Apa itu Root Android – Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Banyak masyarakat Indonesia yang baru menggunakan tablet PC atau handphone Android merasa senang dan cukup puas dengan sistem operasi ini. Namun, memang namanya manusia susah untuk dipuaskan (termasuk saya, soalnya saya masih dikategorikan manusia :D ), setelah beberapa saat menggunakan handphone Android, cukup banyak yang merasa kurang dan ingin lebih memaksimalkan lagi performa maupun kemampuan handphone Android-nya.

Salah satu cara untuk mengeluarkan semua potensi yang dimiliki tablet atau ponsel Android adalah dengan cara rooting. Namun, apa itu root Android? Apa keuntungan dan kerugian melakukan root Android? Berikut penjelasannya.

Pengertian Root Android

Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Dengan melakukan root Android tidak serta merta akan menaikkan performa atau kemampuan ponsel Android. Rooting Android sama seperti “membuka pintu” bagi Anda untuk mengembangkan sistem operasi ini.

Kenapa pengembang sistem operasi Android tidak memberikan akses root sejak awal?

Hal ini bertujuan untuk melindungi sistem operasi Android secara keseluruhan. Jika pengguna secara tidak sengaja maupun sengaja mengubah atau menghilangkan satu atau beberapa file sistem, maka dapat menyebabkan kinerja handphone atau tablet menjadi tidak stabil, rusak dan yang paling parah brick atau handphone tidak dapat menyala, oleh karena itu pengembang Android membatasi akses ke file sistem.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Android

Kekurangan Root Android #1: Dapat menghilangkan garansi handphone

Kenapa rooting Android dapat menghilangkan garansi? Root itu diibaratkan seperti “segel garansi”. Analoginya seperti ini, apabila Anda membeli komputer buatan pabrik (bukan komputer rakitan), biasanya akan dilengkapi dengan segel atau stiker garansi. Segel ini biasanya akan rusak bila kita membuka casing computer.

Jika kita ingin meningkatkan kemampuan komputer, misalnya dengan mengganti kartu grafis komputer dengan yang lebih baik, otomatis kita harus membuka casing komputer dan secara otomatis akan merusak segel garansi. Apakah dengan membongkar casing akan menyebabkan komputer menjadi rusak? Tentu saja tidak.

Namun, jika terjadi kerusakan apakah akan menghanguskan garansi? Sudah jelas, karena pihak service center melihat bahwa segel garansi telah rusak dan memberi vonis bahwa komputer rusak karena dibongkar, padahal kerusakan disebabkan faktor lain.

Sama halnya dengan root Android. Jika HP Anda mengalami kerusakan, misalnya speaker tidak berbunyi dan Anda membawa ke Service Center dengan kondisi ter-root, maka ada kemungkinan klaim garansi akan ditolak dan dikatakan bahwa ponsel rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak.

Namun sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir, berbeda dengan segel garansi, proses root dapat dibalikkan atau ponsel dikembalikan ke kondisi awal. Proses ini dinamakan Unroot. Jika proses unroot dilakukan, maka secara otomatis garansi akan berlaku kembali.

Catatan: Bila ingin membawa HP ke service center, selain dilakukan unroot, sebaiknya lakukan juga factory reset (menghilangkan semua data dan aplikasi yang terinstall)

Kerugian Root Android #2: Masalah keamanan

Sebenarnya untuk yang satu ini masih menjadi perdebatan. Dikatakan bahwa dengan melakukan Root, maka aplikasi-aplikasi malware seperti virus atau Trojan dapat dengan mudahnya masuk ke file sistem dan melakukan pengrusakan atau melakukan pencurian data-data pengguna.

Namun demikian, sebenarnya walaupun HP tidak di root, apabila pembuat virus memang “berniat jahat”, maka tanpa root pun, aplikasi virus dapat dengan mudah mengakses sistem file.

Keuntungan Root Android:

Kelebihan #1: Dapat Menginstall Aplikasi yang Membutuhkan Akses Root

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi yang membutuhkan akses root yang paling banyak diinstall:

  • App2Card dan Link2SD: Dengan aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan semua aplikasi ke SD Card. Pada umumnya, para pengguna Android melakukan root untuk menginstall aplikasi ini.
  • Titanium Backup: Aplikasi ini berguna untuk membackup semua aplikasi yang terinstall. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini dapat juga mem-back up data-data aplikasi seperti pengaturan (setting-an), dll.
  • Aplikasi ScreenShot: Berguna untuk mengambil screen shot dari layar handphone.
  • Wi-Fi tether: Aplikasi ini dapat menjadikan ponsel Android membagi koneksi internetnya melalui jaringan Wi-Fi. Catatan: pada sistem Android 2.2 Froyo keatas, aplikasi ini sudah terinstall pada handphone.

Keuntungan Root Android #2: Dapat menginstall custom ROM

Apa itu custom ROM? Custom ROM adalah sistem operasi Android kustom (alternatif) atau bukan buatan vendor ponsel. Custom ROM dikembangkan oleh komunitas penggemar sistem operasi Android. Catatan: dengan melakukan root bukan berarti Anda dapat langsung melakukan instalasi Custom ROM, namun kebanyakan handphone Android membutuhkan akses root bila ingin diinstall custom ROM.

Kelebihan Root Android #3: Dapat melakukan pengaturan untuk memaksimalkan kinerja ponsel.

Salah satu pengaturan yang dapat dilakukan adalah overclock processor. Dengan melakukan overclock, processor dapat “dipaksa” kerja lebih cepat dari kecepatan bawaannya yang secara keseluruhan dapat meningkatkan kinerja ponsel. Namun demikian, overclock dapat memperpendek usia processor, membuat baterai lebih boros dan cepat panas dan juga ada kemungkinan menyebabkan sistem menjadi tidak stabil.

Catatan: Pada umumnya, dengan hanya melakukan root saja, Anda tidak akan secara otomatis dapat melakukan OverClock processor, kecuali kernel dari handphone/tablet Android mendukungnya. Namun dengan melakukan root, Anda dapat melakukan underclock processor atau menurunkan kecepatan processor agar konsumsi baterai lebih irit.

Kelebihan Root Android #4: Dapat Uninstall Aplikasi Bawaan Pabrik

Dengan melakukan root, kita dapat melakukan uninstall aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna dan hanya memenuhi memori telepon. Namun, jika Anda berniat melakukan hal ini sebaiknya berhati-hati, karena jika salah uninstall dapat menyebabkan kinerja handphone menjadi tidak sempurna. Sebaiknya jangan dilakukan bila tidak terlalu diperlukan.

Root Handphone Android – Kesimpulan

Proses Root Android berguna untuk membuka akses ke sistem Android. Keuntungan root Android secara garis besar adalah memiliki kontrol penuh terhadap handphone / tablet. Kontrol penuh tersebut bila tidak dilakukan secara hati-hati dapat menyebabkan kerusakan sistem. Jadi, jika Anda masih merasa puas atau cukup dengan kemampuan serta fasilitas handphone Android yang dimiliki, maka proses root sebaiknya tidak usah dilakukan.

Demikianlah informasi seputar root Android beserta kelebihan dan kekurangannya. Jika ada pertanyaan, silahkan mengisi form komentar dibawah. Terima Kasih :)

Artikel yang berkaitan: Cara Root Handphone Android dan Cara Install Aplikasi ke SD Card menggunakan Link2SD

580 Comments to "Apa itu Root Android – Kelebihan dan Kekurangan Root Android"

  1. 256
    yola says:

    Gan, saya dulu pernah ngeroot galaxy ace 2, tapi kenapa setelah diroot Google Play-nya gak bisa konek? Pdahal kalo pake browser lain bisa konek internetnya, apa itu efek dari root juga? Mohon dijawab, cz saya takut mau ngeroot lagi, trimaksh.

  2. 257
    endy says:

    jgn coba2 untuk root hp agan.,saya sudah coba memng hasil memuaskan,kita bisa menambah memory internal,dan kita bebas merakit hp kita sesuai dengan keinginan kita.,tp itu hanya untuk sesaat.,krn hp galaxy ace punya saya sudah mengalami kerusakan contohnya app yg sudah bnyk kita instal di sd card .,tiba2 akan berhenti.,dan dinyatakan eror., dan terpaksa kita harus kembalikan ke sistem pabrik.,
    saran saya jgn coba gan nyesal nnt

    • Admin says:

      Biasanya kasus diatas terjadi karena kualitas SD card yang kurang prima. Tanpa di root pun kalau SD card rusak juga akan menyebabkan masalah. Tks :)

  3. 258
    Nova says:

    cara root samsung galaxy ace 2 yang bagus dan simple gmna ya gan

  4. 259
    Anonymous says:

    cara rootnya sony xperia M dual yg mudah d mna ea gan

  5. 260
    Rizqi says:

    gan bisa nggak ya install apps to sd tanpa di root? soalnya ngeroot cuma buat ini doang, nggak yang lain lain

    • Admin HHP says:

      Kalau install apps to sd bisa saja tanpa root. Tapi nanti ada sebagian aplikasi yang bisa dipindah ke sd card, sebagian lagi tidak bisa (tergantung aplikasinya). Tks :)

  6. 261
    Anonymous says:

    cara rootnya huawei sonic gmn yaa ??

  7. 262

    Gan,,,tiap ane login Gmail atau Playstore selalu gagal dan muncul tulisan :
    “TIDAK DAPAT MASUK. tidak dapat melakukan sambungan yang dapat diandalkan ke server. mungkin ini masalah sementara atau perangkat Android anda mungkin tidak dapat mengakses layanan data. jika masalah tetap ada,, hubungi dukungan pelanggan. ”

    meskipun pakek wifi atau paketan data tapi tetep aja gak bisa gan. sepertinya bukan karena koneksi internet. kira2 knpa ya?

    • Admin HHP says:

      Kalau dari tulisannya: “tidak dapat melakukan sambungan yang dapat diandalkan ke server”. Kemungkinan besar karena jaringan internetnya lambat. Jadi walaupun status internet terkoneksi, tapi kurang cepat untuk mengakses Google Play Store karena memang play store butuh koneksi yang cepat dan stabil.

      Solusinya, coba pakai jaringan wifi yang lain yang cepat atau gunakan kartu provider lain yang sinyalnya lebih baik. Tks :)

  8. 263
    Risky Hale says:

    Gan, gmana cara root sony xperia c?

  9. 264
    fitri says:

    kalo samsung galaxy young cara rootnya gmn ?

  10. 265
    husni says:

    cara meroot samsung galaxy fame gimana gann ???

  11. 266
    wafa says:

    kak, gimna cara root hp oppo joy R1001??mksh

  12. 267
    ghane says:

    Gan mau tanya kalo root galaxy mega 5,8?

  13. 268
    mory says:

    cara root andromax g2 yg simple gmn gan?

Leave a Reply

Current ye@r *

2 Trackbacks to "Apa itu Root Android – Kelebihan dan Kekurangan Root Android"

  1. on June 30, 2011 at 8:42 pm
  2. on July 2, 2011 at 3:24 am