Cara Edit Dan Membuat Suara Ringtone Lebih Keras Menggunakan Handphone Android

Apakah suara ringtone Android Anda kurang keras? Apakah volume ringtone SMS Anda terlalu kecil atau terdengar pelan sehingga sering terlambat membaca SMS karena tidak mendengar SMS masuk walaupun pengaturan volume sudah diatur ke tingkat maksimum? Apakah Anda ingin menggunakan MP3 sebagai ringtone namun tidak ingin menggunakan satu lagu penuh dan hanya ingin menggunakan bagian tertentu saja (misalnya hanya reff saja)? Jika jawabannya YA, maka pada tutorial kali ini saya akan mengajarkan bagaimana cara membuat ringtone menjadi lebih kencang atau keras suaranya dan juga untuk mengedit ringtone.

Untuk dapat mengedit dan memperkeras suara file ringtone Android, Anda memerlukan aplikasi “Ringtone Maker” buatan BIG BANG Inc. Aplikasi ini berguna untuk mengedit file musik seperti MP3. Jadi aplikasi ini tidak mengedit ringtone bawaan HP Android, namun berguna untuk mengedit file musik yang tersimpan di SD card. File tersebut nantinya dapat digunakan sebagai ringtone, nada notifikasi maupun sebagai suara alarm.

Tahap-tahap mengedit dan memperkeras volume suara ringtone Android:

1. Install dulu aplikasi Ringtone Maker yang dapat di unduh (download) melalui Android Market.

2. Aplikasi secara otomatis akan menampilkan semua file musik yang dapat digunakan sebagai ringtone.

3. Klik pada file MP3 untuk mendengarkan lagunya. Bila ingin memilih lagu tersebut untuk kita edit atau dibuat keras suaranya, klik dua tanda panah kebawah berwarna hijau di sisi kanan dari file musik tersebut. Akan muncul gambar seperti dibawah:

suara volume sms android kecil

Gambar 1. Klik Edit

4. Klik “Edit”. Anda dapat memotong dan memillih bagian tertentu saja dari lagu yang ingin dijadikan sebagai ringtone. Misalnya Anda ingin menggunakan bagian “reff”-nya saja sebagai ringtone. Untuk menentukan awal dan akhir dari Ringtone, klik lalu geser penanda awalan dan akhiran ringtone seperti gambar dibawah:

cara menggunakan mp3 sebagai ringtone android

Gambar 2. Klik dan geser untuk memotong lagu

5. Untuk memperkeras volume dari ringtone, tekan tombol Speaker yang ada di sisi kanan bawah aplikasi, lalu geser ke kanan Volumenya. Bila Volume “0” berarti tingkat volume tidak dirubah. Bila Anda menggeser volume ke kiri, maka Anda akan memperkecil suara ringtone. Bila Anda ingin suara ringtone tidak langsung keras saat pertama kali berbunyi, klik “Fade In” lalu pilih berapa detik sebelum volume full. “Fade Out” adalah kebalikan dari Fade In, yaitu pengaturan agar volume suara perlahan-lahan mengecil saat lagu akan selesai. Setelah selesai, klik “OK”

cara membuat ringtone android lebih keras dan kencang

Gambar 3. Atur Volume Ringtone ke tingkat yang diinginkan

6. Untuk mendengarkan hasilnya, tekan tombol Play.  Bila Anda tidak puas dengan hasilnya dan ingin memulai lagi dari awal, tekan tombol MENU lalu klik “Reset”

7. Jika sudah selesai, tekan tombol “Save”  (Gambar Disket). Setelah itu tekan pada bagian “Type”, akan muncul pilihan sebagai berikut:

  • Music: Pilih ini jika Anda ingin menyimpan file ini sebagai file musik. File tersebut akan disimpan di dalam folder sdcard/media/audio/music
  • Alarm: Jika Anda ingin menyimpan file ini sebagai “Alarm”. File disimpan di folder sdcard/media/audio/alarms
  • Notification: File musik dapat digunakan sebagai nada notifikasi. Misalnya untuk Nada SMS, email, dll. File akan disimpan di dalam folder sdcard/media/audio/notifications
  • Ringtone: File akan disimpan dan dapat digunakan sebagai ringtone panggilan masuk. Anda dapat mencari filenya di dalam folder sdcard/media/audio/ringtones

Setelah memilih type ringtone, klik “Save”

8. Jika Anda merasa volume suara rintone masih kurang kencang atau sebaliknya, masih terlalu kencang, maka Anda perlu membuka file yang sudah di edit sebelumnya, lalu mengatur ulang volumenya.

Peringatan: Jangan membuat ringtone menjadi sangat keras karena dapat merusak speaker handphone Android. Indikasi terlalu keras adalah saat ringtone berbunyi, suaranya terdengar pecah atau sember.

Bila Anda tidak mengetahui cara menggunakan file MP3 atau file musik di SD card sebagai ringtone tablet atau handphone Android Anda, maka disarankan membaca artikel berikut:

“Cara setting Ringtone Android” (klik)

Demikianlah tutorial cara mengedit ringtone dan membuat volume suara ringtone menjadi lebih keras persembahan harga-hp.com. Semoga bermanfaat, regards :)

Artikel Lain:

Loading…

26 Comments to "Cara Edit Dan Membuat Suara Ringtone Lebih Keras Menggunakan Handphone Android"

  1. 1
    Azel says:

    Ajiiiiiip!!!! membantu bgt…tp gan klo gio sya pgn isyarat getar lbih krasa cra nya gmn?hee
    Mksih pncrhanya oke bgt!!!

    • Anonymous says:

      Kalau kondisi OS standar, setau saya tidak bisa diatur tingkat kekerasan getarnya. Kalau menggunakan Custom ROM (OS alternatif) kemungkinan bisa, tapi saya lupa custom ROM mana yang bisa mengatur tingkat kekerasan vibrate. Tks :)

  2. 2
    anton says:

    sy sudah mencobaa cara diatas namun nada notifikasi sy msh terdengar sangat pelan pdhl volume sudah max

    • Anonymous says:

      Perbesar lagi suara file ringtone yang sudah diedit. Kalau masih kurang kencang, perbesar lagi suara file ringtone yang baru saja selesai diedit. Jadi Anton jangan memperbesar suara file yang sama (file aslinya), tapi harus memperbesar file suara yang sudah di edit. Jadi file hasi edit selanjutnya makin kencang dan makin kencang. Tks :)

  3. 3
    synz says:

    kok di ringtone maker gw g ada tombol speaker nya ya bro ? ada nya punya tombol fade.

  4. 4
    donita says:

    kalau ane boleh coment ana harus panggil apa ya sebelum nya ke bang brooo….kayak nya bang brooo lebih pantas dipanggil suhu/guru aja ya…. padahal rencana gua mau jual ni hp samsung androidku gara2 suara buat sms terlalu pelan sehingaga saya sering buka sms terlambat jadi pacar ane marah2. akhirnya setelah menemukah artikel punya suhu ini hp ane g jadi ane jual deh….hehehehheh suhu emang benar2 gooooooood

    • Anonymous says:

      He he kalau saya dipanggil suhu, enaknya suhu panas atau suhu dingin ya? :D Panggil aja bro, mas, dek, kakek, opa, mimin, suhu, dll yang menurut Donita nyaman aja. Tks :)

  5. 5
    donita says:

    hehehehhe maaf suhu saya jadi seneng ni baca2 artikel punya suhu….mau tanya lagi mudah2an gak bosan jawabnya….hehehhe gini suhu saya uda instal rigtone maker nya dan bekerja dengan sempurna masalah nya setiap music yang saya edit itu suaranya selalu masih kecil dan saya edit lagi hasil editan tadi agar suaranya bisa besar. dan akhirnya berhasil bisa besar suaranya. masalah nya setiap hasil editan tadi saat ringtone berbunyi, suaranya terdengar pecah atau sember. kira2 ada kah aplikasi yang lain agar suara mp3 atau ringtone dsb yang saya edit nantinya suaranya saat ringtone berbunyi, suaranya terdengar bagus dan tidak pecah atau sember. makasih sebelum nya

    • Anonymous says:

      Kalau suaranya pecah atau sember, Donita harus berhati2, jangan2 bukan filenya yang pecah, tapi memang keterbatasan speaker handphone Donita. Coba copy filenya ke komputer dan dengarkan suaranya, kalau di komputer suaranya tidak pecah, berarti bukan dari filenya, tapi dari speakernya.

      Kalau memang benar kondisinya seperti itu, sebaiknya jangan menggunakan file yg membuat speaker terdengar seperti sember / pecah, dalam waktu lama ditakutkan bisa merusak speaker. Tks :)

  6. 6
    wilda says:

    gan saya kan pake samsung galmin
    kok saya download ringtone maker itu ga bisa ya
    selain itu ada juga yang ga bisa digunain di hape saya
    yg di download dr android market juga ..
    ada tinny flash LED , sama sejumlah games gitu gan ..
    mohon pencerahannya
    makasii :D

    • Anonymous says:

      Ga bisanya tidak bisa dibuka atau bagaimana? Tiny Flashlight jelas tidak bisa, karena Samsung Galaxy Mini tidak memiliki lampu flash led pada kameranya. Tks :)

      • wilda says:

        tidak bisa di download gan
        padahal memory yang tersedia cukup banyak
        bagaimana demikian ?
        thanks

        • Anonymous says:

          Keterangan tidak bisa downloadnya apa? Kalau Wilda bisa menemukan aplikasi Ringtone Maker tapi tidak bisa di download, biasanya disebabkan oleh koneksi internet yg kurang cepat (lambat). Tks :)

  7. 7
    firdaus banjarmasin says:

    wah masbro aplikasinya sadis juga ane kaga berani make aplikasi ini karna hp android ane mrek lokal tiger kf138 takutnya speker hp nya pecah gak ada sparepartnya, biar aj dah pelan yg penting ringtone smsnya pk mp3 lagu yg panjang2 jadi getar terus gak terlambat lagi balas sms

    • Anonymous says:

      He he kalau tidak terlalu kencang sebenarnya masih aman2 saja. Tapi kalau mau awet memang jangan di set terlalu kencang volume speakernya. Tks :)

  8. 8
    riris says:

    mas brow…saya pengguna android pemula gimana cara mengatifkan notifikacion ringingtone fb nya soalnya saya coba udah berkali-kali tetep gak bisa.trima kasih

    • Anonymous says:

      Maksudnya mau ganti ringtone fb-nya atau bagaimana? Kalau menggunakan Facebook versi terbaru, cara ganti ringtonenya: Masuk ke Aplikasi FB > tekan tombol MENU > klik Settings > centang “Notifications” > klik Notification ringtones > pilih ringtone yang mau dipakai. Baca juga artikel: cara mengganti ringtone Android. Tks :)

  9. 9
    riris says:

    oiya mas brow,,,,,aku pakek galaxy Y.sekalian kalo ngaktifkan flash led nya gimana.timakasih

    • Anonymous says:

      Galaxy Y tidak memiliki lampu LED, jadi ya tidak bisa menggunakan aplikasi Flash LED. Tks :)

      • riris says:

        mas sudah tak ikutin cara seting FB nya tai tetep gak mau bunyikalo ada comen yang masuk mas.maksut saya mengaktifkan phon e led padahal sudah saya centang.makasih mas

        • Anonymous says:

          Mungkin file notifikasinya rusak / corrupt, coba gunakan ringtone yang lain (baca komentar nomor 8). Untuk Galaxy Y, setau saya tidak memiliki lampu LED indikator,jadi percuma saja kalau di centang. Tks :)

  10. 10
    dwi says:

    Bro, ada cara untuk buat suara notifikasi email, yg berbeda dengan email yg beda?,jadi email tertentu punya ringtone yg spesifik utk membedakan dengan alamat email yg lain. Soalnya kadang dalam satu HP punya lebih dr satu email,kan repot kalau suara nya sama tuh……thx

Leave a Reply