Cara Foto Makro (Jarak Dekat) Mengunakan Ponsel Android

Anda sering mengambil foto dalam jarak dekat, misalnya memfoto dokumen atau tulisan di kertas? Bila jawabannya Ya, maka baca terus tulisan saya kali ini, karena saya akan memberi tips-tips agar hasil jepretan Anda terlihat bagus dan jernih.

Bagi Handphone yang tidak memiliki fitur auto focus (Fixed Fokus & EDoF)

Perangkat yang menggunakan kamera jenis fixed focus maupun EDoF (Extended Depth of Field) tidak dapat mengubah jarak fokus kamera sehingga kurang cocok digunakan untuk memfoto dalam jarak dekat (dibawah 15 cm). Contoh HP Android dengan kamera non auto fokus adalah Samsung Galaxy Mini.

Bila Anda menggunakan perangkat dgn kamera jenis ini, maka untuk mengambil foto jarak dekat, disarankan justru jangan terlalu dekat dengan objek. Ambil foto dari jarak sekitar 30 cm atau jarak yang dimana gambar terlihat jelas (walau terlihat kecil). Setelah selesai mengambil foto, crop / zoom foto Anda, hasilnya akan lebih jelas dibandingkan Anda berusaha memfoto tulisan dari jarak dekat. Selain itu, jangan pernah gunakan digital Zoom karena akan membuat gambar pecah.

Bagi handphone / Tablet yang memiliki fitur auto fokus:

Auto focus adalah fitur dimana kamera dapat mengatur titik fokus secara otomatis. Bila HP / Tablet Android Anda memiliki fitur ini, berikut cara memaksimalkan penggunaannya:

1. Sentuh layar sebelum mengambil foto

Sebelum mengambil foto, sentuh pada layar dibagian objek yang akan difoto tertampil di layar. Misalnya Anda ingin memfoto sebuah gambar di majalah, maka sentuh gambar tersebut di layar HP Anda. Bila perangkat Anda mendukung, kamera akan menyesuaikan jarak fokus; setelah gambar jelas (tidak buram), baru klik tombol kamera. Fitur ini dinamakan Touch Focus. Bila saat ditekan layarnya kamera tidak bereaksi / tidak menyesuaikan jarak fokus, baca tips selanjutnya.

2. Tekan dan tahan tombol Kamera

Bila Android Anda tidak mendukung fitur touch focus, coba tekan dan tahan tombol kameranya terlebih dahulu (jangan langsung dilepas). Biasanya kamera akan menyesuaikan jarak fokusnya terlebih dahulu, setelah itu lepas tombol kamera agar bisa diambil pemotretan.

3. Aktifkan fitur makro

Untuk Tablet atau handphone Android yang menggunakan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich (ICS) keatas, biasanya sudah memiliki fitur Makro (Macro Mode). Aktifkan modus ini agar hasil foto jarak dekat lebih jelas, caranya: Buka aplikasi kamera > Klik Settings (dibagian kiri agak bawah) > klik di bagian kiri lagi (gambar 3 buah kotak kecil) > klik Focus Mode > Pilih Macro. Setelah diatur ke Macro Mode, tetap lakukan tips nomor 1.

4. Gunakan aplikasi Magnifier

Aplikasi yang satu ini termasuk aplikasi yang unik. Fungsi Utama dari aplikasi ini sebenarnya adalah sebagai kaca pembesar dengan menggunakan fitur digital zoom,  namun tidak disangka-sangka ternyata juga sangat berguna untuk mengambil foto Makro.

Berikut cara penggunaanya:

  1. Install aplikasi Magnificent Magnifier HD buatan C.P.S dari Play Store (dulu bernama Android Market).
  2. Buka aplikasi tersebut
  3. Atur agar jangan menggunakan digital Zoom dengan menggeser slider ke kiri
  4. Sebelum mengambil foto, klik gambar “Monalisa” agar object dapat terlihat lebih jelas
  5. Klik tombol kamera untuk mengambil foto
Contoh hasil foto menggunakan aplikasi Magnifier (sudah di crop dan resize agar tidak menghabiskan bandwith):
cara foto dari jarak dekat

Hasil foto menggunakan Magnifier (klik untuk memperbesar)

Kelebihan dari aplikasi Magnificent Magnifier dibanding aplikasi sejenis lainnya adalah:

  • aplikasi ini ukurannya kecil
  • Ijin (permissions) untuk instalasinya tidak terlalu banyak bila dibanding yg lain, hanya ijin untuk hardware control agar bisa menggunakan fitur kamera HP dan Flash light-nya dan menggunakan koneksi internet untuk menampilkan iklan. Hal ini wajar karena aplikasi ini gratis
  • Sangat cepat untuk mengambil foto dan saat mengambil foto selanjutnya tidak perlu melakukan fokus ulang. Hal ini sangat berguna sekali saat digunakan misalnya untuk memfoto beberapa halaman buku karena tidak perlu melakukan fokus ulang setiap membalik halaman.

Artikel Lain:

Loading…

8 Comments to "Cara Foto Makro (Jarak Dekat) Mengunakan Ponsel Android"

  1. 1
    khairul says:

    mas admin aplikasi Magnificent Magnifier HD
    buatan C.P.S tidak ditemukan di play stor

    • Admin says:

      Coba ketikkan “Magnifier” (tanpa tanda kutip) di Play Store. Kalau masih belum bisa ditemukan, berarti aplikasi tsb tdk cocok dgn HP / tablet Khairul sehingga tdk dapat ditemukan. Tapi selain buatan C.P.S, Khairul bisa mencoba aplikasi yg mirip2 dgn itu. Tks :)

  2. 2
    khairul says:

    makasih mas admin atas infonya, emang nda cocok samsung saya masih versi froyo, apl itu buat gingger

    • Admin says:

      Setelah saya baca keterangannya, aplikasi tsb memang difokuskan untuk OS Gingerbread dan Ice Cream Sandwich. Terima kasih atas informasinya :)

  3. 3
    bocah says:

    hehe
    galmin ane dulu pernah buat ngefoto logo sekolahan, ane coba dr deket yg ada malah jd samar.

    oya itu um admin ngefoto penggaris’a pake HH apa?

  4. 4

    Owh pantesan aja fotoku jadi blur, ternyata ada settingannya ya..
    Makasih om atas infonya :D

Leave a Reply

Current day month ye@r *