakang terbuka dan charger terhubung. Bila Arde / ground di outlet listrik-nya kurang baik, ada kemungkinan mengalir arus listrik di bagian-bagian besi yang terbuka pada bagian belakang BB Anda.

Tips #7 mengatasi BlackBerry baterai disilang

Tips ini mirip2 dengan tips #4. Berikut caranya: Lepas kartu SIM, sd card dan juga baterai > aktifkan program Desktop Manager di komputer > hubungkan BB ke PC via kabel USB > setelah beberapa saat akan muncul gambar baterai disilang di layar BB > langsung pasang baterai dengan kabel USB tetap terhubung > bila berhasil, BB akan segera booting > biarkan dulu di cas di komputer sampai dirasa aman untuk dilepas dan dilanjutkan menggunakan charger.

Tips #8 Gunakan iWap

Disini saya bukan promosi, namun saya sudah mencoba alat ini dan terbukti cukup ampuh untuk mengatasi baterai blackberry (atau baterai hp lain) yang drop atau kelewat habis (over discharge). iWap adalah semacam desktop charger, hanya saja universal atau bisa digunakan untuk segala jenis baterai, baik baterai handphone, tablet, baterai camera digital, dll.

Kelebihan alat ini adalah dapat membangkitkan (revive) baterai yang daya-nya benar-benar habis atau kosong. Baterai kehilangan daya seluruhnya bisa disebabkan beberapa hal, misalnya karena kondisi cell batre sudah kurang baik, terlalu lama tidak digunakan / disimpan, atau dalam kasus BlackBerry, karena lupa dicas dan dibiarkan sampai mati. Untuk gambar iWap dapat dilihat dibawah ini:

iWap

Apabila baterai Anda tidak bisa dicas atau lampu charging di alat iWap tidak menyala, tekan dan tahan tombol Revive (pada gambar dilingkari warna merah) selama beberapa detik. Tombol revive ada di sebelah kiri dan kanan, tekan salah satunya saja. Bila yang ditekan tombol kiri masih tidak bisa menyala, tekan yang sebelah kanan.

iWap dijual dengan kisaran harga Rp.100.000 tergantung modelnya. Perbedaan modelnya hanya fitur pada alat tersebut saja, misalnya ada yang juga bisa digunakan utk mencharge baterai AA / AAA, ada yang tidak bisa. Ada juga yang sudah ada konektor ke mobil (agar bisa dicas di mobil), dsb. Namun semuanya modelnya seperti gambar diatas. Alat ini bisa didapatkan di toko Ace Hardware. Saya membeli alat ini di Malang, Jawa Timur dan saat di Jakarta ternyata juga dijual alat yg sama.

Saya sudah coba alat ini dan berhasil untuk “membangkitkan” beberapa baterai saya yang sudah lama dipakai dan tidak bisa dicas. Bila Anda membeli alat ini untuk mencas baterai BB yang mati namun tidak berhasil, setidaknya Anda masih bisa menggunakannya untuk baterai hp yang lain.

Bila Anda sudah melakukan tips diatas namun BlackBerry tetap tidak mau menyala, maka kemungkinan BB Anda mengalami kondisi yang bernama “Nuked BlackBerry”. Hal ini terjadi akibat adanya kerusakan (error) pada sistem operasi (OS) BB. Untuk mengatasi kondisi ini dapat dilakukan dengan cara menginstall ulang atau mengupgrade OS BB. Berhubung saya belum pernah melakukan upgrade OS BB, jadi belum bisa memberikan tutorialnya untuk saat ini. Tapi Anda bisa dengan mudah menemukan caranya di internet dengan hanya mengetikkan: cara mengatasi nuked BlackBerry pada mesin pencarian Google. Demikian sedikit tips mengenai cara mengatasi BlackBerry tidak bisa di charge atau tidak mau menyala, semoga bermanfaat :)

Artikel Lain:

Loading…

230 Comments to "Cara Mengatasi BlackBerry Tidak Bisa di Charge atau Tidak Mau Menyala"

  1. 91
    Rdwan says:

    Gan permisi sebelumnya..
    ane mau numpang tanya.. blackberry ane Aries ( CDMA ), tiba tiba berhenti charger dan lambang simbol di barei tiba tiba menghilang dalam beberapa detik, cuma kalo transfer data ke PC / Laptop bisa, cuma dia gak mau charger, pertama bisa charger..beberapa detik kemudian lambang charger mengilang dan gak mau charger, udh ane pake power bank gak bisa cuma batrei panas dan power bankpun ikut panas, mohon solusinya, dan mohon balas ke rdwanwijaya[at]gmail.com , Terima kasih atas bantuanya

    • Admin says:

      Kalau bisa transfer file antar PC namun tidak bisa dicas dan baterai panas, menurut saya kemungkinan masalahnya sudah hardware dan bukan software. Untuk hal ini saya belum tahu solusinya dan sebaiknya dibawa ke service center untuk diperiksa jalur pengisian dayanya. Tks :)

  2. 92
    jenny says:

    Permisi..saya mau tanya..saya..punya baterai bb dan charger dekstop.baterai bb saya hbs total.saat memasangkan baterai ke charger dekstop,lampu indikator tidak menyala.jika saya pasang baterai hp lain yg tidak habis total,lampu indikator nya menyala.apakah mungkin karna baterai bb habis total?atau baterai nya memang bermasalah?

    • Admin says:

      Hal ini disebabkan baterainya habis total dan biasanya merupakan tanda-tanda kalau kondisi baterainya sudah tidak 100% sehat. Baterai tersebut bisa saja masih bisa digunakan tapi bisa juga tidak.

      Kalau Jenny memiliki alat iWap seperti pada artikel diatas, baterainya bisa dicoba di “revive” atau dihidupkan kembali. Kalau setelah menggunakan iWap tidak bisa, berarti memang harus beli baterai baru.

      Namun memang harga iWap dengan harga baterai BB baru hampir sama, jadi keputusan ada di tangan Jenny. Tks :)

  3. 93
    kursi mebel says:

    mantab infonya pak.. lanjutkan

  4. 94
    alqeira says:

    mau nanya min, itu yang tips ke 4 udah saya coba berikut dengan tips ke 5. tapi kok bb saya tidak ada respond apa apa yah. lampu led nya masih nyala, cuman layarnya mati. tolong dibantu min, terimakasih

    • Admin says:

      Kalau sudah coba tips #4 dan #5 mau tidak mau harus pinjam baterai milik teman / saudara. Kalau pakai baterai yg lain bisa menyala normal, berarti kondisi baterai BB-nya sudah kurang baik. Tks :)

  5. 95
    fitri says:

    mau nanya min, hp bb saya cdma injek.
    sebelumnya hp saya bermasalah dalam pengisian baterai karena tidak mau penuh2 . kemudian karena kesel saya tinggal hingga hp itu mati. saya diamkan hp itu selama seharian.
    kemudian pas saya mau charge lampu indikator tidak nyala.
    saya coba lepas baterai dan di hubungkan ke komputer. lampu indikatornya nyala. tapi layarnya tetap tidak mau nyala .

    menurut admin hp bb saya kenapa dan bisa dikasih solusinya.

    terimakasih

    • Admin says:

      1. Kalau tidak mau penuh2 bisa ada dua kondisi: Chargernya tidak original atau baterainya tidak original / kualitasnya sudah menurun
      2. Menurut saya kemungkinan besar dari kondisi baterai yg kurang baik. Solusinya baterainya bisa dicas dulu menggunakan desktop charger. Tks :)

  6. 96
    aprilia says:

    gan, bb style ane klo di cas awalx kayak msuk, lalu tiba2 kluar lambang baterai d silang merah itu tandax pa?
    ud nyoba ganti cas teman tp og sama

    • Admin HHP says:

      Artinya baterai tidak terdeteksi atau kondisi baterai terlalu habis. Untuk mengatasinya, lakukan tips #7 diatas. Tks :)

  7. 97
    aprilia says:

    gan, nanya donk
    ane py bb tp pas ane cas awalx lampu indikator nyala bntar 2-3detik lach, hbs itu kluar lambang baterai terisi, namun selang 1menit ganti lg lambang baterai di silang merah n lampu indikator ug nyala?

    menurut agan itu knp? tyz solusix apa

    • Admin HHP says:

      Artinya baterai tidak terdeteksi atau kondisi baterai terlalu habis. Untuk mengatasinya, lakukan tips #7 diatas. Tks :)

  8. 98
    andre says:

    kak,,,,minta saran,,,,,,saya punya bb strom 1,hp itu habis batre,,,,ketika di cas ada lampu merah terus kemudian gelas pasir terus berulang-ulang jadi bagaimana kak?

    • Admin HHP says:

      Untuk mengatasi masalah diatas, disarankan untuk mengisi baterainya menggunakan dekstop charger (kalau tidak ada, bisa pinjam dengan teman / saudara yang punya). Tks :)

  9. 99
    Anton says:

    (AKS)
    Saya punya bb cdma 9330 baterai ketika di chas lewat charger mau pun pc muncul tanda silang baterai, setelah pinjam baterai teman tidak masalah tapi ketika di hidupkan dengan atau tanpa memori menyala sebentar kemudian mati lagi ini masalahnya dimana yah, solusi untuk mengatasi sendiri permasalahannya bagaimana ?
    Trims dah mau menjawabnya… ^_^

    • Admin HHP says:

      Kapasitas baterai temannya full atau tidak? Kalau tidak full, coba dicas dulu (menggunakan ponsel temannya) hingga full lalu pasang lagi di hp Anton. Kalau masih mati lagi, maka perlu diperiksa ic powernya (di service center). Tks :)

  10. 100
    oki fitri says:

    keren min stlh dcoba tips #6 bs langsung nyala..tq min

  11. 101
    shelly unzella says:

    admin tolong bantu donq
    jadi gini dari sekolah ada kegiatan tour
    naah saya membawa hp saya
    hp saya blackberry 8520
    sbelum berangkat tour hp sudah saya cass dengan full
    tapi sebelum itu sebenrnya bolongan cassan hp saya rusak dan saya ngecas pake cassan kodok..
    memakai cassan kodok bisa tetapi selagi tour batre hp saya melemah dan tidak saya cas karna kondisi lagi di bis tour.
    dan tidak tau kenapa waktu sya sampai rumah hp saya langsung saya cas memakai cassan kodok seperti biasanya itu tidak bisa ..
    mau saya cas pake power bank tapi kan bolongan cassan nya itu goyang(rusak)
    jadi gimana yang harus saya lakukan?
    apa benerin bolongan cassan nya aja?

    • Admin HHP says:

      Kejadian ini normal terjadi pada baterai BlackBerry (entah kenapa) dan biasanya menandakan kondisi baterai sudah tidak terlalu baik. Utk mengatasinya bisa dicoba menggunakan iWap (Baca tips #8 diatas). iWap itu sebenarnya sama seperti charger kodok namun kualitasnya lebih baik.

      Tapi kalau tidak mau beli iWap, sebenarnya lebih baik perbaiki charger port-nya saja (bolongan casnya), biar kedepannya tidak repot juga. Biayanya seingat saya dibawah 100 rb, kalau tidak salah 50-70 ribuan. Tq :)

  12. 102
    Rizal says:

    Saya mau nanya, saya pengguna BB 9760 (Bellagio) saya ada masalah dg batre bb saya.
    1. disaat dilakukan pengecasan batre, arus lsitrik masuk tetapi kondisi batre tidak bertambah.
    2. pada saat pengecasan bukan gambar arus (zigzag) yg muncul tetapi mirip gambar charger di LDC BB saya.
    3. saya sudah coba ganti batre (beli yg ori) namun kondisi tersebut tetap sama. Mohon penjelasannya ada masalah apa dg batre/bb saya. nuhun

    • Admin HHP says:

      Ada kemungkinan masalahnya di ic chargernya, bukan di batre. Utk cek / memastikannya perlu ke service center. Tq :)

  13. 103
    ratih says:

    Batre bb saya habis, saya charger cuma tampil indikator chargernya saja namun tidak booting2 , saya sudah coba tips yang nomer 4 dan 5 tapi tetap tidak bisa, jadi saya harus bagaimana lagi?

    • Admin HHP says:

      Coba gunakan desktop charger atau sering disebut charger kodok. Bisa pinjam dgn teman, saudara atau tetangga. Tq :)

  14. 104
    onel says:

    min saya pnya bb gemini tp tdak mau menyala sdh saya coba tips numb 1 dan 4 msh tdk menyala apa krna kepenuhan file atau emang harus di instal ulang?batrenya sudah saya ganti yg bru cassan nya jg tp msh blm bisa menyala,tolong sarannya yaa..

    • Admin HHP says:

      Kalau karena kepenuhan file, kecil kemungkinannya sampai tdk bisa menyala. Kemungkinan ada kerusakan di power ponselnya, sebaiknya di cek ke service center. Tq :)

Leave a Reply

Current day month ye@r *