Cara Mematikan Koneksi Internet Android

Banyak pengguna Android yang lumayan “mengeluh” akibat pulsa mereka terpotong terus menerus sejak menggunakan handphone atau tablet Android. Sebagian orang sama sekali tidak tahu mengapa hal tersebut bisa terjadi sementara sebagian lainnya mengetahui bahwa hal tersebut karena handphone Android selalu terkoneksi dengan internet namun tidak tahu cara mematikannya.

Untuk mematikan layanan data / internet Android, sebenarnya cukup mudah, namun banyak orang, khususnya pengguna baru yang tidak tahu caranya. Pada tutorial kali ini kami akan mengajarkan bagaimana cara untuk mematikan koneksi internet Android, namun sebelumnya kami akan menginformasikan mengapa handphone Android selalu terkoneksi ke internet dan efek samping bila mematikannya.

Ponsel Android selalu terhubung ke internet, ke server Google atau ke server aplikasi Android untuk melakukan sinkronisasi data. Bila anda mematikan koneksi internet atau layanan data, maka ponsel atau Tablet PC tidak dapat melakukan sinkronisasi yang menyebabkan anda tidak akan menerima notifikasi atau pemberitahuan apabila ada informasi terbaru dari setiap aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, termasuk anda tidak akan menerima notifikasi setiap ada email baru, pesan instan dari layanan sosial seperti Facebook, Yahoo Messenger, Twitter, dll, dan juga anda tidak akan mendapat informasi apabila ada update terbaru dari aplikasi yang anda unduh (download) dari Android Market.

Aplikasi gratis yang di unduh dari Android market biasanya juga akan menampilkan iklan. Dan untuk menampilkan iklan tersebut menggunakan koneksi internet. Pengembang aplikasi Android menggunakan iklan untuk menunjang kerja keras mereka, jadi kalau Anda ingin iklan tidak tampil, Anda kami sarankan untuk membeli aplikasi yang versi berbayar atau memberikan donasi ke pengembang atau pembuat aplikasi.

Namun, dapat dipahami bahwa membeli aplikasi Android tidak mudah bagi sebagian orang, khususnya bagi mereka yang belum memiliki kartu kredit. Jadi, jika Anda tidak mau pulsa (data) terkuras akibat iklan dan bila anda tidak terlalu membutuhkan fitur seperti push email atau layanan sosial yang selalu online, maka Anda dapat melakukan cara-cara berikut untuk mematikan koneksi internet Android:

Cara Pertama:

Pada beberapa tipe handphone Anda dapat mematikan koneksi internet dengan cara menekan dan tahan tombol power atau tombol on/off lalu akan muncul pilihan untuk mematikan koneksi internet (disable data connection). Namun tidak semua tipe handphone memiliki fitur ini

Cara kedua mematikan koneksi internet Android:

Metikan melalui pengaturan.

OS Gingerbread kebawah:

  1. Buka Settings (pengaturan)
  2. Klik Wireless & Networks (Nirkabel & Jaringan)
  3. Mobile Networks (jaringan selular)
  4. pada bagian Use packed data (Gunakan koneksi data) jangan di centang atau di kosongkan. Bila tulisan Use Packed Data tidak ditemukan, carilah tulisan Data Enabled. Namun demikian, tidak semua handphone Android memiliki pilihan seperti ini.

OS Ice Cream Sandwich keatas:

  1. Buka Settings (pengaturan)
  2. Klik Mobile Networks (Jaringan Seluler)
  3. Klik Data Connection (koneksi data)
  4. Klik OFF / Matikan / Disable

Cara Ketiga: Buat APN Palsu

Untuk dapat mematikan internet Android dapat juga dilakukan dengan cara membuat APN (Access Point Name) palsu atau settingan internet palsu. Berikut caranya:

  1. Tekan tombol HOME lalu tombol MENU, setelah itu pilih Settings (pengaturan)
  2. Pilih Wireless & Networks (Nirkabel & Jaringan) (untuk ponsel Android yang menggunakan OS Ice Cream Sandwich keatas langsung ke tahap #3 dibawah)
  3. Pilih Mobile Networks (jaringan selular)Pilih menu Access Point Names (APN)
  4. Setelah masuk ke menu APN, tekan tombol Menu lalu pilih New APN (APN Baru).
  5. Masukkan data secara “asal-asalan”, misalnnya: Name (Nama): apn palsu ~ APN:  apnoff ~ Yang lainnya tidak perlu diisi
  6. Setelah selesai tekan tombol MENU lalu pilih Save / Simpan
  7. Pilih “APN Palsu” yang baru dibuat dengan menyentuh lingkaran di samping nama apn palsu tersebut.

Namun, kadang-kadang cara ini tidak selalu berhasil dan sedikit merepotkan. Untuk memastikan apakah koneksi internet Android Anda masih aktif atau tidak, saat APN palsu di aktifkan, cobalah anda browsing internet, bila masih bisa, berarti cara ini tidak dapat diterapkan. Keuntungan dari menggunakan cara ini adalah, anda masih dapat menerima MMS yang masuk.

Cara Keempat Mematikan Koneksi Internet Android:

Cara yang terakhir ini menurut kami adalah cara yang termudah dan berikut tutorialnya:

Pergi ke Android Market lalu ketikkan: “APN on off” pada kolom pencarian. Akan tertampil beberapa aplikasi seperti berikut:

cara mematikan koneksi internet handphone android

Aplikasi APN On-Off

Pilih aplikasi yang Anda suka, sebagai contoh kali ini kami memilih aplikasi APN on-off Widget buatan Pedro Maicas. Perbedaan antara satu aplikasi APN dengan aplikasi APN lainnya pada umumnya hanya tampilannya saja, jadi anda dapat memilih aplikasi yang tampilannya sesuai dengan selera anda.

Setelah aplikasi terinstall, untuk mengaktifkannya, anda perlu pergi ke layar utama atau home screen dengan cara menekan tombol HOME. Setelah itu sentuh dan tahan layar hingga muncul menu pilihan >> pilih Widgets >> cari aplikasi “APN On-Off”

cara mematikan internet HP android

Sentuh dan Tahan Layar lalu pilih “Widget”

Setelah Anda memilih widget APN On-Off, pada layar utama akan muncul Widget dengan gambar panah atas-bawah dengan latar belakang berwarna hijau yang menandakan koneksi internet Android masih aktif. Untuk mematikan koneksi internet, anda cukup menyentuh pada widget APN On Off.

cara mematikan layanan data ponsel android

Koneksi Internet HP Android masih aktif

setelah disentuh, widget akan berganti warna menjadi berlatar belakang merah yang berarti APN off atau koneksi internet sudah tidak berjalan. Indikatornya tidak akan muncul huruf G / E / 3G / H di sebelah kiri indikator kekuatan sinyal. Catatan: G = GPRS, E = EDGE, 3G = koneksi 3G, H = HSDPA.

cara mematikan layanan internet android

Koneksi Internat Android Off

Untuk mengaktifkan koneksi internet, anda cukup menyentuh widget APN On Off-nya kembali. Bila anda ingin menggunakan aplikasi APN On Off yang lain, sebaiknya aplikasi sebelumnya di uninstall terlebih dahulu.

Demikianlah tutorial cara mematikan koneksi internet Android dari kami, silahkan anda memilih cara yang menurut anda termudah atau yang berhasil diterapkan pada handphone atau tablet Android milik Anda. Selamat mencoba :)

Bacaan Menarik Lainnya: Cara Menggunakan HP Android dan Review CSL Mi 410: Android lokal yang powerful

212 Comments to "Cara Mematikan Koneksi Internet Android"

  1. 106
    yusuf says:

    mantab gan,..

Leave a Reply

Current ye@r *

4 Trackbacks to "Cara Mematikan Koneksi Internet Android"

  1. on May 25, 2011 at 11:38 pm
  2. on June 20, 2011 at 4:43 am
  3. on June 24, 2011 at 10:38 pm
  4. on July 28, 2011 at 7:01 am