Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Sinkronisasi Handphone Android

Apa itu Auto Sync Android dan Background data?

Pengertian Background Data Android (data pendukung / data latar belakang)

Sebuah aplikasi Android dikatakan berjalan di background apabila aplikasi tersebut tidak tertampil di layar namun sebenarnya aplikasi masih berjalan. Misalnya akibat Anda menekan tombol HOME namun aplikasi tidak dimatikan (exit), atau jika Anda membuka suatu aplikasi Android lalu berpindah ke aplikasi lainnya tanpa mematikan aplikasi sebelumnya.

Hal ini menyebabkan aplikasi-aplikasi yang menggunakan koneksi internet, misalnya aplikasi internet browser dapat berjalan di background namun tetap masih dapat terkoneksi ke internet. Saat aplikasi Android melakukan koneksi internet saat sedang berjalan di background, maka dikatakan aplikasi tersebut sedang melakukan koneksi “background data

Bila pengaturan Background Data dinyalakan (ON), berarti semua aplikasi “di ijinkan” untuk mengirim dan menerima data walaupun aplikasi berjalan di background . Bila Background data dimatikan (OFF), maka lalu lintas data akan otomatis terhenti jika aplikasi berjalan di background. Misalnya Anda sedang mengunduh (download) lagu dari internet menggunakan browser, maka jika Anda menekan tombol Home untuk kembali ke layar utama atau berpindah ke aplikasi lainnya, hal tersebut akan menyebabkan aplikasi browser berjalan di background dan bila fitur background data dimatikan, maka proses download lagu tadi juga ikut berhenti.

Pengertian Auto Sync Android (sinkronisasi otomatis)

Auto Sync adalah fitur yang mengatur agar aplikasi Android dapat melakukan sinkronisasi dengan server Google maupun dengan server aplikasi-aplikasi yang digunakan. Bila Auto Sync menyala, berarti aplikasi “diijinkan” untuk melakukan sinkronisasi data secara otomastis. Bila auto sync dimatikan, Anda tidak akan menerima informasi secara real time, misalnya tidak akan menerima push email, notifikasi dari jejaring sosial, sinkronisasi phonebook / kalender secara otomatis, dll.

Jika Anda merasa fitur ini tidak terlalu penting atau Anda memilih untuk melakukan sinkronisasi secara manual, maka berikut adalah cara mengaktifkan atau  menonaktifkan sinkronisasi handphone android:

  • Tekan tombol HOME lalu tekan tombol MENU
  • Pilih “Settings” (Pengaturan)
  • Pilih “Accounts & Sync” (Akun & Sinkronisasi)
  • Untuk mengaktifkan sinkronisasi secara keseluruhan, Anda harus memberi tanda centang pada bagian “Background data” (Data Latar Belakang / data pendukung) dan “Auto Sync” (Sinkronisasi Otomatis). Jika fitur sinkronisasi tidak ingin dijalankan secara otomatis, maka kedua parameter tersebut jangan dicentang.
  • Dibawah pengaturan Background Data dan Auto Sync, Anda dapat mengatur sinkronisasi secara spesifik untuk setiap Akun yang dimiliki. Untuk melakukan hal tersebut, pilih salah satu akun milik Anda, jika ingin mengaktifkan sinkronisasi, centang pada bagian “Sync Contacts” (sinkronisasi kontak), “Sync Gmail” (sinkronisasi Gmail), Sync Calendar” (Sinkronisasi Kalender), jika tidak ingin sinkronisasi, jangan dicentang.
  • Untuk melakukan sinkronisasi secara manual: pergi ke menu “Accounts & Sync” (Akun & Sinkronisasi) > pilih Akun anda > tekan tombol MENU > pilih “Sync Now” (sinkronisasi sekarang). Untuk melakukan sinkronisasi aplikasi lainnya dilakukan dengan cara masuk ke aplikasi lalu klik Sync Now / Synchronize Now / Refresh.

Demikianlah tutorial cara mengaktifkan atau  menonaktifkan sinkronisasi handphone Android persembahan harga-hp.com, semoga bermanfaat. Terima Kasih :)

Artikel yang berhubungan : Cara Menggunakan Android dan Cara Setting Internet Android

209 Comments to "Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Sinkronisasi Handphone Android"

  1. 61
    theo says:

    mas,maaf nyusul lagi.. barusan saya coba masuk ke APL PLAY / MARKET muncul pesan untuk memasukkan ulang password akun utama saya itu.. dan berhasil masuk lagi / sinkronisasi ke akun tsb.. trims mas atas inspirasinya..

  2. 62
    Ayu says:

    Saya suka menggunakan wifi sekolah, tapi suka tidak terhubung secara tiba-tiba. Alhasil pulsa saya tersedot. Bagaimana caranya agar tidak menyedot pulsa ketika wifi tiba-tiba tak terhubung?

  3. 63
    alvan says:

    mas mau tanya, cara root agar bisa pake firewall, ak pake samsung y

  4. 64
    Oki says:

    mas saya mw singkron calender bb dengan calender yahoo bisa gak yah ? kalo memang bisa tolong pencerahannya dong mas, thx untuk repnya yah

    • Admin says:

      Kalau dulu bisa. Kalau sekarang, utk sementara yang saya tahu sedang tidak bisa. Saat ini BB dan Yahoo sedang mencari cara utk mengatasinya. Penjelasan dari Yahoo bisa dibaca disini. Tks :)

  5. 65
    ardhian boby says:

    mw tanya mas. gmail saya tiba2 trhenti.. gak bs trima.pmberitahuan facebook..gak bs trima pesan masuk n gak bisa di sinkronisasi.
    saya pake hp acer z110 gingerbread.
    gmn cara nya mas..

    • Admin says:

      Koneksi internetnya masih aktif (kuota / pulsa masih ada)? Kalau masih aktif, coba cek pengaturan sinkronisasinya apakah aktif atau tidak. Kalau semua masih aktif, coba di restart dulu handphonenya. Tks :)

  6. 66
    Anjas Brunoo says:

    Masbroo kalo mau hapus nama facebook di kontak gimana carany sYa pake galaxy y. Temen saya pas buka app facebook pencet tombol sync all . Jadi temen fb nya pada nongol di kontak saya, bagaimana cara menghapusnya.. ?Saya juga nggak bisa add contak baru

    • Admin says:

      Coba cara ini:
      1. Buka aplikasi FB
      2. Setelah itu klik Options > tekan tombol MENU > klik Settings
      3. Scroll / gulir kebawah dan cari tulisan “Sync Contacts”
      4. Klik “Remove Facebook Data”
      Tks :)

  7. 67
    khoiril says:

    ms…android sya kog gk bisa sinkron ma kontak fb yaaa…pdhal dlu bisa…
    apa krn dlu sya prnh punya lumia yaaa…skrg sya pke lenovo

  8. 68
    Dee says:

    mazbroo, gimana caranya menghapus album facebook & blogspot yang sudah tersinkron di android???
    saya pake galaxy note 2,
    matur nuwun :)

  9. 69
    rini says:

    saya pakai lg optimus l9.sdh bbrp hr ini aplikasi contact d hp saya error.itu apa pnybabnya ya.mohon admin beri penjelasan.

    • Admin says:

      Error-nya setelah Rini melakukan / menginstall aplikasi apa? Untuk mengatasinya sementara, coba install aplikasi kontak yg lain, misalnya aplikasi Go Contacts, bisa didownload di market (Play Store). Tks :)

  10. 70
    Rudy says:

    Bantu aku sinkron email di hape Cross A7. Dulu aku pake email ini di hape nokia bisa. Makasih ya.

    • Admin says:

      Utk Sinkron email Google, Rudy harus login dulu ke akun Google-nya. Caranya bisa dibaca pada artikel: Cara menggunakan Android. Kalau utk sinkron email Yahoo, maka Rudy harus memiliki program Yahoo Mail terlebih dahulu. Kalau di hp belum ada, bisa install dari Google Play. Tks :)

  11. 71
    Ridho says:

    Broo. Ane mo nanya.
    kok hotspot di android ane ga bs dipake yah
    . Ga mau konek ke wifi laptop ane. Emang ada pemberitauan penggunaan data penuh
    Kira2 tau solusinya ga bro??
    Smartfren andromax i

    • Admin says:

      Pertama-tama pastikan kalau data internet di Android-nya masih aktif / masih ada pulsanya. Setelah itu restart Android-nya dengan cara mematikan lalu menyalakannya lagi.

      Kalau setelah di restart masih tidak mau konek, coba cek pengaturan wifi tether-nya, apakah menggunakan password atau tidak. Untuk cek-nya bisa dilihat di:
      Settings (pengaturan) > Wireless & Network (nirkabel dan jaringan) > Tethering & Portable Hotspot (pengikatan & hotspot portable) > configure Wifi Hot Spot > lihat pada bagian “Security” apakah menggunakan password atau tidak, kalau pakai password, pastikan saat laptop konek ke Android, password yang dimasukkan sama.

      Utk OS ICS: masuk System Settings > Dibawah tulisan Wirelss & Networks, klik “More…” > klik Tethering & Portable Hotspot > klik configure Wifi Hot Spot > lihat pada bagian Security menggunakan “open” (tidak pakai password) atau “WPAPSK” / “WPA2PSK” (pakai password), kalau pakai password, pastikan kata sandi yang disetting di Android dgn saat koneksi ke komputer sama. Tks :)

  12. 72
    Teguh says:

    Bro, saya kan buka skype dari android trus tiba-tiba semua nomer temen-temen skype saya ada di kontak hp saya semuanya, sampai ke whatsapp juga, cara menghentikan itu gimana ya?
    Hp saya Smartfren Andromax-i

    • Admin says:

      Masuk ke Settings > Account & Sync > klik aplikasi WhatsAPp > hilangkan tanda centang dari tulisan “Sync Contacts”. Lakukan hal yg sama utk aplikasi Skype. Tks :)

  13. 73
    Muhammad Iqbal Tanjung says:

    Sata nay bertanya mas..
    kenapa ketika saya syncronkan sekarang,updatetanya lama banget?
    kenapa yah?

    • Admin says:

      Update apa ya? Status Facebook, update contact atau yang lain? Kalau lama update bisa disebabkan jaringan internet yang kurang stabil. Tks :)

  14. 74
    hadi says:

    saya mau nanya mas..kenapa android saya ga bisa menampilkan pesan email setelah di root.sebelumnya normal”saja
    setiap akun gmail di buka.ada pesan tidak di sinkronkan dan di layar ada tulisan’email akan segera muncul. gimana solusinya.trims

    • Admin says:

      Hal ini bukan terjadi karena masalah root karena tidak ada hubungannya. Periksa settingan APN internetnya, bisa jadi settingannya berubah. Kalau bingung cara settingnya, lepas baterainya dan sim card > biarkan 2 menit > pasang baterainya lagi lalu nyalakan. Kalau masih tidak bisa, baru atur APN-nya. Caranya klik disini. Tks :)

  15. 75
    feliyani says:

    Masbroo, gimana caranya membuat Power Auto ON/OFF pada samsung galaxy S Advance? Tq

    • Admin says:

      Kalau yang auto on / off saya belum menemukannya. Kalau yg utk otomatis restart bisa menggunakan aplikasi “Auto Reboot” (hp harus di root dulu). Kalau maksudnya ingin agar tdk ada telp yg masuk / mengganggu, bisa menggunakan aplikasi “StudioKUMA Airplane Scheduler”, fungsinya utk mengaktifkan mode airplane dalam waktu yg ditentukan. Saat dlm mode airplane, semua sinyal hp akan dimatikan. Tks :)

Leave a Reply

Current ye@r *

4 Trackbacks to "Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Sinkronisasi Handphone Android"