BlackBerry atau Android – Pilih Yang Mana?

BlackBerry adalah salah satu merk smartphone yang cukup booming di Indonesia. Pada awal-awal peluncurannya di Indonesia, BlackBerry lebih banyak digunakan oleh kalangan pebisnis karena dukungan real-time push email yang dimilikinya. Namun, saat ini BlackBerry sudah banyak digunakan bukan hanya oleh kalangan pebisnis, namun oleh hampir semua kalangan masyarakat, mulai dari anak sekolah sampai kalangan eksekutif. Sebagian menggunakan BlackBerry karena memang membutuhkan fitur-fitur yang dimiliki BlackBerry, namun sebagian menggunakannya hanya karena “gengsi”.

Handphone Android memang bisa dikatakan “kalah start” jika dibandingkan dengan handphone BlackBerry, namun saat ini pertumbuhan pasar handphone Android cukup pesat dan cukup diminati masyarakat Indonesia. Bila anda memiliki rencana untuk membeli BlackBerry atau Android dan sedang bingung menentukan mana yg terbaik bagi anda, berikut adalah kelemahan dan kelebihan dari masing-masing sistem operasi yang kami harapkan dapat membantu anda untuk memilih.

BlackBerry:

Kelebihan:

  • Memiliki keyboard yang sangat nyaman. Banyak orang menyukai Blackberry karena memiliki keyboard yang nyaman dan sangat berguna saat mengetik email maupun chatting. Selain itu, sensasi bunyi “cetak-cetak” apabila digunakan juga merupakan hal yang cukup menyenangkan (pengguna BlackBerry mungkin mengerti maksud saya :) )
  • BlackBerry Messenger atau BBM. BlackBerry Messenger adalah salah satu magnet yang dimiliki oleh handphone Blackberry. Dengan BBM kita dapat chatting, mengirimkan gambar, link website, dll dengan sesama pengguna BlackBerry kapanpun kita mau. Kelebihannya dibanding chatting biasa adalah kita akan mendapatkan notifikasi setiap ada pesan baru yang dikirimkan kepada kita walaupun kita sedang tidak menggunakan aplikasi BBM, atau dengan kata lain status kita selalu aktif. Walaupun handphone Android juga dapat melakukan hal yang serupa, misalnya dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger atau dengan menggunakan aplikasi chatting yang umum seperti Yahoo Messenger, namun banyak orang masih menganggap BlackBerry Messenger lebih nyaman untuk digunakan karena setiap pengguna BlackBerry secara otomatis sudah tertanam aplikasi BBM, dilain pihak, pengguna WhatsApp Mesengger belum terlalu banyak (saat ini).
  • BlackBerry memiliki lampu LED yang akan menginformasikan ketika ada email masuk. Memang hal yang sepele, namun beberapa orang, termasuk saya menyukai lampu tersebut.
  • Pada saat kondisi sinyal lemah, BlackBerry relatif masih tetap lancar menerima notifikasi seperti email, pesan instan (instant messengger), dll, sehingga dapat diandalkan bagi para pebisnis yang membutuhkan informasi secara cepat dan akurat.

Kekurangan:

  • Harga yang cukup mahal. Mahal atau murah memang relatif, namun BlackBerry cukup mahal bila dibandingkan dengan spesifikasi yang dimilikinya. Sebagai contoh, BlackBerry Gemini dengan harga dua jutaan rupiah (Februari 2011) belum memiliki konektivitas sekelas 3G, tanpa dukungan GPS dan kamera hanya mengusung 2MP tanpa flash.
  • Biaya berlangganan. Untuk mendapatkan semua kelebihan BlackBerry anda harus berlangganan BIS (BlackBerry Internet Service) dengan operator seluler. Dana yang harus dikeluarkan antara Rp. 60.000 – Rp. 100.000 tiap bulan. Untuk harga Rp. 60 ribuan biasanya tidak semua fasilitas BlackBerry bisa anda dapatkan, misalnya anda hanya dapat menggunakan Facebook, YM, Twitter dan BBM, namun tidak dapat menggunakan layanan email dan internet atau sebaliknya. Dan jika anda tidak berlangganan BIS, maka handphone BB anda tidak ada bedanya sama seperti handphone biasa dengan harga 1 jutaan.
  • Browser Internet. Bila anda tidak suka menjelajah internet menggunakan browser bawaan BlackBerry, anda dapat saja menginstall, sebagai contoh Opera mini. Hanya saja, bila anda menggunakan Opera Mini, maka anda akan dikenakan biaya tambahan selain biaya berlangganan BIS yang telah anda bayarkan.

Handphone Android:

Kelebihan:

  • Handphone Android tidak dibuat oleh satu produsen. Anda dapat menemukan handphone Android dengan berbagai merk, model, ukuran dan juga harga, sehingga anda akan memiliki banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
  • Ketersediaan Aplikasi dan Games yang luar biasa banyak. Pada setiap handphone Android pada umumnya telah terinstall aplikasi Google Market. Melalui aplikasi ini anda dapat mengunduh (download) ratusan ribu aplikasi yang berguna untuk menunjang aktifitas anda atau game-game seru untuk mengisi waktu luang. Dan yang paling menyenangkan adalah, kebanyakan dari aplikasiatau game tersebut adalah gratis. Lalu, darimana pembuat aplikasi tersebut mendapatkan keuntungan? Biasanya untuk aplikasi gratis, pengembang akan menyisipkan iklan pada aplikasi yang diberikan, namun tenang saja, iklan tersebut sama sekali tidak mengganggu dan apabila anda mematikan koneksi internet anda, iklan tersebut tidak akan muncul.
  • Accelerometer sensor. Dengan accelerometer sensor, layar handphone Android anda akan berubah tampilan secara otomatis ketika memposisikan handphone dari keadaan horizontal ke posisi vertikal atau sebaliknya. Accelerometer sensor juga dapat berguna untuk mengontrol game. Sebagai contoh, anda dapat memiringkan handphone ke kiri dan ke kanan untuk mengendalikan kendaraan pada saat anda memainkan game balap mobil. Jika anda memiringkan handphone sedikit, maka mobil akan berbelok sedikit, bila memiringkan banyak, maka mobil akan berbelok banyak juga, sudah seperti ketika anda sedang memutar kemudi mobil sungguhan.
  • Kebebasan kustomisasi. Handphone Android memiliki tampilan antar muka (interface) yang menarik dan anda dapat bebas untuk merubah tampilan handphone Android anda. Anda dapat menempatkan widget Facebook atau Twitter di halaman muka handphone anda yang menunjukkan update status terbaru dari teman-teman anda. Atau anda dapat mengatur halaman muka untuk menampilkan prakiraan cuaca hari ini, notes, cuplikan berita terbaru atau sekedar foto orang tersayang, dll. Bahkan anda dapat dengan mudah mengubah ikon, tampilan menu, themes, dll dengan menginstall aplikasi tambahan yang dapat diunduh secara gratis dari Google Market. Dengan kata lain, anda tidak akan merasa bosan dengan tampilan menu handphone anda.
  • Integrasi dengan produk Google. Saat pertama kali menggunakan handphone Android, anda akan diminta untuk sign in atau log in menggunakan Google Account anda. Bila tidak memilikinya, anda dapat mendaftar dengan gratis. Keuntungan HP Android adalah anda akan selalu terintegrasi dengan produk Google, sebagai contoh, daftar telepon dan jadwal kalender anda akan tersinkronisasi dengan Google Account, sehingga jika anda mengganti handphone anda, selama handphone baru anda menggunakan sistem operasi Android, anda dapat melakukan import data-data nomor telepon dan jadwal kalender ke handphone baru anda tanpa kesulitan.
  • Mendukung push email untuk Gmail dan Yahoo mail. Email yang masuk akan langsung diteruskan ke handphone dan anda akan mendapat notifikasi seketika saat ada email masuk dan dapat langsung membacanya serta mengunduh lampiran bila ada, sama seperti jika anda menerima SMS.
  • Pilihan browser internet yang beragam. Jika anda tidak suka dengan browser bawaan HP Android, anda dapat dengan mudah mengunduh browser lain. Pilihannya-pun cukup banyak, diantaranya Opera mobile/mini, xScope, Dolphin, UC Browser, Skyfire yang dapat menampilkan tampilan seperti browser di komputer dan beberapa browser lainnya.

Kekurangan:

  • Boros Baterai. Handphone Android cenderung lebih boros baterai. Sebenarnya hal ini masih dalam tahap wajar, karena handphone android selalu terkoneksi dengan internet atau dengan Google server. Selain itu, handphone Android memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, sehingga baterai habis terpakai untuk menunjang kinerja hardware HP Android, misalnya prosessor dan layar sentuh. Untuk menghemat pemakaian baterai, anda dapat mematikan koneksi internet atau mengaturnya untuk berjalan dalam jaringan 2G (EDGE) saja.
  • Boros pemakaian data internet. Handphone Android selalu terkoneksi dan melakukan sinkronisasi dengan layanan internet. Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan layanan data unlimited untuk memaksimalkan penggunaan HP Android. Namun tenang saja, beberapa operator selular menyediakan paket data unlimited yang cukup terjangkau. Mulai dari Rp. 30-ribuan perbulan. Namun, bila tidak terlalu membutuhkannya, anda dapat saja tidak berlangganan paket data unlimited dan hanya menggunakan koneksi internet saat dibutuhkan saja, sangat mudah dan tidak perlu registrasi.
  • Pada kondisi sinyal lemah, notifikasi layanan “push” misalnya push email atau notifikasi pesan instan seperti YM, Gtalk, dll terkadang akan mengalami penundaan beberapa saat. Hal ini tidak terjadi bila kondisi sinyal dalam kondisi baik atau sinyal full.

Kesimpulan:

Keputusan semua ada di tangan anda ingin membeli BlackBerry atau Android. Android menawarkan sesuatu yang lebih fresh, di lain pihak BlackBerry menawarkan kemudahan dalam penggunaan dan reliabilitas dalam kondisi sinyal yang tidak menentu.

Jika anda suka akan sesuatu yang baru, cepat merasa bosan dengan HP anda, senang main game atau anda suka mengutak-atik, maka handphone Android lebih cocok untuk anda.

Jika anda adalah tipe orang yang memakai satu HP selama bertahun-tahun, berada di daerah yang sinyalnya naik turun namun membutuhkan layanan push email yang dapat diandalkan, maka BlackBerry lebih cocok untuk anda.

Selain itu, jika Anda adalah pengusaha atau pebisnis, maka BlackBerry mungkin lebih cocok untuk dipilih karena memiliki fitur BBM (BlackBerry Messenger). Misalnya Anda adalah seorang Arsitek, dan klien Anda memiliki handphone BB, maka Anda dapat dengan mudah mengirimkan foto sketsa rancangan desain ke klien menggunakan BBM. Walaupun sebenarnya handphone Android dapat melakukan hal yang sama dengan menggunakan aplikasi sejenis BBM, namun masih banyak orang yang belum familiar. Jadi, boleh dibilang BlackBerry menang Start, karena sudah banyak yang menggunakannya lebih dulu.

Handphone Android di kisaran harga yang sama memiliki keunggulan yang lebih banyak dibanding handphone BlackBerry. Namun layanan email yang handal disaat sinyal lemah dan fitur BlackBerry Messenger merupakan “senjata” yang dimiliki BB yang hingga saat ini masih sulit ditandingi. Jadi untuk menentukan mana yang tepat bagi Anda, harus disesuaikan dengan kebutuhan, atau kalau mau dibuat sederhana, seberapa pentingkah fitur email dan BBM bagi Anda?

Demikianlah perbandingan Android dengan BlackBerry persembahan harga-hp.com. Jika ada pertanyaan, mau komentar, mau protes, mau kritik, atau sekedar mau tinggalin link blog kamu? Silahkan tinggalkan komentar dibawah, jangan malu-malu :)

Referensi: Iphone Vs Android Vs BlackBerry

 

Artikel Lain:

Loading…

76 Comments to "BlackBerry atau Android – Pilih Yang Mana?"

  1. 31
    Adhit says:

    Gan mau tanya kalo BlackBerry Curve 8530 (AHA) bisa menggunakan kartu CDMA yang lainnya ga? seperti Smart ato Flexi? Terus untuk sinyalnya CDMA kalo berada di luar Kota masih terkoneksi ga? Thanks

    • Anonymous says:

      Saya juga kurang tahu apakah bisa digunakan untuk kartu CDMA yang lain. Kalau mengenai sinyal, seandainya diluar kota kemungkinan masih bisa terkoneksi, tapi mungkin harus melakukan settingan terlebih dahulu. Untuk lebih lengkapnya atau untuk memastikan, coba hubungi call center AHA. Terima kasih :)

  2. 32
    Adi says:

    Haduuuuuh jadi pusink nih mo beli yang mana cos teman teman kebanyakan blackbery

    • Anonymous says:

      He he jangan pusing Bro. Sebenarnya pertanyaannya cukup simple, yaitu seberapa penting fitur BBM bagi Anda? Kalau bro Adi menganggap fitur ini sangat penting, berarti pilihannya adalah BB. Terima Kasih :)

  3. 33
    Miftah says:

    admin sendiri pake android atau bb? :-D

    • Anonymous says:

      He he Android bro, soalnya saya ga terlalu suka Chatting via BBM. Tapi kalau nanti saya punya toko, saya pasti Akan beli BB, biar lebih mudah komunikasi dengan pelanggan (via BBM). Terima kasih :)

  4. 34
    Tika says:

    Mas, mau nanya dong. Saya rencananya mau buka toko online dan saya butuh hp yang bisa berinteraksi antara sya dgn pelanggan. Kalau Android kan bisa via whatsapp, kalau di BB via bbm. Kira2 saya enakkan beli Android atau BB ya?

  5. 35
    Tika says:

    Oh iya, kalau kata orang2 sih mending beli bb, tapi masalahnya budget saya minim, he he, cuma satu jutaan. Katanya kalau bb yg murah itu lemotnya bukan main. mohon sarannya

    • Admin says:

      Kalau lebih diutamakan untuk berinteraksi dengan pelanggan, maka lebih disarankan menggunakan BlackBerry. Karena Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih familiar dengan BBM dibanding aplikasi sejenis (WhatsApp, Catfiz, dll) dan karena kondisi sinyal internet di Indonesia masih belum begitu baik, BBM pada umumnya lebih cepat sampai dibanding aplikasi chatting lainnya.

      Tapi kekurangannya BB, browser internet yg digunakan berdasar pengalaman pribadi kurang nyaman digunakan. Jadi kalau mau update barang dagangan via handphone, agak sulit.

      Mengenai budget, kalau hanya ada dana satu jutaan, maka BB yang memiliki kemampuan cukup baik di kisaran harga tersebut adalah BlackBerry 8530 CDMA. Kekurangan bb tipe ini adalah tidak menggunakan kartu (ruim), jadi tidak bisa dengan mudah ganti-ganti nomor. Setiap mau ganti nomor, harus datang ke gerai provider telepon CDMA yang bersangkutan. BB 8530 di Jakarta biasa dijual dengan harga kisaran 1 juta (garansi distributor / bundling dengan provider). Tks :)

  6. 36
    Adip says:

    gan klu gue pke android,aplikasi di gogle market top abis!

  7. 37
    Gavin Roxx says:

    Salam admin, lagi browsing bisa ketemu link yg pas mantab, terlebih pencerahan artikel ‘BlackBerry atau Androidnya’. Btw mau sekedar sharing sama request konfirmasi aja. Pasca eranya Symbian, saya cukup lama nggak pake smartphone lg & baru tahun ini bisa kesampaian lg beli smartphone.

    Awalnya saya justru beli S Galaxy Pocket karena tertarik dgn SO Android. Tapi sekejap saya baru sadar kalau handphone model ini benar2 “boros” pulsa, karena di sini jalur sinyal sama koneksi data adalah 2 hal yg berbeda. Artinya kalo koneksi datanya aktif otomatis pelan tapi pasti pulsa akan berkurang secara konstan (meski internet off). Kalo dipake maen gim giliran baterenya ikut2an boros.

    Lalu saya ganti dengan BB Curve 9300, walau second tapi dapat produk garansi TAM & msh bagus, karena dasarnya emang butuh buat browsing sama nulis (lebih asyik pake handheld karena sifatnya yg mobile..). Skrg lagi pake full servis bulanan yg cakupan akses unlimited data buat internetnya yahud (kecuali fungsi GPS). Dan benar pendapat admin bahwa pengalaman browsing via BB ini emang terasa kurang nyaman jika membuka web html (kerap ketutup terus karena ‘too large’..) + ukuran layarnya yg cukup bikin repot. Saya tidak tahu mungkin kalo tipe BB kaya Monza atau Dakota gitu kayanya utk urusan browsing levelnya sdh kelas top (spec prosesor & RAM mumpuni). Di luar itu fungsi spt push email sama Officenya (support mantap dari keypad qwerty) berjalan dgn baik. Alhasil jd produktif nulis, minusnya versi Doc To Go belum full version.

    Sebab itu saya ada rencana kembali menggunakan handphone Android secara sekarang ini juga sudah dibanjiri oleh berbagai variasi paket data dari operator, yg menurut saya realis bila dikomperasikan dgn paket full servis buat BB terus fitur spt BBM itu sebenarnya bisa ditransisi dgn aplikasi kaya WhatsApp. Setelah crosscheck sana-sini, saya berencana untuk membeli SE Xperia Mini Pro.

    Nah, saya mau tanya sama admin nih.. Menurut pendapat admin apa pilihan saya cocok (fungsi utamanya buat browsing sama ngetik)? Kira2 harga pasaran Xperia Mini Pro saat ini berapa ya? Dari info yang saya dapat +- Rp 1.6 jt (new), benarkah?

    Saya jg punya rencana pengen beli smartphone Android TV merk lokal, & setelah cari info sana-sini ketemu handphone produk Cross namanya Andromeda A8T. Apakah ini produk bagus (buat sekedar nonton & hiburan ringan + browsing jg)? Apa admin punya alternatif pilihan (harga di bawah Rp 750 rb)? Kira2 apa akan ada handphone seperti spesifikasi Cross A8T ini yg bakal dirilis?

    Ok, admin itu dl aja. Mohon ‘pencerahannya’, hehe.. Trims :)

    • Admin says:

      Xperia Mini Pro menurut saya sesuai dengan kebutuhan Gavin. Karena processornya cukup baik dan juga memiliki keyboard QWERTY fisik. Harga terakhir Xperia Mini Pro di kisaran 1,6 – 1,7 jutaan di Jakarta.

      Untuk produk Lokal Android sekarang banyak yg bermunculan dan saya tidak terlalu hapal model2nya. Tapi coba cek IMO X2 NORMANDY, kalau tidak salah juga ada TV Analog-nya, tapi dipastikan dulu sebelum beli.

      Kalau utk sekedar nonton dan browsing kedua HP tersebut sepertinya sudah cukup baik. Kalau dari spek, layarnya A8T lebih baik, tapi kalau dari performa saya kurang info mana yg lebih baik.

      Anyway, penyebab Android boros pulsa klik disini. Tks :)

  8. 38
    ricky says:

    Gan ,numpang tanya ni,knpa y bb gw klo lagi charger ,yg tmpil ikon batre nya bukan ikon charger,
    Melainkan iko USB,mohon info n’ bntuan ny gan ,TQ.

  9. 39
    fauzia says:

    bingung nihh.. Soalny bb ku rusak kecemplung air, nih mau pilih bb ,aq kan dah mau SMP,ketinggalan jaman lah yaw masih pake bb ,tp aku udah nyaman pake bb ,mau ganti samsung/I phone masih bingung… Mohon saranny

    • Admin says:

      Tergantung kebutuhan Fauzia. Selama ini handphone digunakan untuk apa. Kalau teman2-nya banyak yang pakai BB dan selama ini aktif chatting melalui BBM, maka tidak masalah bila tetap pakai BB. Tapi, kalau Fauzia senang main game / browsing internet, maka lebih baik pilih Android. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyaman Fauzia saja, ga perlu takut dibilang ketinggalan jaman. Tks :)

Leave a Reply

4 Trackbacks to "BlackBerry atau Android – Pilih Yang Mana?"

  1. on March 5, 2011 at 6:40 am
  2. on March 18, 2011 at 2:09 am
  3. on March 31, 2011 at 5:24 am
  4. on April 4, 2011 at 5:08 am