Penjelasan Fitur Kamera Time Shift pada BlackBerry 10

Pada sistem operasi BlackBerry 10 yang ditanamkan pada perangkat BlackBerry Z10, Q10 dan Q5 terdapat fitur kamera yang dinamakan Time Shift. Dilihat dari namanya terkesan menarik dan ada hubungannya dengan mesin waktu. Apakah itu fitur Time Shift pada BlackBerry Z10, Q10 dan Q5? Baca penjelasannya dibawah.

Banyak orang yang salah mengartikan fitur ini dan menyamakan dengan fitur burst mode seperti yang umum digunakan pada ponsel Android.

Fitur Burst Mode adalah mengambil beberapa gambar (foto) sekaligus dengan kecepatan tinggi dalam sekali jepretan foto. Setelah itu, pengguna dapat memilih foto yang terbaik dari beberapa foto yang terambil.

Fitur Time-Shift pada BlackBerry 10 melakukan lebih daripada itu. Fitur ini berguna ketika akan mengambil foto orang dan khususnya ketika akan mengambil foto beberapa orang sekaligus

Dengan fitur ini diaktifkan, kamera akan menangkap beberapa foto sekaligus dengan kecepatan tinggi dan setelah itu pengguna dapat memilih foto yang terbaik dan bukan hanya itu saja, pengguna dapat memilih mimik muka atau ekspresi wajah yang terbaik.

Contoh penggunaan Time Shift BlackBerry 10:

  1. Anda memfoto teman-teman Anda.
  2. Setelah selesai foto diambil, Anda dapat memilih momen dimana teman-teman menunjukkan gaya terbaiknya, misalnya ketika teman Anda semuanya mengangkat tangan keatas.
  3. Ketika gaya tubuh teman Anda semuanya terlihat menarik, ternyata ada satu atau dua teman Anda yang matanya berkedip.  Dengan fitur time-shift, Anda dapat mengedit hanya wajah-nya saja agar tidak berkedip, namun untuk gaya tubuhnya tetap memilih yang terbaik.

Perbedaannya dengan burst mode adalah jika teman Anda misalnya memiliki Gaya 1, Gaya 2, Gaya 3 dan Gaya 4 lalu ada ekspresi muka 1, ekspresi muka 2, ekspresi muka 3 dan ekspresi muka 4, maka pada burst mode hasil fotonya akan sebagai berikut:

  • Gaya 1 = Ekspresi Muka 1
  • Gaya 2 = Ekspresi Muka 2
  • Gaya 3 = Ekspresi Muka 3
  • Gaya 4 = Ekspresi Muka 4

Lain hal-nya jika menggunakan fitur time-shift, Anda dapat memilih gaya dan ekspresi yang paling bagus. Misalnya Gaya yang paling bagus adalah gaya yang pertama (Gaya 1) namun ekspresi muka yang terbaik adalah yang keempat (Ekspresi Muka 4), maka Anda dapat memadukan Gaya 1 dengan Ekspresi Muka 4.

Fitur ini hanya dapat mendeteksi (ekspresi) wajah manusia saja dan untuk saat ini tidak berguna untuk objek yang lain, misalnya binatang. Apabila Anda masih bingung dengan fitur Time Shift pada sistem operasi BlackBerry 10, dapat melihat video dibawah ini:

Leave a Reply