Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Sinkronisasi Handphone Android

Apa itu Auto Sync Android dan Background data?

Pengertian Background Data Android (data pendukung / data latar belakang)

Sebuah aplikasi Android dikatakan berjalan di background apabila aplikasi tersebut tidak tertampil di layar namun sebenarnya aplikasi masih berjalan. Misalnya akibat Anda menekan tombol HOME namun aplikasi tidak dimatikan (exit), atau jika Anda membuka suatu aplikasi Android lalu berpindah ke aplikasi lainnya tanpa mematikan aplikasi sebelumnya.

Hal ini menyebabkan aplikasi-aplikasi yang menggunakan koneksi internet, misalnya aplikasi internet browser dapat berjalan di background namun tetap masih dapat terkoneksi ke internet. Saat aplikasi Android melakukan koneksi internet saat sedang berjalan di background, maka dikatakan aplikasi tersebut sedang melakukan koneksi “background data

Bila pengaturan Background Data dinyalakan (ON), berarti semua aplikasi “di ijinkan” untuk mengirim dan menerima data walaupun aplikasi berjalan di background . Bila Background data dimatikan (OFF), maka lalu lintas data akan otomatis terhenti jika aplikasi berjalan di background. Misalnya Anda sedang mengunduh (download) lagu dari internet menggunakan browser, maka jika Anda menekan tombol Home untuk kembali ke layar utama atau berpindah ke aplikasi lainnya, hal tersebut akan menyebabkan aplikasi browser berjalan di background dan bila fitur background data dimatikan, maka proses download lagu tadi juga ikut berhenti.

Pengertian Auto Sync Android (sinkronisasi otomatis)

Auto Sync adalah fitur yang mengatur agar aplikasi Android dapat melakukan sinkronisasi dengan server Google maupun dengan server aplikasi-aplikasi yang digunakan. Bila Auto Sync menyala, berarti aplikasi “diijinkan” untuk melakukan sinkronisasi data secara otomastis. Bila auto sync dimatikan, Anda tidak akan menerima informasi secara real time, misalnya tidak akan menerima push email, notifikasi dari jejaring sosial, sinkronisasi phonebook / kalender secara otomatis, dll.

Jika Anda merasa fitur ini tidak terlalu penting atau Anda memilih untuk melakukan sinkronisasi secara manual, maka berikut adalah cara mengaktifkan atau  menonaktifkan sinkronisasi handphone android:

  • Tekan tombol HOME lalu tekan tombol MENU
  • Pilih “Settings” (Pengaturan)
  • Pilih “Accounts & Sync” (Akun & Sinkronisasi)
  • Untuk mengaktifkan sinkronisasi secara keseluruhan, Anda harus memberi tanda centang pada bagian “Background data” (Data Latar Belakang / data pendukung) dan “Auto Sync” (Sinkronisasi Otomatis). Jika fitur sinkronisasi tidak ingin dijalankan secara otomatis, maka kedua parameter tersebut jangan dicentang.
  • Dibawah pengaturan Background Data dan Auto Sync, Anda dapat mengatur sinkronisasi secara spesifik untuk setiap Akun yang dimiliki. Untuk melakukan hal tersebut, pilih salah satu akun milik Anda, jika ingin mengaktifkan sinkronisasi, centang pada bagian “Sync Contacts” (sinkronisasi kontak), “Sync Gmail” (sinkronisasi Gmail), Sync Calendar” (Sinkronisasi Kalender), jika tidak ingin sinkronisasi, jangan dicentang.
  • Untuk melakukan sinkronisasi secara manual: pergi ke menu “Accounts & Sync” (Akun & Sinkronisasi) > pilih Akun anda > tekan tombol MENU > pilih “Sync Now” (sinkronisasi sekarang). Untuk melakukan sinkronisasi aplikasi lainnya dilakukan dengan cara masuk ke aplikasi lalu klik Sync Now / Synchronize Now / Refresh.

Demikianlah tutorial cara mengaktifkan atau  menonaktifkan sinkronisasi handphone Android persembahan harga-hp.com, semoga bermanfaat. Terima Kasih :)

Artikel yang berhubungan : Cara Menggunakan Android dan Cara Setting Internet Android

207 Comments to "Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Sinkronisasi Handphone Android"

  1. 91
    Intan says:

    Gan, saya mau nanya ni.
    saya kan baru make’ android s4, saya bingung gan kok kamera belakangnya kebalik tp hasilny gak, gimana tu solusinya?

    • Admin says:

      Emmm… saya belum pernah mendengar kasus Galaxy S4 kameranya terbalik. Mohon maaf, Intan membeli Samsung Galaxy S4-nya dimana? apakah di counter resmi Samsung? Tks :)

  2. 92
    aldi says:

    klo udah di “di sinkronisasikan sekarang ” tapi tetep gk aktif gmna tuh ?

  3. 93
    yulita says:

    mau tanya deh ka, saya pake samsung grand.. saya tidak ingin hp saya sync dengan akun mail atau fb saya. sudah saya tidak centang untuk sync tp masih saja ke sync dari akun fb dan mail. sangat mengganggu karena foto dri mail tdk penting dan kontak fb jadi ke save di hp. mohon penjelasannya ka.

    • Admin says:

      Untuk pengaturan Mail: buka Settings > Pada Bagian Akun & Sinkronisasi (accounts & Sync) > klik Google > klik pada akun Email Anda, nanti akan muncul banyak pilihan (Browser, Calendar, Gmail, Contacts, dsb) > beri tanda centang pada bagian Gmail Saja, yang lain jangan dicentang.

      Apabila menggunakan akun mail yg lain (misalnya Yahoo), caranya sama saja.

      Untuk menghilangkan kontak FB, ketika sudah tidak disinkronisasi: Buka aplikasi Contacts/People > Tekan tombol MENU > cari pilihan “Contacts to Display” > hilangkan tanda centang dari Facebook. Tks :)

  4. 94
    Rosy says:

    mau tax nih admin, aq kan pakek samsung galy grand duos.. cara untuk mengoffkan sinkronisasi gmna??
    aq udh buka ikutin cara diatas tp kok ga ada ya..
    maaf kr msh newbie..
    thx min

  5. 95
    vebria deta says:

    om.. saya pengguna samsung GT-B5330.. kok saya nggak bisa lagi terkoneksi ke layanan internet?? padahal data paket saya masih banyak!!!! semuanya udah cek tetep saja servernya tidak ngerespon dan jaringan pun ok… sementara temen2 saya yg laen pada nggak ada masalah!!! jika menggunakan wifi baru bs.. solusinya om!!!

  6. 96
    rudy says:

    permisi gan sy mo tanya…:klo lenovo a390 akun googlenya/yg laenya ga bisa sinkron dan internet semua jg ga bisa konek knp ???y gan… tks

  7. 97
    dani says:

    gan saya pake IMO S88. gan sy mau tanya ko syinc untuk BBM ga bisa d aktifin ya?? mohon bantuanny ya gan

  8. 98
    niala says:

    Kk, pengaturan akun dan sink d’hp android galaxy fame dmana sh?

    • Admin HHP says:

      Masuk ke Settings / pengaturan (di daftar aplikasi gambarnya biasanya seperti roda gigi) > Dibawah tulisan Akun (Accounts), klik salah satu logo akun yang ada (misalnya logo Google) > setelah itu akan muncul pengaturan sync-nya. Tks :)

  9. 99
    edsys says:

    mau tanya, kenapa ya, cross A20 gak bisa sinkronisasi kontak.. ?
    trims.

    • Admin HHP says:

      Cek di Settings/pengaturan > account & sync / akun dan sinkronisasi > pilih Google Account yang ingin disinkronisasi > pastikan Contacts dicentang. Tks :)

  10. 100
    indra says:

    Saya mau nanya sinkronisasi sudah di aktifkan tapi tidak bbisa aktif…..sudah beberapa kali di sinkronisasi tetap tidak aktif. Sinkronisasi bbm. Apa yg saya lakukan

    • Admin HHP says:

      Apakah Indra menggunakan aplikasi penghemat baterai? Kalau ya, coba cek settingannya. Biasanya aplikasi penghemat baterai akan mematikan koneksi internet saat layar mati. Tq :)

  11. 101
    opik says:

    mau nanya nih gan. aku kan pake samsung grand1, pulsa aku di sedot terus,, giaman caranya biar ga kesedot lagi… thx :)

  12. 102
    ganis puspita sari says:

    mas saya mau tanya nigh , kenapa ya bbm tidak muncul pemberitahuan dan tidak konek padahal koneksi wifi , paket data sudah aktif.. gmna caranya mengembalikan seperti semula tnpa harus re-invite ulang bbm
    trima kasih

    • Admin HHP says:

      Kalau ingat BB Id-nya, maka bisa diinstall ulang aplikasi BBM-nya. Nanti setelah diinstall ulang, masukkan BB ID yang sama dan nanti kontak akan otomatis tersinkron lagi, tidak perlu invite ulang. Tapi kalau Chat-nya pasti kehapus. Tq :)

  13. 103
    eka wulandari says:

    Kk mau tanya donk…
    Knapa ya kalau saya buka bbm tidak bisa dibuka.
    Katanya “jaringan nirkabel anda telah dimatikan.pulihkan koneksi anda’
    Gimana tu kk?

  14. 104
    dian says:

    mau tanya untuk pengaturan kalender yg tadinya di ’31 bulan’ kok jadi ke ‘agenda’ padahal untuk mengantur sepert semua gk bsa.

  15. 105
    hudha says:

    Kak mau tnya kok stiap aku klik kontak bbm tiba” aplikasi bbm trhenti tba” and sinkronisasi bbmnya gak bisa di hidupkan itu knpa gan??

Leave a Reply

Current ye@r *

4 Trackbacks to "Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Sinkronisasi Handphone Android"

  1. on May 27, 2011 at 10:40 pm
  2. on May 27, 2011 at 10:49 pm
  3. on June 24, 2011 at 10:31 pm
  4. on July 27, 2011 at 8:01 am