Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Sinkronisasi Handphone Android

Apa itu Auto Sync Android dan Background data?

Pengertian Background Data Android (data pendukung / data latar belakang)

Sebuah aplikasi Android dikatakan berjalan di background apabila aplikasi tersebut tidak tertampil di layar namun sebenarnya aplikasi masih berjalan. Misalnya akibat Anda menekan tombol HOME namun aplikasi tidak dimatikan (exit), atau jika Anda membuka suatu aplikasi Android lalu berpindah ke aplikasi lainnya tanpa mematikan aplikasi sebelumnya.

Hal ini menyebabkan aplikasi-aplikasi yang menggunakan koneksi internet, misalnya aplikasi internet browser dapat berjalan di background namun tetap masih dapat terkoneksi ke internet. Saat aplikasi Android melakukan koneksi internet saat sedang berjalan di background, maka dikatakan aplikasi tersebut sedang melakukan koneksi “background data

Bila pengaturan Background Data dinyalakan (ON), berarti semua aplikasi “di ijinkan” untuk mengirim dan menerima data walaupun aplikasi berjalan di background . Bila Background data dimatikan (OFF), maka lalu lintas data akan otomatis terhenti jika aplikasi berjalan di background. Misalnya Anda sedang mengunduh (download) lagu dari internet menggunakan browser, maka jika Anda menekan tombol Home untuk kembali ke layar utama atau berpindah ke aplikasi lainnya, hal tersebut akan menyebabkan aplikasi browser berjalan di background dan bila fitur background data dimatikan, maka proses download lagu tadi juga ikut berhenti.

Pengertian Auto Sync Android (sinkronisasi otomatis)

Auto Sync adalah fitur yang mengatur agar aplikasi Android dapat melakukan sinkronisasi dengan server Google maupun dengan server aplikasi-aplikasi yang digunakan. Bila Auto Sync menyala, berarti aplikasi “diijinkan” untuk melakukan sinkronisasi data secara otomastis. Bila auto sync dimatikan, Anda tidak akan menerima informasi secara real time, misalnya tidak akan menerima push email, notifikasi dari jejaring sosial, sinkronisasi phonebook / kalender secara otomatis, dll.

Jika Anda merasa fitur ini tidak terlalu penting atau Anda memilih untuk melakukan sinkronisasi secara manual, maka berikut adalah cara mengaktifkan atau  menonaktifkan sinkronisasi handphone android:

  • Tekan tombol HOME lalu tekan tombol MENU
  • Pilih “Settings” (Pengaturan)
  • Pilih “Accounts & Sync” (Akun & Sinkronisasi)
  • Untuk mengaktifkan sinkronisasi secara keseluruhan, Anda harus memberi tanda centang pada bagian “Background data” (Data Latar Belakang / data pendukung) dan “Auto Sync” (Sinkronisasi Otomatis). Jika fitur sinkronisasi tidak ingin dijalankan secara otomatis, maka kedua parameter tersebut jangan dicentang.
  • Dibawah pengaturan Background Data dan Auto Sync, Anda dapat mengatur sinkronisasi secara spesifik untuk setiap Akun yang dimiliki. Untuk melakukan hal tersebut, pilih salah satu akun milik Anda, jika ingin mengaktifkan sinkronisasi, centang pada bagian “Sync Contacts” (sinkronisasi kontak), “Sync Gmail” (sinkronisasi Gmail), Sync Calendar” (Sinkronisasi Kalender), jika tidak ingin sinkronisasi, jangan dicentang.
  • Untuk melakukan sinkronisasi secara manual: pergi ke menu “Accounts & Sync” (Akun & Sinkronisasi) > pilih Akun anda > tekan tombol MENU > pilih “Sync Now” (sinkronisasi sekarang). Untuk melakukan sinkronisasi aplikasi lainnya dilakukan dengan cara masuk ke aplikasi lalu klik Sync Now / Synchronize Now / Refresh.

Demikianlah tutorial cara mengaktifkan atau  menonaktifkan sinkronisasi handphone Android persembahan harga-hp.com, semoga bermanfaat. Terima Kasih :)

Artikel yang berhubungan : Cara Menggunakan Android dan Cara Setting Internet Android

211 Comments to "Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Sinkronisasi Handphone Android"

  1. 106
    asyah says:

    Mau nanya nih. Sy pke LG L70 dual knp y ktika buka android ini selalu muncul , sayang sekali , kalender telah berhenti . Wkt it munculnya aga jarang tp skrg jd sering . Jd mengganggu saat mnggunakan aplikasi . Itu gmn ya solusinya? Terima kasih jk mnjwb pertyaan ini. ????

    • Admin HHP says:

      Sudah coba restart ponsel? (dimatikan lalu dinyalakan lagi). Kalau belum, coba di restart dulu.
      Kalau sudah di restart tapi masih muncul masalahnya, buka settings > apps > all > cari aplikasi Kalender > klik clear data.

  2. 107
    yulia says:

    Mau nanya nich..sy pakai samsung note 3 tpi knp ya akhir2 ini sering muncul du battery saver…mobo mart ….get5..pdhl sy g prnh download…gmn ngatasi nya ya ….saya sampai bingung..mohon bantuannya

    • Admin HHP says:

      Kemungkinan hanya iklan saja, biasa muncul setelah Yulia menginstall sebuah aplikasi sebelumnya yang mengiklankan aplikasi2 mobo mart, dsb.

Leave a Reply

Current ye@r *

4 Trackbacks to "Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Sinkronisasi Handphone Android"

  1. on May 27, 2011 at 10:40 pm
  2. on May 27, 2011 at 10:49 pm
  3. on June 24, 2011 at 10:31 pm
  4. on July 27, 2011 at 8:01 am