Tiga Cara Install Aplikasi Android

Bagi anda yang baru saja menggunakan handphone Android, beberapa dari anda mungkin sedikit bingung bagaimana cara install aplikasi android atau cara install game android pada ponsel kesayangan anda. Tutorial ini memang sangat sederhana, namun ada beberapa orang yang belum mengetahuinya. Saya pun saat pertama kali membeli hp Android tidak langsung mengetahuinya. Berikut caranya:

Cara 1. Download game atau aplikasi melalui Android Market.

Ponsel dengan sistem operasi Android pada umumnya telah dilengkapi dengan aplikasi Android Market. Walaupun berjudul “Market” yang berkesan jualan, namun jangan khawatir, banyak sekali aplikasi gratis yang keren tersedia pada Android Market. Melalui aplikasi inilah anda dapat mendownload ratusan ribu aplikasi / game.

Berikut cara install game Android atau aplikasi melalui Android Market:

  • Pertama: Masuk (sign in) ke Aplikasi Google Market. Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda harus memiliki akun Google dan koneksi internet harus aktif.
  • Kedua: Pilih aplikasi atau game yang anda suka.
  • Ketiga: Klik “Install”. setelah itu aplikasi atau game akan secara otomatis di-unduh (download) dan akan secara otomatis terinstall di ponsel anda. Beres deh.

Catatan:

Pada Android Market, aplikasi atau game akan terklasifikasi menurut kategori, apabila anda memilih salah satu kategori maka akan tertampil daftar aplikasi “Top Free” atau aplikasi gratis yang paling banyak diunduh. Hal ini memudahkan pengguna untuk memilih aplikasi atau game yang terbaik. Anda juga dapat menggunakan fasilitas search untuk mencari aplikasi yang anda butuhkan.

Cara 2: Cara Install Aplikasi Android lewat PC.

Selain melalui Android Market, anda dapat menggunakan komputer anda untuk mengunduh game atau aplikasi lalu menginstallnya di handphone Android anda. Cara ini berguna untuk menginstall game atau aplikasi yang tidak tersedia di Android Market.

Berikut cara install aplikasi Android melalui computer:

  • Pertama: Cari file aplikasi atau game yang anda inginkan menggunakan komputer lalu unduh. Sebagai informasi, nama file aplikasi untuk handphone Android berakhiran atau berekstensi “.apk”
  • Kedua: Hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel data lalu tranfer file APK dari komputer ke SD card. Bila tidak memiliki kabel data, gunakan card reader untuk mentransfer file APK dari komputer ke SD card. Anda dapat juga menggunakan Bluetooth untuk melakukan transfer file.
  • Ketiga: Masukkan SD card ke handphone atau lepaskan kabel data dari komputer > buka aplikasi file manager (My Files / “file Saya” / File Browser) di handphone Android > cari file APK yang tadi di transfer > klik pada file APK untuk melakukan instalasi

Apabila pada handphone Android anda tidak terdapat aplikasi file manager, anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu dari Android Market. Salah satu aplikasi file manager yang terkenal adalah Astro File Manager. Untuk mencari aplikasi file manager menggunakan Android Market, anda hanya cukup mengetik kata kunci “file manager” pada kolom pencarian.

Apabila aplikasi tidak dapat install, cek pengaturanya:

  1. Pergi ke Settings (Pengaturan)
  2. Klik Applications (Aplikasi)
  3. Beri tanda centang “Unknown Source” (Sumber tidak dikenal)

Sebagai catatan, aplikasi yang anda temukan diluar Android Market (di internet) tidak di pantau oleh Google, sehingga ada saja kemungkinan aplikasi atau game tersebut adalah virus. Oleh karena itu, kami sarankan anda untuk menginstall aplikasi Anti Virus terlebih dahulu.

Beberapa handphone Android versi lawas belum terinstall Android Market. Handphone yang belum memiliki Android Market biasanya masih bersistem operasi Android versi 1.5 (Cupcake). Bila pada handphone anda belum terinstall Android Market, anda dapat mencoba menggunakan cara diatas untuk install game Android pada handphone anda.

Cara 3: Cara Install Aplikasi Android dari PC melalui website https://market.android.com/

Cara berikut juga merupakan cara install aplikasi Android via PC, namun bedanya file .apk (aplikasi Android) tidak ditransfer dari PC ke handphone Android.

Catatan: Yang akan melakukan proses download aplikasi bukanlah komputer, namun tetap handphone Android.

Cara ini termasuk yang paling terbaru dan berikut cara install game Android atau aplikasi-nya:

  • Pertama: Pergi ke https://market.android.com/ menggunakan komputer anda, setelah itu sign in menggunakan akun Google yang sama dengan yang anda gunakan pada ponsel Android anda.
  • Kedua: Pilih game atau aplikasi yang anda sukai
  • Ketiga: Klik “Install”. Setelah anda meng-klik install pada website, handphone Android anda akan melakukan download secara otomatis dan setelah selesai aplikasi akan langsung terinstall pada HP anda.

Catatan: Tombol “Install” di komputer hanyalah sebagai pemicu saja, data atau pulsa akan dibebankan pada saat ponsel Android melakukan download setelah anda klik install pada website.

Apabila anda memiliki lebih dari satu handphone Android yang menggunakan akun Google yang sama, pada saat anda klik “install”,  website akan memberi pilihan untuk menginstall di HP yang mana.

Keuntungan mencari dan menginstall aplikasi Android via PC melalui website https://market.android.com/ lebih kepada kenyamanan, anda dapat melihat dan mencari aplikasi atau game pada layar computer yang jauh lebih lebar.

Selain itu apabila koneksi internet pada computer anda lebih baik dan cepat, anda dapat melihat contoh video dari aplikasi atau game melalui komputer (bila ada) dan juga anda tidak akan menghabiskan data internet (pulsa) pada handphone Android anda pada saat melakukan pencarian game atau aplikasi.

Kami tidak tahu apakah cara install game atau aplikasi melalui website market.android.com akan berfungsi pada handphone Android yang belum memiliki aplikasi Android Market, karena kami belum pernah mencobanya. Bila anda pernah mencobanya, sekiranya dapat diinformasikan kepada kami melalui form komentar dibawah.

Demikianlah cara install aplikasi Android, bila anda kurang jelas, ada pertanyaan, mau komentar, mau koreksi, mau protes atau sekedar mau tinggalin link blog / website kamu? Silahkan comment dibawah, jangan malu-malu :)

Post menarik lainnya tentang handphone Android: Motorola Charm MB 502 Review dan Samsung Galaxy 551 (i5510)

504 Comments to "Tiga Cara Install Aplikasi Android"

  1. 181
    beno says:

    gan ane mau nanya..knp game poker zigna g bs y buat hp galaxy q??ad tulisan perangkt g d’dukung

  2. 182
    julien says:

    bos mw tanya,samsung galaxy fit kn os nya froyo,bsa d upgrade k ginger bread gk?

  3. 183
    Jefril says:

    Gan ane mau tanya,kenapa game angry bird ga bisa dibuka di tablet sy? tablet sy vandroid T4i ICS prosesor 1GH RAM 512 MB. Mohon pencerahannya gan soalnya sy sdh berulang kali nginstal tu game Tp ga bisa dibuka2 maksih

    • Admin says:

      Install darimana? Apakah dari Google Play atau menginstall menggunakan file instalasi sendiri? Kalau menginstall dari Google Play, kemungkinan karena koneksi internetnya kurang bagus saat proses download. Hal ini menyebabkan file instalasinya tidak terunduh dengan sempurna. Coba download ulang, namun dilokasi dimana kecepatan internetnya lebih cepat dan stabil. Kalau install-nya dari file installer (ada file apk-nya), maka kemungkinan vers Angry Birds yang ingin diinstall tidak cocok dgn Tablet Jefril, coba install versi yg lain. Tks :)

  4. 184
    Rini says:

    bos mo tanya,, cara dapetin file apk nya gimana, shere link nya plissss,,!!!!

  5. 185
    kamkam says:

    Salam knal gan.mo tanya nih.fit sy dah diroot.tanpa sengaja penginstal paketnya kehapus.efeknya hp jd ga bs nginstall.tolong solusinya ya.makasih.

  6. 186
    kamkam says:

    Sudah gan.tp tetep aja dah dhard reset jg masih.makasih atas jawabanya.

    • Admin says:

      Coba install aplikasi yg lain yg ukurannya tidak terlalu besar. Kalau bisa, berarti dari file instalasinya yg bermasalah. Tapi kalau memang tidak bisa, coba flash ulang firmware-nya. Tidak terlalu sulit kok kalau dipelajari pelan2. Tks :)

  7. 187
    RIFQI says:

    om, saya mau tanya. saya kan pake nexian android 2.3.5 . saya coba download di laptop di situs ppxk.com/ nah pas download saya pake firefox. kok tbtb download langsung slesai terus dan pas pengen di instal di hp bacaanya “kesalahan parsing” solusinya gimana tuh om?

  8. 188
    Ocha says:

    Admin, aku pemula untuk HP Android..
    HPku Samsung Galaxy Fame, kmaren aku donlot Tweetdeck, tp koq ga mw terbuka ya??
    atau mmang ga bisa ya?/
    Jujur msih bingung BGT mengoperasikan Android, rumit BGT rsanya..

  9. 189
    acha says:

    om, aku baru download the sims freeplay APK dri PC. terus pas aku pindahin ke android (oppo) aku, katanya ada masalah. ga bisa diinstal. gimana caranya tuh?

    • Admin says:

      Masalah tidak bisa diinstall apk bisa disebabkan dari file APK-nya yang corrupt, bisa karena filenya tidak cocok, bisa juga karena hp belum di setting untuk dapat menginstall APK diluar dari market.

      Untuk dapat menginstall APK dari luar, lakukan pengaturan dulu di bagian Settings > Security > centang tulisan “Unknown Source”. Setelah itu coba install lagi. Tks :)

  10. 190
    egen says:

    gan mau nanya, kita kan udah download app atau game di PC trs kan instal di android… hal itu di kenakan biaya gk atau ngurangi kuota gk pas instal di HP… mohon pencerahannya gan…

Leave a Reply

Current ye@r *

2 Trackbacks to "Tiga Cara Install Aplikasi Android"

  1. on April 14, 2011 at 9:43 am
  2. on April 23, 2011 at 11:57 pm