Cara Membuat Folder, Copy Paste File, dan Cara Memindahkan File Android dari/ke PC

Berdasarkan komentar yang masuk ke harga-hp.com, ternyata masih ada sebagian pembaca situs ini yang belum mengetahui cara pengolahan data atau file yang tersimpan di acang (gadget) Anda, khususnya acang Android.

Contohnya ada yang menanyakan cara menggunakan aplikasi file manager, cara copy paste Android, cara membuat folder dan memindahkan file dari satu folder ke folder lain atau transfer file dari PC ke Android atau sebaliknya dan semacamnya.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan mengajarkan:

  1. Pengenalan tentang aplikasi File Manager
  2. Cara membuat folder di Android
  3. Cara memindahkan file dari satu folder ke folder lain pada handphone / tablet Android
  4. Cara merubah nama file
  5. Cara install driver Android
  6. Cara memindahkan file dari PC ke Android atau sebaliknya

Dengan menguasai cara penggunaan aplikasi file Manager, diharapkan Anda dapat mengorganisir file-file yang tersimpan di perangkat Android dengan lebih baik.

1. Pengenalan tentang aplikasi File Manager

Apa itu file manager? Sesuai dengan namanya, aplikasi file manager Android berguna untuk mengatur (manage) file-file atau data yang tersimpan di perangkat Android.  Secara lebih spesifik, aplikasi ini berguna untuk:

  1. Melihat file apa saja yang ada di tablet / handphone Android
  2. Membuat folder baru
  3. Menghapus (Delete), Menyalin (Copy), atau Memindahkan (Move) file dari satu lokasi (folder) ke lokasi lain
  4. Mengganti nama file
  5. dll

Pada saat aplikasi file manager Android diaktifkan, tampilan awal aplikasi ini pada umumnya menampilkan isi dari kartu memori (SD Card) HP atau Tablet Android yang digunakan.

Pada beberapa handphone atau tablet Android, ada yang sudah memiliki aplikasi file manager bawaan, namun ada juga yang tidak. Anda dapat menginstall aplikasinya File Manager buatan pihak ketiga dari Android market. Pilihannya sangat banyak dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dibawah adalah contoh tampilan aplikasi File Manager yang bernama “Dual File Manager XT”.

aplikasi file manager Android

Gambar 1. Aplikasi Dual File Manager XT

Perhatikan pada tulisan yang dilingkari pada gambar diatas, tulisannya “mnt/sdcard”. Hal ini berarti aplikasi file manager sedang menampilkan isi file-file yang tersimpan di dalam kartu memory (SD Card).

Sebagai Perbandingan, gambar dibawah adalah tampilan ketika Anda membuka file yang ada di SD card menggunakan komputer Windows:

cara transfer file dari pc komputer ke android

Gambar 2. Tampilan saat SD Card dibuka di komputer

Untuk navigasi pada saat menggunakan aplikasi file manager, pada umumnya Anda cukup melakukan klik untuk masuk ke dalam suatu folder dan menekan tombol BACK untuk kembali ke folder atau lokasi sebelumnya.

2. Cara Membuat Folder di Android

Beberapa hari yang lalu ada yang bertanya ke saya bagaimana cara membuat folder di Gallery foto. Hal tersebut dapat dilakukan menggunakan aplikasi file manager. Untuk dapat membuat folder, caranya mungkin sedikit berbeda-beda tergantung aplikasi file manager yang digunakan. Namun secara garis besar untuk dapat membuat folder baru, dapat dilakukan dengan menekan tombol MENU lalu klik Create / New Folder.

Contoh membuat folder menggunakan aplikasi Dual File Manager XT:

  1. Buka Aplikasi Dual File Manager XT
  2. Tentukan anda ingin membuat folder dimana, apakah di root SD Card atau membuat folder di dalam folder.
  3. Tekan tombol MENU
  4. klik Create
  5. klik Folder
  6. Ketikkan nama folder yang diinginkan, misalnya saja ketikkan “foto ku”

Catatan: Yang dimaksud root SD card adalah posisi teratas (tidak di dalam folder apapun) dari SD Card. Terkadang disebut juga root directory atau root folder.

Gambar 3. Cara Membuat Folder di HP/Tablet Android

Contoh membuat folder menggunakan aplikasi Astro File Manager

  1. Buka aplikasi Astro
  2. Tentukan Anda ingin membuat folder dimana
  3. Tekan tombol MENU
  4. Klik NEW
  5. Masukkan nama folder yang diinginkan

3. Cara Copy Paste File Android

Berikut langkah memindahkan (Move & Paste) atau menyalin (Copy Paste) file Android. Sebagai Contoh, saya akan menggunakan aplikasi Dual File Manager XT dan akan memindahkan beberapa foto yang diambil menggunakan kamera handphone ke dalam folder “foto ku” yang telah saya buat sebelumnya.

  • Langkah I: Buka folder dimana foto disimpan. Untuk file hasil jepretankamera, biasanya disimpan di folder mnt/sdcard/dcim/camera. Untuk masuk ke folder tersebut dilakukan dengan cara sebagai berikut:
    • Buka aplikasi Dual File Manager XT > posisi awal akan berada di direktori mnt/sdcard
    • Scroll / gulir layar kebawah > cari dan klik folder DCIM (setelah di klik tulisan diatas layar akan berubah menjadi mnt/sdcard/DCIM)
    • Klik folder Camera (tulisan diatas layar menjadi mnt/sdcard/DCIM/Camera).
  • Langkah II: Beri tanda centang pada file atau beberapa file yang yang ingin di salin (copy) atau dipindahkan (move). Tekan tombol MENU > Klik Edit > Klik “Move” Jika ingin memindahkan file atau klik “Copy” jika ingin menyalin file. Perhatikan gambar dibawah:

Gambar 4. Cara Memindahkan / Menyalin File Android

  • Langkah II (alternatif): Apabila hanya ingin meng-copy / memindahkan satu file saja, klik dan tahan pada file yang diinginkan > saat muncul menu pilihan > klik Copy / Move.
  • Langkah III: Buka folder “Foto Ku” atau folder lainnya dimana Anda ingin menyimpan file tersebut. (untuk kembali ke folder sebelumnya, tekan tombol BACK)
  • Langkah IV: Saat sudah berada di dalam folder “Foto Ku” > tekan tombol MENU > klik Edit > klik “Paste”.

Setelah selesai proses move / copy paste, foto yang saya pindahkan akan muncul pada folder “Foto Ku” di aplikasi Gallery.

Catatan: Aplikasi Dual File Manager XT memiliki kelebihan dapat membuka dua direktori (folder) yang berbeda pada saat bersamaan. Contohnya ketika Anda membuka folder mnt/sdcard/DCIM/Camera, untuk kembali ke folder mnt/sdcard, Anda tidak perlu menekan tombol BACK sebanyak dua kali, namun Anda dapat mengklik TAB yang ada di sebelah kanan atas layar.

4. Cara menghapus dan merubah nama file

Untuk merubah nama file, Anda cukup melakukan klik dan tahan pada file yang dimaksud > klik “Rename” untuk merubah namanya, klik “Delete” untuk menghapus file.

5. Cara install Driver Android

  1. Apabila pada paket penjualan disertakan CD Driver, masukkan ke komputer > tunggu sebentar selagi komputer membaca CD > Bila pada komputer muncul pop-up menu otomatis atau muncul pilihan, klik install.exe atau start.exe.
  2. Bila tidak muncul pop-up menu, buka My Computer > klik pada CD Drive > klik install.exe, start.exe atau Autorun.

Catatan:

  • Apabila pada paket penjualan tidak disertakan CD, coba hubungkan handphone ke komputer. Pada beberapa tipe handphone Android, drivernya disimpan di HP atau Tablet Android itu sendiri. Jadi ketika Anda menghubungkan ponsel Android ke komputer, akan ada pilihan untuk menginstall drivernya.
  • Apabila Anda tidak memiliki CD Driver dan saat perangkat Android dihubungkan ke komputer tidak ada reaksi apa-apa atau tidak ada pop up menu untuk melakukan instalasi, berarti Anda harus mengunduh (download) aplikasi driver dari website pembuat tablet atau handphone Android Anda.

6. Cara memindahkan file dari pc ke Android atau sebaliknya

Menggunakan Jaringan Wifi

Untuk menghubungkan handphone Android ke komputer via wifi, caranya dapat dilihat pada link berikut: Cara menghubungkan hp android ke komputer via wi fi

Menggunakan USB kabel data:

  1. Setelah aplikasi atau driver HP terinstall di komputer, hubungkan handphone dengan komputer menggunakan kabel data.
  2. Tunggu sampai komputer mendeteksi handphone Android Anda
  3. Bila komputer sudah dapat mendeteksi handphone Anda, namun Anda tidak dapat mengakses file SD card, coba buka notification panel pada handphone atau tablet Android Anda > klik pada tulisan “USB Connected” / “USB Connection” > klik “Turn on USB Storage” / “USB Mass Storage”.
  4. Bila SD card sudah dapat terbaca di komputer, Anda dapat memindahkan file dari pc ke android dengan cara membuka Drive SD card melalui My Computer, lalu copy paste file dari / ke komputer seperti biasa.

PENTING! : Agar SD Card tidak rusak, sebelum melepaskan kabel data dari komputer, Anda harus klik Safely Remove di komputer lalu klik Turn off USB storage di perangkat Android.

Cara Safely Remove:

  1. Lihat pada toolbar di bagian kanan bawah layar komputer
  2. Klik pada gambar colokan USB (Biasanya ada gambar tanda centang warna hijau)
  3. Klik pada drive Android yang mau di “remove” (dilepas)
  4. Tunggu sampai muncul tulisan“Safe to Remove Hardware”.(perhatikan gambar dibawah)

Gambar 5. Cara Safe to Remove Android

Cara Turn Off USB Storage:

  1. Buka notification panel Android dengan cara menggeser bagian atas layar ke bawah
  2. Klik Turn OFF USB Storage (lihat Gambar dibawah)
cara turn off usb android

Gambar 6. Klik Turn Off USB sebelum melepas kabel data

Memindahkan file dari handphone ke komputer menggunakan Card Reader:

Apabila Anda tidak memiliki kabel data atau sulit mencari kabel data yang cocok dengan tipe tablet atau handphone Android yang dimiliki, maka untuk proses transfer file dapat menggunakan bantuan SD card reader.

Apa itu SD Card Reader? Kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia artinya adalah pembaca kartu SD (secure Digital). Walaupun seringnya hanya dibilang sebagai reader (Pembaca) namun kenyataannya alat ini juga memiliki fungsi untuk menulis (writer) kartu SD. Anda dapat membeli alat ini di toko-toko komputer dengan harga sekitar Rp. 15.000 – Rp. 50.000-an. Berikut contoh gambar SD Card reader:

Gambar 7. Contoh SD Card Reader

SD Card reader yang dijual saat ini rata-rata dapat membaca berbagai ukuran dan jenis SD card. Jenis SD card yang biasanya digunakan pada handphone Android adalah Micro SD.

Berikut cara memindahkan file dari SD card ke komputer atau sebaliknya:

  1. Lepas SD card dari handphone atau tablet Android Anda. Caranya: Masuk ke Settings (pengaturan) > klik SD Card & Phone Storage (Penyimpanan Telepon & Kartu SD) > Klik Unmount SD Card (Lepas SD card) > Kalau ada peringatan, klik OK > Tunggu sampai ada tulisan “SD Card safe to Remove” (SD Card aman dilepas) di notification panel > lepas SD card. Catatan: Anda dapat juga melepas SD card dengan cara mematikan terlebih dahulu perangkat Android Anda.
  2. Pasang SD Card ke Card Reader > perhatikan posisi pemasangan SD Card, jangan terbalik.
  3. Tunggu sampai komputer mendeteksi SD card
  4. Buka My Computer > Buka Drive SD Card > lakukan Copy Paste seperti biasa
  5. Setelah selesai melakukan backup atau menyalin isi SD Card, lepaskan SD card. Ingat untuk meng-klik Safely Remove terlebih dahulu (Gambar 5).


Artikel Lain:

Loading…

81 Comments to "Cara Membuat Folder, Copy Paste File, dan Cara Memindahkan File Android dari/ke PC"

  1. 31
    pulau tidung says:

    Ok thx gan

  2. 32
    @letter@ says:

    gan,kalau mau buat folder di dalem menu pesan blackberry gmn??
    atau harus pakai aplikasi apa??hehehe,,

    • Admin says:

      He he kebetulan skr saya sdg tdk ada BlackBerry, jadi tidak bisa utak atik. Tapi kalau mau memisahkan anatara SMS, Email, dll seingat saya bisa dilakukan dgn cara membuka folder messages, pencet tombol BB > pilih Options > General Options, atur jadi “separated”. Tks :)

  3. 33
    fitrians says:

    Gan, mo tanya ni, klo aplikasi yang tersimpan di sd card apa bs di copy ke sd card yang lainnya? soalnya ini mo ganti sd card dari 8 ke 16 GB. tks

    • Admin says:

      Bisa dong. Tapi biar gampang, lakukan copy paste di komputer. Jadi file sd card yg lama di copy ke komputer lalu dari komputer ke sd card yg baru. Tks :)

  4. 34
    fitrians says:

    ok Boss, maklum newbie. terimakasih atas pencerahaannya

  5. 35
    sipahutar says:

    Gan,saya mau tanya.kalau memindahkan file semisal file musik dari bluetooh ke eksternal card koo bawaan tampilannya jadi double?trims

    • Admin says:

      Cara Sipahutar memindahkannya bagaimana dan menggunakan aplikasi apa? Pastikan memilih “Move” atau “pindahkan” dan bukan pilih yang “Copy” atau “Salin”. Tapi kalau seandainya jadi double, maka tinggal dihapus saja file yang ada di folder Bluetooth. Tks :)

  6. 36
    artha says:

    Gan, sya udah brhsil buat folder pke app.dual file manager, sdh berhasil jg move foto dari folder lama ke folder baru, tapi knp folder baru ga muncul di galeri foto ya? Kira2 dimana salahnya ya… thanks gan…

    • Admin says:

      Itu artinya folder belum di rescan. Utk mengatasinya bisa dengan menginstal aplikasi SDrescan, fungsinya untuk men-scan ulang memori telepon. Alternatif lain, gunakan aplikasi Quickpic, yaitu aplikasi pengganti Gallery yang lebih cepat dan ringan. Kalau tidak mau install aplikasi, cukup restart ulang ponselnya dan pada saat baru menyala, ponsel akan melakukan scan ulang memori dan seharusnya foto sudah muncul. Tks :)

  7. 37
    meriani says:

    kalo pernah bikin folder kosong di menu, trus udah di hapus, tapi masih ada terus itu folder kosongnya, cara ngapusnya gimana?

    • Admin says:

      Di menu yang mana ya? Di app drawer? Kalau mau hapus folder, biasanya dengan cara menekan dan tahan pada folder yang mau dihapus > kalau muncul pop up menu, klik Delete.

      Nama foldernya apa? Kalau folder tersebut adalah folder sistem, maka tidak akan bisa dihapus. Kalau dihapus akan muncul kembali secara otomatis. Tks :)

  8. 38
    JERO CANDRA says:

    Thanks infonya gan. Sangat..sangat…membantu. Btw, suami saya pake sd card di hp samsung, tapi kok sd cardny6a ga bisa terbaca ya. Malahan ada beberapa aplikasi yang hilang setelah sd cardnya dimasukin ke hp. Mohon dijelaskan penyebabnya. terima kasih

    • Admin HHP says:

      Kemungkinan format SD card tidak sesuai dengan ponsel. Utk mengatasi ini, hubungkan SD card ke komputer menggunakan card reader > buka “My Computer” di PC, klik kanan pada drive sd card > klik Format > Pilih File System = FAT32 > klik Start (proses ini akan menghapus semua data di SD card).

      Tapi kalau saat SD card pertama kali dihubungkan ke PC tidak terbaca, maka kemungkinan SD-cardnya bermasalah. Coba bershihkan konektor sd card (yg warna kuning) dgn cara digosok menggunakan penghapus (jangan terlalu keras) lalu pasang lagi. Kalau tetap tidak bisa, bisa jadi SD card-nya rusak, coba gunakan sd card yg lain bila ada. Tks :)

Leave a Reply

Current ye@r *