Apa Itu Sistem Operasi Handphone?

Pengertian sistem operasi

Sistem operasi atau bahasa “bulenya” operating system (OS) adalah sebuah sistem atau perangkat lunak (software) yang berfungsi untuk menjalankan fungsi-fungsi dari telepon seluler. Sistem operasi handphone diibaratkan sama seperti, misalnya Microsoft Windows yang digunakan pada komputer. Tanpa sistem operasi (cth: Microsoft Windows), komputer tidak dapat menjalankan fungsi-fungsinya secara maksimal atau bahkan menjadi tidak berguna sama sekali.

Apakah semua ponsel menggunakan sistem operasi?

Pada dasarnya semua handphone menggunakan sistem operasi, namun ada handphone yang menggunakan OS “sederhana” dan ada pula yang mengunakan sistem operasi handphone yang lebih canggih. Ponsel yang menggunakan OS sederhana sering kali dikatakan sebagai handphone yang tidak menggunakanan sistem operasi (NON OS) atau sistem operasi tertutup. Ponsel non OS hanya dapat menjalankan fungsi-fungsi telepon yang sudah ditetapkan oleh pembuat handphone tersebut dan tidak dapat dirubah atau ditambah lagi. Memang pada handphone non OS biasanya masih dapat di install aplikasi atau game tambahan, namun aplikasi tersebut biasanya berjalan sendiri, tidak menyatu atau mempengaruhi sistem dari ponsel. Aplikasi dan Game yang digunakan untuk HP non OS biasanya menggunakan format Java.

Handphone dengan harga dibawah Rp. 800.000 biasanya adalah handphone non OS. Dengan uang Rp. 400.000 anda bisa mendapatkan ponsel lokal dengan bentuk mirip dengan BlackBerry, bahkan tampilan menu-nya pun mirip. Dari sisi fitur dasarnya juga bisa dikatakan mirip, misalnya sudah ada pemutar MP3, Video, Kamera, Game, dll.

Lalu apa yang membedakan? Yang membedakan adalah handphone BlackBerry atau handphone lainnya yang menggunakan OS dapat menjalankan aplikasi-aplikasi yang lebih kaya fitur, misalnya aplikasi untuk memantau kondisi cuaca secara real time, perkembangan harga emas, mengolah dokumen seperti Word, Excel atau Power point dan lain-lain. Selain itu pada HP yang menggunakan sistem operasi dapat diinstall aplikasi yang dapat berintegrasi dengan sistem ponsel tersebut.

Sebagai contoh, terdapat sebuah aplikasi dimana kita dimana kita dapat mengetik SMS atau email, namun tidak langsung dikirimkan, melainkan ditunda hingga waktu yang kita tentukan. Pada waktu yang telah ditentukan, ponsel akan mengirimkan SMS atau email secara otomatis. Aplikasi semacam ini pada umumnya tidak dapat ditambahkan ke handphone yang tidak menggunakan sistem operasi handphone (sistem operasi tertutup).

Lebih baik mana antara handphone yang menggunakan sistem operasi dengan handphone yang tidak menggunakan sistem operasi  (sistem operasi tertutup)?

Tergantung dari kebutuhan pengguna. Bila pengguna menggunakan handphone hanya untuk sekedar menelpon dan mengirimkan SMS, maka lebih baik menggunakan handphone non OS karena lebih kecil kemungkinan terjadi kesalahan sistem, misalnya handphone menjadi hang atau terkena virus. Jika pengguna membutuhkan fitur-fitur yang lebih canggih untuk menunjang aktifitasnya, maka handphone dengan sistem operasi lebih tepat untuk dipilih.

Sistem operasi handphone apa yang terbaik saat ini?

Pengertian terbaik sebenarnya relatif, namun saat ini sistem operasi iPhone (iOS) dan sistem operasi Android bisa dikatakan sedang dalam masa jayanya bila dihitung berdasarkan rata-rata pengguna kedua sistem operasi ini di seluruh dunia.

10Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>